45 Manfaat dan Khasiat Bawang Lanang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang

Tanaman

45 Manfaat dan Khasiat Bawang Lanang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bawang Lanang (Allium sativum), Bawang Tunggal, Bawang Putih Lanang, Bawang Putih Tunggal, Bawang Kecil, Bawang Putih Kecil, Bawang Alit, Bawang Lelaki, Bawang Bersiung Tunggal, Bawang Tidak Terbelah adalah salah satu tanaman jenis bawang. Ciri khas fisiknya ada pada ukurannya yang kecil dan hanya terdiri dari satu buah berbentuk bulat, tanpa suing. Manfaat bawang lanang sangat terkenal sebagai obat herbal mengatasi banyak penyakit, seperti darah tinggi dan penyakit jantung.

Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang

Jika kebanyakan bawang putih itu terbelah-belah dan memiliki banyak siung, berbeda dengan bawang lanang ini yang memang sejak masih berada di dalam tanah, sudah berbentuk umbi bulat kecil yang utuh. Jenis bawang putih ini memiliki rasa dan wangi yang berbeda dari kebanyakan bawang lainnya. Rasanya lebih pedas, hangat dan wanginya lebih menyengat.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Lanang :

Apa sajakah kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam bawang lanang? Ternyata bawang putih yang memiliki nama lain bawang tunggal ini mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi. Di dalam 100 gramnya terdapat:

• Energi: 90 kkal
• Karbohidrat: 23 gram
• Lemak: 0,2 gram
• Protein: 4 gram
• Kalsium: 40 mg
• Fosfor: 130 mg
• Zat Besi: 1 mg
• Vitamin B1: 0,2 mg
• Vitamin C: 20 mg

Loading...

Manfaat Bawang Lanang untuk Kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Manfaat bawang lanang bisa mencegah kanker. Ini adalah keyakinan banyak orang yang sudah mengurat serta diuji coba secara klinis. Orang yang makan bawang tunggal ini memang hidupnya jauh lebih sehat dan panjang umur. Para penderita kanker yang memakannya juga menunjukkan respon positif.

2. Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Asam lambung dapat dipicu karena banyak hal. Kenaikan asam lambung biasanya karena faktor stress atau pola makan yang buruk. Namun stress mengambil peran lebih banyak sebagai penyebabnya. Namun jangan khawatir lagi, sebab dengan memakan bawang lanang, penyakit yang disebabkan asam lambung seperti dispepsia dan GERD bisa sembuh.

3. Menyembuhkan Masuk Angin

Mengonsumsi bawang lanang atau bawang tunggal efektif buat mengatasi masuk angin. Sebab bumbu dapur ini  mampu menghangatkan tubuh dan membantu keluarnya angin yang bisanya terperangkap di dalam saluran cerna. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal bawang tunggal ini dimasak bersama sayuran favorit

4. Menambah Stamina

Makan bawang lanang bagus sekali untuk meningkatkan stamina. Kekuatan fisik dan tenaga besar yang terjadi tentunya amat mendukung kehidupan sehari-hari. Jadi tidak gampang lelah dan selalu enerjik. Untuk mendapatkan manfaat bawang tunggal demi meningkatkan stamina memang butuh kesabaran. Pasalnya, bawang ini memberikan efek yang perlahan namun pasti.

5. Membantu Regenerasi Sel Tubuh

Kandungan antioksidan di dalam bawang lanang bagus sekali untuk menangkal radikal bebas yang seringkali membuat sel-sel tubuh gampang mati. Untuk itu, bawang yang yang memiliki nama lain bawang tunggal ini sungguh baik untuk kesehatan sel. Ampuh memicu regenerasi sel.

Manfaat Bawang Lanang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menurunkan panas
7. Mengobati nyeri
8. Menyembuhkan infeksi
9. Mengatasi sakit kepala
10. Meringankan migrain
11. Mengobati sakit gigi
12. Menurunkan kadar asam lambung
13.Meningkatkan sistem kekebapan tubuh
14. Memperbaiki imun yang rusak
15. Meringankan rasa sakit maag
16. Mengobat vertigo
17. Mencegah gigi berlubang
18. Meningkatkan daya tahan tubuh
19. Mengatasi gangguan ginjal
20. Menurunkan tekanan darah tinggi

Cara Memanfaatkan Bawang Lanang untuk Kesehatan :

