Connect with us
Jahe, Manfaat Jahe, Khasiat Jahe, Umbi Jahe, Rempah-Rempah, Jahe Gajah, Obat dari Jahe

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jahe (Zingiber Officinale Rosc) adalah tanaman yang sering digunakan sebagai rempah-rempah ataupun bumbu makanan. Keluarga dari temu-temuan ini ternyata menyimpan berbagai manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Kandungan senyawa alami di dalamnya membuat rempah ini sering dijadikan sebagai bahan dasar obat herbal, sehingga manfaat jahe ini mampu mengobati berbagai penyakit.

Jahe, Manfaat Jahe, Khasiat Jahe, Umbi Jahe, Rempah-Rempah, Jahe Gajah, Obat dari Jahe

Zingiber Officinale Rosc juga sering digunakan sebagai penghangat tubuh ketika kedingan. Rasanya pun sangat nikmat jika diolah menjadi minuman tradisional hangat. Minuman yang terkenal karena rempah ini adalah wedang dan susu jahe. Selain itu, juga bisa olah menjadi berbagai macam makanan dan minuman lainnya seperti awetan, permen, teh, dan kue yang tentunya sangat sehat untuk dikonsumsi.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jahe :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jahe

Jahe selain bisa diolah menjadi berbagai produk makanan, bisa diolah menjadi obat herbal karena kandungan alami yang dimilikinya. Kandungan gizi dalam jahe yang bermanfaat untuk tubuh antara lain adalah minyak asiri, oleoresin, shongaol, dan resin. Kandungan senyawa lainnya adalah karbohidrat, vitamin A, B ,C, zat besi, fosfor, kalsium, dan mineral-mineral lainnya yang berguna.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan :

1. Mencegah timbulnya kanker

Tanaman rempah ini memiliki kandungan oksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Antioksidan alami ini berfungsi menangkal radikal bebas superoksida yang terdapat pada sel kanker, hal ini membuat pertumbuhan sel kanker terhambat dan tidak bisa tumbuh dengan cepat.

2. Mengobati penyakit alzeimer

Alzeimer adalah penyakit yang mengganggu kesehatan sel otak, sehingga kinerja otak menjadi tidak sempurna. Penderita penyakit ini akan mengalami gangguan dalam mengingat, dan akan kehilangan memorinya secara perlahan. Tanaman rempah ini mempunyai bahan aktif yang mampu menutrisi sel otak serta mengobati penyakit alzeimer.

3. Mencegah resiko penyakit jantung

Jantung yang sehat akan berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya. Jahe mampu menyehatkan sekaligus mencegah resiko penyakit jantung, karena mempunyai kandungan alami yang dapat melindungi dinding serta sel pada jantung.

4. Melancarkan peredaran darah

Jahe mampu membantu melancarkan peredaran darah karena mempunyai kandungan alami seperti shongaol. Kandungan ini bekerja melancarkan peredaran darah dalam tubuh dengan konsentrasi yang rendah, sehingga nutrisi organ tubuh terpenuhi.

5. Mengobati hipertensi

Hipertensi bisa diobati dengan obat herbal yang terbuat dari jahe. Kandungan shongoal dan gingerol mempunyai konsentrasi yang rendah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Tentunya harus tetap imbangi dengan pola hidup yang sehat.

6. Mengurangi rasa mual

Rasa mual dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor termasuk kelainan pada kesehatan tubuh. Rasa mual ini bisa dikurangi dengan jahe. Hal ini disebabkan karena didalmnya mempunyai zat aktif yang mampu menghasilkan rileks pada tubuh, sehingga rasa mual pada tubuh akan berkurang secara berangsur-angsur.

7. Mencegah mabuk laut

Mabuk laut dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang merasa asing dengan keadaan terombang-ambing. Jahe adalah solusi yang tepat untuk anda yang selalu merasakan mabuk laut. Rempah ini mampu mencegah mabuk laut karena kandungan alaminya yang mampu membuat kondisi tubuh menjadi rileks.

8. Mengobati vertigo

Vertigo adalah penyakit yang bisa kambuh kapan dan dimana saja. Penderita dari penyakit ini akan merasa pusing tak terkendali. Jahe dipercaya mampu mengobati penyakit vertigo karena kandungan kalium alami didalamnya. Kandungan ini mampu mengobati vertigo karena berfungsi mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

9. Mengobati rematik

Rematik adalah salah satu gangguan sendi yang disebabkan oleh peradangan. Gangguan kesehatan ini dapat menimbulkan rasa nyeri bila kambuh secara tiba-tiba. Jahe mampu mengobati rematik dengan menjadikannya obat herbal atau ramuan, disamping itu jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu meredakan sakit dari peradangan.

