Connect with us
Brokoli, Manfaat Brokoli, Khasiat Brokoli

Tanaman

35 Manfaat dan Khasiat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Brokoli, Brassica Oleracea L atau cruciferous merupakan tanaman sayuran yang masuk dalam suku kubis-kubisan. Brokoli berasal dari Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak masa Yunani Kuno. Karena manfaat brokoli begitu besar, sehingga proses penyebarannya begitu cepat, termasuk ke Indonesia. Tanaman sayuran ini masuk ke Indonesia pada tahun 1970 an. Bagian yang dikonsumsi adalah kepala bunga yang warnanya hijau.

Brokoli, Manfaat Brokoli, Khasiat Brokoli

Kepala bunganya dikelilingi dedaunan yang tersusun rapat dan sayuran ini mirip kembang kol. Bedanya adalah brokoli berwarna hijau, sementara kembang kol putih. Khasiat brokoli bisa didapatkan secara maksimal dengan direbut atau dikukus. Tapi, ada pula orang yang memilih memakannya mentah-mentah. Tapi, paling bagus masaknya dengan direbus karena agar vitamin dan nutrisi lainnya yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Brokoli :

Merebus brokoli bisa mengurangi kandungan asam folat di dalamnya sebanyak 50%. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar mengkonsumsi sayuran ini dengan dikukus saja. Selain asam folat ada banyak kandungan gizi dan nutrisi brokoli yang membuatnya begitu bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, berikut ini ulasan detail dengan gizi dan nutrisi beserta nilai yang ada didalamnya. Dalam setiap 100 g sayuran ini mengandung :

  • Air : 89%
  • Kalori : 34 kkal
  • Karbohidrat : 6,6 g
  • Protein 2,8 g
  • Serat 1,7 g
  • Gula 1,7 g
  • Lemak 0,4 g
  • Vitamin A : 3%
  • Vitamin B1 (Thiamine) : 6%
  • Vitamin B2 (Riboflavin) : 9%
  • Vitamin B3 (Biacin) : 4%
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid) : 11%
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) : 13%
  • Vitamin B9 (Folat) : 16%
  • Vitamin C : 99%
  • Vitamin E : 5%
  • Vitamin K : 85%
  • Kalsium : 5%
  • Magnesium : 5%
  • Zat besi : 9%
  • Fosfor : 9%
  • Sodium : 2%
  • Potassium (Kalium) : 7%
  • Seng (Zinc) : 4%

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan :

Mengkonsumsi sayuran dengan nama latin Brassica Oleracea L ini bisa meningkatkan kondisi kesehatan anda. Banyak penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran ini dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya. Nah, berikut ini manfaat dan khasiat brokoli untuk kesehatan :

1. Memerangi Kanker

Makan sayuran cruciferous dalam jumlah tinggi bisa menurunkan resiko terhadap kanker. Terutama kanker paru-paru dan usus besar. Penelitian telah menunjukkan manfaat brokoli bisa didapat karena sulforaphane di dalamnya dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC), yang diketahui terlibat dalam perkembangan sel kanker. Vitamin penting lainnya yang ada didalamnya seperti, folat, juga ditemukan mampu mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

2. Menurunkan Resiko Terhadap Penyakit Kolesterol

Seperti banyak sayuran lainnya, manfaat brokoli dikemas juga bisa menurunkan kadar kolesterol tingg. Hal Ini karena serat dalam bahan alami satu ini mampu membantu mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Sehingga, membuat keluarnya kolesterol jahat dari tubuh.

3. Mengurangi Reaksi Alergi dan Peradangan

Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi reaksi terkait alergi pada tubuh. Khasiat brokoli diperoleh karena mengandung banyak asam lemak omega 3, yang dikenal sebagai anti-inflamasi. Tak hanya itu, Brassica Oleracea L  ini juga dapat membantu orang yang menderita radang sendi karena sayuran sehat ini mengandung sulforaphane. Yang merupakan zat kimia yang menghalangi enzim penyebab kerusakan sendi dan penyebab peradangan.

4. Sebagai Antioksidan Kuat

Seperti yang dijelaskan diatas, sayuran hijau ini mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan kesehatan. Dimana aktioksidannya sangat terkonsentrasi dengan vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Selain ini, Sayuran ini juga mengandung flavonoid yang membantu mendaur ulang vitamin C secara efisien. Selain itu juga diperkaya dengan carotenoid lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Khasiat brokoli juga bisa dirasakan untuk tulang. Sebab, mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi dan kedua nutrisi itu penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Bersama dengan kalsium, sayuran ini juga penuh dengan nutrisi lain seperti magnesium, seng dan fosfor. Karena sifat-sifat ini, brokoli sangat cocok untuk anak-anak, lansia dan ibu menyusui.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memaksimalkan kinerja organ hati

