Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kencur, cikur, cekuh, kawicer atau bernama latin Kaempferia galanga L merupakan salah satu jenis tamanan yang sering dijadikan sebagai rempah-rempah, obat herbal dan jamu. Jenis obat tradisional ini biasanya banyak ditemukan di dataran rendah dan banyak juga digunakan oleh orang-orang sebagai bahan makanan atau bumbu dapur. Sama seperti temu-temuan lainnya, sering kali kencur dianggap sebagai pengganti jahe, namun pada dasarnya keduanya sangat berbeda. Manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan pun juga tak kalah banyak dengan jahe yang dikenal sebagai obat tradisional terbaik.

Kencur, Manfaat Kencur, Khasiat Kencur, Umbi Kencur, Jamu Beras kencur, cikur, cekuh, kawicer

Kencur juga dikenal sebagai obat yang bisa mengembalikan tenaga. Karena itulah makanan dengan bahan didalamnya ada kencur sangat perotensi untuk mengatasi lapar dan mengembalikan tenaga agar menjadi lebih segar dan aktif kembali. Salah satu jenis temu-temuan ini juga dikenal sebagai obat tradisional yang tidak memilki efek samping yang terlalu banyak, bahkan banyak yang berpendapat efek sampingnya tidak ada. Namun tetap saja tidak baik untuk menggunaan sering.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kencur :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kencur

Didalam kencur terdapat banyak nutrisi dan gizi yang sehat untuk kesehatan dan kecantikan seperti pati sebanyak 4.14%, mineral 13.73%, minyak astiri seperti sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom. Kandungan-kandungan yang disebutkan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Loading...

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Masalah Maag

Maag biasanya menjadi masalah yang cukup serius terjadi pada lambung Anda. Jika tidak ada penanganan lebih lanjut, bisa menyebabkan maag yang bersifat kronis atau penyakit bertahun. Kandungan zat mineral pada kencur membantu dalam mengatasi maag yang meliputi sakit saat maag kambuh dan lainnya. Selain itu, zat besi yang termasuk mineral juga membantu dalam memperkuat pertahanan tubuh.

2. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fit

Kencur juga bisa dijadikan sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat untuk membuat tubuh agar lebih fit dan segar. Kandungan mineral dalam tubuh memberikan tenaga ekstra untuk otot agar bisa beraktivitas dengan baik. Sama seperti jahe, kencur juga menjadi salah satu alternatif obat herbal yang bisa dijadikan sebagai minuman obat penambah tenaga. Untuk memaksimalkan, meminum jus kencur setiap kali beraktivitas keras bisa meningkatkan stamina.

3. Mengatasi Masalah Diare

Diare adalah permasalahan pencernaan yang sering terjadi ketika Anda mengkonsumsi makanan sembarangan. Diare pada umumnya disebabkan oleh apa yang Anda makan. Bisa jadi makanan yang Anda makan mengandung bakteri, virus, atau bahan zat kimia berbahaya sehingga menyebabkan sakit perut yang biasa disebut diare. Untuk mengatasinya, kandungan anti bakteri dan anti inflamasi dalam kencur membantu dalam mengatasi penyakit diare.

4. Melegakan Tenggorokan

Beberapa aktivitas bisa saja membuat tenggorokan Anda menjadi sedikit terganggu seperti kemasukan debu atau lainnya. Bahkan bisa menyebabkan peradangan pada tenggorokan yang jika dibiarkan begitu saja bisa menyebar dan susah disembuhkan. Kandungan anti bakteri pada kencur membantu dalam mengatasi tenggorokan bermasalah sehingga melegakan proses pernapasan kembali.

5. Mengatasi Nyeri

Nyeri bisa terjadi karena ada masalah dengan otot. Otot yang terlalu tegang karena terlalu banyak tertarik atau beraktivitas bisa menyebabkan nyeri. Nyeri ini kemudian menyebabkan rasa sakit dan akan membuat penderita tidak nyaman. Kandungan anti inflamasi pada kencur membantu dalam mengatasi nyeri, pegal, dan semacamnya.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Atasi masuk angin

7. Atasi sakit kepala

8. Sebagai bumbu masakan sehat

9. Sebagai sumber serat

10. Sebagai anti oksidan

11. Sebagai anti kanker

12. Membuang racun pada tubuh

13. Mengatasi radang usus

14. Melancarkan peredaran darah

15. Mengatasi masalah batuk

16. Sehat untuk kulit

17. Mengatasi keseleo

18. Mengatasi mata merah

19. Menghilangkan darah kotor

20. Membantu mengatasi nafsu makan buruk

21. Alat KB tradisional

22. Membuat anak cepat berjalan

23. Meningkatkan nafsu makan

24. Membantu dalam program diet

25. Mengatasi influenza

26. Mengatasi kencing batu

Cara Memanfaatkan Kencur Untuk Kesehatan :

Penggunakan kencur biasanya menggunakan rimpang kencur atau daun kencur itu sendiri. Untuk rimpang kencur sendiri biasanya dihaluskan bisa dengan cara ditumbuk atau diblender kemudian dimakan menggunakan garam. Sedangkan untuk penggunaan daunnya sendiri biasanya direbus sampai benar-benar matang kemudian air rebusannya diminum sebagai obat herbal secara rutin dan teratur.