10. Mengobati diare

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Diare jika tidak ditangani dengan cepat akan menyebabkan dehidrasi, sehingga tubuh akan kekurangan cairan. Jahe mampu menjadi obat diare dengan mengolahnya menjadi larutan yang dapat membunuh bakteri penyebab diare.

11. Mengobati arthritis

Arhhritis adalah salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh peradangan. Rempah ini mempunyai kandungan alami yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi. Dengan begitu, bisa diolah sebagai minuman yang dikonsumsi secara rutin untuk mengobati arthritis. Jangan lupa untuk tetap konsultasikan kepada dokter terdekat.

12. Membunuh jamur di kaki

Jamur dikaki bisa menyebabkan infeksi, penyakit kulit, nanah, ataupun bau yang tak sedap. Kemunculan jamur biasanya disebabkan karena kulit yang tidak terawat, dan daya tahan tubuh yang sedang menurun. Kandungan antiseptik alaminya yang mampu membersihkan jamur dengan merendamkan kaki pada larutan yang dicampur dengan rempah tersebut.

13. Mengobati mencret

Mencret adalah satu gangguan pencernaan yang bisa menurunkan cairan di dalam tubuh. Mencret biasanya disebabkan karena bakteri dari makanan yang tidak sehat. Jahe mampu membunuh bakteri penyebab mencret, karena mengantung antibakteri alami sekaligus menutrisi tubuh, sehingga cairan tubuh bisa terpenuhi kembali.

14. Mengobati stroke

Stroke dapat disembuhkan dengan terapi juga mengkonsumsi jenis rempah ini secara rutin. Rempah-rempah ini mempunyai kandungan gingerol yang bersifat antikeogulan, yang dapat mengobati stroke karena mencegah penggumpalan darah, penyumbatan pembuluh darah, sehingga melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

15. Menyehatkan mata

Mata yang sehat akan terjauh dari iritasi ataupun gangguan kesehatan lainnya. Kandungan vitamin A didalamnya cukup tinggi, sehingga mampu menjaga kesehatan mata secara optimal. Konsumsi jahe secara rutin ataupun sesuai anjuran dokter untuk hasil yang maksimal untuk mendapatkan mata yang sehat.

16. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol dapat disebabkan oleh makanan berminyak, dan pola hidup yang tak sehat. Kolesterol jahat yang menumpuk mampu mengganggu kesehatan jantung serta peredaran darah. Jahe mampu menurunkan kadar kolesterol, karena mempunyai kandungan gingerol yang dapat menghancurkan kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh.

17. Menyembuhkan saraf muka yang tidak sehat

Saraf muka yang tidak sehat ditandai dengan adanya bengkak dibagian muka, salah satu kasus yang sering ditemukan adalah pada bagian pipi. Jahe mampu menyembuhkan saraf yang sakit pada muka, dengan kandungan zat aktif yang dapat merilekskan saraf, sehingga saraf bisa kembali sehat.

18. Mengatasi cacingan

Cacingan biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi susah gemuk dan terlihat lesu. Rempah ini mampu mengatasi cacingan karena kandungan antibakteri alami, cacingan akibat bakteri jahat bisa lekas punah. Minum larutan jahe yang telah dicampur dengan madu secara rutin untuk hasil yang optimal.

19. Melancarkan buang angin

Angin atau pun kentut harus segera dikeluarkan, karena kentut merupakan zat yang sudah tidak digunakan bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi rempah-rempah ini, mampu melancarkan buang angin karena kandungan alami didalamnya. Caranya cukup untuk mengkonsumsi minuman yang berbahan dasar jahe. Maka anda bisa lancar buang angin.

20. Mengobati sakit kepala

Jahe mampu mengobati sakit kepala karena mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi mampu sehingga bisa menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, tanaman ini pun mampu mengatasi migrain (sakit kepala sebelah) seketika. Olah rempah ini menjadi minuman tradisional atau campurkan dengan teh manis jika sakit kepala kambuh tiba-tiba.

21. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar dapat mendatangkan gangguan kesehatan pada organ tubuh. Gangguan pencernaan harus diatasi dengan baik, salah satunya dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Rempah ini mempunyai kandungan vitamin c yang tinggi, yang dapat berfungsi melancarkan pencernaan.

