Connect with us
Bayam Duri, Manfaat Bayam Duri, Khasiat Bayam Duri

Tanaman

35 Manfaat dan Khasiat Bayam Duri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Bayam Duri – Bayam duri merupakan salah satu tanaman jenis bayam yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Nama ilmiah bayam duri adalah Amaranthus Spinosus atau Spiny Amaranth. Manfaat bayam duri memang tidak diragukan lagi, sudah sejak jaman nenek moyang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman herbal ini tumbuh secara liar di tanah-tanah kosong, kebun-kebun, tepi jalan di dataran rendah sampai ketinggian 1400 m dari permukaan laut.

Bayam Duri, Manfaat Bayam Duri, Khasiat Bayam Duri

Ciri-Ciri Bayam Duri :

Tinggi tanaman bayam duri mencapai 1 meter yang dapat berkembang biak dengan bijinya yang kecil, bulat dan berwarna hitam.  Ciri khas tumbuhan ini adalah di bagian pangkal tangkai daun ada durinya. Sehingga, disebut bayam duri atau bayam berduri dan bisa tumbuh secara baik pada tempat-tempat dengan suhu 25- 35 celcius atau tempat yang cukup sinar matahari. Akar tanaman ini merupakan perakaran tunggang. Batangnya tegak, bisa setinggi  1 meter, berbentuk bulat, lunak dan berair.

Sementara daunnya tunggal, warnanya hijau, bentuknya bundar telur memanjang atau oval. Panjang daun sekitar 1,5 cm – 6 cm dan lebarnya 0,5 cm – 3,2 cm. Sedangkan panjang tangkai daun sekitar 0,5 cm – 9 cm. Bunga bayam duri terletak di axilaar batang yang berkelamin tunggal dan berwarna hijau. Setiap bunga terdiri dari 5 mahkota. Buahnya lonjong berwarna hijau dan bijinya berwarna hitam mengkilat. Sebelum membahas khasiat bayam duri, ketahui dulu kandungan gizinya!

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bayam Duri (Amaranthus Spinosus) :

Memang banyak manfaat daun bayam duri bagi kesehatan, tapi semua itu tak lepas dari kandungan gizi dan nutrisinya. Gizi yang ada di dalamnya itulah mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa penyakit yang datang. Berikut komposisi dari daun Amaranthus Spinosus kering per 100g  :

Loading...
  • Energi : 276 Kalori
  • Air : 0%
  • Protein : 30g
  • Lemak : 4.5g
  • Karbohidrat : 50g
  • Serat: 10g
  • Ash : 20g
  • Kalsium : 5000mg
  • Iron : 100mg
  • Fosfor : 450mg
  • Magnesium : 0mg
  • Sodium : 30mg
  • Vitamin A : 40mg
  • Vitamin B1 : 0,06mg
  • Vitamin B2 : 2,02mg
  • Niacin : 8mg
  • Vitamin B6 : 0mg
  • Vitamin C : 503mg

Manfaat Bayam Duri untuk Kesehatan :

Kandungan berbagai vitamin dan mineral, tentu menjadikan manfaat dan khasiatnya sangat banyak untuk tubuh. Inilah manfaat bayam duri untuk kesehatan :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tumbuh

Antioksidan yang ada di dalam Spiny Amaranth adalah senyawa alami yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. Kandungan antioksidan tertinggi  terdapat dalam keadaan mentah, dan penelitian telah menemukan bahwa perendaman dan pengolahan dapat menurunkan aktivitas antioksidan.

2. Bisa mengatasi bisul

Efek anti peradangan pada tanaman ini membuat khasiat daun bayam duri bisa mengobati bisul. Peradangan adalah respon imun normal yang dirancang untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Namun, peradangan kronis dapat berkontribusi pada beberapa penyakit. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bayam dapat memiliki efek anti inflamasi di dalam tubuh.

3. Bayam menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ditemukan pada seluruh tubuh. Terlalu banyak kolesterol dapat menumpuk dalam darah dan menyebabkan arteri menyempit. Penelitian menunjukkan bahwa bayam memiliki sifat penurun kolesterol. Dengan membasmi kolesterol jahat, bayam bisa menghindarkan anda dari penyakit kolesterol.

4. Membantu  menurunkan berat badan

Jika kamu ingin turun beberapa kilogram, maka gunakan manfaat bayam berduri untuk mewujudkan impianmu itu.  Bayam kaya protein dan serat, keduanya dapat membantu upaya penurunan berat badan. Dalam satu penelitian kecil, sarapan tinggi protein ditemukan untuk menurunkan kadar ghrelin yakni hormon yang merangsang rasa lapar.

