Connect with us
Tanaman Anting-Anting, Manfaat Tanaman Anting-Anting, Khasiat Tanaman Anting-Anting

Tanaman

20 Manfaat dan Khasiat Tanaman Anting-Anting untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Tanaman Anting-Anting – Anting-anting dalam bahasa latin disebut dikenal dengan nama Acalypha Australis L yang merupakan jenis tanaman obat yang bisa mengobati beragam penyakit. Selain bisa mengobati penyakit manusia, tumbuhan ini juga disukai kucing serta bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kucing pula. Manfaat anting-anting untuk kesehatan, salah satunya berfungsi sebagai antibiotik. Tanamannya bisa tumbuh di kawasan lereng gunung.

Tanaman Anting-Anting, Manfaat Tanaman Anting-Anting, Khasiat Tanaman Anting-Anting

Daun anting-anting berbentuk bulat lonjong, letaknya berselang-seling. Bagian ujung dan pangkalnya lancip, sedangkan pinggirnya bergerigi dengan panjang sekitar 2,5 cm – 8 cm dan lebarnya 1,5 cm – 3,5 cm. Batang tumbuhan ini memiliki tinggi 30 cm – 50 cm, bisa bercabang dan mempunyai garis kasar memanjang. Sementara bunganya berumah satu dan berkelamin tunggal, muncul di ketiak daun dengan bentuk kecil.  Kalau buahnya berwarna hitam dan kecil.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Tumbuhan Anting-Anting :

Khasiat anting-anting bisa diperoleh karena kandungan giz dan nutrisi di dalamnya. Tanaman ini mempunyai zat yang dibutuhkan tubuh dan bisa aktif jika sudah berumur 2-3 bulan. Kalau umurnya terlalu tua, jumlah kandungan gizi semakin berkurang. Adapun kandungan gizi dan nutrisi anting-anting adalah :

Unsur atau kandungan dari tanaman Acalypha Australis L yakni Serat, asam askorbat, β-sitosterol, β-D-glukosida, tanin dan kaempferol. Sedangkan efek farmakologisnya sebagai antidiabetik, AGE Anti, Inhibitor β Glucoronidase, Hipoglikemia, Antioksidan, Xanthin oxidase inhibitor, dan 5 inhibitor lipoksigenase. Selain memiliki efek farmakologis, anting-anting diketahui mengandung efek astringen (pengkondisi), antibiotik, menghentikan pendarahan (hemostatik).

Loading...

Manfaat Tumbuhan Anting-Anting untuk Kesehatan :

Karena kandungan gizi dan nutrisi Acalypha Australis L diatas, sehingga terdapat manfaat tanaman anting-anting untuk kesehatan. Mungkin selama ini sebagian dari kita menganggap tumbuhan ini sebagai tumbuhan liar. Tapi, teryata memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, bahkan sekarang banyak yang membudidayakan bonsai anting putri. Inilah khasiat tanaman anting-anting bagi kesehatan :

1. Membantu pengobatan batuk

Bagian dari tanaman ini yang digunakan adalah bagian daunnya. Salah satu manfaat daun anting-anting ini adalah mengatasi batuk.  Kandungan dari daunnya bisa meluruhkan dahak dalam saluran pernapasan. Sehingga, dahak bisa keluar dengan mudah dan batuk reda.

2. Mengatasi disentri

Khasiat anting-anting berikutnya juga dapat mengobati sakit disentri. Disentri merupakan penyakit akibat peradangan usus yang akhirnya menimbulkan gejala diare. Sementara tumbuhan ini bisa memberikan efek penenang pada usus, maka sangat tepat menggunakannya sebagai obat disentri secara alami.

3. Mengobati luka di kulit

Tanaman ini memiliki efek hemostatik yakni menghentikan pendarahan. Itu berarti bisa menyembuhkan luka terutama yang menimbulkan pendarahan. Tak hanya menghentikan pendarahan, melainkan juga bisa mengeringkan luka dengan cepat. Menggunakan tanaman anting putri bisa mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

4. Menyembuhkan BAB berdarah

Sulit buang air besar bisa menyebabkan kondisi yang buruk bagi tubuh, apalagi sampai mengeluarkan darah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Kamu dapat mengatasinya dengan mengambil manfaat daun anting-anting. Sebab, mengandung efek antibiotik yang dapat melawan bakteri penyebab bAB berdarah.

5. Mengobati infeksi saluran kemih

Seperti manfaat daun-daun dari tumbuhan liar lainnya, anting-antingan juga merupakan tanaman untuk mengobati asam urat. Namun, selain itu berguna dalam membunuh bakter penyebab infeksi saluran kemih. Hal itu karena agen antibakteri di dalamnya.

