Connect with us
Kubis, Manfaat Kubis, Khasiat Kubis

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kubis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kubiskobis, kolkobis bulat atau bernama latin Brassica oleracea merupakan jenis sayuran yang ditanam tahunanManfaat kubis tak hanya membuat tubuh segar saja, tapi juga bisa menjaga kesehatan dan kecantikan. Sayuran kol ini bisa dengan mudah kita temui pada berbagai jenis olahan makanan. Kubis segar biasa dipakai sebagai lalapan, campuran tahu kupat karena rasanya segar dan agak manis. Kol yang diolah sering kita jumpai pada sup sayur, gado-gado, pecel, dll Efek farmakologis dari kol ini bersifat mendinginkan tubuh.

Kubis, Manfaat Kubis, Khasiat Kubis, kobis, kol, kobis bulat,  Brassica oleracea

Di pasaran sudah tersedia aneka jenis kubis, mulai dari kubis warna putih, hijau, ungu. Pada umumnya kobis berupa daun, tapi ada jenis kobis yang dipakai untuk sayur justru pada bagian bunganya, yaitu brokoli. Sayuran ini tergolong murah dan mudah diperoleh di pasar. Hampir semua orang menyukainya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kubis :

Kandungan Gizi Kubis

Kubis mengandung berbagai macam nutrisi, zat vitamin dan mineral, antara lain: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, beta karoten, magnesium, kalsium, potasium, fenol, sulfur, zat besi, riboflavin, dan asam folat. Zat-zat tersebut berperan dalam berbagai macam proses metabolisme dalam tubuh.

Loading...

Manfaat yang sangat terasa bagi tubuh kita yaitu mampu menjaga kesehatan dan tubuh tak mudah terserang penyakit. Dari setiap 100 g kol mengandung 24 kilokalori, lemak 0,1 g, natrium 18 mg, kalium 170 mg, karbohidrat 6 g, protein 1,3 g, vitamin A 98 IU, vitamin C 36,6 mg vitamin B6 0,1 mg, kalsium 40 mg, zat besi 0,5 mg, magnesium 12 mg.

Manfaat Kubis untuk Kesehatan :

1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada kubis terbilang tinggi. Bahkan, agak lebih tinggi daripada vitamin C pada buah jeruk. Vitamin C ini akan merangsang penguatan sisitem imunatas tubuh sehingga tubuh kita tak mudah terserang penyakit.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Serat yang terkandung di dlam kubis terbilang tinggi sehingga bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat terlarut ini akan membantu gerakan peristaltik usus sehingga sari-sari makanan mudah diserap dan mendorong makanan ke usus besar. Serat juga akan membuat kadar air di dalam usus seimbang sehingga feces yang keluar tidak keras. Ini jela membuat kita tak mudah terserang sembelit atau terkena penyakit wasir.

3. Mencegah kanker

Kubis kaya dengan zat-zat yang bersifat antioksidan sehingga mampu menangkap senyawa-senyawa radikal bebas yang memicu perkembangan sel-sel kanker.

4. Menyehatkan mata

Ini berkat adanya zat yang bernama beta karoten. Kandungan zat ini cukup tinggi sehingga bila orang rajin konsumsi kubis akan membuat mata lebih tajam, bersinar, dan tak mudah terserang oleh penyakit mata.

5. Membantu program diet

Kubis termasuk bahan makanan yang rendah kalori, tapi kaya serat, vitamin, dan minerla. Sebagai makanan untuk program diet kita, sayuran daun sangat bagus untuk tubuh. Tubuh lebih sehat dan stabil beratnya.

Manfaat Kubis untuk Kesehatan lainnya :

6. Menguatkan kemampuan otak

7. Menjaga kesehatan tulang

8. Menawarkan berbagai macam racun

9. Meningkatkan jumlah sel-sel darah merah atau eritrosit

10. Menurunkan tekanan darah tinggi

11. Mengatasi bengkak dan radang

12. Mengurangi rasa sakit kepala

13. Meredakan pembengkakan payudara pada masa laktasi

14. Sangat bagus untuk kesehatan janin dalam kandungan

15. Membuat awet muda

16. Mengurangi rasa nyeri di otot

17. Mengatasi sulit buang air besar

18. Memelihara kesehatan jantung

19. Membantu pembersihan lambung

20. Mendorong stimulasi organ hati

21. Mengurangi rasa nyeri selama menyusui

Cara Memanfaatkan Kubis untuk Kesehatan :

Cara paling sederhana memanfaatkan kubis untuk kesehatan yaitu dibuat aneka masakan. Misalnya saja, sup sayur. Daun kol dipotong-potong bersama dengan sayur mayur lainnya, rebus air sampai mendidih, lalu masukkan, bumbu sup, selanjutnya masukkan semua sayuran termasuk kobis sampai matan. Lalu disajikan. Daun kol biasanya disantap segar sebagai lalapan bersama daun kemangi dan kacang panjang. Bisa pula dikukus untuk disantap dalam keadaan matang.

