Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kentang – Kentang bagi sebagian orang bahan makanan ini hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam masakan atau bahkan makan sampingan. Ternyata bagi sebagian orang, makanan dari umbi ini dijadikan seagai menu makanan utama atau makanan pokok sebagai pengganti nasi. Karena rantai karbonnya yang berbeda. Bukan hanya bertekstur ringan jika dikonsumsi, namun kentang dipercaya mengandung karbohidrat dan protein yang sangat tinggi.

Kentang, Umbi Kentang, Manfaat Kentang, Khasiat Kentang

Oleh sebab itu tidak heran jika banyak makanan cepat saji dan snack ringan yang dijual di supermarket berbahan dasar kentang. Di luar negeri, umbi-umbian ini mungkin bisa dijadikan makanan pokok atau makanan utama, sedangkan di Indonesia kentang dimanfaatkan untuk cemilan atau diolah bersamaan dengan sayuran yang lain seperti siomay, sup, dan gado-gado.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kentang :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kentang

Selain mengenyangkan karena mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi, menurut berbagai penelitian di bidang kesehatan dan makanan, umbi berkhasiat ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh manusia dan berguna untuk kesehatan maupun kecantikan. Setelah dilakukan uji laboratorium diperoleh hasil bahwa kentang memiliki jumlah karbohidrat 18%, lemak 0,1%, dan protein 2,4% dari 100 gram kentang segar.

Loading...

Manfaat kentang untuk kesehatan :

1. Memperlancar sistem pencernaan

Kentang dipercaya mengandung serat yang tinggi sejajar dengan sereal, pasta, maupun roti gandum.Serat yang terkandung di dalam makanan tersebut mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan manusia. Pengkonsumsian kentang dengan batas yang cukup akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tak heran jika banyak orang juga mengonsumsi makanan ini untuk program diet mereka.

2. Menormalkan tekanan darah

Kandungan potassium, zat besi, vitamin B1, B2, B3 membuat kentang dapat menormalkan tekanan darah. Selain itu, kandungan karbohidrat dan fiber di dalam umbi berwarna kuning ini juga dapat berfungsi membantu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga konsumsi makanan ini sangat baik untuk mereka yang mengalami diabetes dan penyakit gula lainnya.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol dalam tubuh juga dapat dikontrol dengan pengkonsumsian makanan dari umbi ini, baik sebagai pengganti nasi atau hanya sebagai sayuran pendamping. Kandungan potassium di dalamnya mampu mengawal kolesterol dalam tubuh manusia agar tetap stabil. Namun dalam pengonsumsiannya tidak boleh terlalu banyak karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lain.

4. Pencegahan kanker

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang dipercaya dapat memperlambat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh manusia. Vitamin ini juga dapat digunakan mencegah adanya kanker dan tumor, terutama kanker prostat.

5. Mengurangi resiko penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal ini terjadi karena kurangnya tubuh manusia memberi asupan serat dan sayuran. Dengan pengkonsumsian kentang secara berkala dapat mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal karena kandungan kalsium dan zat besinya.

Manfaat kentang untuk Kesehatan Lainnya :

1. Mengatasi bengkak mata
2. Meningkatkan kesehatan otak
3. Menjaga kesehatan gigi
4. Mengurangi kerontokan rambut
5. Mengurangi uban pada rambut
6. Menjaga kekebalan tubuh
7. Berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung
8. Meningkatkan kesehatan saraf
9. Pembentukan sel baru yang lebih baik
10. Mengobati penyakit herpes
11. Mengurangi rasa nyeri yang dialami otot
12. Menghilangkan stress dan insomnia
13. Menyembuhkan peradangan
14. Mencegah kepikunan dini
15. Menjaga kesehatan tulang
16. Memperkuat dan meningkatkan kesehatan gigi
17. Baik untuk perkembangan otak bayi dan anak-anak
18. Memperlancar pencernaan
19. Sumber nutrisi yang baik bagi tubuh
20. Menghindarkan otak dari kepikunan

Manfaat kentang untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan kulit wajah

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam kentang mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kulit, baik kulit wajah mau pun kulit seluruh tubuh. Bukan hanya dikonsumsi, kentang yang dihaluskan juga dapat dimanfaatkan untuk masker dengan dicampur susu atau pun yogurt. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun untuk menambah khasiatnya.

