Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jahe merah memiliki kandungan senyawa zat kimia yang bermanfaat bagi kondisi lambung dan usus di dalam tubuh. Jika anda sedang mengalami mual cobalah mengkonsumsi minuman hasil olahan jahe merah. Salah satu jenis jahe ini memiliki manfaat dapat memberikan efek pada otak dan sel saraf sehingga nantinya bisa meredam rasa mual yang anda alami.

Jahe Merah

Jahe adalah tanaman herbal yang masuk ke golongan atau jenis tanaman rimpang, jahe dengan jenis berwarna merah sering kali digunakan untuk minuman tradisional. Sudah sejak zaman dahulu jahe merah digunakan sebagai ramuan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Tanaman ini termasuk dalam jenis rempah-rempah khas dari Indonesia.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jahe Merah :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jahe Merah

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam jahe merah inilah yang memberikan khasiat dalam menyembuhkan atau mencegah timbulnya penyakit. Beberapa kandungan yang ada didalamnya yaitu sebagai berikut; organik, gingerol, zingiberena, terpenoid, organik, bisabolena, fenolik utama, filindrena, alkaloid, minyak asiri, senyawa flavanoid, kurkumin, resin pahit, lemonin, kamfena, dan zingiberol.

Loading...

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan :

1. Mampu menghangatkan tubuh

Manfaat jahe yang satu ini sudah sangat dikenal oleh banyak orang, maka banyak sekali olahan minuman jahe merah yang diminum untuk membuat tubuh menjadi hangat. Minuman jahe tersebut banyak dijual di malam hari saat cuaca sedang dingin, contoh minuman jahe yaitu bandrek, wedang jahe, sekoteng, dan lain-lain.

2. Mengatasi perut kembung

Ekstrak jahe merah juga sering digunakan untuk mengatasi sakit pada perut dan perut kembung. Jahe merah ini juga ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan dan iritasi pada usus. Jika anda mengalami perut kembung cobalah untuk meminum wedang jahe yang hangat, agar perut kembung dan begah dapat teratasi.

3. Melancarkan peredaran darah

Gingerol yang terkandung pada jahe merah dapat melancarkan peredarah darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah karena jahe jenis ini bersifat antikoagulan. Dengan mengkonsumsi jahe ini anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke karena antikoagulannya mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

4. Mengobati kepala yang pusing

Jika anda mengalami pusing pada kepala serta cenat cenut, buatlah minuman berbahan dasar jahe agar pusing kepala anda hilang. Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe dengan jenis ini dapat menghentikan prostagladin yang menjadi penyebab sakit atau pusing kepala. Setelah mengkonsumsi minuman jahe merah tersebut kepala anda akan terasa fit kembali.

5. Meningkatkan nafsu makan

Sering kali kita mengalami penurunan nafsu makan secara tiba-tiba, maka ramuan yang mengandung jahe bisa mengatasi gangguan pencernaan yang menyebabkan nafsu makan menjadi menurun. Anda bisa meminum air rebusan jahe merah agar nafsu makan anda kembali meningkat. Cara ini juga bisa anda terapkan pada anak-anak yang sedang mogok makan.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi gangguan seksual
7. Mengobati penyakit maag
8. Mengobati batuk pada anak dan orang dewasa
9. Mengatasi sakit pada persendian
10. Mengobati peradangan misalnya tenggorokan
11. Menstabilkan tekanan darah
12. Menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh
13. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
14. Mengobati sakit encok atau rematik
15. Menurunkan demam
16. Mengurangi rasa mual atau muntah saat perjalanan
17. Meringankan rasa sakit saat haid
18. Menghilangkan rasa nyeri di tubuh setelah melakukan pekerjaan berat
19. Mencegah penyakit stroke
20. Meningkatkan stamina serta vitalitas pada pria dewasa
21. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
22. Mencegah perut buncit
23. Meningkatkan produksi sperma pada pria
24. Mencegah masuk angin
25. Menghilangkan bau pada mulut
26. Mengatasi penyakit asma
27. Menambah stamina pada wanita
28. Mengatasi sakit pada pinggang
29. Mengatasi masalah atau gangguan pada penglihatan
30. Mencegah anemia atau kurang darah
31. Mengobati influenza
32. Menjaga kesehatan jantung
33. Mengobati luka gigitan ular
34. Mengatasi otot yang pegal
35. Bersifat anti alergi

