Connect with us
Kayu Manis, Manfaat Kayu Manis, Khasiat Kayu Manis

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Kayu manis, cingar, kaninggu atau puu ndinga adalah rempah-rempah yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Rempah ini tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, kayu manis juga terekenal bisa memperlezat makanan dan karena itulah banyak orang yang menggunakan batang tumbuhan ini sebagai bahan sup dan makanan lainnya. Manfaat kayu manis dimanfaatkan oleh manusia untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kayu Manis, Batang kayu Manis, Akar Kayu Manis, Manfaat Kayu Manis, Khasiat Kayu Manis

Kandungan yang ada pada kayu manis sangatlah banyak dan semuanya cenderung sehat untuk dikonsumsi. Namun tetap saja, efek samping masih bisa terasa jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu manfaat yang terkenal dari kayu manis adalah bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. Karena itulah untuk penderita kolestrol dan semacamnya, mengkonsumsi rempah-rempah ini sangat disarankan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kayu Manis :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kayu Manis

Beberapa kandungan yang terdapat pada kayu manis adalah minyak astiri, safrol, tanin, kalsium, damar, zat penyamak, sinamaldehide, etil sinamat, betakarofilen, linalool, metil kavekol, kumarin, benzil, benzoat, felandren, dan cinnzelanol. Semuanya merupakan zat aktif yang bisa membantu dalam mengatasi berbagai penyakit seperti kolestrol, jantung, diabetes, dan lainnya.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan :

1. Mengontrol Kadar Gula Tubuh

Kadar gula yang terlalu banyak dalam tubuh bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti obesitas atau strok. Menurut penelitian, 1 gram kandungan aktif dalam kayu manis bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes tibe 2 jika dikonsumsi secara teratur dan rutin. Selain itu, kaninggu juga sangat bermanfaat untuk kadar gula yang tidak stabil dalam tubuh manusia.

2. Sebagai Anti-Infeksi

Infeksi sering terjadi pada luka luar seperti luka lecet pada kulit ataupun infeksi karena luka dalam. Biasanya, infeksi terjadi karena adanya zat lain yang merusak dan mencampur dalam luka sehingga semakin parah. Dalam kondisi terparah, luka akan membusuk dan tak mau sembuh. Zat anti-oksidan dan anti-inflamasi pada kayu manis berfungsi untuk mengatasi infeksi yang terdapat pada luka.

3. Meningkatkan Kerja Otak

Otak merupakan sistem syaraf yang harus terus dijaga performanya karena setiap kegiatan, memerlukan otak untuk berpikir. Menurut penelitian, semakin tua seseorang maka semakin menurun performa otaknya. Karena itulah waktu yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan performa otak berada di masa remaja. Rutin konsumsi kayu manis bisa membuat otak lebih berpikir keras, positif, dan sangat bermanfaat untuk Anda yang bekerja di depan monitor karena akan meningkatkan kecerdasan.

4. Mengatasi Kolestrol Tinggi

Kolestrol tinggi biasanya diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk terus menjaga pola dan porsi makan agar tidak memiliki kolestrol yang tinggi. Kayu manis memiliki khasiat mengatasi kolestrol tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, rempah ini juga bisa mengatasi kolestrol yang tidak stabil. Untuk memaksimalkan, Anda bisa mencampur bahan sehat lain dalam menu makan dengan kayu manis seperti madu dan lainnya.

5. Mengatasi Kanker

Karena memiliki jenis beragam dan semuanya berbahaya, kanker biasanya sangat susah untuk disembuhkan jika sudah tergolong ganas. Sebagai tindakan pencegahan yang baik, mulailah sejak dini untuk mengkonsumsi kayu manis yang memiliki manfaat untuk mengatasi kanker. Zat aktif dalam rempah ini berfungsi untuk mengurangi dan menghilangkan aktivitas proliferasi sel kanker yang terus berkembang dari hari ke hari.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi penyakit borok.

