100 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Bawang Putih Tunggal, Manfaat Bawang Putih Tunggal, Khasiat Bawang Putih Tunggal

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bawang putih tunggal merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam kategori umbi-umbian. Bawang putih adalah bagian dari famili alliaceae dari genus allium. Bawang putih terkenal sebagai bumbu masakan dan ternyata manfaat bawang putih tunggal sangatlah besar baik bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh. Meski begitu tak terpungkiri tetap ada efek samping bawang putih tunggal. Selama digunakan sewajarnya efek sampingnya dapat dihindari.

Bawang Putih Tunggal, Manfaat Bawang Putih Tunggal, Khasiat Bawang Putih Tunggal

Berbeda dengan bawang putih biasa, bawang putih jenis ini lebih sering digunakan sebagai pengobatan. Aromanya sangat menyengat, khasiat bawang putih tunggal jugalah beragam. Hal itu tak lepas dari kandungannya akan berbagai macam zat maupun vitamin yang baik bagi tubuh. Rasa getir yang ditimbulkan saat dimakan adalah karena kandungan kalin didalamnya. Walaupun getir, banyak orang yang sengaja mengkonsumsinya karena tahu akan manfaatnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Putih Tunggal :

Kandungan Bawang Putih Tunggal

Sejak ribuan tahun, bawang putih tunggal sudah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan yang mengkonsumsinya secara rutin terbukti mempunyai tubuh yang sehat dibandingkan sebelum mengkonsumsinya. Para peneliti membuktikan bahwa jenis bawang putih ini mengandung minyak atsiri yakni agen antibakteri alami. Selain itu, juga mengandung allin, kalsium, fosfor, belerang, lemak, protein, zat besi hingga berbagai vitamin seperti vitamin A, B1 dan C.

Loading...

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan :

1. Menurunkan Kadar Tingkat Kolesterol Tinggi

Bawang putih tunggal diketahui bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh secara efektif. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan sekitar 20 mg / dl kadar Kolesterol dan Trigliserida dalam tubuh manusia. Manfaat bawang putih tunggal untuk kolesterol bisa didapatkan dengan mengupas 3 atau 4 siung bawang putih dan mengkonsumsinya pada waktu perut kosong.

2. Menyembuhkan Flu dan Batuk

Ilmuwan mengatakan bawang putih tunggal membantu mengurangi risiko terserang flu dan batuk lebih dari 50% saat dikonsumsi secara teratur. Selain itu juga mengurangi kemungkinan terinfeksi oleh penyakit lain. Adanya senyawa kimia yang disebut Alliinase dan Alliin membantu memproduksi senyawa kuat yang disebut Allicin saat umbi dihancurkan atau digiling. Senyawa kuat ini membantu meredakan batuk dan pilek. Anda bisa mendapatkan khasiat bawang putih tunggal ini dengan menghancurkan 2 siung dan dimasukkan ke dalam segelas air putih, lalu dikonsumsi teratur.

3. Membantu Melawan Kanker

Bawang putih secara inheren mengandung senyawa organosulfur bernama diaIIyl trisulfide yang membantu melawan kanker dengan membantu tubuh membunuh sel kanker. Periset di University of North Carolina telah menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi bawang putih memiliki probabilitas 66,67% persen lebih rendah untuk terkena kanker. Banyak studi mengatakan bahwa cara mengambil manfaat bawang putih tunggal untuk mengurangi resiko kanker adalah dengan mengkonsumsinya secara teratur.

4. Mengontrol Diabetes

Khasiat bawang putih tunggal selanjutnya adalah mampu mengatasi diabetes. Periset telah menemukan bahwa konsumsi 2-3 bawang putih tunggal secara teratur membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Kehadiran Allicin saat mengkombinasikan dengan Vitamin B dan Thiamine memicu pankreas untuk menghasilkan insulin di dalam tubuh. Sehingga, pada gilirannya membantu tubuh untuk melawan diabetes secara efektif.

5. Menyembuhkan Penyakit Jantung

Salah satu cara melawan melawan Penyakit Jantung adalah dengan dua cara. Salah satunya adalah mengurangi LDL Cholesterol dan trigliserida dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi bawang putih memiliki kolesterol LDL hingga 20% lebih sedikit. Kedua mencegah terbentuknya plak dan bekuan darah dengan cara mengurangi densitas darah. Para ilmuwan berpendapat bahwa pasien yang mengkonsumsi bawang putih secara teratur 83% lebih rentan terhadap penggumpalan darah yang berbahaya.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

