Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kacang merah atau kacang merah besar termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang biasanya dikonsumsi menjadi berbagai macam menu hidangan. Di luar negeri tanaman ini dikenal dengan nama Red Kidney Bean dan memiliki nama latin Phaseolus Vulharis L. Kacang merah dapat disajikan menjadi olahan lezat seperti sayur, sup dan juga es. Banyak sekali olahan makanan yang dapat anda buat dari jenis kacang-kacangan ini.

Kacang merah, Manfaat Kacang merah, Khasiat Kacang Merah, Kacang Merah Besar, Kacang Merah Kecil

Diluar negeri jenis buncis ini memiliki nama red kidney beans karena warna dan bentuknya mirip dengan ginjal (kidney). Disamping itu, kacang merah memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan dan juga kecantikan. Mau tau apa saja manfaatnya? berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Merah :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Merah

Kacang merah kaya akan kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan karbohidrat, asam folat, protein dan kalsium yang tinggi menjadikan sayuran ini sangat disarankan untuk dikonsumsi. Kadar serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Indeks kadar glikemik yang terdapat pada tanaman kacang berwarna merah dipercaya mampu mengurangi gejala diabetes.

Loading...

Kandungan vitamin B khusunya B6, serat, besi, asam folat, thiamin, mangan dan protein juga terdapat pada kacang merah. Berikut beberapa manfaat kacang besar merah untuk kesehatan:

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan :

1. Mencegah penyakit kanker

Kandungan mangan pada kacang merah bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin K yang juga terdapat pada kacang warna merah diyakini mampu menjada sel tubuh terhadap sel oksidatif yang mampu mencegah resiko kanker.

2. Menyehatkan organ pencernaan

Kacang merah menjadi sumber serat yang tinggi dimana terdapat sekitar 16 gr serat dalam secangkir olahan tanaman ini. Hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan serat harian kita serta membantu mencegah terjadinya sembelit.

3. Mengontrol kadar gula darah

Serat larut yang terkandung dalam kacang merah dipercaya mampu menurunkan tingkat metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Dengan demikian gula darah dalam tubuh menjadi stabil. Selain itu, sumber protein yang tinggi dalam jenis Phaseolus vulgaris juga berperan penting dalam membantu proses penurunan kadar gula darah.

4. Menyehatkan organ jantung

Kacang merah mengandung serat yang tinggi sehingga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, jenis kacang-kacangan ini juga mengandung folat yang berperan penting dalam menurunkan kadar homosistein. Hal ini sangat bagus untuk mencegah terjadinya resiko serangan jantung, stroke dan juga gangguan kesehatan lainnya.

5. Memperkuat tulang

Kandungan kalsium dan mangan pada kacang merah besar sangat ampuh untuk membuat tulang berkembang menjadi lebih kuat serta mencegah resiko osteoporosis. Kandungan folat dalam kacang merah ini pun juga sangat efektif untuk mempertahankan tingkat homosistein dan mencegah terjadinya resiko patah tulang.

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menambah energi
7. Makanan yang baik untuk ibu yang sedang mengandung
8. Menjaga berat badan dan menurunkan berat badan
9. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
10. Baik untuk otak
11. Kaya akan protein
12. Menjaga kesehatan mata
13. Mengatasi pikun

Cara Memanfaatkan Kacang Merah untuk Kesehatan :

Kacang merah selain mengandung banyak gizi penting dalam tubuh juga mengandung racun yang dinamakan phytohaemagglutinin. Oleh sebab itu, sebaiknya jenis kacang-kacangan tersebut direndam terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Proses melakukan perendaman sebaiknya dilakukan semalaman atau sekitar 8 jam.

Setelah kacang merah direndam, anda bisa merebusnya di dalam 3 gelas air atau bisa lebih tergantung dengan jumlah kacang anda. Rebuslah kacang tersebut sekitar 1 jam hingga kacang terlihat lunak. Untuk menambahkan cita rasa nikmat pada olahan kacang anda, tambahkan sedikit gula pasir atau gula merah saat anda merebusnya.

