Connect with us
Bawang dayak, Manfaat Bawang Dayak, Khasiat Bawang Dayak

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bawang dayak atau bawang sebrang adalah salah satu jenis tanaman bawang yang berasal dari Negara Amerika. Bawang menjadi salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai bahan masakan dapur. Jenisnya pun banyak sekali, salah satunya adalah bawang dayak atau biasa juga dikenal sebagai bawang jutan. Manfaat bawang dayak untuk kesehatan dan kecantikan menjadi buruan banyak orang bahkan sudah sejak lama. Bawang jenis ini banyak ditemukan di daratan Kalimantan, lebih tepatnya berasal dari Kalimantan Barat, Indonesia.

Bawang dayak, Manfaat Bawang Dayak, Khasiat Bawang Dayak

Sayang sekali masih banyak golongan masyarakat yang tidak mengenal bawang yang satu ini padahal manfaatnya benar-benar sangat baik untuk kesehatan. Namun di daerah Kalimantan, bawang dayak dikenal luas sebagai obat herbal tradisional yang biasa mereka gunakan sebagai obat setiap harianya. Umbi ini biasanya disajikan sebagai salah satu pelengkap makanan. Tidak hanya mengenakkan masakan, namun manfaat yang dihasilkan juga sangat banyak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Dayak :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Dayak

Pada dasarnya kandungan yang ada dalam bawang dayak ini sebagian besar adalah zat aktif kimia, namun sehat untuk tubuh selama penggunaannya masih diberi batas seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan tanin. Semua zat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh khususnya mengatasi sel-sel jahat dari luar tubuh.

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Amandel

Penyakit ini termasuk dalam golongan radang, biasanya bisa menyerang orang dewasa dan sering ditemukan dalam golongan anak-anak. Penyakit ini memang tak berbahaya dan bisa disembuhkan tanpa di obati. Namun jika Anda ingin mempercepat penyembuhan, cobalah untuk mengkonsumsi bawang sabrang ini secara rutin sampai amandelnya benar-benar sembuh. Kandungan zat anti radang berupa anti inflamasi pada bawang dayak membantu dalam mengatasi amandel, bahkan untuk yang susah sembuh sekalipun.

2. Atasi Sakit Perut

Masalah seperti ini akan menyerang bagian perut. Biasanya terjadi karena ada masalah dengan sistem pencernaan Anda khususnya pada usus dan area perut. Karena mengandung zat golongan anti inflamasi dan anti oksidan, sakit perut bisa diatasi cukup dengan mengkonsumsi bawang dayak. Penggunaannya pun tak bersifat rutin, hanya digunakan jika Anda terkena sakit perut mendadak. Selain zat aktif yang disebutkan tadi, zat lainnya juga ikut membantu mengatasi sakit perut.

3. Mengobati Flu

Penyebab flu pada dasarnya adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya bisa dengan cara ditularkan dari orang lain atau dari lingkungan sekitar yang buruk. Karena mengandung anti bakteri yang cukup kuat, bawang dayak sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi dalam mengatasi masalah flu ini. Penggunaannya untuk anak-anak juga terbilang masih normal dan tak akan menimbulkan efek samping berbahaya.

4. Mengatasi Hepatitis

Hepatitis atau bisa juga disebut sebagai penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang bisa menjadi penyakit berbahaya jika tak ditangangi cepat oleh ahlinya. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit yang bisa berakhir kronis, yaitu penyakit bertahun dan susah untuk sembuh. Kandungan zat aktif dalam bawang dayak bermanfaat untuk mengatasi hepatitis bahkan yang sudah lama mengidapnya.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan zat yang ada pada bawang dayak adalah pada dasarnya bisa membantu dalam membentuk jaringan pertahanan tubuh. Seperti misalnya kandungan anti bakteri yang membantu dalam memblok setiap bakteri yang akan masuk dalam tubuh. Tidak hanya itu, anti inflamasi, anti virus, anti kanker, dan lainnya semua pada dasarnya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebal akan perkembangan sel jahat pada tubuh seperti sel kanker, sel tumor, serta lainnya.

