Connect with us

50 Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bawang bombay atau bawang bombai merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat herbal. Bawang bombay memiliki nama latin Allium Cepa dan termasuk dalam keluarga bawang-bawangan. Manfaat bawang bombai untuk kesehatan, kecantikan, pengobatan dan bahan makanan sangat banyak sekali karena kaya akan kandungan gizi dan nutrisi.

Bawang bombay, Manfaat Bawang bombay, Khasiat Bawang bombay, Bawang Bombai

Tahukah anda mengapa bawang ini dinamakan dengan bawang bombay? Hal ini karena bawang bombay sering dibawa dari kota Bombay oleh para pedagang India. Namun sebenarnya bawang ini tidak berasal dari negara India, karena berdasarkan sebuah penelitian dinyatakan bahwa bawang bombay berasal dari kawasan Asia Tengah.

Bawang bombay biasanya dijadikan sebagai tambahan makanan ataupun sebagai hiasan saat menyajikan suatu masakan. Tak jarang dari kita yang menggunakan bawang ini sebagai bahan pelengkap mengingat rasanya yang khas dan juga manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan saja, jenis bawang ini  juga berkhasiat untuk memaksimalkan kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Bombay :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Bombay

Loading...

Bawang bombay merupakan salah satu bahan makanan yang tergolong rendah kalori. Bawang bombai kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan. Sebanyak satu cangkir berisi irisan bawang bombay memiliki kandungan kalori sejumlah 64. Bawang ini juga memiliki kandungan serat, gula, karbohidrat dan protein. Selain itu bahan makanan ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, magnesium, mangan, kalium, fosfor, folat, antioksidan kuersetin, zat besi, kalsium dan sulfur.

Bawang bombay menjadi bahan makanan yang biasanya dimanfaatkan untuk menambah rasa pada masakan. Disamping rasanya yang khas dan nikmat, bawang ini ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan :

1. Sebagai penangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang bombai bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab gangguan kesehatan khususnya pada kesehatan kulit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang bombay mengandung vitamin C yang dipercaya efektif dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka tubuh akan menjadi sehat dan kuat karena terhindar dari berbagai serangan penyakit.

3. Membantu mengatasi sakit maag

Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan pada sistem pencernaan dan berakibat maag, maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi bawang ini untuk mengatasinya. Hal ini karena bawang ini memiliki kandungan natrium penting yang mampu menormalkan kadar asam dalam lambung.

4. Melawan kanker

Salah satu manfaat dari bawang ini yang menakjubkan adalah mampu melawan kanker. Kandungan senyawa sulfide dan antioksidan yang tinggi pada bawang ini dipercaya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel kanker.

5. Meredakan sakit asma

Kandungan senyawa quercetin yang terdapat pada bawang ini berkhasiat untuk meredakan asma. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa senyawa tersebut mampu membuat salauran pernafasan menjadi lebar sehingga bagi mereka yang menderita asma bisa bernafas dengan normal kembali.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menekan efek sinogenik

7. Sebagai anti virus

8. Membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah

9. Membantu meningkatkan nafsu makan pada anak

10. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah

11. Mencegah sembelit

12. Memperkecil resiko penyakit kanker kolon

13. Menguatkan tulang

14. Mengatasi penyakit cacingan

15. Mengatasi mual

16. Membantu menjaga kesehatan otak

17. Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

18. Menguatkan gigi

19. Penghasil tenaga

20. Mengobati anemia

21. Menjaga asupan cairan dalam tubuh

22. Mengatasi penyakit hipertensi

23. Menghindarkan penyakit kardiovaskular

24. Mencegah penyakit insulin hati

25. Melancarkan pembuluh darah

26. Meningkatkan daya ingat

27. Melindungi tubuh dari alergi

28. Mencegah resiko penyakit kanker perut

29. Mengobati radang

30. Menguatkan jaringan tubuh

31. Sebagai antiinflamasi

32. Membantu menjaga kesehatan mulut

33. Sebagai anti alergi

34. Membantu menyembuhkan sakit telinga

35. Mencegah terjadinya osteoporosis

36. Mendetoksifikasi tubuh

37. Menurunkan berat badan

Cara Memanfaatkan Bawang Bombay untuk Kesehatan :

Bawang bombay dapat diolah sebagai bahan tambahan masakan anda sehingga menu makanan anda terasa lebih nikmat dan lezat. Bawang ini biasanya dimasak sebagai tumis, cap jay, campuran nasi goreng dan berbagai masakan yang lain.

