Connect with us
Jintan hitam, Manfaat Jintan hitam, Khasiat Jintan hitam, Jintan hitam Asli, Jintan hitam Palsu

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jintan hitam atau habattussauda (Nigella sativa Linn.) merupakan tanaman atau rempah-rempah yang berbentuk butiran butiran biji kecil berwarna hitam dan telah dikenal sebagai tanaman obat berbagai macam penyakit. Jintan hitam sudah digunakan sejak 2000-3000 tahun silam sebelum masehi. Terutama di daerah daratan India, Timur tengah dan pakistan, maka tidak heran jika ditemukan banyak literatur tentang manfaat Jinten hitam ini dalam perkembangan ilmu pengobatan bagi umat islam.

Jintan hitam, Manfaat Jintan hitam, Khasiat Jintan hitam, Jintan hitam Asli, Jintan hitam Palsu

Menurut Riwayat hadist oleh Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut”. Diterangkan juga dalam Alkitab Easton’s pada Kitab Yesaya “jintan hitam merupakan berkah dari Allah”. Selain itu, beberapa literatur kuno mengenai pengobatan dengan memanfaatkan khasiat jintan hitam atau Habbatussauda, seperti karya: Ibnu Sina, Al-Biruni, Al-Antiki, Al-Baghdadi, Ibnu Qayyim dan Dioscoredes.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jintan Hitam :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jintan Hitam

Beberapa riset yang membuktikan khasiat jinten hitam, Antara lain yang telah dilakukan oleh: Prof. Dr. Hildebert Wanger (German), Prof. Lutz Bannasch (German), Dr. Stanley Kopok (USA), Dr. Tajul Aris Yang (Malaysia), Dan masih banyak lagi pembuktian-pembuktian secara empiris yang membuktikan tentang khasiat jinten hitam.

Loading...
  • Kalori(kcal): 344
  • Jumlah Lemak: 15 g
  • Lemak jenuh: 0,5 g
  • Lemak tak jenuh ganda: 1,7 g
  • Lemak tak jenuh tunggal: 10 g
  • Jumlah karbohidrat: 52 g
  • Serat pangan: 40 g
  • Kolestrol: 0 mg
  • Natrium: 88 mg
  • Kalium: 1.694 mg
  • Kalsium: 1.196
  • Protein: 16 g
  • Magnesium: 385 mg
  • Zat besi: 18.5 mg
  • Vitamin A: 135 IU
  • Vitamin D: 0 IU
  • Vitamin B12: 0 µg
  • Vitamin C: 21 mg
  • Vitamin B6: mg

Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan :

1. Obat Kanker

Manfaat jintan hitam dapat merangsang kinerja imun sel pada tulang sumsum, melindungi sel sel yang normal, memproduksi interferon, serta melawan sel tumor tanpa merusak sel di dalam tubuh yang masih sehat. Selain itu, juga mengandung asam lemak yang akan menghambat penyebaran sel kanker.

2. Anti Inflamasi

Anti inflamasi merupakan radang yang disebabkan bukan oleh mikroorganisme atau bakteri. misallnya seperti terbentur benda keras. Kandunga Thymoquinine yang terdapat jintan hitam dipercaya efektif sebagai anti inflamasi. Selain itu, bisa mengurangi keluhan rasa sakit akibat peradangan tersebut.

3. Menyembuhkan Asma

Jinten hitam kaya akan Kandungan protein kinase C dalam bentuk senyawa Crystalline nigellone dipercaya mampu menghambat histamin. Histamin adalah senyawa yang menimbulkan alergi. Kandunga Senyawa Crystalline nigellone pada minyak jintan hitam yang bersifat volatil atau cepat menguap. pemberian minyak jintan hitam, dapat mengurangi reaksi alergi Histamin pada penderita asma tanpa efek samping.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat jinten hitam dibutktikan oleh sebuah penelitian oleh Ahmad Al Qadhy bersama rekan-rekannya di Amerika, menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi rutin 1 gram jintan hitam setiap hari mampu meningkatkan persentase The Helper T-lymphocytes cell pada tubuh, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh melawan berbagai macam penyakit membahayakan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi jinten hitam secara rutin tiap hari terutama bagi anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

5. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah penyakit susah tidur yang sering melanda siapa saja, padahal Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7 jam setiap hari. Jika Anda menderita insomnia, tentu waktu tidur Anda berkurang. Tentu itu bisa mengurangi produktifas pribadi anda. Padahal, banyak sekali manfaat dari tidur bagi kesehatan dan kecantikan . Zat Saponin pada jintan hitam dipercaya mempengaruhi protein, karbohidrat dan lemak serta fungsi ginjal, jantung, otot tubuh serta syaraf dalam tubuh sehingga bisa mengatasi keluhan insomnia.

6. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Mudah lupa menaruh barang? Atau konsentrasi cepat sekali menurun? Keadaan seperti ini terjadi karena berkurangnya asupan nutrisi kedalam otak, sehingga mengurangi kinerja otak dalam bekerja. Jika keadaan ini terus dibiarkan, maka tidaklah baik Terhadap produktivitas. Kandunga asam linoleat dan asam linolenat yang terdapat dalam jinten hitam sangat dibutuh otak dipercaya mampu meningkatkan daya ingat serta miningkatkan konsentrasi.

Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan Lainya :

7. Analgesik
8. Anti-Bakteri
9. Anti-Maag
10. Anti-kolinergik
11. Anti-jamur
12. Anti-hipertensi
13. Antioksidan
14. Antispasmodic
15. Anti virus
16. Bronkodilator
17. Inhibitor glukoneogenesis
18. Hepatoprotektif
19. Hipotensi
20. Insulin sensitisasi
21. Interferon inducer
22. Leukotrien Antagonis
23. Renoprotektif
24. Tumor Necrosis Factor Alpha Inhibitor

Cara Memanfaatkan Jintan Hitam Kesehatan :

  1. Dengan mengkonsumsi rutin 1 gram jintan hitam setiap hari dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta manfaat lainya seperti, Insomnia dan sulit konsentrasi.
  2. Cara memanfaatkan jinten hitam untuk mengobati kanker adalah sebagai berikut:
    Ambil setengah sendok teh jinten hitam kemudian Campurlah dengan segelas jus anggur. Diminumlah sebanyak 3 kali setiap seminggu.
  3. Cara memanfaatkan jinten hitam untuk mengobati kanker adalah sebagai berikut:
    Ambil minyak jintan hitam, cuka makan dan madu kemudian campurkan menjadi satu, lalu pijat lembut pada area anggota tubuh yang meradang.

Manfaat Jintan Hitam Untuk Kecantikan :

1. Meremajakan Kulit

Kulit senantiasa sehat, kencang dan awet muda adalah dambaan setiap wanita. Tapi, ketika sudah usia 25 tahun lebih mulai berkurangnya elastisitas dan keremajaan kulit. Kulit yang dambaan tersebut bisa diwujudkan dengan cara rutin menggunakan minyak dari jintan hitam.

2. Facial Scrub yang Ampuh

Banyak sekali beredar produk-produk facial scrub dipasaran dengan bermacam merek. Facial scrub biasanya digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, Agar skincare yang digunakan bisa meresap ke dalam kulit tubuh secara sempurna. Untuk memilih produk facial scrub diperlukan ketelitian agar tidak menimbulkan iritasi. Apalagi untuk kulit sensitif.

Minyak jintan hitam dipercaya mampu dijadikan pilihan sebagai facial scrub Anda yang lebih aman. Selain alami, dan tentunya minim resiko.

3. Pembasmi Jerawat

khasiat lain dari jinten hitam adalah untuk mengatasi jerawat, Jerawat adalah salah satu momok bagi wajah, terutama untuk kalangan muda di dunia. Untuk menghindari nya anda bisa memanfaatkan ramuan dari jinten.

