Connect with us
Kangkung, Manfaat Kangkung, Khasiat Kangkung

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) merupakan tanaman atau jenis sayuran yang digunakan sebagai bahan makanan. Rasanya lezat, cocok untuk tumisan dan rebusan kangkung. Ada beberapa varietasnya yang biasanya diperdagangkan, seperti kangkung darat dan air. Semua rasanya enak, namun banyak orang lebih memilih makan yang tumbuh di air karena tidak berbau. Sekarang sayur kangkung sangat populer berkat meledaknya popularitas masakan seperti plecing.

Kangkung, Manfaat Kangkung, Khasiat Kangkung

Manfaat kangkung untuk kesehatan tak diragukan lagi. Jenis sayuran ini mengandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun ada teknik mengolahnya agar kandungan gizinya tak hilang, yaitu merebusnya jangan kelamaan. Dan sebaiknya juga dipotong kecil-kecil, agar terhindar dari bakteri dan organisme yang masuk ke dalam saluran batangnya.

Ada beberapa jenis Ipomea reptans yang bisa dicoba, seperti yang darat maupun air. Jenis yang tumbuh di darat biasanya bau “langu” dan kurang enak dimakan karena tanamannya meranggas dan keras. Beda dengan yang tumbuh di air biasanya lunak dan tidak berbau. Meski demikian, di musim kemarau sangat susah mendapatkan, sebab areal persawahannya biasanya kering.

Jenis-Jenis Kangkung :

  1. Kangkung Darat (Ipomea reptans poir)
  2. Kangkung Air (Ipomoea aquatic Forsk)
  3. Kangkung Berdaun keunguan (rubra)
  4. Kangkung Kering (hon ngung choi)

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kangkung :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kangkung

Seharusnya tiap orang yang sedang ingin memakan sayuran tertentu demi kesehatan haruslah paham mengenai kandungan gizi sayuran itu. Agar nantinya manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan dapat dipahami dengan betul-betul. Seperti manfaat kangkung beserta kandungan gizinya, tentu wajib dipahami.

Apalagi kangkung termasuk jenis sayuran yang sangat populer dan disukai semua kalangan. Hampir tiap hari di warung-warung makan pinggiran tersedia olahan sayur ini. Bahkan jenis sayuran ini pun sudah masuk ke dalam menu makan restoran berkelas untuk diolah jadi sayur yang sedang tren belakangan, seperti cah kangkung dan plecing.

Ada banyak kandungan gizi dan nutrisi dari sayuran kangkung. Manfaatnya yang melimpah diperoleh dari aneka mineral dan vitaminnya. Di dalam 100 gram Ipomea reptans L.Poir ini terkandung energi total 30 kilokalori. Serta beberapa mineral dan vitamin di bawah ini:

• Protein: 4 gram
• Lemak: 0,4 gram
• Karbohidrat: 6,4 gram
• Kalsium: 75 mg
• Fosfor: 60 mg
• Zat besi: 4 mg
• Vitamin A: 6000 IU
• Vitamin B1: 0,01 mg
• Vitamin C: 35 mg

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Memakan nasi dengan lauk sayur kangkung cenderung ampuh meningkatkan nafsu makan. Sayur ini bisa diolah jadi tumisan atau rebusan untuk pecel dan urab. Namun untuk mereka yang sedang sakit, seperti opname di rumah sakit, biasanya sayur ini disajikan dalam bentuk sup pula.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang melimpah di dalam kangkung membuatnya ampuh untuk melancarkan pencernaan. Sayuran ini membuat sembelit terhindari dan usus senantiasa sehat. Sehingga proses pencernaan dan penyerapan gizi makanan jadi lebih baik. Efek melancarkan pencernaan ini sangat penting bagi tubuh, sebab pencernaan adalah salah satu kunci utama dari kesehatan.

3. Menambah Energi

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalam kangkung membuatnya jadi sayuran hijau yang bisa menjadi sumber energi. Cocok untuk mereka yang sedang ingin menambah energi tanpa dengan makan makanan berlemak dan berprotein daging-dagingan atau bersumber dari tepung-tepungan.

4. Mencegah Osteoporosis

Seperti yang tertera dalam kandungan gizi, bahwa sayuran ini mengandung kalsium dan fosfor. Di mana kedua mineral itu sangat penting dalam mencegah penyakit osteoporosis. Ini adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya pengapuran tulang hingga tulang menjadi rapuh dan tidak mampu untuk menopang tubuh lagi. Biasanya penyakit ini dilanda orang dewasa dan sepuh.

