Connect with us

25 Manfaat dan Khasiat Jeruk Purut untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jeruk Purut, Manfaat Jeruk Purut, Khasiat Jeruk Purut

Tanaman

25 Manfaat dan Khasiat Jeruk Purut untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Jeruk Purut – Jeruk purut atau jeruk limau merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan buah dan daunnya sebagai bahan bumbu dalam masakan. Aroma masakan yang memakai jeruk masam ini akan lebih mengundang selera sekaligus menambah kelezatan masakan. Bagian yang dimanfaatkan tak hanya buahnya saja, tapi juga daunnya.

Jeruk Purut, Manfaat Jeruk Purut, Khasiat Jeruk Purut

Lazimnya, hanya sari buahnya yang diambil sebagai campuran bumbu dapur. Ternyata, untuk jeruk ini justru bagian kulit yang diutamakan sebagai bumbu. Bahkan daunnya justru yang dicari sebagai bumbu masakan. Makanya, tak heran kalau menjumpai tanaman jeruk purut akan tampak gundul karena daun-daunya sering diambil. Selain sebagai bumbu masakan, manfaat apa sajakah dari tanaman herbal ini?

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Purut :

Kandungan gizi tiap 100 gram, terdiri atas: kalori 29,9, sodium 1,5 gram, karbohidrat 10,4 gram, karbohidrat bersih 7,5 gram, serat 3 gram, glukosa 1,5 gram, vitamin A 13,4 gram, vitamin C 43 miligram, kalsium 29,9 miligram, besi 0,2 miligram, flavonoid, saponin, minyak atsiri dan minyak terbang lainnya.

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Jenis jeruk masam ini kaya dengan kandungan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan. Misalnya saja, senyawa flavonoid, saponin, vitamin, dan mineral. Kandungan fitokimia tersebut mampu mematikan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. Vitamin C dan vitamin A juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini banyak berperan sebagai aktifator dan merangsang proses pembentukan antibody.

2. Mengobati batuk

Sejak dulu, air perasan jeruk dipakai sebagai obat batuk. Sari jeruk yang berasa masam itu akan melegakan saluran pernafasan di tenggorokan dan mengencerkan dahak yang menjadi penyebab batuk. Selain itu, sari jeruk juga meredakan peradangan sekaligus membunuh mikroorganisme berbagai macam penyakit. Jaringan dan sel-sel di tenggorokan yang tegang akan mengendur sehingga memudahkan lendir terbuang.

3. Mampu menurunkan berat badan

Serat terlarut dan vitamin C akan bekerja sama memperlancar penyerapan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua zat ini juga berperan dalam merangsang pembakaran lemak di tubuh sehingga tak terkumpul di antara otot dan jaringan kulit. Kegemukan bukan hanya lantaran kebanyakan makan, tapi adanya zat-zat makanan yang kurang terserap dengan baik sehingga harus ditimbun menjadi lemak.

4. Menjaga kesehatan mulut

Daun jeruk purut bersifat antibakteri. Zat-zat yang terkandung di dalamnya akan mematikan bakteri di sekitar gigi dan gusi. Minyak atsiri atau minyak terbang akan mematikan bakteri dan kuman-kuman merugikan lainnya di mulut. Aromanya membuat air liur keluar sehingga membantu menghilangkan sisa-sisa makanan di area sekitar gigi dan gusi.  Hal ini tentu akan membuat bakteri-bakteri tak sempat tumbuh berkembang biak.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat terlarut yang cukup tinggi berperan dalam melancarkan sistem pencernaan. Buang air besar menjadi lancer dan teratur. Selain itu mencegah peradangan di dalam usus. Vitamin dan mineralnya membantu penyerapan sari-sari makanan melalui usus. Pengalaman sebagai obat sembelit telah dibuktikan oleh Mahatma Gandhi, tokoh India yang mengkonsumsi sari jeruk ke dalam air segelas.

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Penawar racun-racun atau detoksifikasi

7. Mencegah penuaan dini atau antiaging

8. Meredakan rasa sakit akibat peradangan

9. Menghilangkan stress

10. Mengusir nyamuk

11. Menurunkan demam

12. Mengobati flu dan pilek

13. Mencegah kanker

14. Menghambat perkembangan sel-sel kanker

15. Menguatkan gigi dan gusi

Cara Memanfaatkan Jeruk Purut Untuk Kesehatan :

Untuk mengobati demam, batuk, flu, dan pilek bisa dengan membuat minuman air jeruk purut. Caranya, siapkan 2 buah jeruk yang sudah masak dan masih segar. Ambil sari-sarinya dengan cara diperas. Selanjutnya tinggal diseduh ke dalam 1 gelas air panas. Minumlah seduhan ini sedcara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Untuk menjaga kesehatan area mulut, gigi dan gusi. Caranya, daun langsung digosok-gosokkan ke bagian gusi dan gigi. Cara ini seperti orang sedang “nginang”. Daun yang diremas-remas ini akan mengeluarkan minyak atsiri atau minyak terbang yang akan merangsang pengeluaran air liur.