7. Sebagai sumber nutrisi sehat.

8. Bermanfaat untuk kandungan.

9. Mengatasi haid macet.

10. Sebagai obat nyeri rematik.

11. Mengatasi neuro degenerative.

12. Mengatasi HIV.

13. Menjaga kesehatan jantung.

14. Sehat untuk pembuluh darah.

15. Mengatasi batuk.

16. Sebagai obat radang tenggorokan.

17. Mengatasi kanker usus.

18. Sebagai anti mikroba.

19. Mengatasi obesitas.

20. Mengatasi diare berat.

21. Mengatasi masalah maag.

22. Sebagai obat TBC.

23. Menambah nafsu makan.

24. Mengatasi sariawan.

25. Membantu atasi panas dalam.

26. Mengatasi stres berlebihan.

27. Mengatasi asam urat.

28. Membantu menurunkan tekanan darah.

29. Mengatasi sakit kepala.

30. Atasi rasa mual atau ingin muntah.

Cara Pemanfaatan Kayu Manis Untuk Kesehatan :

Bisa digunakan sebagai bahan makanan. Namun pada dasarnya dan umum ditemukan, kayu manis bisa dikeluarkan manfaatnya secara penuh dengan metode direbus. Air rebusan dari kayu manis bisa diminum dan dijadikan air minum yang dipakai minum setiap hari. Warna air rebusan pada batang tanaman ini biasanya kemerahan dan hal itu wajar.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan Tubuh

Untuk kaum hawa, salah satu manfaat dari kayu manis adalah membantu untuk mengontrol berat badan atau melangsingkan tubuh. Hal ini telah terbukti dan bisa Anda terapkan sendiri dengan cara rutin untuk menggunakan kayu manis sebagai salah satu bahan sehat di menu makanan harian. Kandungan yang ada pada kaninggu membantu dalam membakar lemak dan mencegah kegemukan.

2. Memutihkan Gigi

Gigi putih sangat menarik untuk dilihat. Selain itu, gigi putih menandakan gigi yang bersih dan berarti tidak akan mudah suatu penyakit masuk ke dalam tubuh manusia melalui sistem pencernaan pertama yaitu mulut. Kayu manis memiliki zat aktif yang membantu dalam memutihkan gigi. Bisa digosokkan pada gigi namun pada dasarnya hanya diminum air rebusannya saja.

3. Memutihkan Kulit

Meski presentasinya hanya sedikit, tapi faktanya kayu manis bisa memutihkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti sel kulit mati atau kulit kusam. Kandungan aktif dalam rempah ini membantu dalam mempercepat sel kulit mati untuk terkelupas dan memperindah serta memutihkan kulit. Penggunaan secara rutin dan lama sudah bisa dilihat hasilnya. Namun ingat, jangan mengkonsumsi berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan.

4. Mengatasi Keriput Pada Kulit

Kayu manis juga memiliki manfaat untuk membantu memperhalus kulit, dalam artian lain bisa mengatasi kulit keriput seperti halnya terjadi pada dahi, sikut, tumit, dan lainnya. Semua area keriput itu bisa Anda atasi dengan rutin meminum air rebusan kayu manis karena kandungan anti-oksidan dan nutrisi lainnya sangat bagus untuk kulit.

5. Menyehatkan Kuku

Karena mengandung banyak zat besi, selain tulang, kayu manis juga bisa membantu dalam menjaga kuku agar tetap cantik dan sehat. Konsumsi kayu manis secara rutin bisa membuat kuku semakin kuat, tidak mudah patah, mengkilap, tebal, dan bersih.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melindungi dari sinar UV.

7. Membantu atasi telapak tangan terkelupas.

Cara Memanfaatkan Kayu Manis Untuk Kecantikan :

Biasanya hanya diminum air rebusannya saja. Metode ini sudah terbukti aman untuk dilakukan dan khasiatnya pun lebih maksimal untuk kecantikan. Namun metode lain bisa Anda terapkan seperti memakai air rebusan kayu manis sebagai bahan kumur untuk menyehatkan gigi dan membasuh muka untuk menyehatkan kulit wajah.

Efek Samping Kayu Manis :

Efek Samping Kayu Manis

Karena memiliki zat aktif lainnya yang lebih banyak dibandingkan vitamin, mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat efek samping seperti:

1 Iritasi pada kulit.

2. Iritasi pada lambung.

3. Meningkatkan daya jantung.

4. Mengencerkan darah.

5. Toksis untuk ginjal.

6. Pengaruh kadar gula besar.

7. Efek samping anti-biotika.

Baca Juga: Kumis Kucing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu dia manfaat kayu manis untuk kesehatan, kecantikan dan efek samping yang bisa ditimbulkan, karena itulah gunakan dengan bijak. Rata-rata banyak orang menggunakan tumbuhan ini sebagai racikan bumbu dapur. Anda dapat melihat serta membaca informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top