22. Mencegah masuk angin

Masuk angin biasanya disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah, disertai dengan kelelahan. Jenis rempah ini mampu mencegah masuk angin karena dapat merangsang sistem imun sehingga, daya tahan tubuh akan meningkat. Disamping itu jahe bisa menghangatkan tubuh, sehingga bisa mencegah tubuh anda dari masuk angin.

23. Mengobati batuk

Batuk tentunya dapat mengganggu keberlangungan aktivitas anda. Tanaman dengan rasa khas ini mampu mengobati batuk karena kandungan alami didalamnya, sehingga daya tahan tubuh menjadi meningkat, dan batuk andapun lekas terobati. Minum ramuan yang berbahan dasar jahe secara rutin untuk menghilangkan batuk anda seketika.

24. Mengobati flu

Sistem imun yang lemah ditambah aktivitas yang padat mampu mendatangkan flu seketika. Anda tidak perlu khawatir jika flu tiba-tiba mengganggu kesehatan anda. Cukup konsumsi jahe, karena didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab flu juga mampu meningkatkan kinerja sistem imun dalam tubuh.

25. Membantu mengeluarkan dahak di tenggorokan

Dahak atau lendir yang berada ditenggorokan biasanya disebabkan oleh gangguan kesehatan, sehingga lendir menggumpal dan menyebabkan batuk atau gatal pada organ tersebut. Jahe mampu mengeluarkan dahak, karena berkhasiat menghangatkan tenggorokan, sehingga dahak bisa keluar dan tenggorokan akan terasa nyaman kembali.

26. Membantu meningkatkan produksi ASI

ASI tentunya sangat berguna untuk keberlangsungan bayi anda, karena Asi adalah satu-satunya asupan makanan yang layak dikonsumsi oleh bayi. Jika anda menemukan masalah kekurangan produksi ASI, jangan ragu untuk menjadikan jahe sebagai solusi. Hal ini dikarenakan kandungan dehydroginger-dione yang mampu meningkatkan produksi Asi.

27. Obat terkilir

Terkilir bisa terjadi kapan dan dimana saja dalam keadaan yang tak terduga. Terkilir harus segera diatasi, karena bila dibiarkan anda akan mengidap kelainan pada tulang. Rempah ini adalah salah satu obat terkilir yang ampuh. Cukup tembelkan jahe yang sudah dihancurkan pada bagian yang terkilir, dan diamkan selama beberapa menit.

28. Menyuburkan rahim

Rahim yang subur akan mempermudah anda mendapatkan keturunan baru. Rahim butuh nutrisi yang cukup untuk menjadi subur. Jahe mampu menutrisi rahim sehingga menjadi subur. Kandungan arginie didalamnya mampu mencegah kemandulan dan dapat menyuburkan rahim anda.

29. Memperkuat daya tahan sperma

Kandungan capsaicin pada jahe mampu meningkatkan libido pada tubuh laki-laki, sehingga mudah terangsang. Selain capsaicin, kandungan arginie didalamnya juga bisa memperkuat daya tahan sperma.

30. Mengobati sariawan

Sariawan biasanya disebabkan daya tahan tubuh yang menurun, sehingga menyebabkan timbulnya jamur pada mulut. Sariawan akan menimbulkan perih dan panas pada penderitanya. Jahe bisa mengobati sariawan karena mempunyai vitamin yang cukup tinggi, serta kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh jamur penyebab sariawan.

31. Mengobati demam

Demam bisa ditimbulkan oleh berbagai macam faktor. Demam bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat seketika, hingga melemahkan daya tahan tubuh. Jahe dipercaya mampu menurunkan demam, dengan mengolahnya menjadi obat herbal. Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas penyebab demam.

32. Mengatasi perut buncit

Perut buncit disebabkan oleh pencernaan yang tidak lancar serta kekurangan makanan yang mengandung serat. Jahe dinilai mampu mengatasi perut buncit karena mempunyai kandungan zat aktif yang mampu melancarkan pencernaan. Minum minuman olahan rempah ini setiap pagi, untuk mengatasi perut buncit.

33. Mengobati asma

Asma adalah salah satu penyakit yang mengganggu sistem pernapasan. Penyakit ini biasanya kambuh secara tiba-tiba dan akan membuat orang disekitar anda merasa panik. Ternyata jahe mampu mengobati asma karena mempunyai kandungan senyawa aktif yang dapat mengobati asma secara perlahan.

