Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bawang putih adalah tanaman, bahan makanan dan bahan masakan yang memiliki nama latin Allium sativum. Tumbuhan ini biasanya diambil umbinya sebagai penyedap masakan maupun sebagai obat tradisional herbal. Dibalik baunya yang khas bahan bumbu dasar ini ternyata mempunyai berbagai macam khasiat terutama untuk kesehatan serta kecantikan. Banyak orang menggunakan umbi ini baik dengan cara dimakan langsung maupun dimasak terlebih dahulu.

Bawang Putih, Manfaat Bawang Putih, Khasiat Bawang Putih, Bawang, Bawang Putih Tunggal

Bawang putih banyak tumbuh di daerah tropis dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Jenis tanaman ini dapat dimanfaatkan seperti bagian daun dan umbi, kecuali bagian akar. Biasanya bahan makanan ini dijadikan sebagai bahan dasar bumbu berbagai macam masakan bahkan sebagian masyarakat menganggap tanaman ini mempunyai fungsi mistis.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Putih :

Kandungan Bawang Putih, Kandungan Gizi Bawang Putih, Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Meskipun bahan dasar bumbu ini berasal dari umbi, siapa sangka kandungan gizinya sangat banyak hingga dapat dimanfaatkan dalam hal kesehatan maupun kecantikan. Salah satu jenis bawang ini ternyata mempunyai kandungan minyak atsiri, senyawa allicin dan aliin, kalsium, saltivine, belerang, protein, vitamin A, B1, juga vitamin C, lemak, fosfor, diallysulfide, serta senyawa-senyawa lainnya.

Loading...

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan :

1. Dapat Membantu Meringankan Flu dan Batuk

Flu dan batuk memang seringkali mengganggu aktivitas terlebih lagi jika kondisi parah hingga menyumbat pernapasan. Penyakit tersebut ternyata bisa diringankan dengan menghirup aroma bawang satu ini. aromanya mampu memberikan efek positif terhadap membran mukusa di saluran napas. Selain itu bawang ini memiliki sifat anti bakteri dan virus sehingga dapat mencegah flu semakin parah.

2. Mencegah terjadinya Kanker

Salah satu senyawa didalam bawang ini adalah sulfur bioaktif. Senyawa ini telah diteliti oleh Instritute of National Cancer bahwa dapat mencegah sel kanker terbentuk. Pecegahan ini dilakukan oleh senyawa penting tersebut dengan cara membasmi dan memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan sehingga sel tidak bermutasi. Selain itu dapat melindungi organ tubuh dari senyawa karsinogen.

3. Mencegah Infeksi yang Disebabkan karena Jamur

Infeksi dapat disebabkan karena berbagai faktor salah satunya adalah jamur. Jamur yang tumbuh di kulit biasanya menimbulkan rasa gatal hingga iritasi yang berbahaya. Untuk mengatasi sekaligus mencegah hal tersebut dapa digunakan bawang putih dengan cara dikonsumsi. Bawang ini terkenal dengan sifatnya yang anti bakteri dan anti jamur.

4. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Terdapat sejumlah riset yang menyatakan bahwa bawang ini efektif dalam menurunkan tekanan darah seseorang hingga 8%. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki penyakit tekanan darah yang tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi dan mencegah penyakit kambuh.

5. Berperan dalam Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

Kehebatan selanjutnya dari bumbu masakan satu ini yaitu berperan efektif untuk menurunkan kolesterol yang tidak baik di dalam tubuh (LDL). Bahkan LDL yang dipangkas ini sangat signifikan hingga 15%. Selain itu produksi hormon insulin juga di tingkatkan dengan bumbu ini. oleh karena itu bagi seseorang yang mengalami masalah ini lebih baik mencoba mengkonsumsinya agar meningkatkan kesehatan.

6. Secara Efektif Mencegah Sakit Jantung

Penyakit jantung salah satuya disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah di bagian arteri koroner, sebuah pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung. Tentu hal ini sangat berbahaya karena jantung adalah organ penting. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi bumbu utama masakan ini karena mampu menurunkan jumlah plak di pembuh darah.