Manfaat Kencur Untuk Kecantikan :

1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal biasanya sangat diidamkan oleh banyak orang karena akan berpengaruh penting pada penampilannya. Karena serat yang terkandung pada kencur sangat lah tinggi, sehingga sangat membantu dalam menurunkan berat badan dan menjaga performa pencernaan tetap lancar. Untuk memaksimalkan, bisa diimbangi dengan rutin olahraga dan lebih banyak mengkonsumsi sayuran daripada makanan hewani.

2. Sehat Untuk Mata dan Penampilannya

Beberapa masalah pada penampilan bisa rusak karena masalah pada mata. Mata yang terlihat lesu yang disertai dengan garis hitam dibawahnya sangat mengganggu penampilan, biasanya disebabkan karena mata terlalu lelah. Kandungan yang ada pada kencur membantu dalam mengatasi mata lelah, mata merah, dan masalah mata lainnya yang bisa merusak penampilan Anda. Penggunannya tak perlu langsung diaplikasikan pada mata karena bisa membuat mata perih.

3. Mengencangkan Kulit

Manfaat kencur untuk kecantikan lainnya adalah bisa membantu membuat kulit terasa lebih kencang. Penggunannya bisa dengan cara konsumsi atau mengeksekusi langsung pada bagian kulit yang ingin dikecangkan. Biasanya sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit keriput atau kendor yang biasa sering terlihat pada bagian dahi, bawah mata, lutut, sikut, dan lainnya.

4. Melembabkan Kulit

Kencur memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Karena itulah sangat membantu dalam melembabkan kulit dengan catatan menggunakannya sebagai jus atau bahan minuman agar kandungan air cukup untuk tetap menjaga kelembapan kulit. Dengan kulit menjadi lembab, sangat berpotensi untuk mengatasi kulit kering, keriput, dan membuat kulit menjadi lebih kenyal serta kencang. Penggunaannya bisa dengan cara diminum air rebusan atau dijadikan jus. Penggunaan langsung ke kulit dengan cara dioleskan tidak berpengaruh besar dalam urusan melembabkan kulit, berbeda dengan diminum langsung.

5. Menyehatkan Gigi

Gigi sehat tidak hanya berfungsi untuk mengunyah makanan, tapi bisa juga dijadikan ajang menunjukkan penampilan Anda di muka umum. Gigi putih tentu sangat diidamkan untuk semua orang karena hal itu benar-benar terlihat istimewa. Kandungan zat mineral seperti kalsium pada kencur membantu dalam menyehatkan gigi dan membuat gigi lebih putih. Hal ini karena sel gigi yang rusak dan menjadi kuning digantikan oleh sel-sel dari kalsium yang lebih baru dan kuat.

Manfaat Kencur Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melindungi dari sinar UV

7. Menjaga penampilan kuku

8. Mengatasi jerawat

9. Anti penuaan dini

10. Mengatasi kulit keribut.

11. Mengatasi kulit berminyak

12. Menyehatkan rambut

13. Mengatasi rambut rontok

Cara Memanfaatkan Kencur Untuk Kecantikan :

Biasanya kencur bisa dinikmati khasiatnya secara maksimal dengan cara meminum air rebusan daunnya atau kencur itu sendiri. Namun beberapa orang memiliki cara lain yaitu dengan cara menghaluskan beberapa rimpang kencur atau daun kencur kemudian dioleskan pada wajah atau kulit yang bermasalah. Metode ini cocok untuk masalah jerawat, panu, kulit hitam, dan lainnya.

Efek Samping Kencur :

Efek Samping Kencur

Beberapa efek samping dari kencur jika dikonsumsi secara berlebihan bisa terjadi seperti:

1. Tidak sehat untuk ibu hamil

2. Menyebabkan masalah pencernaan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kencur untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak. Rimpang ini biasanya digunakan sebagai jamu, nama jamu yang berasal dari tanaman ini yaitu terkenal dengan sebutan beras kencur. Namun kami sarankan bagi ibu hamil jangan mengonsumsi kencur secara belibihan, karena dapat mengganggu masalah pencernaan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top