Cara Memanfaatkan Jahe Merah Untuk Kesehatan :

Jahe merah bisa digunakan sebagai bahan ramuan herbal, bagian pada tanaman yang dapat anda gunakan adalah bagian rimpangnya. Cara pembuatannya bisa dilakukan dengan cara tunggal atau dicampur dengan bahan herbal alami lainnya. Ramuan herbal ini biasanya diolah dengan cara direbus dengan air, lalu air rebusannya diminum selagi hangat.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan jerawat pada wajah

Manfaat jahe merah juga ternyata baik bagi kecantikan, salah satunya yaitu dapat menghilangkan jerawat yang membandel di wajah ataupun kulit punggung. Caranya yaitu menggunakan air rebusan jahe jenis ini dan gunakan untuk mencuci wajah dengan air tersebut.

2. Mengurangi minyak berlebih pada wajah

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak pada wajah, sebaiknya mencoba mengatasinya dengan jahe merah. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung mineral yang dipercaya bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah. Harus diingat, kulit wajah berminyak bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

3. Melembapkan dan menghaluskan kulit

Anda bisa mengkombinasikan jahe merah dengan perasan buah delima untuk ramuan yang dapat melembutkan serta melembapkan kulit wajah. Kandungan nutrisi yang ada pada jahe merahlah yang bertindak untuk menghaluskan kulit.

4. Mencegah kerutan pada wajah

Jika anda ingin mencegah penuaan dini dan menghindari kulit keriput pada wajah sebaiknya gunakan bahan alami yang mengandung jahe. Anda bisa mencampurkan parutan jahe merah dengan buah alpukat yang sudah dihaluskan. Ramuan tersebut bisa anda gunakan untuk masker wajah.

5. Mengatasi bintik hitam pada wajah

Bintik hitam pada wajah juga menjadi salah satu masalah yang mengganggu, dan jahe merah dapat menjadi solusi yang tepat. Anda bisa membuat parutan tanaman jahe yang dicampur dengan bahan olahan lainnya untuk membuat masker wajah untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Dapat memerahkan bibir
7. Menghilangkan luka pada kulit wajah
8. Mengangkat sel kulit mati
9. Meningkatkan pertumbuhan rambut
10. Mengatasi ketombe
11. Mengurangi selulit
12. Mengatasi kulit kering
13. Memutihkan ketiak
14. Memutihkan kulit wajah
15. Mengatasi rambut rontok
16. Mengencangkan kulit
17. Sebagai pengganti sun block
18. Membersihkan sel kulit mati
19. Dapat melembabkan kulit
20. Menghilangkan bekas luka
21. Memerahkan bibir
22. Memutihkan tubuh

Cara Memanfaatkan Jahe Merah Untuk Kecantikan :

Manfaat jahe merah untuk kecantikan wajah, kulit, dan rambut tidak akan ampuh setelah diaplikasikan jika cara mengolah atau tata cara penggunaannya salah. Anda harus memperhatikan beberapa cara menggunakan ramuan jahe ini. Anda bisa mengumpulkan bahan perasan air jeruk lemon, perasan air jahe, minyak zaitun, dan gula untuk membuat ramuan yang baik untuk kecantikan. Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi krim yang dapat menangkal efek buruk dari sinar matahari.

Efek Samping Jahe Merah :

Efek Samping Jahe Merah

Ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki efek samping yang akibatnya tidak baik bagi tubuh, maka untuk anda penderita penyakit diabetes, ibu hamil, ibu menyusui, serta penderita gangguan pendarahan sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe secara berlebih karena terlalu banyak mengkonsumsi jahe merah dapat menyebabkan gejala mual, diare, dan iritasi pada mulut.

Baca Juga: Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat tanaman jahe merah memang banyak sekali untuk kesehatan mapun kecantikan. Tentunya tanaman herbal dan bumbu dapur yang begitu primadona ini menjadi salah satu daya tarik penjajah Belanda ketika datang ke Indonesia. Meskipun mempunyai banyak manfaat, jehe merah juga memiliki efek samping tertentu jika dikonsumsi secara berlebih. Anda dapat membaca juga informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top