Bagaimana cara memanfaatkan bawang tunggal atau lanang untuk kesehatan? Caranya amat mudah, tinggal memakai bawang ini sebagai bahan campuran masakan sebagaimana bawang pada umumnya. Rasa bawang ini sangat lezat dan cenderung lebih gurih. Sehingga membuat masakan jauh lebih enak rasanya. Alhasil nafsu makan pun meningkat. Bawang ini cocok dimakan oleh segala usia, dengan efek samping yang jarang sekali dilaporkan. Justru bawang ini memang sudah dikenal luas sebagai obat herbal yang manjur sekali untuk menambah stamina tubuh dan memperbaiki kualitas kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Bawang Lanang untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit

Manfaat bawang lanang bagus untuk memutihkan kulit. Membuat kulit jadi lebih cerah dan terang dipandang. Hal ini karena bawang lanang tergolong jenis bawang putih yang sangat mempengaruhi pigmen warna kulit.

2. Meremajakan Sel Kulit Wajah

Memakan bawang lanang secara rutin ampuh untuk meremajakan kulit. Ini artinya kemampuan bawang putih tunggal ini bisa mencegah penuaan dini. Di mana kebanyakan penyebab penuaan dini terjadi karena stress, kerusakan sel kulit maupun karena paaran obat dan bahan makanan tidak sehat dalam waktu lama. Fungsi bawang tunggal buat menghilangkan semua pengaruh buruk ini sehingga sel kulit wajah kembali muda dan prima.

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat bawang lanang pun bisa cegah munculnya jerawat. Tahukah apa yang membuat seseorang jadi jerawatan? Ternyata karena bakteri yang menempel di kulit dan masuk ke permukaan kulit. Sifat bawang putih lanang yang bagus sebagai antibiotik alami ini membuatnya ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Mencegah Kebotakan Rambut

Botak pada rambut dapat terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah kurangnya nutrisi pada rambut. Padahal rambut botak bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri, apalagi kalau terjadi pada wanita. Untuk itu, segera saja atasi dengan memakam bawang lanang yang bagus sebagai nutrisi rambut ini.

5. Mencegah Karies Gigi

Gigi menjadi salah satu organ manusia yang menunjang kecantikan. Orang yang sehat dengan deretan gigi putih, kuat dan tidak berlubang akan memiliki kepercayaan diri tinggi. Selain itu juga cenderung murah senyum dan disenangi orang. Penyakit karies atau dikenal gigi berlubang amatlah bahaya karena bisa merusak gigi dan buat ngilu. Untuk itu cegah segera dengan rutin konsumsi bawang lanang.

Manfaat Bawang Lanang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah komedo
7. Menghilangkan komedo
8. Mengatasi minyak berlebih di wajah
9. Membuat badan jadi harum
10. Mencegah gigi keropos
11. Mengatasi gigi rapuh
12. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
13. Mengatasi bekas kemerahan karena jerawat
14. Membuat badan jadi segar
15. Menghilangkan lemak jahat
16. Menurunkan berat badan
17. Membuat berat badan ideal
18. Menghilangkan selulit
19. Membantu program diet
20. Menghaluskan kulit

Cara Memanfaatkan Bawang Lanang untuk Kecantikan :

Tahukah bagaimana cara memanfaatkan bawang tunggal atau lanang untuk kecantikan? Ternyata caranya sangat mudah. Tinggal digunakan saja bawangnya sebagai bumbu masak sebagaimana bawang putih lainnya. Jenis bawang ini memiliki rasa yang sama kok dengan bawang putih kebanyakan. Efek kecantikan akan bekerja dari dalam tubuh. Jadi tidak perlu menjadikannya sebagai obat olesan luar seperti dibuat masker dan lulur. Sebab dikhawatirkan justru akan merusak kulit dan membuat iritasi karena ketajaman rasa bawangnya.

Efek Samping Bawang Lanang :

Meskipun bawang putih lanang ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, namun ternyata ada banyak pula efek sampingnya yang mesti diwaspadai, seperti di bawah ini:

1. Bau Mulut
2. Asam Lambung Naik
3. Mual
4. Muntah
5. Pusing
6. Alergi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jangan takut buat memakan bawang tunggal, sebab banyak khasiat dan manfaat yang secara nyata berkontribusi untuk kesehatan. Memakan bawang lanang tiap hari sebagai pengganti bawang putih apel atau kating merupakan langkah bijaksana untuk memulai gaya hidup sehat.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top