Connect with us
Kayu ular, Batang Kayu ular, Getah Kayu ular, Manfaat Kayu ular, Khasiat Kayu ular

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Kayu Ular Papua untuk Kesahatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kayu ular adalah tanaman berasal dari Papua yang memiliki nama latin Strychons Lucida, yang biasanya dimanfaatkan pada bagian batang dan getahnya. Walaupun namanya kayu ular, tetapi tanaman yang satu ini tidak mempunyai kemiripan dengan ular sedikit pun. Di Jawa tanaman ini dikenal dengan nama bidara laut, bidara gunung, dan dara putih. tanaman ini dapat ditemukan di daerah yang kering, bebatuan, atau dekat pantai.

Kayu ular, Batang Kayu ular, Getah Kayu ular, Manfaat Kayu ular, Khasiat Kayu ular

Tanaman kayu ular memiliki cabang yang tidak beraturan. kayunya sangat keras dan tidak mempunyai getah. Tingginya kurang lebih 2 meter dari permukaan tanah. Tanaman ini mempunyai rasa yang pahit dan rasanya akan semakin pahit jika dicampur dengan madu atau gula. Tanaman ini digunakan oleh masyarakat sebagai pengobatan tradisional karena manfaat kayu ular ini sangat banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kayu Ular :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kayu Ular

Tanaman kayu ular ini mengandung beberapa zat seperti,

  • Saponin
  • Tannin
  • Alkaloid
  • Galat

Zat galat dan tannin berfungsi untuk menurunkan demam, anti radang, dan melancarkan air kencing. Sementara saponin (steroid dan triterpenoid) berfungsi untuk menurunkan gula darah.

Dahulu tanaman ini dipercaya oleh masyarakat untuk mengobati malaria dengan cara direbus dan diminum airnya. Selain itu juga terdapat beberapa kandungan lain yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Karena banyaknya zat yang terdapat di dalam kayu ular ini, maka para ahli herbal mencoba untuk menjadikan tanaman ini sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Kayu Ular untuk Kesehatan :

1. Mengobati diabetes

Kayu ular ini memiliki kandungan saponin yang mampu menurunkan kadar gula darah. Tanaman ini cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes sebagai minuman herbal yang alami dan aman bagi kesehatan.

2. Mencegah resiko kanker

Antioksidan dan anti bakteri yang terkandung dalam tanaman ini sangat berfungsi dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh kita. Selain itu juga mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya.

3. Menurunkan demam

Kandungan zat galat dan tanin yang ada di dalam kayu ular ini dipercaya mampu meredakan demam dengan baik. Zat-zat tersebut juga mempunyai sifat anti radang yang berfungsi dapat menurunkan resiko infeksi organ-organ di dalam tubuh.

4. Mengatasi Kista

Bagi anda yang mempunyai penyakit kista dapat memanfaatkan tanaman ini untuk pengobatan herbal. Sifat anti radang pada tanaman ini bisa menghancurkan dan mengeluarkan gumpalan-gumpalan darah kotor dari dalam tubuh. Hal tersebut sangat baik untuk mengatasi penyakit kista.

5. Menurunkan Hipertensi

Fungsi sifat antioksidan dan anti radang yang terkandung di dalam kayu ular ini selain untuk mengatasi peradangan juga mampu melancarkan aliran darah. Sirkulasi darah yang normal sangat berperan untuk menurunkan resiko darah tinggi.

Manfaat Kayu Ular untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati sakit perut
7. Mencegah resiko penyakit jantung
8. Mengatasi darah kotor
9. Mengobati asam urat
10. Mengobati asam lambung
11. Mengobati batu ginjal
12. Mengobati asma
13. Mengatasi lemah syahwat
14. Mengobati ambien
15. Mengobati amandel
16. Mengobati tipes
17. Mengatasi sakit tulang
18. Mengobati malaria
19. Mengobati paru-paru basah
20. Mengobati jantung kronis
21. Mengobati TBC
22. Mengatasi sakit gigi
23. Mengatasi mata katarak
24. Mengatasi keputihan
25. Mengatasi kemandulan
26. Mengatasi perut kembung
27. Mengobati kecanduan nikotin
28. Menigkatkan nafsu makan
29. Mencegah gejala stroke
30. Memperbaiki syaraf otak
31. Kekebalan tubuh
32. Melancarkan buang air kecil
33. Meningkatkan kejantanan
34. Mencegah infeksi organ dalam