7. Menjaga agar Otak tetap Sehat

Otak yang sehat adalah dambaan semua orang, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kesehatan otak tentunya harus dijaga sedini mungkin agar tidak pikun dan tetap berkembang dengan sempurna. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin, karena kandungan S-ally-Lcysteine serta antioksidannya yang penting.

8. Dapat Mencegah terjadinya Pembekuan Darah

Siapa yang sangka bahwa bahan dasar bumbu makanan ini mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Untuk memanfaatkannya anda dapat meminum air perasan bawang setelah menumbuknya dan menambahkan air secukupnya. Lakukan pengobatan ini sebanyak tiga kali dalam satu hari agar hasilnya maksimal.

9. Melawan terjadinya Infeksi

Kandungan bawang berwarna putih ini seperti vitamin C, B6, flavanoid, allicin, dan lain sebagainya ternyata berperan dengan baik dalam melawan infeksi. Karena bahan-bahan tersebut akan mendukung kemampuan bawang yaitu anti bakteri. Sehingga pengkonsumsian bawang dapat membunuh bakteri jahat yang dapat memperparah terjadinya infeksi.

10. Berfungsi untuk Pencegahan terjadinya Diabetes

Manfaat lainnya dalam bidang kesehatan adalah mampu mencegah penyakit diabetes yaitu dengan ara pengendalian yang menyebabkan penyakit tersebut. Salah satu faktornya adalah tingginya kadar gula di dalam darah hingga tidak seimbangnya produksi hormon yang mengubah gula darah untuk dapat disimpan di otot.

11. Dapat Mengobati Gigi yang Sakit

Pada umumnya sakit di gigi dikarenakan adaya bakteri pengganggu di gigi tersebut. Memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, anda jangan khawatir karena anda bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit gigi ini. hal tersebut dipengaruhi dnegan adanya kemampuan bawang yang anti bakteri.

12. Dapat Merangsang sel-sel Syaraf

Di dalam bawang yang pada umumnya berwarna putih kekuningan ini terkandung sebuah zat bernama salvatine. Zat organik ini memiliki kemampuan yang baik dalam merangsang sel syaraf sehingga mampu bekerja lebih optimal. Sel syaraf yang bekerja dengan maksimal akan berpengaruh terhadap kesehatan bagian tubuh lainnya.

13. Sumber Energi Tubuh

Meskipun bukan makanan utama pengahasil protein dan karbohidrat namun bawang berkhasiat ini dapat dijadikan sebagai sumber tenaga, sehingga badan menjadi lebih berstamina. Apalagi ditambah dengan kandungan lain berupa nutrisi yang dapat meningkatkan performa tubuh.

14. Sangat Baik bagi Ibu Hamil

Meskipun memiliki aroma yang kuat, bahan makanan dari umbi akar ini ternyata bagus untuk ibu hamil . jika para ibu yang sedang hamil rajin mengkonsumsi bawang ini, maka akan menurunkan resiko terjadinya pre eclampsia pada kehamilan. Selain itu bawang putih dapat menjaga berat badan si janin agar tidak terlalu berat namun juga tidak terlalu kurus.

15. Dapat Menghilangkan Kutil

Banyak orang mengkonsumsi bawang berwarna putih kekuningan ini sebagai obat sejak generasi-generasi di masa lalu. Salah satu khasiat yang paling mujarab adalah dapat menghilangkan kutil apabila dikonsum secara rutin dan sabar. Bahan dasar bumbu ini juga bersifat antivirus sehingga baik untuk menjaga tubuh dari serangan virus.

16. Memulihkan Penyakit Hepatitis

Penyakit yang menyerang hati ini biasanya disebut dengan penyakit liver maupun sakit kuning karen menyebabkan penderitanya berwarna kuning. Penyebabnya tak lain adalah karena serangan virus. Penderita sangat disarankan mengkonsumsi bawang putih ini sebagai obat herbal karena mampu berperan sebagai anti virus yang ampuh.

17. Mencegah Penyakit Dementia dan Alzheimer

Bawang berwarnaputih kekuningan ini adalah bahan yang mengandung anti oksidan yang tinggi. Anti oksidan ini berguna dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Selain itu fungsi anti oksidan yang didukung dengan kemampuan menurunkan kolesterol tubuh ternyata mampu mencegah terjadinya penyakit kepikunan seperti Alzheimer dan Dementia.

