Connect with us
Bengkoang, Bengkuang, Manfaat Bengkoang, Khasiat Bengkoang

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Bengkoang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bengkoang atau bengkuang yang memiliki nama latin Pachyrhizus Erosus ini termasuk ke dalam tumbuhan kelompok umbi jalar. Salah satu jenis umbi ini juga dikenal dengan sebutan lobak meksiko ini biasa digunakan untuk menjadi salah satu komponen rujak, salad, ataupun sebagai lauk. Umbi bengkuang berwarna putih kekuningan ini memiliki rasa segar yang manis sehingga banyak orang yang menyukainya. Tidak hanya lezat dan segar, manfaat bengkoang juga cukup melimpah dari segi kesehatan maupun kecantikan.

Bengkoang, Bengkuang, Manfaat Bengkoang, Khasiat Bengkoang

Selain rasanya yang enak, ternyata bengkoang memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Tumbuhan bengkuang memiliki masa tanam kurang lebih enam bulan ini, juga mempunyai banyak kandungan gizi dan nutrisi yang belum diketahui orang banyak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bengkoang :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bengkoang

Kandungan gizi bengkoang ternyata sangat beragam. Penelitian mengatakan bahwa jenis umbi ini memiliki kandungan energi, zat besi, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, bahkan vitamin B1, dan vitamin C. Dengan kandungan sebanyak itu, tak heran jika bahan rujak ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan :

1. Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Agar tidak mudah terserang penyakit baik dari bakteri ataupun virus, dibutuhkan sistem imun yang kuat. Manfaat bengkoang memiliki fitonutrien yang akan meningkatkan sistem imun anda dengan memberikan nutrisi. Rutinlah mengonsumsi umbi ini satu hingga dua kali seminggu untuk memiliki sistem imun yang kuat.

2. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar akan sangat mengganggu hari – hari anda. Sama seperti buah – buah lain pada umumnya, bengkoang mengandung cairan dan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu anda untuk memperlancar pencernaan. Konsumsilah secara teratur minimal sebanyak tiga kali dalam seminggu agar pencernaan anda menjadi lancar. Hal ini juga dapat mencegah konstipasi atau sembelit.

3. Menyembuhkan diabetes atau kencing manis

Banyak pasien diabetes yang sembuh atau merasa membaik setelah megonsumsi bengkoang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan insulin yang memberikan rasa manis ketika kita makan. Insulin tersebut akan menjaga kadar gula dalam tubuh kita karena ia tidak dapat dicerna oleh usus manusia. Untuk pengobatan diabetes, biasanya hanya diambil sarinya saja.

4. Menyehatkan gigi dan tulang

Bengkoang memiliki kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, bahwa fosfor dan kalsium tersebut dapat menyehatkan dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Konsumsilah secara tratur agar tulang dan gigi anda tumbuh normal dan kuat. Jangan sampai anda kekurangan fosfor karena akan membuat anda lemah dan tidak semangat menjalani hari.

5. Mengobati masalah batu ginjal dan empedu

Apabila anda mengalami masalah pada batu ginjal dan atau empedu, bengkoang adalah salah satu alternatif yang dapat membantu anda. Kandungan potasium dan fosfor yang terdapat didalamnya ternyata merupakan zat yang sangat bagus untuk menyembuhkan permasalahan batu ginjal dan empedu. Namun tentunya anda juga harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengoptimalkan fungsi otak dengan vitamin B6
7. Mengobati sariawan
8. Mengurangi penyakit maag
9. Mencegah penyakit asma
10. Mengobati penyakit beri – beri
11. Meningkatkan sel darah merah
12. Menurunkan kolesterol
13. Menghentikan penyakit demam
14. Mengobati penyakit wasir
15. Mengobati penyakit kudis
16. Sebagai obat “urus – urus”
17. Mengatasi penyakit eksim
18. Memperlancar pemberian ASI

Cara Memanfaatkan Bengkoang untuk Kesehatan:

Agar mendapatkan manfaat bengkoang untuk kesehatan anda, anda hanya perlu rutin mengonsumsinya beberapa kali dalam seminggu. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, membuatnya menjadi jus, atau dapat mengambil sarinya saja. Untuk variasi, anda bisa menambahkan madu. Agar hasil yang anda peroleh maksimal, konsumsilah jenis umbi ini di pagi dan sore hari sebagai pelengkap hari anda.

Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan :

1. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat juga dapat menjadi masalah yang besar dalam kehidupan anda. Penyebab timbulnya jerawat banyak sekali, mulai dari udara yag kotor hingga pola hidup. Namun dengan bengkoang, anda dapat memperoleh nutrisi yang cukup untuk kulit anda karena memiliki banyak nutrisi, salah satunya adalah niacin. Niacin adalah bahan yang dapat membersihkan jerawat anda karena memiliki sifat antibakteri.

2. Mendinginkan kulit

Bila kulit anda terbakar matahari sehingga timbul kemerahan bahkan perih pada kulit, gunakanlah bengkoang untuk mendinginkannya. Anda cukup mengiris dan menempelkan jenis umbi ini pada kulit yang terbakar matahari. Kandungan alkali didalamnya akan bekerja untuk mengurangi rasa perih pada kulit anda yang perih karena terbakar sinar matahari.

3. Mencerahkan kulit

Manfaat bengkoang untuk mencerahkan kulit tentunya sudah terkenal di kalangan wanita. Didalamnya mengadung banyak vitamin C yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit anda. Selain mencerahkan kulit, vitamin C pada jenis umbi ini dapat membantu melembabkan kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, serta menghilangkan tanda penuaan.

4. Baik untuk anda yang sedang diet

Manfaat bengkoang lainnya adalah untuk anda yang sedang diet. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, pasti banyak pantangan makanan yang harus anda hindari. Namun cobalah mengkonsumsi umbi ini karena didalamnya ternyata memiliki serat yang tinggi namun kandungan gula yang sedikit. Selain itu, bahan rujak ini juga mengandung sedikit karbohidrat sehingga anda tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

5. Meminimalisir efek manopause pada wanita berusia lanjut

Wanita berusia lanjut yang sudah mengalami menopause, biasanya memiliki penuaan kulit dengan ciri munculnya keriput atau kerutan. Dengan mengkonsumsi umbi yang satu ini, ternyata anda dapat meminimalisir efek tersebut karena bengkoang memiliki kandungan fitoestrogen. Fitoestrogen ini dapat membantu meremajakan kulit anda agar tetap segar dan sehat seperti saat muda.

Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan Noda Hitam pada Wajah
7. Mencegah Penuaan Dini
8. Menghaluskan Kulit
9. Mencegah Kulit Kering
10. Memutihkan Kulit
11. Mengoptimalkan Tinggi Badan
12. Mencegah dan Menghilangkan Flek Hitam
13. Melembabkan Kulit
14. Menghilangkan Bekas Luka karena Jerawat
15. Mengacilkan Pori – pori di Wajah
16. Mengurangi Minyak di Wajah

Cara Memanfaatkan Bengkoang Untuk Kecantikan :

Bagi anda yang penasaran atas manfaat bengkoang untuk kecantikan, anda dapat membuat masker dengan bahan dasar umbi ini. Caranya adalah dengan memarutnya, kemudian peras airnya. Biarkanlah perasan itu mengendap, endapan dari air perasan itulah yang digunakan menjadi masker wajah. Selain itu, anda pun juga dapat menambahkan bahan lainnya seperti putih telur, madu, minyak zaitun, jeruk nipis, air mawar, bahkan beras.

Efek Samping Bengkoang :

Efek Samping Bengkoang, Dampak Negatif Mengonsumsi Bengkuang

Walaupun jenis umbi ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun ternyata juga memiliki efek samping. Bahan rujak yang satu ini memiliki banyak serat, bila anda tidak biasa mengonsumsi serat, maka konsumsilah secara bertahap agar mengurangi kemungkinan sembelit. Selain itu makanlah bengkoang di bagian umbinya saja, karena bagian lain dari umbi ini mengandung rotenone yaitu racun untuk melindungi tanaman dari predator.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah khasiat dan manfaat bengkoang dari segi kecantikan mupun untuk kesehatan. Ingat, dibalik banyaknya kandungan gizi yang memberikan manfaat, selalu ada efek samping yang harus anda waspadai jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Anda dapat melihat atau mambaca manfaat dan khasiat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top