Connect with us
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi

Tanaman

30 Manfaat dan Khasiat Akar Wangi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Akar wangi, sekar wangi, rumput akar wangi atau narwastu merupakan tanaman herbal yang memiliki nama ilmiah Vetiveria zizanioides. Tanaman herbal ini berasal dari India yang tumbuh sepanjang tahun. Akar wangi biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis yang cenderung kering. Sama seperti namanya, tanaman akar wangi memiliki aroma wangi yang sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai wangi-wangian.

Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi

Tanaman akar wangi masih satu keluarga dengan serai atau padi yakni padi-padian. Panjang tanaman ini biasanya sekitar 1-2 meter. Selain bermanfaat sebagai wewangian, tanaman ini juga ampuh dijadikan sebagai alternatif pengobatan herbal.

Di Indonesia sendiri, pohon akar wangi dimanfaatkan sebagai pengganti benang untuk membuat sajadah. Selain itu, tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai kerajinan lain seperti dompet, tas dan lain-lain. Budaya kerajinan tersebut banyak dijumpai dan dikembangkan di daerah garut. Bukan hanya sebagai bahan kerajinan dan pengobatan saja, tanaman akar wangi juga berperan penting dalam mempercantik penampilan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Akar Wangi :

  • Asam Vevitena
  • Minyak atsiri
  • Vetiverol Ester
  • Vetiverol
  • Vetiveron
  • Asam Vetivenil
  • Beta-vetispirene 1,6 – 4,5 %
  • Vetiselinenol 1,3 – 7,8 %
  • Khusimol 3,4 – 13,7 %
  • Alpha-vetivone 2,5 -6,3 %

Manfaat Akar Wangi untuk Kesehatan :

1. Menghilangkan bau mulut

Anda memiliki masalah bau mulut tidak sedap? Sudah mencoba berbagai macam cara namun belum ada hasilnya? Anda bisa mencoba memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan obat kumur penghilang bau mulut. Cara membuat ramuan untuk obat kumur tersebut juga sangat mudah, yakni dengan menyediakan akar wangi dan juga tanaman herbal lain seperti pegagan, daun sirih, kapulaga. Rebus semua bahan dan jadikan sebagai obat kumur setiap pagi dan malam.

2. Menghilangkan bau badan tidak sedap

Selain ampuh menghilangkan bau mulut, akar wangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Bau badan yang diakibatkan oleh bakteri dan keringat yang menyebabkan rasa tidak nyaman dapat segera hilang dengan memanfaatkan akar tanaman herbal ini. Anda bisa berendam dengan menggunakan air rebusan herbal ini sembari menggosok-gosok kulit dengan lembut.

3. Sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka

Akar wangi memiliki kandungan zat yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan zat tersebut juga berperan aktif untuk menghentikan perdarahan. Untuk mengobatinya anda cukup menyediakan tanaman herbal tersebut lalu ditumbuk hingga halus. Balutkan tumbukan akar tersebut pada seluruh bagian luka dan balut kembali dengan perban agar nutrisi cepat meresap dan tidak hilang.

4. Membantu melancarkan aliran darah

Sirkulasi darah yang lancar akan berpengaruh pada kerja organ lain yang terdapat pada tubuh. Untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh maka dibutuhkan nutrisi yang bisa kita dapatkan dari tanaman herbal ini. Untuk membuat ramuan ini pun tidak sulit karena kita cukup menyeduh akar wangi dan meminumnya secara langsung.

5. Sebagai obat penurun demam

Saat seseorang mengalami demam biasanya mereka hanya mengatasinya dengan beristirahat dan tidak diobati. Demam memang terjadi sebagai perlawanan bakteri pada tubuh terutama demam yang dialami oleh anak-anak. Untuk menurunkan gejala demam dengan cepat agar tidak merasakan sakit terlalu lama, kita bisa memanfaatkan ramuan akar wangi yang alami tanpa harus mengkonsumsi obat berbahan kimia.

6. Mengobati batu ginjal

Batu ginjal merupakan suatu penyakit berbahaya yang dihindari oleh setiap orang. Salah satu pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan batu ginjal adalah dengan ramuan akar wangi. Kandungan zat yang terdapat pada akar tanaman herbal ini mampu memecahkan batu ginjal yang nantinya akan keluar bersama urine.

7. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi amat sangat dihindari oleh siapa saja. Jika penyakit ini tidak segera diatasi maka dapat mengakibatkan munculnya penyakit lainnya seperti stroke dan jantung. Bagi anda yang mungkin menderita tekanan darah tinggi maka anda harus waspada dan segera mengatasinya. Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit hipertensi adalah dengan memanfaatkan seduhan akar wangi yang memiliki kandungan zat penting bagi tubuh.