Cara Memanfaatkan Kayu Ular untuk Kesehatan :

Anda dapat memanfaatkan kayu ini sebagai obat herbal dengan cara sebagai berikut: siapkan bongkahan kecil kayu ular yang berukuran ¼ dari diameter kayunya. Kemudian rebuslah bongkahan kecil kayu tersebut. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, ambil bongkahan itu dan tuangkan air rebusan ke dalam gelas. Minumlah selagi masih hangat. Untuk pengobatan penyakit parah seperti diabetes dan jantung, anda dapat meminumnya sebanyak 3 kali sehari.

Manfaat Kayu Ular untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sangat dimusuhi oleh kebanyakan wanita. Selain membutuhkan perawatan yang ekstra, sebagian besar perempuan juga rela menghabiskan banyak uang untuk mengobati jerawatnya. Namun dengan tanaman ini anda dapat memanfaatkannya dengan cara yang mudah dan murah. Tetapi karena tanaman ini herbal, maka penyembuhan jerawat tentu memerlukan waktu dan tidak instan.

2. Meremajakan kulit

Tanaman kayu ular ini dapat berkhasiat untuk meregenerasi kulit dalam menciptakan sel-sel baru. sehingga kulit kering, kerut, dan kusam dapat segera digantikan dengan sel-sel yang lebih sehat. Anda dapat memanfaatkan daun kayu ular sebagai masker atau campuran pencuci muka. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan cara tersebut secara rutin.

3. Menyegarkan kulit wajah

Setiap orang tentu tidak ingin jika wajahnya terlihat kusam dan lesu. Tanaman ini dapat dijadikan minuman herbal untuk mengatasi masalah tersebut. Jika anda rutin meminumnya, wajah anda akan terlihat lebih segar secara alami.

4. Melindungi kulit dari paparan sinar Ultra violet

Bagi anda yang sering beraktivitas di luar rumah pasti tidak ingin terkena efek paparan sinar UV. Karena sinar tersebut dapat memicu wajah berminyak, kusam, dan mudah berkerut. Untuk menghindari masalah tersebut, anda dapat menggunakan masker yang mengandung daun kayu ular supaya kulit tetap sehat dan terhindar dari efek sinar UV.

5. Mengatasi rambut rontok

Setiap wanita pasti menginginkan rambut yang indah, kuat, dan tebal. Tetapi karena beberapa faktor seperti cuaca dan gaya hidup tidak sehat dapat menjadikan kerontokan pada rambut. Sehingga rambut akan semakin menipis. Anda tidak perlu khawatir karena anda dapat memanfaatkan tanaman kayu ular untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

Manfaat Kayu Ular untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi kurap
7. Mengobati bisul
8. Mengatasi radang kulit bernanah
9. Mengatasi wajah kusam
10. Mengobati luka gores
11. Mengobati luka bakar
12. Menguatkan otot
13. Sari rapat

Cara Memanfaatkan Kayu Ular untuk Kecantikan :

Untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari kayu ular, anda dapat meramunya dengan cara yang sangat mudah dan murah. Pertama, ambillah bongkahan kayu ular yang berukuran sekitar 100 mm. kemudian rebuslah dengan 100 ml air bersih. Tunggu sampai airnya mendidih. Setelah mendidih diamkan sampai airnya dingin. Lalu saring dan minumlah air rebusan tersebut setiap harinya sebanyak setengah gelas.

Efek Samping Kayu Ular :

Efek Samping Kayu Ular

Meskipun banyak manfaat yang terkandung dalam kayu ular, namun tanaman ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka yang panjang. Mengonsumsi tanaman ini secara terus-menerus dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Seperti kejang, kelumpuhan sistem pernapasan terganggu, efek akumulasi, kaku di bagian leher, dilatasi pupil mata, dan keracunan. Maka dari itu dalam mengonsumsi obat herbal ini harus berhati-hati dan sesuai dengan takaran.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah beberapa kandungan gizi, manfaat dan cara penggunaan, serta efek samping dari kayu ular. Dalam mengonsumsi kayu ular baik untuk kesehatan maupun kecantikan harus sesuai dengan porsinya, jangan berlebihan agar terhindar dari dampak buruk bagi tubuh kita, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top