Connect with us
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali

Tanaman

45 Manfaat dan Khasiat Brotowali untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Brotowali – Brotowali (Tinospora crispa), Bratawali, Antawali, Putrawali, Gadel, Akar Ali-Ali adalah tanaman sekaligus obat herbal yang memiliki rasa sangat pahit. Manfaat Bratawali dikenal sebagai obat rematik arthritis yang sangat manjur. Daun ini memiliki ciri khas berbentuk love dengan permukaan daun memiliki urat menjari. Bagian tubuh tanaman yang paling banyak digunakan sebagai obat adalah batangnya, batang bratawali ini dipakai buat sterilkan luka.

Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali

Tidak hanya di Indonesia, manfaat brotowali untuk kesehatan juga dikenal di negara Filipina. Masyarakatnya memakai bratawali untuk obat penyakit psikis. Kegilaan (skizofrenia) dianggap bisa disembuhkan dengan rutin memberikan ramuan antawali ini. Memang pernah ada percobaan untuk menguji khasiat bratawali pada tikus yang mengalami psikosis, hasilnya tikus bisa lebih tenang dan sehat, ditandai dengan sekresinya yang lebih teratur.

Banyak orang yang bilang bahwa tanaman obat brotowali ini merupakan rajanya obat. Rasanya yang super pahit justru mengindikasikannya mengandung banyak sekali zat-zat yang ampuh mengatasi penyakit. Memang ada anggapan bahwa semakin pahit sebuah tanaman obat, buah atau sayuran justru sangat efektif memberantas sumber penyakit, tak terkecuali kanker. Meskipun sebenarnya rasa pahit ini disebabkan karena banyaknya kandungan pikroretin.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Brotowali :

Apa sajakah kandungan bratawali yang menjadikannya sebagai tanaman obat yang manjur mengatasi berbagai penyakit? Ternyata brotowali mengandung zat-zat kimia di bawah ini :

• Alkaloid
• Pikroretin
• Pikrotetosoid
• Palmatin
• Berberin
• Kolumbin
• Kokulin
• Glikosida
• Kolumbina
• Damar Lunak
• Pati
• Hars

Manfaat untuk Kesehatan Brotowali :

1. Mengobati Rematik

Rematik adalah penyakit tulang. Rematik bisa di obati dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamu brotowali. Cara membuat jamunya mudah yaitu dengan menghaluskan antawali lalu rebus dengan air sampai mendidih lalu saring agar tidak ada ampasnya. Rutinlah minum jamu ini dua hari sekali bagi yang sudah terlanjur terkena rematik.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat brotowali untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Untuk menurunkan gula darah dengan antawali caranya adalah dengan membuatnya menjadi jamu lalu konsumsi secara rutin saat gula darah kita meningkat. Untuk menjaga gula darah kita tetap normal kita bisa mengonsumsinya dua minggu sekali.

3. Mengatasi Panas Demam

Ternyata brotowali memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi panas dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsinya setelah dibuat jamu. Untuk mengatasi panas demam minum jamu itu saat suhu badan kita tinggi. Dan jika sudah turun hentikan minum jamu ini dan segera konsultasikan ke dokter.

4. Membunuh Bakteri

Membunuh bakteri dengan bahan alami lebih baik dilakukan daripada dengan antiseptik kimia. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri adalah brotowali. Caranya adalah dengan menghaluskannya lalu tempelkan pada luka atau bagian tubuh yang terdapat bakteri.

5. Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan menurun kadang membuat kita jadi bad mood. Untuk meningkatkan nafsu makan yang aman adalah dengan menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah bratawali. Meningkatkan nafsu makan dengan bratawali caranya adalah menjadikannya sebagai jamu lalu konsumsi itu selama nafsu makan kita menurun.

Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan kegilaan
7. Melancarkan sekresi
8. Mencegah batu empedu
9. Mengobati gagal ginjal
10. Meningkatkan konsentrasi
11. Menurunkan kadar kolesterol
12. Menetralkan asam lambung
13. Menyembuhkan psikosis
14. Melancarkan buang air besar
15. Melancarkan buang air kecil
16. Mengatasi nyeri persendian
17. Mengobati kelumpuhan
18. Mencuci luka
19. Menurunkan panas demam
20. Mengobati sakit kuning

Cara Memanfaatkan Brotowali untuk Kesehatan :

Untuk memakai antawali ini amat mudah, seluruh bagian tumbuhan berasa pahit ini bisa dipakai sebagai obat. Untuk obat penyakit luar, seperti gatal-gatal dan eksim, gunakan saja daun bratawali yang sudah dicuci dan ditumbuk. Sedangkan untuk pemakaian obat dalam, bratawali ini direbus untuk diminum airnya. Kemudian, untuk menambah nafsu makan, biasanya antawali langsung dilalap mentah, setelah diremas-remas. Namun hanya dicekok saja, jadi remasan daunnya dimasukkan ke dalam langit-langit mulut, tanpa ditelan. Hanya dioles-oles cekok saja.

Manfaat Brotowali untuk Kecantikan :

1. Mencegah Infeksi Kulit

Manfaat bratawali untuk kecantikan yang pertama adalah mencegah infeksi kulit. Brotowali ini mengandung antiseptik alami sehingga saat kita terkena luka kita bisa menggosokkan brotowali ke luka itu. Bahkan antiseptik alami ini lebih baik daripada antiseptik kimia yang di jual di toko obat.

2. Mengatasi Jerawat

Brotowali juga bermanfaat untuk merawat wajah. Caranya mudah sekali. Yaitu dengan menghaluskan brotowali lalu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat, lakuka. Itu secara rutin hanya saja jangan terlalu sering karena dapat meruskak kulit. Putrawali ini dapat membunuh kuman penyebab jerawat.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat antawali untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membantu penyembuhan luka. Luka jika terus di biarkan akan menimbulkan bekas luka, sehingga saat kita memiliki luka, lakukanlah perawatan segera mungkin. Salah satu bahan alami untuk membantu penyembuhan luka adalah brotowali, karena brotowali mengandung antiseptik.

4. Menghaluskan Kulit

Antawali juga dapat kita gunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Cara membuat maskernya mudah yaitu cukup dengan mengkaluskan brotowali lalu aplikasikan diwajah. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan ait bersih.

5. Mengencangkan Kulit

Kulit yang kencang membuat kita terlihat lebih awet muda. Sehingga banyak yang berlomba-lomba membuat kulitnya kencang. Cara tradisional untuk mengencangkan kulit salah satunya adalah dengan menggunakan masker bratawali. Gunakan rutin seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Brotowali untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi jerawat
7. Menyembuhkan jerawat batu
8. Mengatasi flek hitam
9. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
10. Memudarkan bekas luka
11. Menghilangkan strechmark
12. Meningkatkan elastisitas kulit
13. Melembutkan wajah
14. Meremajakan kulit
15. Mencegah penuaan dini
16. Melembabkan kulit
17. Menghilangkan bau badan
18. Mengatasi bibir pecah-pecah
19. Menghaluskan telapak kaki
20. Mencegah pertumbuhan bulu rambut di tubuh

Cara Memanfaatkan Brotowali untuk Kecantikan :

Untuk upaya kecantikan, khasiat putrawali bisa diambil dengan cara oral maupun luar. Maksudnya kalau secara oral adalah dengan dimakan rebusan daunnya atau diminum rebusan akar dan batangnya. Namun manfaat brotowali untuk kecantikan ini juga bisa diambil dengan hanya menempelkannya sebagai obat luaran saja. Misalnya untuk menghilangkan bekas luka menahun yang kadung menghitam.

Efek Samping Brotowali :

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun brotowali juga memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai. Namun angka kejadiannya sangat sedikit, sebab tanaman ini lebih dikenal karena multifungsinya sebagai obat herbal. Berikut adalah efek sampingnya:

1. Mual
2. Muntah
3. Mulut terasa pahit
4. Membuat ingin menangis
5. Alergi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Akar Manis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jangan ragu buat memakai bratawali sebagai obat. Tanaman ini sungguh memberikan manfaat yang terbukti nyata untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk mendapatkan tanaman obat ini pun sangat mudah karena banyak tumbuh di pedesaan. Namun perhatikan betul-betul soal cara mengolahnya, agar obat ini memberikan khasiat yang ekstra. Selain itu, pastikan untuk memilih bagian tubuh tanaman ini yang masih segar dan bagus, tidak busuk.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top