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kecantikan :

1. Melenyapkan jerawat

Sari-sari jeruk mengandung senyawa-senyawa yang bersifat menguntungkan, antara lain; antibakteri, membuka pori-pori kulit, dan mampu menangkap kotoran-kotoran yang menempel di permukaan kulit. Itulah kenapa jeruk disebut juga sebagai pelindung wajah karena bisa membebaskan wajah orang dari jerawat. Jerawat yang muncul akan lebih cepat matang dan lenyap dari wajah. Senyawa-senyawa tersebut dari kelompok flavonoid, saponin, minyak atsiri, vitamin, dan mineral.

2. Menghilangkan ketombe

Sifat asam air jeruk mampu mengikat kotoran-kotoran yang menempel di kulit. Ketombe merupakan jaringan organik lemak yang berada di permukaan kulit kepala. Dengan menambahkan air masam dari jeruk akan menangkap dan mengenyahkan jaringan organik yang mati ini. Selain itu sari jeruk juga akan mencegah pembentukan kembali lapisan jaringan mati ini.

3. Mengatasi kulit kering

Kulit kering dan bersisik biasanya kurang air dan gampang kehilangan nutrisi yang dibutuhkan oleh jaringan kulit. Berbagai macam senyawa yang ada di dalam jeruk akan memberikan nutrisi bagi jaringan kulit dan mempertahankan kadar air tetap seimbang. Kulit pun menjadi tampak lebih segar dan lembab.

4. Membuat rambut sehat

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam air jeruk berperan dalam memberikan nutrisi untuk folikel rambut. Perakaran rambut menjadi sehat dan kuat. Rambut akan tampak lebih hitam, berkilau, dan tidak bercabang.

5. Mengatasi wajah berminyak

Sari jeruk yang bersifat masam akan memecah ikatan minyak yang terbentuk di kulit wajah. Sari jeruk ini akan mengurangi produksi minyak di kulit wajah sekaligus membersihkannya. Selain mampu memberishkan wajah, juga mampu menurunkan keaktifan kelenjar-kelenjar minyak.

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan wajah

7. Menghaluskan kulit

8. Mengecilkan pori-pori

9. Menghilangkan komedo

Cara Memanfaatkan Jeruk Purut Untuk Kecantikan :

Cara yang paling mudah yaitu tinggal membelah buah jeruk purut menjadi dua bagian. Selanjutnya tinggal menggosok-gosokkan ke bagian wajah. Jangan sampai mengenai bagian mata. Setelah digosok-gosokkan, diamkan sebentar, lalu dibilas dengan air bersih. Cara ini diperuntukkan atasi kulit kering, memperhalus wajah, dan kulit berminyak.

Untuk mengatasi ketombe, tinggal mengambil sari-sari buah jeruk. Selanjutnya diusap-usapkan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit. Diamkan sebentar, lalu dibilas dengan air bersih. Air masam ini akan mengangkat sel-sel mati dan jaringan-jaringan yang mati di permukaan kulit kepala.

Efek Samping Jeruk Purut :

Hampir tak ditemukan adanya efek samping dari pemanfaat jeruk masam ini. Terkecuali Anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Bagi penderita maag, sebaiknya menghindari konsumsi jeruk ini karena sudah pasti lambungnya sensitif dengan air masam. Air masam akan merangsang produksi asam lambung yang bisa berakibat iritasi pada dinding lambung sehingga akan merasakan sakit.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Boleh dibilang manfaat jeruk purut memang luar biasa hebat. Selain memberikan kelezatan pada masakan, juga berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Sifat buah ini mendinginkan sehingga sangat bagus untuk memberi keseimbangan ketika badan sedang terasa panas atau gerah. Buah jeruk purut sangat mudah diperoleh di pasar dan harganya sangat murah. Tak hanya bagian buahnya yang dimanfaatkan, tapi juga bagian daunnya. Bahkan daun ini lebih populer sebagai bumbu masakan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top