Connect with us
Kunir, Manfaat Kunir, Khasiat Kunir, Tanaman Kunir, Jamu Kunir

Tanaman

75 Manfaat dan Khasiat Kunir untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kunir merupakan tanaman herbal atau rempah-rempah yang banyak tumbuh di negara Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbanyak di Dunia. Salah satunya yaitu kunir atau kunyit. Kunir sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia bahkan masyarakat memanfaatkannya sebagai pelengkap makanan karena cita rasa dan warna yang khas. Selain itu manfaat kunir untuk kesehatan, kecantikan dan obat herbal sangat lah banyak.

Kunir, Manfaat Kunir, Khasiat Kunir, Tanaman Kunir, Jamu Kunir

Bukan hanya dijadikan bumbu dapur saja, ternyata kunir juga dijadikan bahan obat ataupun resep untuk kecantikan wajah, hak ini karena manfaatnya yang sangat melimpah dalam berbagai hal. Mulai dari menyembuhkan penyakit hingga merawat kecantikan tubuh, dan kunir ini tergolong sebagai bahan alami dari alam yang minim efek samping jika penggunaannya sesuai aturan. Curcumin atau Kurkumin yang tinggi dalam kunir, menjadikan tumbuhan ini banyak dicari untuk membantu penyembuhan penyakit dan masalah kulit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kunir :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kunir

Nama Lain / Alternatif : Kunyit
Banyaknya Kunyit yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kunyit yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 78 %
Jumlah Kandungan Energi = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein  = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat  = 9,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium  = 24 mg
Jumlah Kandungan Fosfor = 78 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kunyit = 1 mg

Manfaat Kunir Untuk Kesehatan :

1. Bantu Meredakan Nyeri Lambung

Penelitian dari salah satu universitas telah membuktikan bahwa kunyit mampu mengurangi rasa nyeri pada lambung.
Penelitian tersebut dilakukan kepada beberapa ekor tikus yang di kasih makan kunir selama 48 jam. Selama waktu tersebut terbukti tikus-tikus tersebut tidak mengalami peradangan Lampung sama sekali.

2. Bantu Menyembuhkan Maag

Kunir mampu merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu lebih maksimal. Hal ini di percaya mampu meningkatkan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi ekstra kunir mampu mencegah kembung pada orang yang terkena penyakit maag.

3. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Penyebab serangan jantung adalah kolesterol yang berlebih dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh yang berlebih dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi air kunir secara rutin maka kolesterol akan kembali secara normal. Dalam penelitian ini di sebabkan kandungan kalium yang tinggi.

4. Kunir Sebagai Anti-Inflamasi

Aktivitas anti-inflamasi yang signifikan telah ditunjukkan karena adanya kandungan minyak valotile dalam berbagai model penelitian. Bahkan pengaruhnya lebih kuat ketimbang minyak atsiri, hal ini disebabkan karena pigmen kuning atau orange dari kunir yang biasa disebut dengan curcumin sebagai agen farmakologis utama dalam kunyit.

Banyak penelitian yang telah membuktikan, bahwa efek anti-inflamasi curcumin ini sebanding dengan obat hydrocortisone dan fenilbutazon yang juga berfungsi sebagai anti-inflamasi seperti morfin. Bedanya, curcumin tidak menghasilkan toksisitas seperti halnya obat-obatan yang erat hubungannya dengan toksik yaitu pembentukan ulkus, pendarahan usus, sampai penurunan jumlah sel darah putih.

5. Bantu Mengatasi Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis)

Studi klinis telah membuktikan bahwa curcumin mampu memberikan efek antioksidan yang sangat kuat dan terdapat dalam kunir. Antioksidan sendiri punya kekuatan untuk menetralisir radikal bebas, bahan kimia dalam tubuh yang bisa sebabkan kerusakan sel sehat dan membran sel tentunya kunir sangat penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kandungan dalam kunyit juga akan memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi sehingga akan membuat orang dengan penyakit sendi merasa lega ketika mengonsumsi herbal dari kunir. Dalam penelitian terbaru, seorang pasien rheumatoid arthritis (peradangan sendi kronis) menghasilkan perbaikan yang bisa dikatakan singkat dan juga mengalami pengurangan pembengkakan sendi karena curcumin.

Manfaat Kunir Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mampu Mencecah Pertumbuhan Kanker
7. Bantu Meningkatkan Fungsi Hati
8. Mencegah Kanker Usus Besar
9. Memperkecil Risiko Kanker Prostat
10. Bantu Mengatasi Kulit Gatal
11. Mampu Mengatasi Masalah Menstruasi
12. Dapat Mengobati Stroke
13. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
14. Mengurangi Risiko Leukimia
15. Bantu Mencegah Kanker Hati
16. Mencegah Pembentukan Amina Heterosiklik Berbahaya dan Senyawa Nitroso
17. Bantu Menghambat Radiasi Kerusakan Kromosom
18. Dapat Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik
19. Sebagai Perlindungan Kardiovaskular
20. Dapat Mencegah Alzaimer
21. Mencegah Serangan Depresi
22. Bantu Menyembuhkan Keputihan
23. Mengurangi Risiko Terserang Diabetes Melitus
24. Mengurangi Risiko Terserang Disentri
25. Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid
26. Bantu Melancarkan ASI
27. Bantu Melancarkan Persalinan
28. Memperlancar Penyapihan Bayi
29. Bantu Mengobati Amandel
30. Bantu Mengobati Berak Lendir
31. Mengatasi Perut Mual
32. Mengatasi Perut Mulas
33. Mengatasi Perut Kembung
34. Sebagai Obat Diare
35. Bantu Mengobati Magh
36. Mampu Mengatasi Sembelit
37. Memperlancar BAB
38. Meringankan Sakit Kepala
39. Bantu Menyembuhkan Seriawan
40. Mengatasi Mabuk Kendaraan
41. Sebagai Penambah Darah
42. Bantu Membersihkan Darah
43. Dapat Menambah Nafsu Makan
44. Bantu Mengobati Eksim dan Bisul
45. Mempercepat Penyembuhan Borok(Koreng)
46. Mengobati Bengkak Oleh Gigitan Serangga
47. Bantu Mengobati Gatal-gatal

