Connect with us
Kunir putih, temu putih, kunyit putih, Manfaat kunir putih, Khasiat temu putih

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kunir putih, temu putih, kunyit putih atau bernama latin Curcuma zedoaria merupakan tanaman obat dan herbal. Nenek moyang kita sudah lama mengenal manfaat kunir putih untuk kesehatan, kecantikan, dan obat. Sebagian masyarakat kita menyebutnya temu putih atau temu rapet.  Temu putih termasuk tanaman rempah-rempah kelompok temu-temuan yang biasa dipakai untuk jamu tradisional.

Kunir putih, temu putih, kunyit putih, Manfaat kunir putih, Khasiat temu putih

Kunir putih memiliki aroma khas yang berbeda dengan kunyit kuning. Kunir putih tidak dipakai untuk bumbu masakan. Seiring ditemukannya banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, kecantikan, dan obat, tanaman ini sudah dibudidayakan oleh banyak petani. Sekarang, nilai ekonominya tinggi karena banyak dibutuhkan oleh industri farmasi, perajin jamu tradisional, dan ibu-ibu rumah tangga.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kunir Putih :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kunir Putih

Kunir putih mengandung Ribozom Inacting Protein (RIP), curcumin, anti lipid peroksida, flavonoid, saponin, polifenol, dan beragam senyawa yang bersifat antioksidan. RIP diketahui sebagai zat yang bermanfaat untuk mencegah, meluruhkan, dan mematikan sel-sel kanker tanpa membuat sel-sel sehat di sekitarnya rusak.

Loading...

Curcumin bersifat anti radang atau inflamasi. Anti lipid peroksida diketahui mendukung percepatan pengobatan asam urat, darah tinggi, diabetes, dan jantung koroner. Senyawa flavonoid, saponin dikenal sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kunir putih mengandung karbohidrat dan protein walaupun kadarnya sedikit.

Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan :

1. Mengatasi radang

Kunyit putih mengandung zat yang bersifat anti bakteri. Ini yang membantu luka memar tak mudah terinfeksi dan mempercepat penyembuhan radang. Zat yang berperan dalam hal ini yaitu curcumin.

2. Mengobati luka bakar

Temu putih dicampur madu bisa dipakai sebagai salep untuk menyembuhkan luka bakar baru maupun yang sudah mengering. Tak berapa lama setelah diberi ramuan ini, luka bakar akan mengempis dan mengering, lalu sembuh dengan sendirinya. Khasiat ini berkat peran senyawa curcumin yang terkandung di dalam kunir putih.

3. Menyembuhkan luka berair

Luka berair yang basah biasanya disebabkan faktor genetis atau psikologis. Sangat berbahaya kalau sampai terjadi infeksi. Dengan membubuhkan salep yang terbuat dari kunir putih dan madu akan melindungi luka berair dari infeksi. Luka berair ini pun bisa lebih cepat sembuh.

4. Menyembuhkan sakit maag

Kunir putih ampuh menyembuhkan sakit maag. Asam lambung yang berlebih akan berkurang. Selain itu, melindungi dinding lambung dari iritasi yang menimbulkan perlukaan.

5. Meningkatkan nafsu makan

Khasiat ini sama dengan kunyit kuning yang bisa menambah nafsu makan. Cocok bagi orang yang susah makan. Terutama bagi anak-anak yang sering tak mau makan karena sebab-sebab tertentu.

Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah kanker payudara

7. Menyembuhkan keputihan

8. Mencegah batuk berdarah

9. Menyembuhkan sesak nafas

10. Menurunkan demam

11. Menyembuhkan TBC

12. Menyembuhkan ambeien

13. Menyembuhkan diabetes

14. Menyembuhkan asma

15. Mengatasi perut kembung

16. Mengobati diare

17. Mencegah stroke

18. Menyembuhkan sariawan

Cara Memanfaatkan Kunir Putih untuk Kesehatan :

Biasanya dibuat menjadi ramuan jamu tradisional. Berikut ini dua ramuan jamu kunir putih yang bisa Anda pilih.

Ramuan pertama. Ambil kunir putih sebanyak 20 gram, cuci bersih lalu dipotong-potong, sambiloto kering 10 gram, kulit delima kering 15 gram lalu cuci bersih. Bahan-bahan tersebut direbus dengan air sebanyak 2 gelas kecil. Rebus sampai hanya tersisa segela atau kurang lebih 300 cc. Saring air rebusan. Air ebusan ini diminum dua kali sehari. Untuk menambah rasa, boleh ditambahkan gula aren atau madu.

