Connect with us
Cengkeh, Manfaat Cengkeh, Khasiat Cengkeh

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cengkeh (Syzygium aromaticum), Cengkih, Bungeu Lawang, Gomod, atau Cloves adalah salah satu tanaman atau rempah-rempah khas Indonesia. Manfaat cengkeh terkenal sebagai penyedap makanan dan bahan baku membuat rokok kretek. Namun tentu saja pemanfaatannya bisa lebih dari sekadar itu. Misalnya seperti olahan minyak cengkeh bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Cengkeh, Syzygium aromaticum, Cengkih, Bungeu Lawang, Gomod, Cloves, Manfaat Cengkeh, Khasiat Cengkeh

Selain untuk keperluan farmasi, biasanya tanaman berbunga ini juga digunakan untuk hiasan pada kue-kue nastar. Di Eropa, cengkeh dicampurkan ke dalam bahan masakan pedas. Oleh karena tanaman ini endemik (asli) berasal dari Indonesia, sudah tentu tanaman cengkih di Eropa atau komoditasnya berasal dari Indonesia, sejak zaman kolonial dulu.

Memang cengkeh ini unik, di mana bentuknya serupa tangkai bunga. Memang yang dimanfaatkan adalah buahnya yang seperti bunga kecil bertangkai. Setelah dipetik dari pohonnya, cengkih ini disebut cengkih basah. Kemudian setelah dikeringkan disebut cengkih kering. Harga cengkih kering jauh lebih mahal daripada cengkih basah. Untuk itu, para petani biasanya memilih buat memproses dulu cengkehnya sampai benar-benar kering sehingga harganya bisa “apik”.

Manfaat cengkeh sudah tak lagi diragukan oleh masyarakat. Banyak orang pedesaan memanfaatkannya untuk bahan penyembuhan penyakit. Selain itu, tentu saja pabrikan farmasi banyak menggunakannya untuk membuat minyak dan obat-obatan lainnya. Namun belum banyak orang yang paham sebenarnya apa saja kandungan gizi serta khasiatnya yang sebenarnya. Di bawah ini adalah uraian mengenai manfaat keseluruhan yang bisa diambil dari cengkeh.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Kandungan Gizi dan Nutrisi Cengkeh :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Cengkeh

Tidak banyak gizi dan nutrisi yang ditemukan di dalam cengkeh. Namun seluruh kandungannya tentu saja memberikan dampak kesehatan untuk manusia. Selain itu terdapat pula beberapa zat aktif yang terkandung di dalamnya. Zat-zat inilah yang pada dasarnya justru memberikan dampak serius buat kesehatan dan membuat tanaman ini tergolong aromaterapi yang handal. Berikut adalah rinciannya:

• Minyak Atsiri 18%
• Eugenol 80%
• Asetil Eugenol
• Kalsium Oksalat
• Gom
• Tannin
• Asam Galatanat
• Vanillin
• Kariofilen
• Furfural
• Metal-Amilketon
• Air
• Serat
• Energi Total: 290 kkal
• Lemak: 8 gr/100gr
• Protein: 6 gr/100gr
• Kalsium: 700 mg/100 gr
• Fosfor: 100 mg/100 gr
• Zat Besi: 4mg/100 gr
• Karbohidrat: 60 gr/100 gr

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan :

1. Analgesik

Rupanya khasiat cengkeh ini sudah sangat dikenal sebagai obat analgesik. Artinya cengkih ampuh buat menghilangkan rasa sakit yang biasanya disebabkan karena banyak hal, seperti peradangan. Efek analgesik ini membuat cengkih sering diolah jadi minyak untuk menyembuhkan nyeri kepala atau sakit gigi.

2. Aromaterapi

Kandungan eugenol dan minyak atsiri di dalam cengkeh membuatnya jadi salah satu aromaterapi yang baunya sangat khas, wangi dan sungguh memberikan dampak besar bagi psikis. Orang yang menghirup bau cengkih cenderung mendapatkan pengalaman mental yang ceria, selalu tenang dan bahagia sepanjang hari.

3. Antipiretik

Efek antipiretik tidak hanya didapatkan melalui obat-obatan kimia golongan NSAID. Namun bisa pula dari manfaat cengkeh ini. Antipiretik itu artinya cengkih memiliki kemampuan buat menormalkan suhu tubuh. Ketika badan panas karena demam, itu bisa sembuh dengan konsumsi atau menghirup aroma cengkih.

4. Anti Inflamasi

Selain itu, tanaman Syzygium aromaticum ini juga dikenal pula sebagai anti inflamasi. Artinya mampu meredakan peradangan. Ketika terjadi infeksi, biasanya bagian tubuh tertentu di dekat infeksi itu akan meradang yang ditandai dengan kemerahan, gelembung, nanah atau edema. Semua bisa diatasi dengan cengkih ini.