7. Menjaga kesehatan selama masa kehamilan

8. Meningkatkan daya ingat

9. Menjaga stamina tubuh

10. Mengatasi maag

11. Obat kutu air

12. Mengatasi kulit yang gatal-gatal

13. Membantu meredakan demam

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

15. Mendukung proses diet

16. Mencegah gigitan nyamuk

17. Menjaga kesehatan pencernaan

18. Mengatasi penyakit asam urat

19. Melancarkan peredaran darah

20. Membuat hubuangan suami istri berkualitas

21. Sebagai antibiotik alami

22. Mengatasi sinusitis

23. Obat sakit gigi

24. Mencegah TBC

25. Mencegah alzeimer

26. Mengatasi infeksi telinga

Cara Memanfaatkan Bawang Putih tunggal untuk Kesehatan :

Memanfaatkan bawang putih tunggal untuk kesehatan sangatlah mudah. Anda bisa mengkonsumsinya langsung secara rutin di pagi hari saat perut kosong. Atau jika tidak tahan dengan rasa getirnya, bisa mencampur ramuan bawang putih dengan madu murni. Ambillah 2 siung bawang putih, hancurkan dan campur dengan dua sendok makan madu. Lalu, makan secara rutin untuk mendapatkan manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan.

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kecantikan :

1. Mengurangi dan Mengatasi Jerawat

Di dalam bahan alami ini terdapat antioksidan yang kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Sedangkan jerawat disebabkan oleh akumulasi racun, pori-pori tersumbat, dan infeksi bakteri, maka bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi jerawat. Bahkan khasiat bawang putih tunggal ini bisa sampai menghilangkan jerawat dari wajah.

2. Menenangkan Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit autoimun, dan gejalanya adalah kulit merah, bersisik, dan gatal yang mempengaruhi kulit kepala, siku, dan lutut. Tak bisa disembuhkan namun mengkonsumsi bawang putih bisa membantu mengurangi gejala penyakit. Psoriasis disebabkan karena peradangan, dan karena bawang putih jenis ini adalah agen antiinflamasi yang kuat, banyak yang merekomendasikan penggunaan bawang putih untuk mengurangi psoriasis.

3. Menunda Penuaan

Penuaan kulit terjadi karena stres, kebiasaan tidak sehat, stres, radang, gen dll S-allyl sistein. Bawang putih tunggal mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan kerutan.

Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang hadir dalam bawang putih membantu mengangkut radikal oksigen sehingga mengurangi stres. Untuk mengambil manfaat bawang putih tunggal ini bisa dengan mengkombinasikannya bersama madu dan lemon.

4. Menghilangkan Stretch Mark

Untuk mengurangi stretch mark bisa memakan bawang putih langsung. Atau dengan memijat minyak kelapa hangat dengan bawang putih.

5. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan masalah serius. Polusi, air kotor, kebiasaan makan yang buruk, stres dll semua menambah rambut rontok. Para ilmuwan telah menemukan bahwa gel bawang putih, bersama betamethasone valerate dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi dan mencegah kaki pecah-pecah

7. Memperkecil pori-pori kulit wajah

8. Membantu pertumbuhan kuku

9. Melawan ketombe

10. Menghilangkan komedo

11. Membantu menghilangkan tahu lalat

Cara Memanfaatkan Bawang Putih Tunggal untuk Kecantikan :

Pemanfaatan bawang putih tunggal untuk kecantikan tidak jauh beda untuk kesehatan tubuh. Anda bisa makan 1 siung bawang putih mentah diikuti segelas air dingin untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut dari dalam.

Sementara untuk melembabkan rambut, anda juga bisa menghancurkan 3-4 siung bawang putih dan campur dengan minyak kelapa secukupnya. Lalu, terapkan ke seluruh rambut. Langkah itu juga bisa diterapkan pada kulit.

Efek Samping Bawang Putih Tunggal :

Efek Samping Bawang Putih Tunggal

Selain mengetahui apa saja khasiat bawang putih tunggal, anda juga wajib tahu tentang efek buruknya. Efek samping bawang putih tunggal bisa saja muncul jika digunakan secara berlebihan atau digunakan oleh orang-orang yang elergi terhadap bawang putih. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikannya untuk pengobatan atau kecantikan konsultasikan kepada dokter atau ahlinya. Berikut ini efek samping yang ditimbulkan oleh bawang putih :

1. Menimbulkan bau badan tak sedap

2. Bau mulut

3. Antikoagulan

4. Gejala alergi

5. Menyebabkan iritasi pada mata

6. Mengakibatkan rasa perih

7. Menimbulkan pendarahan berlebihan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Serai untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah manfaat bawang putih tunggal, beserta cara memanfaatkan dan efek samping yang mungkin muncul pada tubuh. Walaupun hanya bumbu dapur, khasiat bawang putih tunggal ini sangatlah banyak sekali.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top