Connect with us

26 Manfaat dan Khasiat Tanaman Bandotan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

26 Manfaat dan Khasiat Tanaman Bandotan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Bandotan – Bandotan (Ageratum conyzoides L) termasuk tanaman jenis gulma pertanian dari suku asteraceae. Bandotan disebut juga dengan babandotan, babadotan, wedusan, dus-bedusan, rumput balam, white weed, goatweed dan juga billygoat weed. Dinamakan dengan wedusan atau kambing dalam bahasa Indonesia adalah karena mengeluarkan aroma seperti bau kambing. Meskipun baunya tak sedap, tapi banyak manfaat bandotan untuk tubuh.

Bandotan, Manfaat Bandotan, Khasiat Bandotan, Daun Bandotan, Tanaman Bandotan

Ciri-Ciri Bandotan :

Tanaman herbal ini berasal dari Amerika, terutama Brasil dan mampu masuk ke wilayah Indonesia dengan pertumbuhan pesat. Babadotan berbatang tegak atau berbaring, batang gilig memiliki rambut yang jarang dan bercabang-cabang. Sementara kuntum bunganya majemuk dengan tinggi 120 cm. Daunnya memiliki tangka sekitar 0,5 – 5 cm, letaknya berhadapan, terutama yang berada di bawah. Bentuk daun babadotan bundar telur sampai seperti belah ketupat.

Pangkal daunnya mirip seperti bentuk jantung, meruncing atau membulat. Bagian ujung daun wedusan tumpul atau meruncing dengan bagian tebing bergerigi. Permukaannya mempunyai rambut panjang dengan kelenjar di bagian bawah. Bunga-bunganya berkelamin sama, berkumpul, mahkota bunga sempit berwarna putih atau ungu. Sebelum membahas tentang khasiat bandotan, sebaiknya ketahui dulu kandungan gizi dan nutrisi bandotan, inilah ulasannya :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bandotan :

Bagian tumbuhan babadotan yang paling sering digunakan untuk pengobatan adalah daun. Manfaat daun bandotan untuk wasir sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, juga masih banyak khasiat bandotan yang bisa kamu peroleh. Manfaat dan khasiat babadotan ini tak lepas dari nutrisi yang dikandungnya. Berikut kandungan gizi dan nutrisi babadotan :

Loading...
  • Asam amino
  • Organacid
  • Zat pektik
  • Minyak esensial coumarin
  • Ageratochromene
  • Friedelin
  • ß-sitosterol
  • Stigmasterol,
  • Tanin
  • Sulfur
  • Kalium klorida
  • Sedangkan akar bandotan mengandung minyak esensial, alkaloid, dan coumarin.

Manfaat Bandotan untuk Kesehatan :

Begitu banyak kandungan nutrisi di dalam tanaman wedusan ini, sehingga tak heran kalau manfaatnya pun cukup besar untuk kesehatan. Inilah berbagai khasiat daun bandotan untuk kesehatan :

1. Menyembuhkan bisul

Bisul bisa mengganggu penampilan, belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan, itu bisa mengganggu aktivitas. Walaupun bukan gangguan kesehatan yang serius, tapi cukup mengganggu penampilan. Itu bisa kamu atasi dengan mengambil manfaat tanaman bendotan. Kandungannya mampu mempercepat penyembuhan bisul.

2. Meredakan radang di telinga

Selanjutnya, khasiat tanaman bandotan juga bisa meredakan radang di telinga. Peradangan di telinga dapat disebabkan karena kotoran atau ketidaksengajaan terkena benda-benda tumpul. Jika mengalami masalah ini maka cobalah menggunakan daun babadotan untuk mengobatinya. Sehingga, peradangan cepat hilang dan telinga bisa berfungsi normal.

3. Mengobati wasir

Wasir merupakan kondisi pembengkakan karena pembuluh darah sekitar pantat membesar. Sehingga, saat buang air besar disertai bercak darah. Kondisi ini begitu menyiksa dan harus segera diatasi. Manfaat daun bandotan untuk wasir sudah diketahui sejak jaman dulu. Daun babadotan dapat menjadi alternatif alami membantu pengobatan kimia.

4. Mengatasi sakit maag

Khasiat daun bandotan untuk lambung juga menjadi pengobatan alami yang sudah diterapkan oleh orang-orang jaman dulu. Dengan memanfaatkan tanaman babadotan, terutama bagian daunnya, gejala maag bisa cepat hilang. Aktivitas takkan terganggu karena perut sakit atau gejala maag lainnya.

5. Mencegah tumor

Selain efektif membantu pengobatan wasir dan maag, ternyata daun babadotan juga bermanfaat dalam mencegah tumor. Nutrisi di dalam daun wedusan ini, bisa menumbangkan sel-sel tumor supaya tidak tumbuh dan berkembang dalam tubuh. pemanfaatan daun wedusan untuk tumor tak sulit, sama seperti membuat jamu.

Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan Lainnya :

6. Obat sakit tenggorokan

7. Mengatasi rematik dan keseleo

8. Mengobati memar

9. Menyembuhkan sariawan

10. Mengobati flu

11. Mengatasi malaria

12. Membantu menghentikan pendarahan pada rahim

13. Mencegah dan mengobati kanker

14. Mengatasi mulas

15. Meredakan gejala mual dan muntah

16. Membantu menyembuhkan patah tulang

17. Baik untuk kesehatan pernapasan

18. Mengobati kudis

19. Meredakan demam tinggi

20. Membantu pengobatan batu ginjal

21. Meredakan stres

Cara Memanfaatkan Bandotan untuk Kesehatan :

Jika ingin mengobati bisul, reumatik dan bengkak serta pengobatan luka, kamu bisa mengambil segenggam daun babadotan. Kemudian, tambahkan sekepal nasi yang sudah basi atau nasi sisa kemari dan tambahkan pula ½ sdt garam. Setelah itu, campur dan tumbuk sampai halus membentuk pasta. Selanjutnya balurkan pasta daun babadotan pada area yang mengalami masalah, diamkan selama 2 jam dan bilas.

Kandungan minyak atsiri dalam tumbuhan wedusan dapat dipakai sebagai campuran minyak untuk pemijatan. Minyak atsiri ini memberikan efek menenangkan dan meredakan stres. Sedangkan cara menggunakan daun babadotan untuk tumor rahim, bisa menyiapkan 50 g daunnya. Lalu, rebus dengan 750 ml dan biarkan sampai tersisa 250 ml. Saring, dinginkan airnya dan minum segera. Lakukan secara rutin, rasakan hasilnya. Ada baiknya konsultasikan dulu pada dokter, supaya tidak menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Akar Manis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Bandotan untuk Kecantikan :

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, tumbuhan babadotan juga memberikan beragam khasiat untuk kecantikan. Sehingga, dapat dijadikan sebagai perawatan alami tanpa menimbulkan dampak buruk, tidak seperti kosmetik di pasaran. Inilah khasiat tanaman bandotan untuk kecantikan :

1. Mengobati jerawat

Manfaat daun bandotan untuk wanita yaitu mengobati jerawat. Karena mengandung efek antiperadangan, tumbuhan babadotan bisa secara efektif mengatasi masalah jerawat pada wajah. Dengan menggunakan daun bandotan, jerawat tidak akan meradang atau membesar. Jika diaplikasikan secara rutin, maka jerawat akan hilang secara perlahan. Wajah kamu pun bebas tanpa noda.

2. Menjaga kesehatan rambut

Selain bisa mengurangi peradangan pada jerawat, manfaat daun bandotan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Penggunaannya bisa sebagai sampo yang diterapkan secara rutin pada rambut. Perawatan alami dengan babadotan, bisa membuat rambut kamu sehat dan terhindar dari masalah yang menyebabkan kerusakan rambut.

3. Merawat Rambut Rusak

Ketika rambut yang rusak tidak diharuskan untuk pergi ke sebuah salon kecantikan dan harus mengeluarkan biaya yang banyak. Anda dapat memanfaatkan tanaman bandotan sebagi obat tradisonal untuk mengatasi masalah pada rambut. Caranya, tinggal tumbuk tanaman dus-bedusan secara perlahan hingga terbentuk menjadi pasta lembut. Gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Memanfaatkan Bandotan untuk Kecantikan :

Pemanfaatan tumbuhan babadotan untuk kecantikan, gunakan bagian daun dan batang tanaman babadotan. Ambil segenggam daun dan batangnya atau secukupnya sesuai kegunaan. Lalu, tambahkan air secukupnya dan haluskan. Setelah itu, terapkan pada kulit, rambut dan kulit kepala secara merata. Kalau pada rambut, gunakan topi mandi dalam 2 jam agar kandungan babadotan bisa meresap secara maksimal. Lakukan secara teratur supaya hasilnya bagus.

Efek Samping Bandotan :

Tumbuhan bandotan mengandung bioaktif yang dapat mengaktivkan efek insektisida (sifat racun seperti pestisida). Selain itu, juga terdapat senyawa alkaloid yakni efek pertahanan untuk melawan serangga yang menghinggapinya. Karena beberapa senyawa tersebut, maka penggunaan tanaman babadotan berlebihan dapat menimbulkan efek samping atau dampak buruk. Inilah efek samping bandotan :

  • Gangguan fungsi hati
  • Memicu kanker organ hati
  • Menimbulkan reaksi alergi

Sangat disarankan menggunakan tumbuhan babadotan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan dalam batas wajar. Jika ingin penggunaan lanjutan atau berdampingan dengan pengobatan kimia, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Selain itu, penderita penyakit tertentu juga harus berhati-hati bila ingin mengkonsumsinya. Berbicara kepada dokter terlebih dahulu bisa membuat kamu mencegah efek samping atau dampak buruk.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Adem Ati untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan tanaman babadotan ini karena tumbuh secara liar. Biasanya di tanah-tanah kosong, sekitar pegunungan dan area rerumputan ditumbuhi tanaman ini. Dengan mengetahui manfaat dan khasiat bandotan untuk kesehatan, kecantikan serta efek samping, membuat kamu mulai memanfaatkan bahan-bahan herbal.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top