Connect with us
Bawang Merah, Manfaat Bawang Merah, Khasiat Bawang Merah

Tanaman

33 Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bawang merah bernama latin (Allium cepa var ascalonicum (L) merupakan salah satu jenis tanaman bawang atau umbi akar yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur wajib karena hampir semua masakan khususnya masakan yang digoreng, memerlukan bawang merah untuk meningkatkan kulitas rasanya. Tentu sajak, manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan juga sangat banyak sekali. Sudah lama rempahan ini dijadikan sebagai obat ampuh dalam mengatasi nyeri pada perut, infeksi, atau masalah luka.

Bawang Merah, Manfaat Bawang Merah, Khasiat Bawang Merah

Dalam penggunaan dipedesaan, bawang merah dikenal sebagai bahan makanan yang berfungsi untuk mengatasi tekanan darah yang tidak stabil. Namun penggunaan yang salah dan pemakaian secara berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya. Karena itulah, perhatikan takaran yang pas dan jangan sampai overdosis. Bawang merah sendiri merupakan salah satu beberapa jenis bawang. Yang paling dikenal adalah bawang putih dan juga bawang merah.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Bawang Merah :

Kandungan Nutrisi dan Gizi Bawang Merah

Tidak hanya menghasilkan rasa yang khas, bawang jenis ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam tubuh karena mengandung kandungan seperti vitamin C, kalium, serat, asam folat, zat besi, hormon auksin, giberelin, zat anti septik, aliin, ammonia, allisin, enzim, dan zat anti mikroba lainnya.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Kolestrol

Kolestrol menjadi salah satu penyakit yang bisa saja bersifat kronis jika dibiarkan begitu saja. Sebagai tindakan untuk mencegah, Anda boleh mengkonsumsi bawang merah dengan sedikit rutin tidak berlebihan. Kandungan quercetin dalam bawang ini membantu dalam mengatasi zat jahat yang mengabiatkan kolestrol. Beberapa efek samping yang terjadi ketika seseorang terkena kolestrol adalah tekanan darah tidak stabil dan tubuh menjadi sangat lemah. Untuk memaksimalkan, Anda boleh untuk sering-sering olahraga sembari rutin mengkonsumsi bawang merah.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan terjadi biasanya dalam tubuh. Bahasa lain dari peradangan adalah pendarahan, dalam artian lain terjadi pendarahaan dalam organ dalam tubuh. Kandungan anti inflamasi dalam bawang membantu dalam mengatasi peradangan karena sifat alami dari anti inflamasi membantu dalam meredakan pendarahan yang terjadi dalam tubuh. Tidak hanya dari dalam, anti inflamasi juga menjadi zat ampuh untuk mengatasi masalah pendarahan luar seperti luka dan sejenisnya.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan bakteri, baik dari dalam ataupun luar. Jika pertahanan tubuh terlalu lemah, virus, bakteri, atau radikal bebas yang kotor akan masuk ke tubuh dan membuat tubuh keracunan. Disisi kerja hati sebagai penangkal racun yang bekerja ekstra, pertahanan tubuh yang lemah tidak akan bisa menahan kuatnya serangan yang datang. Karena itulah bawang merah yang mengandung banyak zat besi yang baik untuk memperkuat pertahanan tubuh sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang pas.

4. Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Kandungan sulfur dalam bawang ini sangat membantu dalam mendetoksifikasi tubuh sehingga akan menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya juga membantu dalam membersihkan kotoran dalam darah seperti timbal, kadmum, atau arsenik dari dalam tubuh. Zat-zat mineral yang lain juga ikut membantu dalam detoksifikasi tubuh.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan zat aktif dalam bawang merah membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat seperti ini memang sudah sejak lama dikenal oleh orang terdahulu dan sudah terbukti ampuh. Beberapa orang menyerankan untuk mengkonsumsi bawang merah dengan cara direbus kemudian dimakan langsung. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan khusus diberikan hanya untuk penderita tekanan darah tinggi atau kolestrol. Penggunaannya pun ternyata tidak asal direkomendasikan oleh masyarakat saja, dokter pun menyarankan mengkonsumsi bawang merah.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Lainnya