18. Sebagai Makanan Diet

Banyak orang mengkonsumsi bawang putih ini karena kemampuannya dalam menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh. Kemampuan ini diperoleh dari sifatnya yang anti inflamasi. Zat vinyldithin adalah zat yang berperan dalam proses tersebut. Selain itu zat ini mampu mencegahkan tubuh dari kelebihan lemak. Silakan memasukkan bawang putih ke daftar menu diet anda sehari hari untuk merasakan perbedaannya.

19. Peningkat Metabolisme Zat Besi

Zat besi adalah salah satu zat yang dibutuhkan dalam tubuh yang diedarkan melalui pembuluh darah dan mengisi sel-sel yang membutuhkan. Untuk bisa melewati selaput sel dibutuhkan senyawa ferroportin. Senyawa ini terbentuk dari protein. Protein bisa didapat dari bawang putih sehingga produksi ferroportin akan meningkat. Sehingga dapat berfungsi untuk menjaga zat-zat besi tersebut dapat beredar sesuai dengan kebutuhan.

20. Menyembuhkan Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap memang merisaukan dan membuat ketidaknyamanan diri sendiri maupun orang sekitar. Bau tak sedap kadangkala disebabkan karena adanya bakteri di mulut. Namun jangan khawatir karena bawang putih dapat menghilangkan bau tidak enak tersebut karena ada khasiat anti bakteri. Anda bisa mengkonsumsinya dengan daun kemangi dan yogurt untuk mengurangi bau bawang.

21. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang putih ini ternyata mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh dari serangn bakteri maupun virus berbahaya. Sehingga pengkonsumsian bawang ini mampu membuat anda sehat dan tahan dari penyakit lebih lama dari pada sebelumnya.

22. Untuk Mengobat Penyakin Psoriasis

Suatu penyakit kulit akibat peradangan serius yang disertai rasa gatal, pengelupasan lapisan epidermis, dan juga nyari disebut dengan penyakit psoriasis. Mengobati penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan bawang berwarnah putih ini. Hal ini disebabkan karena bahan tersebut memiliki kemampuan anti inflamasi yang baik.

23. Menambah Kualitas Seksualitas Pria

Di dalam bahan dasar pembuatan bumbu masakan ini tterdapat kandungan yang sangat penting bagi kesehatan seksualitas pria. Zat tersebut adalah allicin yang terbukti mampu melancarkan aliran darah terutama pada organ seksual seorang pria.

24. Mengatasi Penyakit Kekurangan Vitamin

Bawang yang digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata mengandung banyak sekali vitamin. Meskipun bukan makanan utama yang mengandung vitamin, pengonsumsian bawang putih yang cukup dan tidak terlalu banyak bisa mengatasi dan menghindarkan seseorang dari penyakit kekurangan vitamin seperti vitamin C, dan B.

25. Mengobati Penyakit Wasir

Wasir merupakan penyakit yang menyerang pencernaan di tingkat yang sanagt parah. Wasir salah satunya disebabkan karena bakteri jahat di dalam organ percernaan. Untuk membantu menyembuhkannya selain mengkonsumsi obat, dapat dilakukan juga dengan mengkonsumsi bawang putih setengah matang secara berkala dan teratur.

26. Mencegah terjadinya Penurunan Fungsi Kognitif

Bagi seorang anak, perkembangan kognitif adalah hal penting yang harus dijaga. Oleh karena itu mencegak terjadi penurunan kognitif sangat perlu dilakukan. Untuk menurunkan resiko terjadinya masalah kognitif ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bawang putih segar.

27. Mengobati Infeksi pada Telinga

Infeksi bisa terjadi di telinga salah satunya disebabkan karena bakteri atau benda lain yang masuk dan melukai telinga. Minyak dari bawang satu ini terbukti ampuh sejak dahulu kala dalam mengobati masalah infeksi pada telinga ini. tidak hanya itu, minyak tersebut akan mengurangi rasa perih yang ditimbulkan dari infeksi.