8. Menghilangkan rasa haus

Dehidrasi memang kerap melanda terutama di siang hari yang panas. Seduhan herbal ini dapat mengatasi dehidrasi sekaligus menggantikan ion tubuh yang hilang dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya. Meskipun rasanya tidak senikmat minuman ringan yang dijual di toko-toko, namun khasiat dari tanaman herbal ini mampu membayar sedikit rasa hambar yang dirasakan saat meminumnya.

9. Memperlancar keluarnya keringat

Kandungan nutrisi penting yang terdapat pada herbal ini juga bermanfaat untuk memperlancar keluarnya keringat. Saat keringat dapat keluar dengan lancar maka racun dalam tubuh juga ikut keluar sehingga kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga.

10. Mengatasi pegal linu

Usia lanjut sangat rawan dengan yang namanya pegal linu. Namun hal ini tidak menutup kaum muda yang bisa juga merasakan pegal linu akibat terlalu banyak beraktivitas berat. Kandungan nutrisi pada akar wangi diyakini mampu membantu menyembuhkan rasa pegal-pegal dengan cara menumbuk akarnya dan digosok-gosokkan pada seluruh tubuh.

Manfaat Akar Wangi untuk Kesehatan Lainnya :

11. Sebagai obat untuk menyembuhkan pembengkakan

12. Mengatasi rematik

13. Menyembuhkan peradangan

14. Menjaga sel saraf

15. Mencegah terjadinya iritasi

16. Memperbaiki sel saraf yang rusak

17. Mencegah terjadinya kencing batu

18. Menyembuhkan luka akibat sengatan atau sengatan hewan

19. Membunuh serangga parasit

20. Mengatasi encok

21. Sebagai parfum alami

22. Menyembuhkan meriang

23. Membantu membasmi kutu

24. Melancarkan buang air kecil

25. Sebagai sumber energi

26. Mengatasi nyeri

Cara Memanfaatkan Akar Wangi untuk Kesehatan :

Akar wangi dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai ramuan sehat. Caranya adalah merebus akar herbal ini yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu simpan saring seduhan akar tanaman herbal tersebut untuk memudahkan meminumnya. Bagi anda yang biasa meminum teh tubruk, anda bisa langsung meminumnya tanpa disaring terlebih dahulu.

Minumlah selagi hangat untuk mendapatkan nutrisi lengkap dari tanaman herbal ini. Mengkonsumsi akar wangi secara rutin dapat membantu menyembuhkan penyakit yang anda derita seperti beberapa macam penyakit di atas. Namun anda juga harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena kondisi tubuh masing-masing individu berbeda.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Akar Wangi untuk Kecantikan :

1. Mengatasi masalah ketombe

Masalah ketombe di kepala sangat mengganggu terutama bagi mereka yang bekerja di depan umum dalam waktu yang lama. Rasa gatal yang mungkin muncul mungkin tidak tertahankan. Terlebih jika ketombe berlebihan maka penampilan kita akan semakin berantakan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adala dengan memanfaatkan tumbukan akar wangi dan digosokkan pada area kepala.

2. Menghilangkan kutu

Selain ketombe, kutu rambut juga akan hilang dengan memanfaatkan tumbukan dari akar wangi herbal tersebut. Ada dapat mengolahnya dan menggunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Akar Wangi untuk Kecantikan Lainnya :

3. Mencegah iritasi kulit

4. Mengatasi jerawat wajah

Cara Memanfaatkan Akar Wangi untuk Kecantikan :

Ada beberapa cara untuk mengolah dari tanaman herbal ini untuk kecantikan.

1. Dibuat masker.

2. Campuran beberapa obat herbal.

3. Direbus kemudian di minum.

4. Dengan menggosakkan langsung ke bagian tubuh yang terkena masalah.

Efek Samping Akar Wangi :

Untuk tanaman herbal akar wangi ini belum ditemukan sumber yang menyatakan adanya kontradiksi atau efek samping mengkonsumsi tumbuhan ini baik akar maupun daunnya. Meskipun demikian tanaman akar wangi tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, konsumsi tanaman herbal ini untuk anak-anak tidak disarankan dalam dosis terlalu tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman akar wangi biasanya dimanfaatkan sebagai parfum alami yang tahan lama dan beraroma khas. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman herbal ini diantara sebagai bahan kerajinan, alternatif pengobatan herbal dan juga bahan untuk mempercantik penampilan secara alami.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top