Bagi anda yang suka ngemil maka anda bisa membuat camilan dari bawang bombay yang diiris tipis. Lalu dibaluri dengan tepung dan bumbu. Goreng bawang dan nikmati kelezatan camilan yang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kecantikan :

Kandungan vitamin serta air yang cukup tinggi pada bawang bombay bermanfaat untuk memaksimalkan kecantikan anda. Diantaranya sangat berkhasiat untuk:

1. Mengobati jerawat

Bawang ini bisa dijadikan sebagai masker alami yang ampuh sebagai obat untuk mengatasi jerawat.

2. Membuat wajah terlihat merona

Bawang ini mengandung berbagai macam vitamin yang bagus untuk menjadikan kulit nampak putih merona.

3. Sebagai program diet

Bagi anda yang merasa tidak cantik karena kelebihan berat badan anda bisa menambahkan bawang ini sebagai menu diet sehat anda. Biasanya bawang ini dijadikan campuran dalam masakan salad dan dikonsumsi setiap pagi.

4. Mencegah rambut rontok

Kandungan sulfur yang tinggi pada bawang ini mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegahnya agar tidak mudah rontok

5. Menjadikan awet muda

Selain membuat kulit putih dan bebas dari jerawat, menggunakan masker bawang ini juga akan membuat penampilan kita nampak lebih muda dari umur yang sebenarnya.

Cara Memanfaatkan Bawang Bombay untuk Kecantikan :

Cara untuk membuat bawang bombay sebagai masker kecantikan alami sangatlah mudah, yakni dengan beberapa langkah berikut :

1. Pertama, haluskan bawang bombay secukupnya dengan berbagai cara misalnya dengan diparut

2. Selanjutnya, oleskan bawang yang sudah halus pada wajah

3. Diamkan kurang lebih selama 15 menit

4. Bilas dan keringkan dengan handuk bersih

5. Lakukan secara teratur dan buktikan sendiri khasiatnya

6. Untuk masker wajah anda bisa menambahkan madu murni pada bawang halus. Sedangkan untuk masker rambut bisa anda tambahkan dengan minyak urang-aring.

Efek Samping Bawang Bombay :

Efek Samping Bawang Bombay

Aroma belerang yang terdapat pada bawang bombay dianggap sebagai hal buruk bagi sebagian orang. Namun sebenarnya aroma menyengat tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bawang bombay yang mentah memiliki efek diuretik yang kuat. Efek ini mampu menurunkan retensi air bagi penderita ginjal yang dapat meringankan kerja ginjal.

Selain itu, tekanan darah akan menjadi turun akibat peningkatan urine yang dikeluarkan. Namun jika terjadi dehidrasi atau diare akut dan tubuh tidak memiliki produksi urine dalam kadar cadangan yang cukup maka hal ini akan sangat berbahaya.

Dengan efek diuretik yang kuat tersebut maka dapat menjadikan seseorang terasa lemas. Biasanya akan nampak gejala awal seperti mata berkunang-kunang dan pusing kepala. Untuk menghindari masalah tersebut sebaiknya konsumsi air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan memberikan efek negatif lain. Bagi mereka yang mengalami diare akut tidak disarankan untuk mengkonsumsi bawang bombay ini terlebih yang masih mentah atau dalam menu acar misalnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bukan hanya untuk kesehatan saja namun bawang bombay juga berkhasiat sebagai bahan kecantikan. Jadi, apakah anda tertarik untuk mencoba menggunakan bahan bombay sebagai bahan kecantikan dan juga bahan masakan untuk menu anda hari ini?

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top