5. Mencegah Gigi Keropos

Selain itu, gigi keropos juga akan terhindari. Maka jangan ragu buat memberikan kangkung pada anak-anak. Agar gigi mereka senantiasa bagus, tidak keropos. Gigi yang tidak keropos dan kuat menjadi aset berharga untuk masa depan anak. Sehingga anak tidak alami sakit gigi dan giginya tumbuh dengan baik dan rapi.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Lainnya:

6. Menghindarkan dari Gangguan mata
7. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
8. Mengaktifkan enzim dan hormon
9. Meningkatkan imunitas
10. Mencegah sariawan
11. Mengandung serat melimpah
12. Mencegah sembelit
13. Membuat badan kuat
14. Membuat pikiran tenang
15. Mempercepat regenerasi sel
16. Menghilangkan letih
17. Mengatasi panas dalam
18. Mengembalikan daya tahan tubuh
19. Menyembuhkan sakit kepala
20. Membuat kenyang

Cara Memanfaatkan Kangkung Untuk Kesehatan:

Untuk mendapatkan manfaat kangkung ini, mudah saja cara mengolahnya. Sayuran ini cukup fleksibel buat diolah. Namun umumnya, kangkung ini dimasak sebagai tumisan atau rebusan. Variasi resep makanan seperti Cah atau Plecing juga bisa dicoba, agar rasanya jadi lebih lezat.

Manfaat Kangkung untuk Kecantikan:

1. Membuat Kulit Segar

Manfaat kangkung amat baik bagi kulit. Membuat kulit sekujur tubuh nampak segar dan enak dipandang. Kulit yang tadinya kusam bisa terangkat dan tergantikan sel kulit baru yang lebih fresh.Kesegaran kulit ini perlu sekali diupayakan agar seseorang jadi lebih percaya diri menjalani hidup.

2. Mencerahkan Wajah

Terutama pada bagian wajah, membuat wajah jadi cerah dan putih. Cocok buat perempuan yang sedang ingin memperbaiki kualitas wajahnya. Selain wajah cerah, manfaat kangkung juga akan merata dan menyebar ke seluruh kulit. Jadi kulit tangan, kaki, perut, punggung dan seluruhnya bakalan cerah.

3. Memudarkan Bekas Luka

Jika memiliki bekas luka karena jerawat, goresan atau jahitan, ini bisa dengan mudah hilang bekasnya. Asalkan rutin saja konsumsi kangkung setiap hari dengan porsi 50-100 gram. Bekas luka ini bisa hilang dalam tempo 3 minggu hingga 2 bulan, tergantung pada tingkat keparahannya.

4. Membuat Badan Seksi

Banyak orang yang bilang bahwa kangkung itu bisa bikin badan jadi seksi. Pasalnya ketika sistem pencernaan berjalan dengan baik, maka tubuh pun menjadi nampak seksi. Sebab sistem penyerapan gizi dan pembuangan sisa makanan dari tubuh berjalan dengan lancar.

5. Membuat Awet Muda

Kemudian yang terakhir adalah awet muda. Ini adalah umpan balik dari kondisi wajah dan tubuh yang telah mengalami perubahan besar-besaran. Sehingga efeknya terasa pada awet muda.

Manfaat Kangkung untuk Kecantikan Lainnya:

6. Melangsingkan badan
7. Membuang lemak
8. Mencerahkan bibir
9. Menghilangkan bekas jerawat
10. Mencegah munculnya jerawat
11. Mengatasi flek hitam
12. Melembabkan kulit
13. Menghilangkan selulit
14. Menghilangkan bau badan
15. Mengatasi kerutan wajah

Cara Memanfaatkan Kangkung untuk Kecantikan:

Sama seperti untuk kesehatan, manfaat kangkung untuk kecantikan hanya bisa diperoleh bilamana kangkungnya dimakan. Jadi berbagai manfaat di atas dicapai karena mekanisme mencerna sayuran ini.

Efek Samping Kangkung :

Efek Samping Kangkung

Meskipun memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat sayuran ini seperti di atas, namun makan kangkung juga memiliki efek samping dan dampak sebagai berikut:

1. Sakit perut
2. Nyeri sendi
3. Mual
4. Diare
5. Masuknya organisme asing ke tubuh

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Timun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun berbagai efek samping di atas dirasakan hanya bilamana konsumsi sayuran ini secara berlebihan. Bisa pula juga karena pengolahannya yang salah. Seperti misalnya masuknya organisme lain ke tubuh, seperti cacing atau pacet bisa saja terjadi bilamana kangkungnya tidak dicuci dengan bersih.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top