Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kacang hijau adalah salah satu tamanan palawija yang mempunyai nama ilmiah Vigna radiata. Kacang hijau sering dimanfaatkan bijinya untuk bahan makanan. Tumbuhan ini berhabitat di daerah tropis seperti di Indonesia. Makanan olahan dari jenis biji ini sangat mudah ditemukan seperti bubur kacang dan minuman sari kacang hijau. Salah satu manfaat kacang hijau ini adalah sebagai sumber vitamin E bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, biji ini mempunyai berbagai khasiat dalam bidang kecantikan.

Kacang Hijau, Manfaat Kacang Hijau, Khasiat Kacang Hijau

Kandungan protein yang tinggi membuat jenis biji ini diminati sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan gizi terutama bagi ibu hamil. Lemak yang dimiliki kacang hijau juga merupakan lemak baik berjenis nabati. Oleh karena itu, salah satu jenis biji ini dipilih sebagai makanan wajib untuk orang-orang yang menjalani program penurunan badan maupun mereka yang menghindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Hijau :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Hijau

Kandungan gizi biji-bijian ini sangat banyak dan bermanfaat untuk berbagai kebutuhan seperti kesehatan dan kecantikan. Dalam 100 gramnya,  terdapat 60 kalori, vitamin A dan C, mineral-mineral penting, vitamin K, mangan, serat alami, karbohidrat yang rendah, protein, mengandung lemak nabati yang marupakan jenis lemak esensial, dan niacin asam amino.

Loading...

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan :

1. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa studi internasional mengungkapkan khasiat salah satu jenis biji ini adalah dalam proses pencegahan penyakit jantung. Hal ini salah satunya didapat dari kandungan kacang hijau yang rendah lemah dan dapat mengurangi tinkat kolesterol dalam tubuh. Selain itu kacang hijau membantu memperbaiki jaringan pembuluh darah yang rusak maupun karena pembekakan.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Menurut banyak penelitian ilmiah, kacang hijau yang memiliki banyak klorofil berkhasiat untuk mencegah bertumbuhnya sel-sel kanker maupun tumor. Sel-sel berbahaya ini disebabkan karena adanya zat karsinogenik. Oleh karena itu, setiap orang sangat disarankan untuk mengonsumi kacang hijau agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

3. Memperbaiki Jaringan yang Rusak

Vigna radiata juga mengandung protein yang tinggi. Kita telah mengetahui bahwa protein dapat membantu meregenerasi maupun menciptakan jaringan sel-sel baru. Karena kacang hijau mengandung protein, maka pengonsumsian yang teratur dapat memberikan efek yang baik bagi perkembangan sel dan jaringan organ di dalam tubuh kita.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Salah satu jenis biji ini ternyata sangat baik dalam menjaga maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Fitonutrien kacang hijau berperan aktif dalam fungsi ini. Selain itu kacang hijau dapat menghambat proses penyebaran bakteri berbahaya maupun virus yang dapat menurunkan imun tubuh.

5. Mengatasi Kegemukan

Kacang hijau menjadi salah satu menu diet dan makanan wajib untuk para atlit dan mereka yang mempunyai berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan kacang hijau memiliki kemampuan dalam penurunan lemak berlebih yang tersimpan di jaringan tubuh. Sehingga semakin rutin mengonsumsi kacang hijau, maka semakin cepat penerunan berat badan.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi sakit saat pms (pre-menstruation syndrome)
7. Mengurangi efek setelah menopause
8. Membantu mengatasi penyakit diabetes
9. Menghambat resiko terserang kanker payudara
10. Menjaga tulang agar tetap kokoh
11. Menjaga kesehatan gigi agar tetap kuat
12. Menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok
13. Meningkatkan fungsi setiap bagian otak
14. Baik untuk perkembangan organ janin
15. Membantu meningkatkan kesuburan wanita maupun pria
16. Meningkatkan produksi air susu ibu (ASI)
17. Membantu menurunkan tekanan darah
18. Mencegah dan mengurangi terjadinya kanker di usus
19. Membantu dalam penyembuhan luka

Cara Memanfaatkan Kacang Hijau untuk Kesehatan :