5. Manfaat bayam untuk ibu hamil

Berkat kandungan kalsium tinggi pada bayam, membuatnya mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Sehingga, mampu memenuhi kebutuhan darah pada ibu hamil beserta rahimnya. Jika darah merah tercukupi, berarti menghindarkan ibu hamil terkena anemia. Selain itu, juga bisa menurunkan hipertensi, mencegah wasir dan meredakan nyeri selama kehamilan. Tak hanya jenis bayam ini, tapi manfaat bayam merah untuk bayi juga sangat besar

Manfaat Bayam Duri untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meredakan demam

7. Membantu pengobatan pendarahan internal

8. Mengobati diare

9. Mengatasi gejala menstruasi berlebihan

10. Menangani gigitan ular

11. Mengatasi gangguan perut

12. Membantu penyembuhan mulut dengan kondisi ulserasi

13. Mengatasi mimisan

14. Mengobati luka

15. Mengatasi wasir berdarah

16. Mengobati infeksi saluran kemih

17. Mengatasi kejang pada anak-anak

18. Meningkatkan produksi asi

19. Mengatasi anemia

20. Membantu pengobatan disentri

21. Membantu pengobatan TBC kelenjar

22. Mengobati radang pada saluran pernapasan

23. Menyembuhkan gusi berdarah

24. Melancarkan proses BAB

25. Menghilangkan rasa lelah, letih dan lesu

26. Mencegah penyakit hipertensi

27. Menjaga kesehatan peredaran darah

28. Mengatasi bronchitis

29. Menjaga kesehatan jantung

30. Menjaga kesehatan ginjal

Cara Mengolah Bayam Duri untuk Kesehatan :

Penggunaan racikan atau olahan bayam berduri untuk mengatasi beberapa penyakit serta meningkatkan kesehatan bisa dijadikan sebagai ramuan. Untuk mengatasi beberapa penyakit diatas, kamu perlu menyiapkan sepotong akar dan bonggol tanaman ini dan adas pulawaras. Cuci bersih kedua bahan dan potong-potong kasar. Lalu, rebus dengan 1 liter air sampai air tersisa setengahnya. Diamkan sebentar, saring dan minum airnya pada pagi dan sore. Lakukan secara teratur sampai sembuh.

Untuk melancarkan asi dengan cara menumbuk seluruh bagian bayam ini sampai halus. Kemudian, di terapkan pada payudara sembari dipijat ringan, jangan sampai terkena bagian puting. Diamkan beberapa saat dan bilas. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Brotowali untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Bayam Duri untuk Kecantikan :

Selain memiliki khasiat untuk kecantikan, tanaman obat bayam duri juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan.

1. Mengatasi masalah keputihan pada wanita

Keputihan memang terkadang bukan pengganggu besar, tapi kalau dibiarkan berlebihan bisa menyebabkan kondisi serius. Oleh karena itu, ambil khasiat bayam berduri untuk mengatasi masalah ini. Kandungan di dalamnya mampu mengurangi keputihan berlebihan.

2. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan masalah lazim yang dialami semua orang baik pria maupun wanita. Penggunaan krim atau obat-obatan kimia terkadang tidak membantu, justru bisa menambahnya. Daripada masih khawatir dengan efek bahan kimia, kamu bisa menggunakan tumbuh Spiny Amaranth untuk mengatasinya. Efek anti peradangan dan antioksidan di dalamnya mampu membasmi jerawat dengan cepat.

3. Menghilangkan eksim

Eksim merupakan gangguan kulit yang menyebabkan gejala gatal-gatal. Salah satu khasiat bayam berduri ini juga mampu menghilangkan eksim.

4. Memiliki efek antipenuaan

Penuaan merupakan masalah umum dan itu sangat dibenci oleh setiap wanita. Karena kaya akan antioksidan, bayam berduri mampu mengatasi tanda-tanda penuaan. Konsumsi ramuannya secara teratur atau menerapkan tumbukannya ke area kulit yang mengalami masalah akan membuat kulit lebih awet muda.

5. Menghilangkan aroma tak sedap pada organ kewanitaan

Selanjutnya, manfaat bayam duri juga mampu menghilangkan aroma tak sedap pada organ kewanitaan. Senyawa dalam tumbuhan ini dapat membasmi bakteri penyebab aroma tak sedap. Maka dari itu bagi wanita khasiat bayam duri untuk menghilangkan aroma tak sedap pada organ kewanitaan.

Cara Memanfaatkan Bayam Duri untuk Kecantikan :

Cara memanfaatkan bayam duri untuk mengatasi masalah jerawat dengan menyiapkan batang dan daun bayam duri secukupnya, lalu cuci sampai bersih. Haluskan, lalu terapkan pada jerawat dan biarkan sampai kering. Lalu bersihkan. Sedangkan untuk mengatasi masalah kewanitaan dan gatal di selangkangan, kamu bisa merebus akarnya dengan air secukupnya. Selanjutnya diamkan sebentar, saring dan basuhkan ke organ kewanitaan. Khasiat bayam duri ini semakin bagus kalau dicampur dengan daun sirih.

Efek Samping Bayam Duri :

Sebagai, tanaman herbal manfaat bayam duri memang sangat beragam yang mana mampu mengatasi gangguan kesehatan dan kecantikan. Meskipun begitu, bayam berduri juga mempunyai efek samping. Efek samping bayam duri bisa muncul karena penggunaan berlebihan. Oleh karena itu, ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter, terutama bila kamu menderita kondisi tertentu. Jika sudah merasa sembuh, sebaiknya hentikan penggunaan tanaman herbal ini.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat bayam duri untuk kesehatan, kecantikan sangatlah banyak. Rata-rata orang memanfaatkan tanaman atau sayur ini untuk mengobati beberapa penyakit ringan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top