34. Membantu menurunkan berat badan

Berat badan yang tidak bisa dikontrol dapat menyebabkan beberapa penyakit dan gangguan kesehatan pada organ tertentu. Tentunya anda harus melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Jahe mampu menurunkan berat badan, karena mempunyai kandungan serat serta vitamin C yang dapat menjaga sistem metabolisme dengan baik.

35. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat menyiksa penderitanya. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh bakteri, ataupun kekurangan vitamin C. Jahe bisa mengobati sakit gigi karena kandungan antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

36. Mencegah diabetes

Diabetes disebabkan karena kandungan gula dalam darah yang tinggi serta pola hidup yang tidak sehat. Diabetes ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Rempah ini mampu menurunkan gula darah yang tinggi, karena mengaktifkan kelenjar endokrin yang mampu mencegah diabetes.

37. Mencegah obesitas

Obesitas tentunya salah satu gangguan kesehatan dengan berat badan yang terus menambah, sehingga menimbulkan kegemukan serta mendatangkan penyakit berbahaya. Obesitas bisa dicegah dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Kandungan senyawa alami didalamnya mampu mengoksidasi lemak, sehingga berat badan bisa menurun.

38. Mengobati pegal-pegal

Pegal-pegal gangguan pada sendi mampu diobati oleh jahe. Rempah ini bisa diolah menjadi ramuan alami yang mampu mengobati pegal-pegal. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu mengikat radikal bebas penyebab pegal-pegal, sehingga tubuh anda bisa sehat dan bugar kembali.

39. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh bisa menurun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Ternyata daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Rempah ini mempunyai kandungan alami yang mampu mengaktifkan sistem imun, sehingga daya tahan tubuh anda bisa meningkat dan terbebas dari penyakit.

40. Mengobati perut kembung

Gangguan pada lambung biasanya bisa menyebabkan perut kembung. Perut kembung tentunya dapat menimbulkan rasa nyeri dan harus segera diatasi. Rempah ini mampu mengobati perut kembung karena mampu menutrisi lambung. Minum ramuan yang terbuat dari jahe untuk mengobati perut kembung.

41. Menyehatkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang lancar dengan otomatis dapat membuat anda lebih sehat dan bugar. Jahe mampu menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan vitamin C yang berubah menjadi antioksidan sehingga mampu menutrisi sistem pencernaan secara optimal. Rempah ini juga bisa sekaligus melancarkan sistem pencernaan anda.

42. Melancarkan pernapasan

Pernapasan bisa terganggu karena sistem pencernaan yang terhambat oleh organ tubuh yang tidak sehat. Jahe mampu membantu melancarkan pernapasan, karena kandungan alami didalamnya yang menimbulkan rasa rileks dan nyaman ditubuh. Anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan pernapasan yang pernah terganggu.

43. Menutrisi organ tubuh

Organ tubuh harus dipenuhi nutrisinya secara optimal. Jahe mampu menutrisi organ tubuh dengan kandungan kalium, kalsium, fosfor, serta berbagai macam vitamin yang mampu menutrisi organ tubuh. Cukup sederhana untuk membuat organ tubuh anda terpenuhi nutrisinya, dengan memakan obat herbal yang berbahan dasar jahe secara rutin.

44. Mengobati peradangan

Jahe mampu mengobati peradangan dalam bentuk apapun. Anda tak perlu khawatir jika tiba-tiba menderita peradangan pada sendi ataupun bagian tubuh lainnya. Pastikan untuk menyiapkannya setiap hari, karena didalamnya mempunyai kandungan anti-inflamasi untuk mencegah tubuh dari peradangan.

45. Mengobati gusi bengkak

Gusi bengkak tentunya bisa menyebabkan sakit yang sangat menyiksa, sehingga anda tidak bisa mengunyah makanan dengan baik. Anda pun bisa kekurangan nutrisi gara-gara ini. Jahe bisa mengobati gusi bengkak karena kandungan didalamnya mampu membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.

Cara Memanfaatkan Jahe untuk Kesehatan :

Jahe mampu mengatasi berbagai macam penyakit, tetapi percuma bila anda tidak tau cara memanfaatkannya. Jika anda mempunyai gangguan kesehatan dalam organ dalam siapkan 30 gram jahe, 30 gram daun randu, serta madu secukupnya. Rebus dan campurkan dengan daun randu selama 10 menit, saring airnya kemudian masukan madu untuk pemanis alami. Minum ramuan ini secara rutin.