Manfaat Kubis untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan kulit

Rutin konsumsi kubis segar maupun yang matang akan membuat kulit tampil lebih cerah dan sehat. Hal ini berkat kandungan zat-zat antioksidan yang mampu mencegah timbulnya sel-sel kanker akibat radiasi sinar matahari. Sel-sel kanker akibat radiasi di kulit akan membuat warna kulit menjadi kusam dan bernoda-noda.

2. Menghaluskan kulit

Nutrisi yang terkandung di dalam kubis akan membuat kulit lebih halus. Kaum hawa membuat kubis ini sebagai masker di wajah.

3. Mencegah jerawat

Kubis mengandung unsur sulfur yang bisa mengatasi jerawat sekaligus mencegah kemunculan jerawat. Biasanya dipakai untuk maskeran. Masker kubis ini juga mencegah jerawat terinfeksi oleh bakteri maupun jamur.

4. Merangsang pertumbuhan rambut

Kandungan vitamin A pada kubis cukup tinggi. Vitamin A ini mampu merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menjaganya tetap sehat. Cara pemakaianya dibuat sebagai maskerm pada rambut Anda.

5. Mencegah kerontokan rambut

Manfaat ini bisa diperoleh dengan memadukan buah timun. Kubis maupun buah timun kaya unsur sulfur. Dilengkapi dengan unsur silikon pada buah timun akan membuat akar rambut tetap kokoh di jaringan kulit kepala. Rambut pun menjadi tak mudah rontok.

Manfaat Kubis untuk Kecantikan Lainnya :

1. Anti-aging atau anti penuaan

2. Melangsingkan badan

3. Detoksifikasi

4. Membuat mata lebih bersinar

5. Menghitamkan rambut

6. Menyehatkan rambut

Cara Memanfaatkan Kubis untuk Kecantikan :

Cara yang paling umum dipakai yaitu sebagai maskeran dan kompres. Cara membuat kompres kubis. Beberapa lembar daun kol dikukus sampai lunak, lalu diperas dengan kain handuk bersih sampai cairan yang ada di dalam daun tersebut diserap oleh kain handuk. Pakailah kain handuk ini untuk kompres di wajah. Biarkan semalaman, Lalu bilas wajah sampai bersih.

Cara membuat masker dari kobis tak jauh berbeda dengan membuat masker dari buah-buahan atau sayuran lain. Lumatkan daun kubis segar menggunakan blender. Lalu tambahkan air perasan jeruk lemon. Masker ini dipakai untuk rambut sambil dilakukan pijatan ringan supaya nutrisinya bisa meresap ke dalam jaringan kulit rambut. Sesudah itu, baru rambut dibilas dengan air bersih.

Untuk mencegah jerawat muncul, gunakan juga masker kubis yang ditambahkan dengan masker alami lainnya seperti masker pepaya, apel, lemon, dll. Masker ini dipakai ke wajah.

Efek Samping Kubis :

Efek Samping Kubis, Efek Samping Kol

Olahan kubis kurang baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang menyusui. Karena ada kasus bayi yang terkena kolik akibat sang ibu konsumsi kol berlebihan. Bagi penderita hipotiroidisme, jangan konsumsi tanaman tahunan ini karena kelenjar tiroid akan semakin memburuk atau malah tidak aktif. Kol bisa mengurangi keefektifan kerja obat-obatan medis. Misalnya saja acetaminophen, clozapine, propranolol, fluvoxamine, warfarin. Yang terbaik tentu mengkonsumsi kubis dengan takaran yang wajar. Misalnya seminggu sekali dengan takaran yang secukupnya saja. Kobis juga merangsang terjadinya pembentukan gas di lambung sehingga bisa muncul rasa kembung.

Manfaat kubis memang banyak untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Namun, konsumsi sayur ini harus dengan takaran yang wajar. Jangan sampai berlebihan. Kombinasikan dengan aneka jenis sayur mayur yang lain. Contoh masakan yang sehat yaitu dibuat sup ayam karena terdiri dari aneka sayur mayur seperti caisim, kacang kapri, wortel, tomat, kentang, seledri, dll.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaatnya akan lebih manjur bila dibarengi dengan pola makan yang sehat dan penerapan gaya hidup sehat. Penuhi menu sehat yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Lakukan aktifitas fisik seperti olahraga dan kegiatan fisik yang bersifat refreshing. Hindari merokok, tidur terlalu larut malam, dan minum-minuman keras.

Advertisements

Continue Reading
4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top