28. Mampu Membersihkan Darah

Darah yang kotor ternyata menyebabkan terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu pembersihan darah harus dilakukan. Terdapat organ yang berguna untuk menyaring darah yaitu ginjal. Namun akan lebih baik jika dibantu dengan konsumsi makanan yang sehat seperti bawang putih ini. pengkonsumsian tidak boleh terlalu banyak dan harus diimbangi dengan minum air yang cukup.

Cara Memanfaatkan Bawang Putih untuk Kesehatan :

Berdasarkan dari kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki oleh bawang berwarna putih ini, sudah pasti terdapat banyak cara untuk memanfaatkannya. Terutama dalam hal kesehatan, bahan dasar bumbu ini memiliki banyak sekali khasiat seperti anti bakteri, anti oksidan, anti virus, anti inflamasi, dan sebagainya. Tak heran jika orang-orang terdahulu memanfaatkan bawang putih sebagai obat tradisional.

Sebagai contoh yaitu untuk mengobati seseorang yang terkena penyakit darah tinggi, penyakit disentri, maupun obat batuk. Caranya adalah kupas bawang hingga bersih lalu dicuci. Kemudian bawang ditumbuk namun tidak terlalu halus kemudian di rebus menggunakan air. air rebusan tersebut kemudian disaring dan dibuang ampasnya. Minum air tersebut secara teratur, bisa juga ditambahkan madu untuk meningkatkan cita rasa.

Tidak hanya itu, bawang ini juga berkhasiat untuk mengatasi hidung tersumpat maupun flu. Cara memanfaatkannya sangat mudah. Bawang yang telah dikupas dan dicuci bersih ditumbuk. Siapkan juga jahe sebanyak satu ruas yang ditumbuk dan sudah di bakar agar keluar minyaknya. Rebus kedua bahan herbal ini hingg mendidih. Diamkan beberapa saat lalu minum air rebusan secara teratur.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan :

1. Membantu Membasmi Jerawat

Jerawat salah satunya disebabkan karena wajah kurang bersih dan terdapat bakteri penyebab jerawat yang menumpuk. Masalah wajah satu ini ternyata dapat dibasmi dengan memanfaatkan bawang putih sebagai konsumsi bahan alami tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit wajah. Lakukan secara teratur agar proses pembasmian jerawat berjalan efektif.

2. Dapat Melakukan Perlindungan terhadap Kulit

Salah satu masalah kulit biasanya disebabkan karena terpapar pulusi udara hingga akhirnya terkena radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya karena dapat menyababkan kanker dan masalah lainnya. Cara menghindari masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi dengan giat bawang berwarna putih satu ini.

3. Mampu Menurunkan terjadinya Kerontokan Rambut

Terdapat satu senyawa yang sangat berguna untuk rambut yaitu allicin. Senyawa organik ini ternyata mampu menurunkan resiko terjadinya kerontokan pada rambut. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, anda hanya perlu memeras bawang putih yang ditumbuk dan diberi air sedikit. Kemudian air perasan di aplikasikan ke kulit kepala untuk memperlancar aliran pembuluh darah.

4. Memerangi Penuaan Dini

Jika kulit mengalami penuaan dini, maka akan menghasilkan keruan-kerutan serta keriput di beberapa bagian wajah. Hal ini disebabkan karena kulit kekurangan anti oksidan yang memerangi radikal bebas. Untuk itu anda harus mencoba mengatasinya dengan menggunakna bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun. Khasiat tersebut didapat dari zat kolagen dan anti oksidan di dalamnya.

5. Mengurangi Terjadinya Uban

Uban biasanya terjadi karena faktor stres yang tinggi, namun ternyata juga bisa disebabkan karena rambut kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu pencukupan nutrisi rambut dapat dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih yang kaya akan zat-zat berguna. Caranya adalah cukup dengan memeras bawang dengan air lalu di oleskan di permukaan kulit kepala.

6. Mempercantik Kuku Jari Tangan Maupun Kaki

Salah satu bahan dasar pembuatan bumbu masakan ini ternyata dapat membuat kuku jari-jari anda semakin cantik dan mengkilat. Kandungan zat di dalam bawang ini sangat penting bagi kesehatan kuku. Anda bisa menggunakan bawang dengan cara mengoleskannya di kuku anda setiap selesai mandi.