Cara memanfaatkan biji ini untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan juga sangat mudah. Pilih kacang hijau yang masih baru dan rebus dengan air. Kemudian tiriskan kacang dari air. Kacang hijau tersebut dapat disajikan bersama buah-buahan dan ditambahkan susu. Anda juga bisa mengolah biji-bijian ini menjadi minuman segar dan manis dengan menambahkan gula maupun sirup secukupnya.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan :

1. Membantu Mengatasi Bekas Jerawat

Kandungan vitamin seperti vitamin E dalam biji jenis ini memiliki kemampuan yang baik dalam membersihkan wajah dari jerawat baik yang ringkan maupun parah. Oleh karena itu wanita sangat disarankan mengonsumsinya baik dengan memakannya atau merendamnya ke dalam air dan menggunakannya sebagai masker dengan cara ditumbuk halus.

2. Mengatasi Bopeng pada Kulit

Manfaat kacang hijau dalam kecantikan salah satunya berperan dalam mengatasi bopeng. Bopeng pada kulit disebabkan karena bekas jerawat yang tidak hilang dan kulit kekurangan kolagen maupun zat-zat yang berfungsi meremajakan kulit. Kacang hijau dapat digunakna unuk mengatasi masalah pada kulit wajah ini karena mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak serta menghaluskan kulit yang terkena bopeng.

3. Mencegah Kekusaman pada Kulit

Kacang hijau adalah makanan yang dikenal mampu mengatasi adanya radikal bebas dengan cara memblokir penyebarannya. Radikal bebas ini harus dicegah agar tidak menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Tak heran jika banyak orang menggunakan biji ini sebagai masker alami untuk kecantikan kulit mereka.

4. Dapat Membuat wajah Kencang

Beberapa nutrisi yang ditemukan di dalam kacang hijau ternyata dapat membantu mengencangkan kulit terutama kulit wajah. Nutrisi tersebut yaitu protein dan vitamin E. Kedua kandungan alami ini selain mengencangkan kulit juga dapat mencegah kekeriputan dini pada kulit wajah kita.

5. Menghaluskan Kulit Tubuh

Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar biji ini. Hal ini dikarenakan berbagai manfaat atau khasiatnya. Salah satu jenis biji ini mengandung zat penting  berfungsi dalam menghaluskan kulit. Vitamin E yang banyak terkandung pada kacang hijau mampu menjadikan kulit yang kasar dan bersisik kembali halus seperti semula.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan Lainnya adalah :

6. Membasmi komedo yang membandel
7. Membantu permbersihan kotoran
8. Dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati
9. Mencegah serta mengurangi keriput wajah
10. Menghambat penuaan dini
11. Melembabkan kulit
12. Menutrisi rambut
13. Membuat rambut lebih berkilau
14. Menutrisi jaringan kulit
15. Mengecilkan pori-pori kulit wajah
16. Menyembuhkan iritasi kulit wajah
17. Menjaga sekaligus meningkatkan elastisitas kulit
18. Mencegah timbulnya jerawat baru
19. Melawan kulit kering dan berminyak

Cara Memanfaatkan Kacang Hijau untuk Kecantikan :

Vigna radiata dengan segudang nutrisi dapat dimanfaatkan untuk kencantikan. Untuk memanfaatkannya anda dapat membuat masker alami dari. Pertama-tama cukup rendam di dalam air selama 1-2 jam. Kemudian tumbuk atau haluskan kacang hijau yang sudah mengembang tersebut. Campur dengan madu lalu oleskan di wajah dan bilas jika sudah kering. Pastikan kebersihan terjaga dalam membuat masker untuk kecantikan ini.

Efek Samping Kacang Hijau :

Efek Samping Kacang Hijau

Kacang hijau memang mempunyai banyak khasiat penting baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, ternyata salah satu jenis biji ini mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek samping yang biasa ditimbulkan adalah perut kembung dan dehidrasi. Gula yang terkandung pada biji ini susah dicerna sehinga menciptakan gas yang menyebabkan perut kembung dan sakit perut.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah beraneka ragam. Sebelum memutuskan memanfaatkannya, sebaik konsultasi dengan dokter anda agar tidak menimbulkan efek samping setelah mengonsumsi salah satu jenis tanaman palawija ini. Anda dapat membaca juga informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top