Connect with us
Habatussauda, Jinten Hitam, Manfaat Habatussauda, Khasiat Habatussauda

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jinten hitam Nigella sativa Linn atau yang lebih akrab di dengar oleh masyarakat sebagai Habbatussauda, adalah jenis tanaman rempah-rempah yang secara khusus memiliki khasiat dan fungsi sebagai tanaman herbal atau obat. Manfaat habbatussauda banyak dikenal masyarakat terutama masyarakat yang berada pada daerah timur tengah, India, dan Pakistan. Hal ini disebabkan habbatussauda banyak digunakan pertama kali di daerah timur tengah.

Habatussauda, Jinten Hitam, Manfaat Habatussauda, Khasiat Habatussauda

Habbatussauda merupakan salah satu rempah yang telah digunakan selama ribuan tahun, dimulai sejak 2000-3000 tahun yang lalu. Memiliki kaitan yang cukup erat dengan agama Islam sebagai salah satu tumbuhan yang menjadi anjuran, tak heran jika namanya saja berbau-bau timur tengah. Hal ini disebutkan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW yang membuat banyak masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam menggunakan jenis tanaman rempah ini sebagai salah satu obat.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Habbatussauda :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Habbatussauda

Habbatussauda memiliki berbagai kandungan gizi yaitu berbagai vitamin mulai dari vitamin A, B1, B2, serta C. Mempunyai kandungan mineral kalsium, kalium, besi, magnesium, dan selenium. Terdapat pula kandungan zat lain seperti monosakarida (glukosa, xylose, arabinose, dan rhamnose), asam amino, sodium, potassium, lemak tak jenuh ganda (asam linoleat, asam linolenat, omega 3, omega 6), saponin dan lain-lain.

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan :

1. Obat Mengatasi Masalah Sesak Nafas

Hal ini pertama kali di teliti oleh Ibnu Sina, seorang ilmuwan keemasan Islam. Sesak nafas akibat gejala asma atau masalah lain dapat disembuhkan. Hal ini karena kandungan didalamnya yaitu adalah antihistamin yang dapat menekan penyebab penyakit Asma-bronkitis. Kandungan ini akan langsung memperbaiki jaringan-jaringan yang terdapat pada paru-paru Selain itu juga dapat mengobati sesak nafas akibat alergi.

2. Pencegah Kanker

Habbatussauda digunakan sebagai salah satu obat untuk mencegah atau melawan kanker. Hal ini disebabkan karena didalamnya terdapat kandungan zat thymoquinone, thymohydroquinone, dan senyawa antioksidan etanol yang memberikan perlindangan terhadap stress oksidatif yang bisa berujung pada kerusakan sel dan menyebabkan kanker. Diperkenalkan pada Kongres Kanker International yang dilaksanakan di New Delhi oleh Immuno-biology Laboratory berasal dari South California.

3. Mencegah Gejala Diabetes

Habbatussauda dapat membantu mencegah atau mengatasi gejala diabetes tipe satu. Zat yang dapat menjaga tubuh dari diabetes adalah minyak atsiri. Untuk mendapatkan minyak ini, biji habbatussauda harus diekstrak, namun anda dapat menemukannya di apotek sekitar anda. Pencegahan telah dibuktikan oleh Zagazig University di Mesir dan Universitas Malaysia. Hanya dengan dua gram konsumsi setiap harinya dapat munurunkan gula darah pasien.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat habbatussauda yang lain adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Didalamnya terdapat zat yang dapat memberikan nutrisi kepada sel T yang berfungsi sebagai sel yang membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Hal ini dapat membuat anda terhindar dari beberapa penyakit menular seperti AIDS. Hal ini telah diteliti oleh seorang Profesor G Reimuller Universitas Munich sebagai Direktur Institut Immunologi.

5. Meningkatkan Kualitas Sperma

Dalam penelitian Universitas Malaysia yang dilaksanakan pada tahun 2014, minyak ekstra habbatussauda terbukti dapat meningkat kualitas sperma. Kualitas sperma meningkat karena zat dalam tanaman rempah ini memperbaiki dan merawat struktur jaringan testi. Hal ini harus dimanfaatkan oleh para perokok pria untuk memperbaiki kualitas sperma akibat banyaknya kandungan nikotin dan zat lain dalam rokok yang akan mempengaruhi kesuburan.