7. Membuat Kulit Semakin Bersinar

Mempunyai kulit yang bersinar dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Menggunakan produk kosmetik kimia memang bisa membuat kulit lebih bersinar namun tidak semuanya aman. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan bawang berwarna putih ini. pengonsumsian yang dilakukan dengan teratur akan membantu dalam menutrisi hingga membuat kulit lebih bersinar.

8. Dapat Menghilangkan Bekas yang Ditinggalkan Jerawat

Jerawat yang mengempis biasanya masih meninggalkan bekas kecokelatan di kulit wajah, sehingga membuat kulit terlihat tidak bersih. Masalah kulit wajah satu ini dapat diatasi dengan menggunakan bawang putih yang sudah diperas airnya untuk diusapkan ke daerah wajah yang terdapat bekas jerawat. Penggunaan secara teratur akan memberikan hasil yang maksimal.

9. Menumpas Komedo di Wajah

Komedo merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan. Masalah ini biasanya ditemukan pada seseorang yang kulit wajahnya memproduksi minyak secara berlebih. Masalah komedo tersebut bisa diatasi dengan mudah caranya yaitu dengan memanfaatkan bawang ini untuk mengurangi produksi minyak tersebut.

10. Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut yang tebal dan sehat adalah keinginan setiap orang. untuk mendapatkannya, maka seseorang harus memiliki pertumbuhan rambut yang sehat dan subur. Cara mendapatkannya adalah dengan cara memakai bawang putih untuk menambah kekuatan akar rambut serta menutri jaringan di dalamnya.

11. Menghaluskan Permukaan Kulit

Di dalam bawang yang memiliki warna putih kekuningkan ini terdapat suatu zat bernama alicin yang merupakan jenis organosulfur. Khasiat yang bisa diberikan adalah mampu menghaluskan permukaan kulit baik wajah maupun seluruh tubuh. Cara memanfaatkanya yaitu dengan mengaplikasikan bawang yang telah ditumbuk dan dicampur dengan madu serta minyak zaitun ke permukaan kulit.

12. Mengangkat sekaligus Membersihkan Sel Kulit Mati

Sel kulit yang sudah mati seharusnya segera diangkat dan dibersihkan, jika tidak maka akan bertumpuk dan menyebabkan kekusaman. Selain itu dapat menyebabkan masalah lain seperti kulit kering dan sebagainya. oleh karena itu, penggunaan bawang putih ini untuk membantu mengangkat dan membersihakan sel kulit mati dapat dilakukan.

13. Mengatasi Kulit yang Keracunan Zat Merkuri

Tidak semua kosmetik wajah itu aman dan bebas efek samping. Harga kosmetik tidak menjamin keamanannya karena kosmetik mahal pun bisa jadi mengandung merkuri, suatu zat kimia berbahaya bagi kulit. Jika sudah terlanjur, tentu akan menimbulkan masalah terhadap kulit. Untuk pertolongan pertama, dapat digunakan bawang putih bagi seseorang yang keracunan merkuri, setelah itu bisa dibawa ke dokter.

14. Menyamarkan Flek Hitam

Flek hitam biasanya muncul di area wajah yang sensitif terhadap sinar UV. Jika terlalu sering terpapar sinar UV maka flek hitam akan muncul perlahan-lahan. Untuk mengah sekaligus menyamarkan flek hitam tersebut dapat digunakan bawang yang satu ini karena didalamnya terdapat vitamin C dan nutris penting lainnya bagi kesehatan kulit wajah.

15. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka kerap kali meninggalkan bekas di kulit. Tentu bekas ini tidak nyaman dilihat. Oleh karena itu perlu suatu cara untuk menghilangkannya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan bahan bumbu ini dengan cara mengoleskannya di bekas luka.

16. Menjaga agar Anda Awet Muda

Jika menggunakan produk kosmetik kimia untuk menjaga kulit agar awet muda, tentunya beberapa kekhawatiran muncul. Salah satu kekhawatiran misalnya tentang kandungan dan efek samping. Namun ternyata menjaga agar awet muda bisa dilakukan dengan menggunakan bahan herbal seperti bawang putih. hal ini dikarenakan bawang ini berfungsi sebagai antiaging yang baik.