6. Sebagai obat pencegah dan mengatasi kanker

7. Membantu menyembuhkan penyakit asma

8. Sebagai obat untuk mengatasi infeksi luka

9. Mengatasi luka pada gusi atau sakit gigi

10. Meredakan semua masalah perut

11. Mengatasi sembelit

12. Mengatasi maag

13. Menjaga kesehatan tulang

14. Meningkatkan nafsu makan

15. Pengobatan untuk diabetes

Cara Memanfaatkan Bawang Merah Untuk Kesehatan :

Pada umumnya bawang merah hanya digunakan sebagai bahan makanan gorengan atau makanan lainnya. Tujuannya adalah untuk memantapkan cita rasa dari makanan tersebut. Cara ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk menggali potensinya. Anda juga bisa merebus kemudian memakan dagingnya langsung. Metode ini diterapkan kepada orang yang benar-benar memerlukan kandungan bawang secara menyeluruh, mengingat rasa bawang dimakan setengah matang cukup tidak mengenakkan.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin C, flavonoid, dan anti oksidan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah atau bagian kulit lainnya. Vitamin C akan membantu memperkuat jaringan sel kulit sehingga tidak mudah terkena jerawat lagi, sedangkan anti oksidan akan membantu meredakan peradangan ringan yang terjadi pada kulit yang disebut sebagai jerawat.

2. Atasi Bintik Gelap Pada Kulit

Bintik gelap biasanya terjadi karena bakteri yang mengendap pada kulit sehingga terjadi perubahan warna. Bisa juga disebabkan karena ketidakbersihan kulit. Untuk mengatasinya, rutinlah untuk mengkonsumsi bawang merah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Untuk memaksimalkan, rutinlah mandi dan basuh menggunakan sabun terpercaya.

3. Mengatasi Kulit Kasar

Kulit kasar atau keriput biasa terjadi pada bagian dahi, sikut, bawah mata, lutut, tumit, dan lainnya. Ada dua hal penyebab yang sangat umum terjadi yaitu karena Anda sedang stres dan yang kedua adalah kulit kekurangan cairan atau vitamin C. Kandungan air dalam bawang memang sedikit, tapi berbeda dengan kandungan vitamin C. untuk membuatnya agar lebih kenyal, perbanyaklah memakan buah berair seperti semangka, jeruk, atau perbanyak minum air.

4. Atasi Bibir Kering

Bibir kering terjadi karena kurang cairan dan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam bawang membantu dalam mengatasi bibir kering. Untuk masalah bibir berdarah, juga bisa diatasi oleh anti oksidan milik bawang merah.

5. Memutihkan Gigi

Karena mengandung zat mineral seperti kalsium, maka bisa membantu dalam menyehatkan tulang dan gigi. Gigi putih menjadi impian untuk orang yang memerhatikan penampilannya karena saat seseorang sedang tersenyum atau tertawa, maka pandangan orang akan tertuju pada gigi Anda.

Cara Memanfaatkan Bawang Merah Untuk Kecantikan :

Bisa dengan cara dijadikan bahan makanan sudah sangat cukup. Namun untuk masalah luar seperti kulit kering, jerawat, panu, dan lainnya, cobalah untuk dijadikan sebagai masker dengan catatan direbus terlebih dahulu. Bisa dengan cara diiris seperti masker mentimun atau diblender hingga halus dan oleskan pada bagian kulit yang ingin dihaluskan.

Efek Samping Bawang Merah :

Efek Samping Bawang Merah

Jika mengkonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan efek samping baik dalam tubuh maupun lingkungan sekitar seperti :

1. Bau pada mulut

2. Sakit kepala

3. Panas pada lambung

4. Penyebab Alergi

5. Pembekuan darah

6. Tekanan darah rendah

7. Mulas/sakit perut

8. Tidak sehat untuk ibu hamil

9. Gangguan ibu menyusui

10. Gangguan kulit

11. Gula darah rendah

12. Mata sakit

13. Penglihatan kabur

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak. Namun dari segi efek samping jika digunakan atau dikonsumsi secara berlebihan juga banyak. Ketika ingin mengonsumsi atau menggunakan sebagai bumbu masakan, maka gunakanlah takaran yang pas.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top