2. Mencerahkan wajah

Bahan makanan dari alam ini dapat digunakan untuk masker dengan campuran susu atau yogurt. Masker ini berfungsi untuk mencerahkan wajah apalagi yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari dan terkenan polusi udara. Efek ini ditimbulkan dari kandungan protein dan vitamin di dalamnya, dan sebaiknya digunakan rutin 2x dalam seminggu.

3. Menyamarkan garis-garis pada wajah

Umur pada wanita yang sudah lanjut usia biasanya berdampak pada wajah, dengan mulai timbulnya garis-garis halus atau keriput yang sudah mulai terlihat. Dengan pemanfaatan kentang yang mengandung vitamin A dan C ini dapat membantu menyamarkan garis pada wajah, dan dijadikan obat anti aging alami.

4. Menjaga elastisitas kulit

Menurut berbagai penelitian di bidang kesehatan ternyata bahan makanan ini mengandung zat yang mampu membantu menjaga kulit tetap elastis. Sehingga sangat disarankan untuk para wanita remaja hingga dewasa agar rutin mengonsumsi makanan ini.

5. Membantu meningkatkan kelembaban kulit

Kulit yang mengering biasanya terjadi karena kekurangan cairan. Masalah ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi makanan kentang yang direbus karena mengandung banyak air. Sehingga akan membuat kulit lebih lembab dan terhindar dari kekeringan.

Manfaat kentang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan jerawat sampai ke akarnya
7. Menurangi lebar kantung mata
8. Dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati
9. Menyamarkan flek hitam yang mengganggu
10. Mengencangkan kembali kulit wajah
11. Mengurangi minyak pada wajah
12. Mengatasi kulit karena terbakar
13. Mengatasi bopeng pada wajah atau permukaan wajah yang tidak rata
14. Merupakan antioksidan alami yang penting
15. Mencegah kerusakan kulit akibat polusi
16. Mencegah bakteri jerawat tumbuh
17. Membantu menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata
18. Mengobati kulit yang terlalu sering terkena matahari
19. Mengatasi bekas jerawat di wajah
20. Membuat kulit lebih bersinar
21. Membuat wajah lebih kenyal
22. Memenuhi kebutuhan nutrisi kulit terutama wajah
23. Membantu proses regenerasi jaringan kulit
24. Membantu pencegahan penuaan dini
25. Dapat berperan dalam mengecilkan pori-pori kulit wajah

Cara Memanfaatkan Kentang Untuk Kecantikan :

Cara memanfaatkan bahan makanan berbentuk umbi ini sangat sederhana. Rebuslah dengan air hingga matang dan kulitnya mengelupas. Kemudian tumbuk hingga halus. JIka perlu, tambakan susu murni tanpa gula dan sedikit minyak zaitun. Campurkan bahan hingga rata atau kalis dengan sendok. Kemudian gunakan sebagai masker dengan mengoleskannya di wajah. Tunggulah hingga masker tersebut kaku atau mengering. Jika sudah 15-20 menit bersihkan wajah dengan air hangat.

Efek Samping Manfaat Kentang :

Efek Samping Kentang

Di samping manfaat dari kentang yang sangat banyak, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan, tentu kentang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Banyak ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa pengkonsumian kentang yang berlebih justru akan menimbulkan tekanan darah tinggi. Terebih lagi jika seseorang mempunyai penyakit darah tinggi, maka dapat menimbulkan penyakit stroke dan jantung.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Oleh karena itu, harus membatasi dalam mengkonsumsi makanan dari umbi ini walaupun dirasa sangat baik sebagai pengganti nasi. Seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang minimal 1x dalam seminggu, dan tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Tentu dengan adanya tekanan darah tinggi bukan hanya akibat pengkonsumsian kentang yang berlebihan, namun juga tergantung gaya hidup dan pola makan setiap orang. Anda dapat melihat manfaat umbi lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top