Manfaat Tumbuhan Anting-Anting untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati muntah darah

7. Mengatasi sakit malaria

8. Membantu pengobatan muntah darah

9. Mengobati diare pada anak

10. Menyembuhkan masalah pencernaan

11. Mengatasi kencing berdarah

12. Mencegah tumor atau kanker

13. Menghentikan mimisan

14. Mengobati luka bakar

15. Mengatasi asam urat

16. Membantu pengobatan diabetes tipe 2

Cara Memanfaatkan Tumbuhan Anting-Anting untuk Kesehatan :

Penggunaan tumbuhan anting anting untuk kesehatan bisa seperti jamu. Caranya mengambil daun sebanyak 30-60 g, lalu tambahkan dua gelas air dan rebus sampai tersisa satu gelas. Kemudian, bagi dua dan minum dua kali sehari. Langkah ini bisa dipakai untuk pengobatan asam urat, infeksi saluran kemih, BAB berdarah dan penyakit lainnya. Sedangkan bila ingin menyembuhkan luka berdarah atau luka bakar dengan cara menghaluskan daunnya, lalu dicampur dengan gula putih. Kemudian, terapkan pada kulit yang terluka.

Manfaat Tumbuhan Anting-Anting untuk Kecantikan :

Selain ada khasiat anting-anting bagi kesehatan, juga meningkatkan kecantikan. Kamu bisa menggunakan tumbuhan ini sebagai perawatan kecantikan alami mendampingi perawatan kimia. Sehingga, menemukan perawatan efektif bagi kecantikan. Berikut manfaat tanaman anting-anting untuk kecantikan :

1. Menyembuhkan gangguan kulit

Koreng, psoriasi, dermatitis merupakan penyakit kulit yang bisa mengganggu penampilan. Bila kulit kamu memilih beberapa gangguan itu, pastilah tidak menyenangkan. Tidak hanya memperburuk penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa gatal dan gejala lainnya. Kamu dapat mengambil khasiat anting-anting untuk mengobatinya. Sehingga, kulit kembali halus, bersih dan terbebas dari penyakit kulit.

2. Mengecilkan pori-pori

Efek astringent pada tanaman ini bisa mengecilkan pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit mengecil, maka bisa menghindarkan beberapa masalah pada wajah. Selain itu, wajahpun menjadi cantik dan bisa mudah dalam meriasnya.

3. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit

Kalau kamu memiliki kulit berminyak atau produksi minyak tinggi, tentulah dapat membuat wajah kusam. Kamu bisa menghambat produksi minyak berlebih dalam kulit. Wajahpun tidak kusam lagi karena kebanyakan minyak.

4. Mencegah jerawat

Kalau minyak berlebih dapat diatasi, maka bisa menghindarkan wajah dari jerawat. Efek antibakteri pada tanaman anting-anting juga bisa membasmi bakteri di kulit, sehingga daoat mencegah terbentuknya jerawat dan masalah wajah lainnya.

Cara Memanfaatkan Tumbuhan Anting-Anting untuk Kecantikan :

Jika ingin memanfaatkan tanaman ini untuk kecantikan, kamu bisa mengambil tanaman segarnya. Kemudian, bersihkan dan rebus dengan air secukupnya. Lalu, gunakan air cucian itu pada kulit yang mengalami masalah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas. Lakukan secara rutin agar mendapatkan kesembuhan.

Efek Samping Tumbuhan Anting-Anting :

Efek samping atau dampak buruk yang muncul karena tumbuhan ini, biasanya karena penggunaan yang berlebihan. Konsumsi tanaman anting-anting untuk asam urat yang berlebihan justru dapat memberikan efek sebaliknya, bukan penyembuhan. Namun, sampai saat ini belum ada ulasan yang spesifik tentang efek samping anting-anting bagi tubuh. Meskipun begitu, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati saat menggunakannya.

Jika perlu berkonsultasi pada dokter sebelum memutuskan untuk memanfaatkanya dalam mengobati penyakit tertentu. Terutama kalau kamu menderita suatu penyakit yang cukup berbahaya atau menggunakan tanaman anting-anting bersamaan dengan obat kimia. Dengan berkonsultasi pada dokter, kamu akan mendapatkan kesembuhan yang diinginkan serta mencegah efek buruknya bagi tubuh.

Daripada sulit mencari tanamannya, kamu bisa menanamnya di halaman rumah. Harga bibit tanaman bonsai anting putri, berkisar puluhan ribu sampai ratusan juta. Apabila kemahalan membeli yang bonsai, lebih baik tanam bibit yang biasa saja. Tanaman ini dapat dibeli secara online atau dicari sekitar lereng gunung.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat tumbuhan anting-anting untuk kesehatan, kecantikan serta efek sampingnya. Dengen pengetahuan tentang manfaat bahan-bahan alami menjadikan sadar kalau bahan-bahan di alam disediakan untuk dimanfaatkan oleh manusia. Baca pula manfaat dan khasiat tumbuhan lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top