17. Meningkatkan Kekencangan Kulit Wajah

Kulit wajah yang kencang menandakan kulit tersebut terhidrasi dengan baik dan cukup akan kebutuhan nutrisinya. Untuk itu harus dilakukan berbagai cara agar kebutuhan nutrisi dan cairan kulit wajah dapat tercukupi dengan baik. Anda bisa menggunakan cara alami dengan bantuan bawang berwarna putih ini. dibalik aromanya yang begitu khas, tersimpan nutrisi yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Cara Memanfaatkan Bawang Putih untuk Kecantikan :

Sebelum memanfaatkan bawang putih untuk kecantikan anda terlebih dahulu harus mengetahui bahwa bawang satu ini bersifat asam. pH yang dimiliki sekitar 3 – 5,8 yang berbahaya jika langsung diaplikasikan ke kulit. Bahaya yang bisa ditimbulkan yaitu kulit dapat melepuh, perih, bahkan menjadi kemerahan. Oleh sebab itu bahan harus dicampur dengan madu, minyak zaitun, kemudian diencerkan menggunakan air yang steril.

Berdasarkan penjelasan di atas maka kita harus berhati-hati dalam memanfaatkan bawang putih untuk kecantikan. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan konsumsi yang rutin. Namun perlu diingat, pengkonsumsian ini tidak boleh terlalu banyak dan wajib diimbangi dengan air minum yang cukup.

Cara selanjutnya yaitu dengan menumbuk bawang berwarna putih kekuningan ini. Beri air secukupnya kemudian peras. Setelah itu pisahkan ampas dengan air perasan. Lalu campur air perasan tersebut dengan satu sendok makan madu murni dan 1 sendok makan minyak zaitun. Tambahkan air secukupnya kemudian aduk dengan spatula. Ambil kapas kering lalu celupkan ke campuran bahan tadi kemudian tempelkan ke wajah.

Setelah anda menempelkan kapas basah tersebut dengan pelan dan teratur, diamkan beberapa saat. Kemudian silakan bilas wajah dengan air bersih. Apabila terjadi iritasi, hentikan pemakaian karena tandanya kulit anda sensitif. Cara ini bisa dilakukan sebanyak dua kali seminggu atau tergantung kebutuhan masing-masing.

Efek Samping Bawang Putih :

Efek Samping Bawang Putih

Disamping manfaatnya yang begitu banyak, ternyata bawang putih memiliki efek samping. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari bawang putih adalah sebagai berikut :

  1. Jika bawang berwarna putih ini dioleskan terlalu banyak di permukaan kulit wajah maka akan menyebabkan rasa terbakar.
  2. Bagi ibu hamil atau yang sedang menyusui, tidak diperkenankan mengonsumsi salah satu bahan dasar bumbuini dalam jumlah yang terlalu banyak karena dapat mempengaruhi janinnya.
  3. Pengkonsumsian bawang ini dalam jumlah yang besar dapat memperparah pendarahan terutama setelah proses operasi maupun melahirkan.
  4. Selain itu efek samping yang bisa ditimbulkan yaitu masalah di saluran pencernaan akibat iritasi. Hal ini dapat terjadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak.
  5. Bagi seseorang yang alergi terhadap bawang ini akan mengalami sesak napas, mual, maupun muntah jika mengkonsumsinya.
  6. Pengkonsumsian berlebih dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan terutama jika mengkonsumsi yang masih mentah.
  7. Bawang putih menghasilkan gas asam bernama gas hidrogen sulfida yang dapat menyebabkan mata perih jika gas mengenai cairan mata.
  8. Menyebabkan rasa panas di mulut jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dan berlebihan.
  9. Karena bersifat asam lemah, maka cairan dari bawang putih jika terkena kulit dapat menyebabkan iritasi ringan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai macam khasiat dan manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan, kecantikan, cara memanfaatkan serta efek samping yang mungkin muncul pada tubuh sudah kami jelaskan secara detail. Walaupun hanya digunakan sebagai bumbu dapur, khasiat bawang putih ini sangatlah banyak sekali.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top