4. Merawat Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota namun jika rontok maka akan mengurangi keindahannya bahkan dalam rentang waktu lama bisa menyebabkan kebotakan, Tentu hal tersebut tidak ingin melanda siapa saja karena bisa mengurangi rasa percaya diri Anda. Minyak jinten hitam bisa digunakan untuk mencegah gejala rambut rontok.

Manfaatkan Jinten Hitam Untuk Kecantikan Lainnya :

5. Membuat subur jenggot
6. Membuat kulit bersinar
7. Mengobati infeksi mulut
8. Kulit kusam menjadi cerah
9. Membuat bersih area wajah
10. Mengangkat sel kulit mati
11. Memberikan nutrisi pada kulit
12. Sebagai anti inflamasi
13. Mengencangkan kulit kendur
14. Mencegah jerawat datang pada kulit
15. Mengurangi rasa sakit iritasi kulit
16. Membuat kulit bersih
17. Memeperkecil poro-pori kulit
18. Menghindari flek hitam di wajah
19. Mengangkat komedo
20. Menghaluskan permukaan kulit

Cara Memanfaatkan Jintan Hitam Untuk Kecantikan :

1. Untuk Meremajakan Kulit

Setelah membersihkan wajah, maka oleskanlah minyak jintan hitam di seluruh wajah Anda. lalu, tutup dengan handuk yang lembab selama kira-kira 15 menit. Kemudian, bilas wajah Anda menggunakan air bersih. Lakukanlah cara ini beberapa kali setiap minggu untuk menjaga keremajaan kulit serta dan menghilangkan kerutan yang mulai muncul.

2. Untuk Facial Scrub

Ambil Minyak jintan hitam secukupna kemudian campur dengan gula hingga merata, lalu gosok secara perlahan pada kulit tubuh, diamkan beberapa saat baru bilas dengan air bersih.

3. Untuk Pembasmi Jerawat

Ambil jinten hitam secukupnya lalu tumbuk hingga halus kemudian campurkan dengan madu atau minyak zaitun sampai merata. setelah itu oleskan ramuan tersebut secara merata pada wajah. Biarkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Untuk Merawat Rambut Rontok

Campurkan minyak jintan hitam dan minyak zaitun. Lalu Gunakan untuk memijit kepala anda, biarkan beberapa saat agar ramuan tadi bisa meresap ke dalam pori-pori kulit kepala anda. Bilas dengan air bersih.

Efek Samping Jintan Hitam :

Efek Samping Jintan Hitam

Khasiat jinten hitam memang tidak diragukan lagi, namun tidak ada yang sempurna dalam dunia ini, begitu juga dengan jinten hitam. Meskipun banyak pembuktian tentang manfaat jinten hitam baik itu untuk kesehatan, maupun untuk kecantikan namun bukan berarti tanpa efek samping. Semua manfaat bisa dirasakan ketika dikonsumsi dengan batas wajar, dan semua bisa saja menjadi bencana ketika dikonsumsi, dengan berlebihan terutama untuk kesehatan Ginjal dan liver, merupakan organ vital yang akan menerima terlebih dahulu dari over dosis pengkonsumsian jinten hitam tersebut.

  • Mengganggu kehamilan dan menyusui.
  • Gangguan perdarahan.
  • Menghambat pengobatan tekanan darah rendah.
  • Menghambat penyembuhan penderita diabetes
  • Mengganggu kontrol gula darah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bahkan untuk ibu yang sedang dalam kondisi hamil sangat tidak disarankan mengkonsumsi jinten hitam karena sifat jinten hitam yang panas dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan sang janin dalam kandungan.

Mulai sekarang, jangan sampai tidak kenal dengan rempah satu ini. Karena ada banyak sekali khasiat jinten hitam yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi nya secara rutin. Perlu anda ingat juga, jangan terlalu belebihan jika mengonsumsinya karena ada efek samping yang telah di jelaskan di atas.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top