Kacang merah siap anda jadikan sebagai pelengkap berbagai olahan seperti sup kacang merah atau sayur kacang merah spesial.

Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan :

1. Menjaga kesehatan kulit

Setiap orang terutama wanita selalu mendambakan kulit yang sehat, cerah dan awet muda. Nah, untuk mewujudkan impian tersebut maka anda bisa mencoba unruk mengkonsumsi kacang merah mulai dari sekarang. Kacang merah bermanfaat untuk menjaga metabolisme asam lemak, sintesis neurotransmitter, asam amino, sintesis histamin, glukoneogenesis, lipid, dan juga sintesis hemoglobin yang kesemuanya itu berperan penting terhadap kesehatan kulit.

2. Sebagai obat jerawat alami

Kandungan mineral zinc yang terdapat dalam kacang merah sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat, menjaga kesehatan kulit dan juga sebagai pengendali sistem kerja pada kelenjar keringat. Didalam jenis kacang ini juga memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang terdapat pada wajah dan sebagai pembentukan sel kulit baru. Dengan mengonsumsi kacang berwarna merah ini, semua masalah jerawat yang anda alami akan tuntas dan anda akan mendapatkan wajah bersih yang memuaskan.

3. Menjaga kesehatan kuku

Kuku yang sehat sama pentingnya dengan tubuh yang sehat. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku. Salah satu cara yang mudah dan efektif adalah dengan rutin mengkonsumsi kacang merah sebagai sumber biotin. Jika kita kekurangan biotin maka kuku akan menghitam dan nampak gelap.

4. Mencegah kerontokan rambut

Selain untuk menjaga kesehatan kuku, biotin juga sangat penting untuk mencegah kerontokan rambut

5. Mencegah penuaan dini

Selain itu, kacang merah juga mengandung senyawa antioksidan yang efektifuntuk mencegah kerusakan sel serta menjaga kesehatan kulit dari gangguan kesehatan akibat salah mengkonsumsi makanan. Jenis kacang ini juga bertindak sebagai anti-aging untuk menjadikan kulit nampak cerah dan awet muda.

Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghaluskan kulit
7. Membuat kulit tampak cerah dan bersinar
8. Mengatasi kulit keriput

Cara Memanfaatkan Kacang Merah untuk Kecantikan :

Kacang merah dapat dimanfaatkan sebagai toner yang bagus untuk memaksimalkan kecantikan anda. Lalu apa itu toner? Toner merupakan larutan yang berfungsi sebagai penyegar wajah. Toner diaplikasikan pada wajah sebagai cairan pembersih.

Dengan demikian, toner mampu menyempurnakan pembersihan kotoran pada wajah yang mungkin masih menempel meskipun hanya berbentuk lapisan tipis. Toner biasanya berupa cairan yang mengandung zat aktif dan berasal dari bahan-bahan alami salah satunya kacang merah. Nah, berikut cara membuat toner dari bahan kacang merah.

  1. Sediakan kacang merah (1/4 mangkuk) dan 1 mangkuk air
  2. Masukkan bahan ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih dalam keadaan panci terbuka
  3. Setelah mendidih, angkat panci dan tutup hingga rebusan kacang merah dingin
  4. Kemudian saring kacang tersebut dan tampung air rebusan kacang tersebut dalam container
  5. Seal (segel) air rebusan kacang tersebut dan simpan dengan tertutup rapi di dalam kulkas
  6. Toner siap digunakan dengan cara mengaplikasikannya pada wajah menggunakan kapas halus.

Efek Samping Kacang Merah :

Efek Samping Kacang Merah

Kacang merah harus dimasak terlebih dahulu agar racun yang terdapat pada tumbuhan tersebut tidak mengakibatkan kerusakan organ penting dalam tubuh. Gejala yang mungkin muncul akibat salah mengkonsumsi kacang merah adalah diare, mual, muntah, pusing dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat kacang merah baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan serta efek samping jika mengonsumsi berlebihan. Namun untuk dibuah bahan makanan, jenis palawija ini sangat banyak sekali khasiatnya. Anda dapat membaca juga informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top