Ramuan kedua. Ambil kunir putih 2 ruas, cuci bersih, daun beluntas sebanyak 1 genggam, buah asam sebanyak 1 buah. Kemudian temu putih ini dipotong-potong, lalu direbus dengan air sebanyak 1 liter. Tambahkan daun beluntas asam, dan gula kelapa atau aren secukupnya. Setelah mendidih, diangkat dan didinginkan. Minum 1 gelas ramuan ini setiap hari. Setelah 10 hari, Anda akan merasakan manfaatnya bagi tubuh.

Manfaat Kunir Putih untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut akan membuat kita tidak percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain. Minum rebusan kunir putih akan membantu melenyapkan bau mulut. Biang adanya bau mulut biasanya adanya bakteri di area rongga mulut. Bisa juga adanya gangguan di lambung.

2. Menghilangkan bau badan

Bau badan membuat orang lain terganggu dan membuat diri kita sendiri menjadi tak percaya diri. Biasanya karena kelenjar-kelenjar keringat kita terlalu aktif. Kunir putih memiliki kandungan senyawa aromatik yang mampu mengatasi bau badan ini. Dengan minum ramuan jamu ini secara rutin, bau badan berangsur-angsur akan berkurang.

3. Membantu pembakaran lemak

Memiliki bentuk badan ideal merupakan dambaan hampir semua cowok maupun cewek. Kandungan serat dan karbohidrat kompleks tinggi sehingga rasa kenyang bisa tahan lama. 

4. Membuat wajah tampil awet muda

Zat-zat yang bersifat antioksidan inilah yang berperan dalam menghambat proses penuaan dini. Wajah akan tampil segar dan lebih cerah. Kulit wajah pun tampak mulus.

5. Menyegarkan kulit

Orang yang sering mengkonsumsi ramuan kunir putih akan memperoleh warna kulit cerah dan selalu tampak segar. Untuk keperluan ini dibarengi juga dengan luluran kunyit putuh supaya hasilnya lebih optimal.

Manfaat Kunir Putih untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melenyapkan jerawat

7. Sebagai pelembab alami

8. Mencerahkan kulit

9. Menghaluskan kulit

Cara Memanfaatkan Kunir Putih untuk Kecantikan :

Kunir putih diolah menjadi ramuan minuman untuk terapi dari dalam tubuh. Biasanya diminum dalam bentuk jamu tradisional. Untuk mengobati jerawat bisa dibuat dalam bentuk bubur. Ditempelkan ke bagian yang berjerawat secara rutin tiap jelang tidur akan melenyapkan secara perlahan-lahan jerawat. Untuk mencerahkan kulit dibuat dalam bentuk pasta yang dicampur dengan bahan lainnya, lalu dilulurkan ke bagian-bagian tubuh tertentu. Biasanya cara ini dilakukan di klinik kecantikan atau di spa.

Efek Samping Kunir Putih :

Efek Samping Kunir Putih, Kunyit Putih, Temu Putih

Kunir putih memang kaya manfaat dan khasiat bagi kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Namun dibalik itu juga menimbulkan beberapa efek samping, antara lain:

  1. Konsumsi yang terlalu banyak bisa menimbulkan kerusakan sel-sel darah, baik darah putih maupun merah. Inilah yang mengakibatkan orang-orang tertentu mengalami anemia. 
  2. Bagi yang mengidap diabetes, konsumsi ramuan kunir putih memang bisa menurunkan darah. Namun turunnya bisa tak terkendali sehingga mengakibatkan terjadinya hypoglycemia atau kekurangan gula darah di dalam tubuh.
  3. Bagi yang ingin merawat kulit supaya cerah, hati-hati pemakaian bubur kunir putih untuk luluran karena bisa mengiritasi kulit bagi yang kulitnya sensitif.
  4. Ramuan kunir putih hanyalah sebagai pengobatan alternatif. Tidak bisa dipadukan dengan pengobatan medis karena bisa menurunkan keefektifan obat-obatan medis. Itulah mengapa butuh konsultasi dari dokter.
  5. Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena sangat berbahaya untuk tumbuh kembang janin. Bisa mengakibatkan keguguran dan gangguan usus besar.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Memang benar manfaat kunir putih sudah diketahui lama. Namun seiring kemajuan teknologi farmasi, sekarang manfaat dan khasiatnya lebih banyak diketahui lagi. Penjual jamu tradisional selalu menyediakan ramuan ini. Manfaatnya, mulai dari menjaga stamina tubuh sampai dengan membuat mulus kulit. Kaum hawa lebih banyak yang mengkonsumsinya. Sebagai tanaman obat keluarga, alangkah baiknya Anda menanamnya di pekarangan rumah karena khasiatnya yang banyak dan sangat lekat dengan kebutuhan harian.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top