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Obat kanker

7. Mengatasi tumor

8. Sebagai anti bakteri

9. Mengatasi virus

10. Anti mikroba

11. Mengatasi peradangan

12. Mengatasi insomnia

13. Meringangkan penyakit asma

14. Mempercepat penuaan jerawat dan bisul

15. Menurunkan kadar asam

16. Membentuk sel darah

17. Mengatasi bronchitis

18. Menurunkan kadar gula

19. Sehat untuk lambung

20. Sehat untuk ginjal

21. Mengatasi Epilepsy

22. Sehat untuk obat kista

23. Sebagai obat gondok

24. Sehat untuk vitalitas

25. Melancarkan BAB

26. Mengatasi radang usus

27. Sehat untuk jantung

28. Sebagai obat sakit kepala

29. Mengatasi peluruh muntah

30. Meningkatkan kerja otak

31. Menurunkan kolestrol

32. Obat vertigo

33. Meningkatkan stamina

34. Mengatasi penyakit TBC

35. Mengatasi keputihan

36. Membantu mengatasi migrain

37. Mengatasi gangguan otak

38. Mengatasi ambeien

39. Mengatasi stroke

40. Mengatasi myom

Cara Memanfaatkan Bawang Dayak Untuk Kesehatan :

Karena masik tergolong jenis bawang, bawang dayak sehat untuk dikonsumsi sebagai bahan masakan. Baik itu digoreng atau direbus. Dalam penggunaan khusus (Keperluan tinggi) akibat penyakit berbahaya, bawang dayak bisa dikonsumsi dengan cara direbus kemudian dimakan dagingnya.

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Bisul

Bisul merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu aktivitas, bahkan susah untuk sembuh jika tak dilakukan penanganan tepat. Bisul ini menjadi kumpulan daging yang bisa merusak penampilan. Karena mengandung zat anti bakteri tinggi, bawang dayak berfungsi untuk menyehatkan kulit khususnya masalah-masalah seperti bisul menjadi sembuh.

2. Mengatasi Kulit Merah atau Ruam

Kulit merah atau ruam biasanya diakibatkan oleh bakteri atau bisa juga disebabkan karena alergi. Namun pada dasarnya, ada bakteri khusus yang bisa menyebabkan gejala-gejala seperti ruam disertai gatal-gatal. Tentu saja hal seperti ini akan mengganggu penampilan Anda apalagi ruam ini terjadi pada daerah leher. Kandungan zat anti bakteri dan anti inflamasi pada bawang ini membantu dalam mengatasi ruam atau gatal-gatal.

3. Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa juga diartikan sebagai radang ringan yang terjadi pada permukaan kulit. Karena termasuk dalam golongan radang, tentu saja jerawat ini bisa diatasi menggunakan bawang dayak karena memiliki zat anti inflamasi didalamnya yang membantu mengatasi radang. Selain itu, anti bakteri membantu agar jerawat tak muncul kembali di wajah Anda.

4. Mengatasi Ketombe

Ketombe selalu terkait dengan kulit kepala. Karena itulah, kulit kepala sangat perlu untuk dijaga kesehatannya. Salah satu upaya dalam menjaganya adalah dengan mengkonsumsi bawang dayak yang dikenal memiliki zat yang membantu dalam menyehatkan kulit kepala sehingga membantu dalam mencegah ketombe. Ketombe berlebihan bisa mengganggu penampilan Anda, khususnya bagi kaum wanita.

5. Mengobati Mata Merah

Mata merah bisa menjadi halangan untuk mengacaukan penampilan Anda, apalagi mata merah ini disertai pembengkakan dan terjadi hanya di satu mata. Kandungan anti inflamasi pada bawang dayak membantu dalam mengobati kemerahan dan pembengkakan jika hal itu terjadi. Selain itu, anti bakteri akan membantu mencegah mata merah akibat debu-debu yang banyak membawa bakteri. Setidaknya bisa mengurangi resiko terkena mata merah disertai bengkak.

Cara Memanfaatkan Bawang Dayak Untuk Kecantikan :

Bawang dayak untuk kecantikan bisa dimakan dengan cara disajikan sebagai bahan makanan atau direbus langsung kemudian dimakan dagingnya. Namun penggunaan khususnya ialah menggunakannya sebagai masker atau dioleskan pada kulit yang bermasalah. Dengan catatan, bawang tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu bisa menggunakan blender atau ditumbuk.

Efek Samping Bawang Dayak :

Efek Samping Bawang Dayak

Meski memiliki zat sehat untuk kesehatan dan kecantikan, mengkonsumsi bawang dayak bisa menyebabkan beberapa efek samping yang bisa bersifat berbahaya seperti:

1. Kurang sehat untuk penderita maag kronis

2. Tekanan darah terlalu rendah

3. Tekanan darah bisa terlalu tinggi

4. Tidak baik untuk penderita kolestrol

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Penggunaan khasiat bawang ini sangat baik, tapi perhatikan porsi yang baik untuk mendapatkan hasil manfaat bawang dayak yang lebih baik serta hindari jika terjadi ketidakcocokan seperti alergi.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top