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengatasi gangguan tidur dan stress
7. Memperbaiki saluran pencernaan
8. Penetralisir racun
9. Membantu proses regenerasi pada sel pankreas tubuh
10. Memabantu menjaga stabilitas kadar insulin
11. Mempermudah menurunkan berat badan
12. Meningkatkan Daya Ingat
13. Meningkatkan Konsentrasi
14. Memberikan manfaat pada ibu hamil dan balita
15. Melancarkan ASI (Air Susu Ibu)
16. Membantu penghilangan proses kecanduan akan narkoba
17. Mencegah terjadinya penyakit alzheimer
18. Mengatasi kejang pada anak-anak
19. Sebagai Anti Histamin

Cara Memanfaatkan Habbatussauda untuk Kesehatan :

Habbatussauda dapat dimanfaatkan dengan berbagai bentuk olahan. Salah satu yang banyak dijual di pasaran Indonesia adalah ekstrak bijinya. Biji jenis tanaman rempah ini kecil berwarna hitam yang hampir menyerupai biji wijen. Terdapat olahan minyak yang biasanya ditujukan untuk anak-anak yang belum bisa mengkonsumsi sesuatu yang keras. Selain bentuk minyak, ada pula bentuk kapsul minyak dan kapsul. Rempah ini juga bisa dijadikan bentuk bubuk dan dimasukan ke dalam kapsul.

Manfaat Habbatussauda Untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit

Memperoleh kulit yang halus menjadi dambaan banyak wanita dan juga pria. Dalam kandungan habbatussauda, memiliki kekayaan vitamin serta omega 3 dan omega 6. Dua zat ini mempunyai fungsi untuk menghaluskan kulit. Untuk penggunaannya, ekstrak rempah ini dapat diminum langsung menggunakan tablet sebagai perawatan dari dalam tubuh dan dikombinasikan dengan penggunaan ekstrak minyak pada kulit wajah

2. Mengatasi Jerawat dan Iritasi

Jerawat merupakan masalah yang banyak dihadapi baik perempuan maupun laki-laki. Sesungguhnya hal ini dapat diobati dengan obat kimia, namun alternatif bahan alami juga dapat anda gunakan yaitu dengan menggunakan minyak Habbatussauda pada kulit, dapat mengatasi masalah jerawat sekaligus iritasi. Hal ini karena kandungan didalamnya mempunyai zat anti peradangan.

3. Menjaga Rambut dari Kerontokan

Zinc sebagai salah satu zat yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan rambut ternyata ada dalam kandungan habbatussauda. Telah diteliti bahwa kandungan zinc pada rempah mempunyai presentasi yang cukup tinggi sehingga efektif mengatasi kerontokan pada rambut. Ekstraknya dapat dioleskan ke kulit kepala untuk menjaga kerontokan bahkan menjaga rambut dari ketombe.

4. Meremajakan Kulit

Menjadikan kulit awet muda adalah hal banyak diinginkan banyak orang dan mejadi salah satu manfaat dari rempah timur tengah ini. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan minyak ekstraknya sebagai masker pada wajah karena kandungan omega 3 dan omega 6. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan minyak habbatussauda ke wajah secara rutin dan teratur.

5. Menyamarkan Bekas Luka

Bekas luka banyak menjadi masalah karena terlihat menganggu keindahan kulit. Alternatif bahan alami yang dapat anda gunakan adalah habbatussauda dalam bentuk ekstrak minyak. Dengan mengoleskan minyak kepada bekas luka yang ingin dihilangkan.

Manfaat Habbatussauda Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Sebagai facial scrub alami
7. Masker alami wajah
8. Sebagai anti inflamasi
9. Menyelesaikan masalah bau mulut
10. Menghilangkan komedo pada wajah
11. Mencerahkan kulit
12. Menghilangkan karang gigi

Cara Memanfaatkan Habbatussauda Untuk Kecantikan :

Untuk kecantikan, ekstrak rempah ini banyak digunakan dalam bentuk minyak. Biasanya bermanfaat dengan dioleskan pada daerah tertentu yang membutuhkan perawatan. Namun dapat juga meminum pil untuk perawatan dari dalam tubuh. Karena merupakan bahan alami, khasiatnya tidaklah instan melainkan harus dilakukan penggunaan secara teratur dan rutin untuk hasil maksimal.

Efek Samping Habbatussauda :

Efek Samping Habbatussauda

Habbatussauda secara teknis hanya dapat dikonsumsi untuk jangka pendek. Jika tidak manfaat habbatussauda akan berubah menjadi efek samping. Berikut adalah beberapa efek yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan jangka panjang ekstrak habbatussauda dalam bentuk apapun.

1. Timbul alergi pada kulit pengguna
2. Menurunkan tingkat tekanan darah
3. Menurunkan tingkat gula darah
4. Memperlambat pembekuan darah pada luka
5. Meningkatkan resiko pendarahan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sebenarnya, manfaat jinten hitam atau habbatussauda sudah diketahui lama. Namun seiring kemajuan teknologi farmasi, sekarang manfaat dan khasiatnya jinten hitam lebih banyak diketahui lagi. Sebagai tanaman obat, alangkah baiknya anda dapat mengonsumsinya tiap hari.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top