5. Antibiotik

Kemudian, khasiat cengkeh juga ampuh buat antibiotik. Artinya, cengkih memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang disebabkan bakteri. Maka dengan kombinasi antibiotic, anti inflamasi, antipiretik dan analgesik, memang membuat tanaman rempah ini begitu cocok mengatasi sakit gigi dan nyeri yang disebabkan karena peradangan syaraf dan infeksi lainnya.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah kanker
7. Mengatasi gangguan jantung
8. Membuat tenang pikiran
9. Memperbaiki pencernaan
10. Menghangatkan badan
11. Menambah nafsu makan
12. Mengatasi stress
13. Mengobati depresi
14. Memicu hormon anti stress
15. Meningkatkan kekebalan tubuh
16. Mencegah ejakulasi dini
17. Anti Nyamuk
18. Menguatkan tulang
19. Sumber kalori
20. Mencegah stroke
21. Melegakan perut
22. Obat cacingan
23. Menyembuhkan perut kembung
24. Mengatasi masuk angin
25. Menghangatkan tubuh

Cara Memanfaatkan Cengkeh untuk Kesehatan :

Secara umum, tidaklah sulit memanfaatkan cengkih untuk kesehatan. Tanaman herbal ini mula-mula harus dikeringkan dulu untuk mencapai rasa dan aromanya yang semriwing dan memikat. Baru kemudian bisa dicampurkan ke dalam masakan atau racikan obat herbal. Paling terkenal di bidang kesehatan adalah untuk pembuatan minyak cengkeh. Yang fungsinya sebagai obat sakit gigi.

Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan :

1. Mencegah Munculnya Jerawat

Rupanya manfaat cengkeh juga begitu ampuh buat mengatasi jerawat. Mengoleskan minyak cengkeh ke wajah bisa mencegah sekaligus mengobati jerawat sehingga cepat kering dan sembuh. Bekas jerawat juga perlahan-lahan bisa hilang.

2. Membuat Awet Muda

Seseorang bisa awet muda jika mampu menjaga kebutuhan gizi dan nutrisi tubuhnya. Manajemen stress juga diperlukan agar tidak sedikit-sedikit terperosok dalam frustrasi dan depresi. Menghirup aroma cengkeh bisa menjadi salah satu jalan menunjang usaha membuat awet muda ini.

3. Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan dini pada wajah sangat mungkin terjadi, apalagi untuk mereka yang sudah berusia 20 tahun ke atas. Untuk mengatasinya, bisa mencoba dengan manfaat cengkeh ini.

4. Mencerahkan Kulit

Selain itu, khasiat cengkeh begitu ampuh buat mencerahkan kulit. Manfaat cengkih ini tidak langsung didapatkan, namun harus melalui proses yang panjang dulu.

5. Meningkatkan Inner Beauty

Aromaterapi pada cengkeh pada dasarnya bisa membangkitkan aura jiwa. Sehingga inner beauty pun bakalan keluar dan tampak cerah.

Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melangsingkan badan
7. Mencegah kegemukan
8. Mengangkat sel kulit mati
9. Mengatasi komedo
10. Mencegah keputihan
11. Meningkatkan kesuburan
12. Membuka aura
13. Menghaluskan kulit
14. Membuat wajah terkesan kenyal
15. Menyembuhkan kulit kering
16. Menjaga kulit tetap indah
18. Membuat badan ideal
19. Mengangkat sel kulit mati
20. Mengatasi kerutan dan selulit

Cara Memanfaatkan Cengkeh untuk Kecantikan :

Memanfaatkan cengkih buat kecantikan pada dasarnya justru lebih mudah dibandingkan untuk kesehatan. Pasalnya hanya dengan menghirup aroma cengkih saja sudah bisa bikin wanita jadi tambah cantik. Sebab kandungan aromaterapinya mampu merangsang otak untuk melakukan perbaikan sel-sel yang rusak, terutama sel kulit.
Untuk mempermudah dalam mengambil aromaterapinya, coba saja buat menghisap cengkeh yang dibakar dalam gulungan rokok kretek, ataupun mencoba masker atau lulur dengan bahan campuran cengkih ini.

Efek Samping Cengkeh :

Efek Samping Cengkeh

Meski demikian, sebaiknya tetaplah berhati-hati dalam menggunakan cengkih, pasalnya rempah khas nusantara ini pun sifatnya sangat korosif sehingga untuk yang belum terbiasa menghirup aromanya atau mencoba rasanya, kemungkinan bakalan mengalami efek samping di bawah ini:

1. Kecanduan
2. Muntah
3. Mual
4. Pusing
5. Gangguan Kepekaan Lidah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun jangan khawatir, seseorang bisa langsung mengetahui apakah dirinya alergi atau tidak terhadap cengkih hanya dalam waktu sejenak setelah mengonsumsi atau menghirup aromanya. Untuk itu, sebaiknya jangan ragu-ragu buat mencoba merasakan betapa dasyatnya manfaat cengkih khas Indonesia ini yang sejak dulu sudah membuat bangsa-bangsa asing datang untuk menjajah dan menjarahnya di bumi pertiwi ini.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top