Cara memanfaatkan jahe untuk menghilangkan pegal-pegal adalah rebus 2 liter susu murni, lalu masukan yang sudah di geprek kedalam rebusan susu. Rebus selama kurang lebih 15 menit. Dinginkan susu, atau minum selagi hangat. Minuman ini pun siap dihidangkan dan mampu menghilangkan pegal-pegal yang anda rasakan selama ini.

Manfaat Jahe untuk Kecantikan :

1. Menyehatkan kulit

Kulit yang sehat akan menghasilkan wajah yang bersih dan rupawan. Anda akan terlihat lebih cantik jika memiliki kulit yang sehat. Jahe dinilai mampu menyehatkan kulit, karena kandungan vitamin C dan antioksidan, serta zat aktif yang mampu membuat kulit menjadi rileks. Sehingga kulit anda menjadi sehat secara alami.

2. Awet muda

Menjadi awet muda adalah perkara yang mudah bila anda menggunakan jahe sebagai masker alami secara rutin. Kandungan yang terkandung didalamnya mampu menutrisi kulit sehingga wajah akan terlihat lebih muda dari sebelumnya. Gunakan masker rempah ini satu minggu sekali setiap malam sebelum tidur, dan rasakan khasiatnya pada kulit anda.

3. Menghilangkan kulit kusam

Kulit kusam disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk, serta paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit secara langsung. Jahe dapat menghilangkan kulit kusam karena kandungan vitamin C yang mampu membuat kulit lebih cerah alami. Imbangi dengan pelembab yang mengandung spf, dan gunakan secara rutin sebelum beraktifitas di luar.

4. Menyamarkan bekas luka

Bekas luka tentunya bisa menghilangkan kecantikan anda, karena warnanya yang hitam dan sangat mencolok. Jahe mampu menyamarkan luka secara alami dengan kandungan antioksidan yang mampu meregenerasi kulit lebih cepat, sehingga kulit anda terbebas dari bekas luka.

5. Mengontrol produksi minyak berlebih

Minyak berlebih pada wajah dapat memberi kesan dekil dan kusam pada penampilan anda. Hal ini membuat anda harus membeli kertas minyak di swalayan untuk menyerap minyak berlebih. Jahe ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih, jika anda menggunakan maskernya secara rutin.

6. Menghilangkan flek hitam di wajah

Flek hitam di wajah bisa disebabkan oleh bekas jerawat, pigmen yang tidak menyebar, ataupun paparan sinar matahari. Flek hitam yang membandel ini dapat dihilangkan dengan jahe. Kandungan Vitamin B nya mampu menutrisi kulit dengan optimal, dan menghilangkan flek hitam di wajah secara perlahan.

7. Mengurangi silulit

Silulit adalah gangguan kecantikan yang bisa hilangkan dengan memanfaatkan jahe. Kandungan alami yang terdapat didalamnya mampu menghilangkan silulit secara perlahan. Anda pun akan memiliki kulit mulus dan bersih tanpa silulit.

8. Menghilangkan jerawat

Jika anda terlanjur mempunyai jerawat pada wajah anda, jangan khawatir karena rempah ini mampu menghilangkan jerawat anda secara maksimal. Kandungan vitamin C didalamnya mampu menutrisi kulit sehingga jerawat akan mudah kering. Gunakan sebagai bahan masker atau konsumsi minuman tradisional yang mengandung jahe untuk hasil yang maksimal.

9. Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat dapat menimbulkan flek hitam yang akan menggangu kecantikan anda. Pastikan anda selalu menyiapkan masker alami yang mengandung jahe didalamnya. Rempah ini mempunyai kandungan senyawa aktif yang mampu menghilangkan bekas jerawat secara optimal.

10. Pemutih alami

Jahe bisa menjadi pemutih alami untuk anda yang mempunyai kulit kusam, ataupun kurang bercahaya. Rempah ini mempunyai kandungan vitamin C serta beberapa jenis antioksidan yang mampu memutihkan wajah secara alami. Anda pun tidak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan kulit putih.

11. Meremajakan kulit

Kulit yang sehat dan terlihat muda akan memberi kesan cantik alami oleh siapapun yang melihatnya. Jahe mampu meremajakan kulit secara alami dan perlahan dengan kandungan alami didalamnya yang mampu memberi nutrisi yang cukup. Kulit wajah pun akan terlihat awet muda.

