Connect with us
Kumis Kucing, Manfaat Kumis Kucing, Khasiat Kumis Kucing

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kumis Kucing untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kumis kucing tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Tumbuhan kumis kucing, giri-giri marah, remujung, songot koneng atau Orthosiphon aristatus sudah dikenal sebagai tanaman herbal dari keluarga Labiatae atau lamiaceae. Tanaman ini merupakan ramuan obat yang banyak ditemukan di seluruh China selatan, benua India, Asia Tenggara dan sebagian Australia. Tanaman erbal ini dikenal sebagai kumis kucing di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat lebih dikenal dengan java tea / kidney tea plants.

Kumis Kucing

Tinggi tanaman kumis kucing sekitar 1-2 meter yang tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh di iklim ringan. Tanaman memiliki batang ungu dan empat sisi yang bergigi kasar. Daun hijau gelapnya panjangnya 5-10 cm. Hanya daunnya yang bisa dimakan dan banyak digunakan untuk teh herbaldi Asia Tenggara. Tapi, ingat bagian tanaman lainnya beracun! Jadi, selain daunnya jangan dimanfaatkan ya!

Kandungan Nutrisi dan Gizi Kumis Kucing :

Kandungan Nutrisi dan Gizi Kumis Kucing

Sebelum mengetahui tentang manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan kecantikan, ada baiknya kita ketahui dulu kandungan nutrisi didalamnya. Studi laboratorium telah mengungkapkan bahwa tanaman kumis kucing mengandung banyak fitonutrien yang merupakan bermanfaat dalam farmakologis. Misalnya, mengandung flavonoid. Flavonoid mengacu pada kaitannya dengan sifat terapeutik.

Loading...

Selain Flavonoid juga mengandung minyak atsiri, zat samak, myoinositol, saponin dan orthosipon glokosida. Tak hanya itu di dalam Kumis Kucing juga mengandung mineral yakni kalium serta senyawa-senyawa penting yang bagus untuk tubuh. Nah, berikut berbagai manfaat kumis kucing yang perlu kita ketahui.

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Batu Ginjal

Mungkin selama ini, anda kurang minum atau banyak makan-makanan yang mengandung purin tinggi yang akhirnya mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. Penyakit batu ginjal ini bisa menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Bila kamu mengalaminya bisa ambilah manfaat kumis kucing untuk menyembuhkannya. Kamu bisa mengkonsumsi daun remujung yang sudah direbus secara rutin, setelah itu batu ginjal akan hancur dan dikeluarkan bersama urin.

2. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin merupakan sakit yang biasa dialami setiap orang, terlebih kamu yang sering beraktivitas malam. Kalau dibiarkan, masuk angin bisa menjadi gejala penyakit serius. Oleh karena itu, segera atasi dengan daun kumis kucing. Sudah sejak lama kumis kucing digunakan sebagai penawar saat tubuh mengalami masuk angin.

3. Menghilangkan Keputihan

Bagi wanita, keputihan bisa menjadi hal yang menyebabkan dan mengganggu kenyamanan. Keputihan bisa terjadi karena infeksi bakteri atau jamur dan mungkin saja bisa merupakan gejala penyakit yang serius seperti kanker serviks. Dalam mengatasi keputihan ini, kamu bisa mengambil manfaat remujung. Buatlah ramuan kumis kucing dan minumlah secara rutin.

4. Meredakan Gejala Diabetes

Penyakit diabetes di Indonesia sudah sangat merajalela. Diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam tubuh yang bisa disebabkan karena banyak makan dan minum manis. Sehingga, hormon insulin pada tubuh tidak mampu menetralisir kelebih kadar gula tersebut. Resistensi insulin juga bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

5. Melancarkan Pembuangan Air Kemih

Mungkin kamu pernah merasakan kencing yang tersendat-sendat, itu bisa terjadi karena infeksi saluran kemih (ISK). ISK juga bisa diakibatkan karena kekurangan mineral tulang dan aktivitas tubuh yang berat. Gangguan tersebut bisa kamu atasi dengan daun kumis kucing.

6. Mengobati Penyakit Albuminaria

Albuminuria merupakan suatu kondisi tubuh, dimana urin banyak mengandung protein albumin. Albumin ini jenis protein utama yang terkandung dalam darah, karena itulah penyakit ini disebut dengan proteinuria. Semua penyakit dengan gejala kerusakan ginjal seperti sindrom nefrotik, nefritis, gagal jantung dan hipertensi juga bisa menyebabkan albuminuria. Aktivitas berat atau olahraga berat serta infeksi saluran kemih juga bisa menimbukan albuminuria. Daun kumis kucing bisa membantu mengatasi penyakit ini.

7. Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar purin yang tinggi dalam tubuh. Dimana akan menimbulkan nyeri di persendian khususnya pada tumit dan jempol kaki. Purin yang melampaui batas tidak bisa disaring sempurna oleh ginjal, akibatnya membentuk kristal asam urat yang mengendap di persendian. Selain mengobatinya dengan obat-obatan kimia, cobalah untuk  merasakan manfaat kumis kucing.

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan Lainnya :

8. Meredakan Sakit Pinggang

9. Membantu Menyembuhkan Reumatik

10. Mengobati Batuk

11. Mengobati Kencing Batu

12. Menyembuhkan Sembelit

13. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

14. Mengatasi Radang Ginjal

15. Meredakan Gatal-Gatal Akibat Alergi

16. Mengatasi Pembengkakan atau Peradangan Pada Tubuh

17. Mengurangi Gejala Penyakit Asma

18. Mengatasi Penyakit Sipilis

19. Meredakan Panas

20. Melancarkan Haid atau Menstruasi

21. Megurangi Nyeri Sendi

22. Menyembuhkan Nyeri Otot

23. Meningkatkan Imunitas atau Sistem Kekebalan Tubuh

24. Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

25. Sebagai Antibakteri

26. Mampu untuk Detoksifikasi Hati

27. Membantu Menurunkan Berat Badan

28. Mengatasi Gusi Membengkak

Cara Memanfaatkan Kumis Kucing Untuk Kesehatan :

Setelah mengetahui apa saja manfaat kumis kucing, kamu juga harus tahu bagaimana cara mengolahnya agar bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan tersebut. Untuk pengobatan infeksi saluran kemih, caranya adalah dengan mengambil segenggam daun kumis kucing segar. Cuci dan masukkan pada wadah yang berisei segelas air bersih. Lalu, rebus sampai air menjadi setengah gelas. Sekali minum setengah gelas dan konsumsi 2 kali sehari.

Sedangkan untuk pengobatan radang ginjal, cara mengambil manfaat kumis kucing adalah dengan merebus daun kumis kucing sebanyak 60-120 g dengan 3 gelas bair. Rebus dan sisakan sampai 1 gelas, konsumsi 3 kali sehari sampai merasakan manfaatnya. Untuk masalah kesehatan lainnya, kurang lebih sama. Menjadikan kumis kucing sebagai jamu bisa memberikan manfaat keseluruhan bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kecantikan :

1. Mengobati Gangguan Pada Kulit

Kumis Kucing bisa diolah menjadi minyak dan ternyata minyak tersebut sangat efektif mengobati berbagai masalah kulit. Selain meredakan infeksi pada kulit juga bisa menghaluskan kulit kasar, mengatasi kulit kering dan masalah kulit lainnya.

2. Sebagai Anti jamur

Selain antibakteri, daun Orthosiphon aristatus juga sebagai anti jamur. Manfaat daun kumis kucing ini bisa diperoleh karena mengandung senyawa yang mencegah pertumbuhan parasit dan benda asing yang hidup di tubuh. Kerjanya adalah dengan memotong rantai pasokan nutrisi dari jamur. Oleh karena itu tanaman herbal ini dapat diterapkan pada daerah di mana infeksi jamur telah terinfeksi.

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kecantikan Lainnya :

Kandungan minyak atsiri dalam kumis kucing bisa sangat bermanfaat bagi rambut. Dimana bisa mengatasi ketombe, rambut kering, rambut rontok dan beberapa masalah pada rambut lainnya.

Cara Memanfaatkan Kumis Kucing untuk Kecantikan :

Bila kamu ingin menggunakan remujung untuk mengatasi infeksi pada kulit adalah dengan mengambil segenggam daun kumis kucing. Lalu, ditumbuk dan diambil minyaknya, selanjutnya terapkan pada kulit yang kena infeksi. Begitu pula untuk mengatasi masalah rambut dan membunuh jamur di kulit.

Efek Samping Kumis Kucing :

Efek Samping Kumis Kucing

Walaupun begitu banyak manfaat Kumis Kucing, tapi jangan gunakan secara berlebihan karena tidak baik dan justru bisa menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, bagi penderita gagal ginjal dan gagal jantung, jangan konsumsi kumis kucing karena bisa menyebabkan edema. Ingat pula, jangan gunakan tanaman ini untuk pengobatan penyakit jangka panjang dan sebaiknya konsumsi air putih 2 liter setiap hari. Nah, berikut ini efek samping kumis kucing :

1. Menyebabkan komplikasi penyakit pada penderita penyakit ginjal

2. Sakit perut

3. Keracunan

4. Gangguan fungsi jantung

5. Sesak nafas

6. Menyebabkan tekanan darah rendah

7. Alergi

8. Bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil

Itulah manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan kecantikan. Sebelum memutuskan memanfaatkannya, sebaik konsultasi dengan dokter anda agar tidak menimbulkan efek samping Kumis Kucing. Semoga bermanfaat, selalu konsultasikan kepada dokter sebelum penggunaan. Baca juga informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Advertisements

Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top