7. Mencegah kerusakan pembuluh darah

8. Sebagai detoksifikasi tubuh

9. Mengobati gangguan perut

10. Mencegah penyakit jantung

11. Menjaga kesehatan mata

12. Membantu dalam Kehamilan

13. Mengatur tekanan darah agar tetap stabil

14. Mengobati anemia

15. Membantu proses diet

16. Mencegah depresi

17. Menjaga kesehatan sistem syaraf

18. Mencegah penyakit diabetes

19. Membantu meningkatkan kecerdasan

20. Menurunkan resiko alzheimer

21. Mengurangi resiko terkena stroke

22. Mengobati asma

23. Bagus untuk ibu menyusui

24. Mengurangi resiko gangguan kandung kemih

Cara Memanfaatkan Brokoli untuk Kesehatan :

Jika ingin mendapatkan khasiat brokoli dengan kandungan yang lengkap, anda harus memasak sayuran sehat ini dengan dikukus. Kukus 4-5 menit, lalu tiriskan dan konsumsi. Tapi, jika ingin memperoleh rasa yang lezat, anda bisa menumisnya dengan bawang bombay. Memasak dengan cara direbus juga lebih efektif daripada menumisnya dengan minyak. Anda juga bisa membuat jus brokoli, pastikan anda mengkonsumsi sayuran hijau ini setiap hari untuk tubuh sehat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Brokoli untuk Kecantikan :

Tak hanya dapat meningkatkan kesehatan tubuh, tapi sayuran ini juga mampu merawat kecantikan anda secara alami. Nah, berikut ini adalah manfaat Brassica Oleracea L untuk kecantikan yang harus anda ketahui :

1. Regenerasi Kulit Rusak

Makan sayuran ini akan membantu anda dalam memperbarui sel-sel kulit yang rusak. Sehingga menghasilkan kulit yang bersinar sebagaimana yang anda dambakan. Manfaat brokoli untuk kecantikan ini diperoleh karena memiliki glucoraphanin, yang kemudian diubah menjadi sulforaphane, yang mampu mencerahkan kulit.

2. Sebagai agen antipenuaan

Bahan alami ini terkenal karena sifat anti-penuaan. Karena sifatnya itu maka khasiat brokoli untuk kecantikan dalam hal ini adalah mencegah efek dari radikal bebas. Vitamin C, beta-karoten, vitamin B dan E dalam sayuran ini membantu mengurangi kerutan, garis-garis halus, pigmentasi, dan mempertahankan kilau kulit.

3. Tabir Surya Terbaik

Brassica Oleracea juga mampu melindungi kulit dari radiasi UV. Sulforaphane pada tanaman ini mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit, akibat terpapar matahari. Ekstraknya, jika dioleskan secara topikal, terbukti menjadi tabir surya alami yang lebih baik daripada tabir surya yang mengandung bahan kimia.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Mengkonsumsi sayuran ini dengan dosis yang tepat dapat membuat rambut anda sehat selalu. Kandungan nutrisinya dapat bertindak sebagai pendorong alami untuk pertumbuhan rambut. Hal ini karena mengandung vitamin A dan C, yang bertanggung jawab untuk produksi minyak sebum. Minyak ini melembabkan dan mengkondisi kulit kepala rambut. Di sisi lain, kalsium memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok.

5. Membuat Rambut Berkilau

Jika ingin rambut anda berkilau, tidak perlu mengeluarkan uang untuk bahan kimia lagi. Minyak brokoli memiliki asam lemak di dalamnya, yang membawa kembali kilau alami ke rambut anda. Yang harus anda lakukan adalah menerapkan masker sayuran hijau ini ke rambut secara teratur.

Cara Memanfaatkan Brokoli untuk Kecantikan :

Ada beberapa cara memanfaatkan brokoli untuk kecantikan. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk perawatan wajah, kulit dan rambut dari dalam. Atau jika ingin perawatan luar, bisa membuatnya menjadi masker. Caranya parut sayuran ini secukupnya, campur dengan madu murni. Setelah merata, lalu terapkan ke wajah, biarkan 10-15 menit agar meresap dan bilas. Anda pun bisa menerapkan masker tersebut ke rambut untuk mendapatkan khasiat brokoli.

Efek Samping Brokoli :

Selain mengetahui manfaat dan khasiat brokoli untuk kesehatan dan kecantikan, selanjutnya ketahui juga tentang efek sampingnya. Efek samping brokoli akan dirasakan bila terlalu banyak mengkonsumsinya. Nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya, jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk, mulai dari gangguan pencernaan hingga gangguan kinerja kelenjar tiroid dan lain sebagainya. Berikut ini efek samping dari sayuran hijau ini :

  • Iritasi usus
  • Susah menelan
  • Susah bernapas

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Kecambah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sekarang sudah lengkap pengetahuan anda tentang manfaat dan khasiat brokoli untuk kesehatan, kecantikan dan efek samping. Nantikan informasi tentang sayuran lainnya yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan anda secara alami.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top