12. Menghilangkan kerutan

Kerutan di wajah akan membuat anda terlihat lebih tua. Anda harus sigap dalam menghilangkan masalah kecantikan ini. Jahe mampu menghilangkan kerutan di wajah, karena mempunyai kandungan alami yang mampu meremajakan kulit secara alami.

13. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati jika menumpuk di permukaan kulit akan membuat kulit terlihat lebih kusam, sehingga anda tidak terlihat cantik. Jahe mampu mengangkat sel kulit mati dengan mengolahnya menjadi face scrub alami. Disamping bisa mengangkat sel kulit mati, juga mampu menutrisi kulit dengan baik.

14. Menutrisi kulit

Nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah harus terpenuhi secara maksimal. Jahe mampu menutrisi kulit wajah karena mengandung berbagai vitamin dan senyawa aktif yang dapat menyehatkan kulit secara alami. Kulit anda pun akan sehat dan bugar seperti kulit bayi.

15. Mencegah kanker kulit

Kanker kulit bisa disebabkan oleh faktor genetik, ataupun efek samping pemakaian make up. Jahe mampu mencegah kanker kulit karena mempunyai kandungan alami yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kulit anda pun akan terjaga kesehatannya, dan tetap cantik alami.

16. Menghilangkan beruntusan

Beruntusan bisa dihilangkan dengan memakai masker jahe secara rutin, beruntusan biasanya dihasilkan dari pemakaian air yang tidak cocok dengan kulit wajah, ataupun alergi. Jenis rempah ini dipercaya mampu menghilangkan beruntusan dengan kandungan senyawa aktif yang mampu meregenerasi kulit, sehingga beruntusan bisa hilang.

17. Mengontrol ukuran pori-pori

Pori-pori kulit jika tidak dikontrol akan membesar dan mendatangkan kotoran untuk menetap disana. Kotoran ini adalah penyebab timbulnya jerawat. Jenis bumbu dapur yang satu ini mampu mengontrol ukuran pori-pori, karena jahe mempunyai kandungan yang dapat membuat kulit rileks, sehingga pori-pori akan terkontrok dengan sendirinya.

18. Mengangkat komedo

Jahe dan gelatin mampu mengangkat komedo, sekaligus menutrisi kulit secara alami. Rempah bumbu dapur ini mempunyai kandungan vitamin B yang mampu mencegah komedo datang kembali, dan mengontrol pori-pori untuk menolak datangnya kotoran penyebab komedo.

19. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Wajah yang bersih akan menolak timbulnya bakteri penyebab jerawat. Jerawat biasanya timbul karena wajah yang kotor. Jahe mempunyai kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Wajah pun bersih secara menyeluruh.

20. Membuat wajah lebih putih berseri

Wajah putih berseri adalah dambaan bagi setiap kaum hawa. Wajah putih bisa dihasilkan dari pemakaian rutin masker yang mengandung jahe sebagai bahan alami. Rempah ini mempunyai kandungan vitamin C yang dapat membuat wajah nampak lebih putih sekaligus menutrisi kulit secara alami.

21. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Bakteri pada kulit wajah bila tidak dimusnahkan dapat menyebabkan jerawat yang akan mengganggu kecantikan anda. Pastikan anda selalu mencuci muka dengan bersih menyeluruh dan gunakan masker jahe untuk hasil yang maksimal. Antiseptik alami yang dimilikinya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

22. Toner alami

Toner bisa melembabkan kulit dan menutrisi kulit. Jahe bisa digunakan sebagai toner alami untuk menutrisi wajah anda dengan berbagai kandungan vitamin didalamnya. Gunakan secara rutin bersama dengan masker jahe untuk hasil yang maksimal.

23. Menutrisi kulit dengan baik

Kulit yang terpenuhi nutrisinya, akan menjadi kulit yang sehat dan terbebas dari masalah kecantikan. Jahe mampu menutrisi kulit dengan baik, karena kandungan alami di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, kulit pun akan sehat dan kencang secara alami.

24. Menghilangkan lemak di pipi

Lemak di pipi bisa dihilangkan dengan menggunakan jahe. Rempah ini  mempunyai senyawa aktif yang bisa menghancurkan lemak dipipi. Hasilnya anda akan mempunyai wajah yang tirus dan lancip, sehingga anda akan terlihat imut dan manis.

25. Membuat wajah lebih lembut

Wajah lembut adalah impian bagi semua kaum hawa. Wajah lembut dapat dihasilkan dari kandungan alami yang dimiliki oleh jahe. Vitamin B pada jahe mampu melembutkan kulit dan menghilangkan beruntusan secara alami.

26. Menghilangkan kulit kasar

Kulit kasar dapat disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang terpenuhi. Jahe mampu memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit, dan meregenerasi kulit dengan cepat, sehingga kulit kasar akan hilang. Kulit pun akan lembut seketika karena kandungan alami yang dimiliki oleh jahe.

27. Mengatasi kulit kering

Kulit kering bisa diatasi dengan menggunakan masker jahe secara rutin. Kulit kering dapat memicu timbulnya keriput dan penuaan dini. Jahe mampu mengatasi kulit kering, karena kandungan minyak terbangnya mampu menutrisi kulit dengan baik.

28. Melembabkan kulit

Kulit yang lembab dapat memberi kenyamanan tersendiri. Kulit lembab adalah salah satu indikator wajah yang sehat. Miliki kulit yang lembab dengan manfaat dari kandungan jahe. Jahe mampu merawat kulit, sehingga lebih lembab dan juga membuat kulit menawan.

29. Membuat kulit glowing

Kulit yang glowing menjadi hal sangat diingankan oleh para kaum hawa saat ini. Bahan alami seperti rempah ini, ternyata mampu melembabkan kulit secara alami. Jika kulit dalam keadaan lembab, otomatis kulit akan glowing secara alami. Gunakan jahe sebagai bahan dasar masker, dan aplikasikan secara rutin.

30. Menyebarkan pigmen secara merata

Pigmen yang tidak merata akan menghasilkan bintik-bintik hitam, dan kulit kusam. Jahe mempunyai kandungan alami yang mampu menyebarkan pigmen. Konsumsi rempah ini secara rutin, minum airnya setiap sore untuk hasil yang maksimal.

31. Menetralkan pH wajah

Wajah membutuhkan kondisi pH yang netral untuk menjadi sehat. Mempunyai pH yang seimbang dapat membuat wajah terbebas dari masalah kecantikan. Jahe mampu menetralkan pH secara maksimal dengan menjadikannya toner alami, wajah anda akan terasa segar dan bersih seketika.

32. Menghilangkan darah kotor penyebab jerawat

Darah kotor akan menyebabkan timbulnya jerawat yang meradang di wajah. Darah kotor disebabkan karena aliran darah tidak lancar, sehingga keberadaannya masih menumpuk di sekitar organ tubuh. Jahe mampu membersihkan darah kotor, karena dipercaya bisa melancarkan peredaran darah.

33. Mengeluarkan racun di kulit wajah

Racun di kulit wajah akan menempel dan berefek samping jika tidak di tangani dengan baik. Racun ini akan menghasilkan tumor bila tidak dikeluarkan dengan segera. Kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe mampu mengeluarkan racun pada kulit, dengan mengkonsumsi minuman berbahan rempah ini secara rutin.

34. Meratakan warna kulit

Kulit wajah biasanya mempunyai warna yang tidak merata, ada bagian yang berwarna coklat, ada juga yang berwarna putih berseri. Jahe mampu mengatasi masalah ini, karena kandungan didalamnya mampu menutrisi kulit, sehingga pigmen kulit bisa merata, sekaligus meratakan warna kulit kembali.

35. Menyembuhkan jerawat yang meradang

Jerawat jika tidak diobati dengan baik, bisa bertambah semakin banyak, hingga menyebabkan peradangan pada wajah. Rempah bumbu dapur yang satu ini mampu menjadi obat jerawat yang meradang, karena kandungan anti inflamasi di dalamnya bisa mengatasi radang dengan optimal. Gunakan masker berbahan jahe, atau minum olahannya untuk dijadikan obat jerawat.

36. Menghilangkan mata panda

Mata panda merupakan masalah kecantikan yang terdapat lingkaran hitam pada bagian tertentu. Hal ini biasanya disebabkan karena kurang istirahat, serta kurang asupan mineral pada tubuh. Jahe yang mengandung mineral tinggi, mampu menutrisi tubuh, sehingga lingkaran pada bawah mata bisa hilang.

37. Menghilangkan kerutan di bawah mata

Kerutan di bawah mata biasanya bisa hilang dengan perlahan jika menggunakan krim mata secara rutin. Harga krim mata sangatlah melambung tinggi di pasaran, mengingat hal itu jahe bisa dimanfaatkan sebagai krim mata yang berfungsi menghilangkan kerutan area bawahnya.

38. Membuat kulit menjadi lebih segar

Kulit segar dihasilkan dari kulit yang sehat, dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Rempah ini bisa menutrisi kulit secara optimal, dan menyehatkan kulit. Aplikasikan masker wajah dari bahan dasar jahe secara rutin untuk merasakan kulit segar secara alami.

39. Mengatasi efek samping dari make up/skincare

Efek samping dari make up/skincare mungkin akan ada yang langsung terasa, ada juga yang tidak. Jahe bisa mengatasi efek samping, karena kandungan shongoal didalamnya mampu mengeluarkan racun yang mengendap yang dapat menyebabkan efek samping pada kulit wajah.

40. Bisa menjadi skincare alami

Klinik kecantikan yang menawarkan skincare tentunya memasang tarif harga yang relatif tidak murah. Rawatlah wajah anda di rumah, jika tidak ingin mengeluarkan uang yang banyak. Jahe mampu menutrisi kulit anda secara alami, sehingga anda tidak perlu pergi ke klinik kecantikan.

41. Mengecilkan pori-pori yang membesar

Pori-pori yang besar akan mengganggu penampilan anda. Wajah anda tidak akan terlihat mulus, dan akan timbul bintik-bintik merah karenanya. Jahe berkhasiat mengecilkan pori-pori yang membesar karena kandungan zat aktif didalamnya. Kulit anda bisa mulus kembali karena menggunakan rempah ini sebagai solusinya.

42. Cocok untuk kulit sensitif

Mempunyai kulit sensitif sangatlah merepotkan karena harus mendapat perawatan yang tidak biasa. Anda akan dengan mudah mendapatkan kulit merah ataupun jerawat, karena kulit sensitif ini. Jahe mampu mengatasi kulit sensitif karena kandungan alaminya sangat ramah terhadap berbagai jenis kulit.

43. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar UV, atau paparan sinar matahari langsung akan membakar kulit, serta merusak sel kulit wajah. Wajah anda akan terlihat kusam, dan membuat pigmen tidak merata. Jahe mampu melindungi kulit wajah dari sinar UV, karena kandungan vitamin C di dalamnya mampu bereduksi menjadi antioksidan yang mampu menyehatkan kulit.

44. Bisa menjadi body scrub

Body scrub berfungsi mengangkat sel kulit mati pada kulit. Rempah bumbu dapur ini bisa menjadi body scrub alami, karena tekstur serta kandungan alami didalamnya mampu membersihkan sekaligus menyehatkan kulit. Gunakan body scrub yang berbahan dasar jahe, untuk hasil yang anda impikan.

45. Bisa menjadi bahan lulur alami

Bahan lulur alami biasanya menggunakan gingseng, padahal jahe pun bisa menjadi bahan lulur alami. Kandungan gingerol didalamnya mampu melancarkan peredaran darah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan lulur alami. Rempah ini juga berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi rileks yang memberi kenyamanan setelah menggunakan lulur.

Cara Memanfaatkan Jahe untuk Kecantikan

Jahe bisa diolah sedemikian rupa untuk merawat kecantikan anda. Manfaatkan rempah ini untuk dijadikan sebagai masker alami, caranya geprek dua ruas jahe hingga hancur, lalu campur dengan dua tetes jeruk nipis, campurkan dengan minyak zaitun dan madu. Aplikasikan pada wajah anda selama 15 menit, setelah itu bilas dan rasakan khasiatnya.

Jahe juga bisa dimanfaatkan menjadi scrub alami untuk wajah maupun badan. Siapkan satu sendok jahe yang sudah dihancurkan, campur dengan gula putih satu sendok untuk wajah, dan empat sendok untuk badan, larutkan dengan minyak zaitun. Aplikasikan pada badan dan wajah, dengan menggosoknya secara perlahan. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Efek Samping Jahe :

Efek Samping Jahe

1. Menimbulkan rasa panas di kulit jika dalam dosis yang tinggi
2. Menimbulkan merah-merah pada kulit yang kering
3. Menimbulkan alergi
4. Infeksi pada saluran kemih
5. Infeksi pada luka di kulit
6. Menimbulkan rasa perih di kulit
7. Dapat mengganggu kesehatan ginjal
8. Membuat detak jantung menjadi tidak normal dalam pemakaian yang tidak wajah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan beserta cara penggunaan. Jika Anda ingin mengkonsumsi jehe secara terus menerus, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter karena jika terlalu overdosis, bisa menyebabkan berbagai efek samping yang membahayakan. Anda dapat melihat dan membaca manfaat umbi lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top