Cara Memanfaatkan Kunir Untuk Kesehatan :

Anda bisa mengolah kunir menjadi teh agar lebih mudah dikonsumsi. Caranya dengan menyiapkan 1 sendok teh kunyit dalam 4 gelas air lalu campuri 4 sendok teh madu atau jus lemon segar(bisa juga diganti dengan jahe parut).
Cara membuat: didihkan air lalu masukkan kunir/kunyit ke dalamnya hingga 10-15 menit. Setelah diangkat, baru tambahkan madu/jus lemon/jahe parut sebagai pemanis.

Manfaat Kunir Untuk Kecantikan :

1. Bantu Mengobati Jerawat

Sifat antibakteri yang dibawa oleh kunyit mampu mengobati jerawat, dan juga mengobati peradangan akibat jerawat. Kunir ini bekerja dengan mengurangi jumlah minyak di wajah. Sama seperti susu yang juga punya khasiat sama, kunir bisa Anda pakai sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

2. Bantu Mengobati Stretch Mark

Karena curcumin mampu menembus membran sel, sehingga tidak heran jika kunir merupakan solusi besar menghilangkan stretch mark. Curcumin telah dikenal dapat mengubah sifat fisik dari membran sel dan menyembuhkannya. Anda bisa menggunakan kunir dalam bentuk krim dengan mengoleskannya pada bagian pinggang dan perut. Lakukan langkah alami ini dengan rutin sehingga perut Anda kembali bersih dan terhindar dari garis stretch mark.

3. Kunir Dapat Mengobati Pigmentasi

Ramuan dari kunir juga ampuh untuk menghindarkan kulit dari berbagai macam infeksi, terutama juga mampu membantu mengobati pigmentasi kulit. Ada baiknya jika Anda ingin memanfaatkan kunir untuk hal ini, maka campurkan sayu sendok teh dengan kunyit dan jus kemon, lalu oleskan pada noda hitam di wajah Anda.
Secara rutin, pigmentasi Anda akan mulai menghilang dan sembuh secara alami. Cara yang alami tentunya tidak akan membawa pengaruh buruk untuk kulit wajah Anda di masa mendatang.

4. Membantu Proses Pengelupasan Kulit

Jika Anda menjadikan kunir sebagai scrub, maka hasil ajaib yang Anda dapatkan adalah kulit menjadi lebih halus dan terawat, karena srub dari kunir akan membantu proses pengelupasan kulit. Pijat pasta daru kunir yang telah Anda buat ke area kulit yang bermasalah, sehingga kulit mati akan segera terkelupas.

5. Bantu Mencegah Keriput

Sebuah penelitian di Jepang telah mengungkapkan bahwa kunir dapat mencegah terbentuknya melanin dan keriput, hal ini dengan bersamaan juga akan mencegah timbulnya penurunan elastisitas kulit kronis yang diakibatkan oleh paparan UVB.

Manfaat Kunir Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Kunir Dapat Meringankan Luka Bakar
7. Banyu mengobati ke tidak Setimbangan Hormon di Wajah (Hirsutisme)
8. Dapat menyembuhkan Pecah-pecah di Kaki
9. Bantu Mengurangi Jumlah Rambut Rontok
10. Bantu Menghilangkan Ketombe
11. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat
12. Membuat Kulit Lebi Halus
13. Menjadikan Kulit Terasa Lebih Kencang
14. Sebagai Solusi Kulit Berminyak
15. Bantu Menyamarkan Kerutan di Wajah
16. Kunir Sebagai Pewarna Rambut Alami
17. Bantu Mengantisipasi Penuaan Dini
18. Bantu Mengurangi Buku Pada Kulit
19. Dapat Menghaluskan Kulit Tumit dan Siku
20. Bantu Melembapkan Kulit Yang Kering
21. Bantu Mencerahkan Kulit

Cara Memanfaatkan Kunir Untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan kunir bagi kecantikan, maka Anda bisa membeli produk perawatan tubuh yang berbahan dasar dari kunir. Atau Anda bisa membuat masker kunir secara mandiri di rumah. Begini caranya:
*campurkan madu dan yoghut/susu dengan beberapa sdm bubuk kunyit ke dalam wadah. Campurkan hingga bahan rata dan oleskan ke wajah, bilas masker setalah 20 menit.

Efek Samping Kunir :

Efek Samping Kunir

Kekurangan zat besi akan membuat orang menjadi mudah sakit perut, dan inilah dampak lain dari pemakaian kunir dalam dosis tinggi:

1. Munculkan Masalah-Masalah Pada Masa Kehamilan

Jika dikonsumsi langsung, dan berlebihan, maka kunir akan memicu menstruasi bahkan sampai merangsang rahim sehingga menjadikan kehamilan Anda berisiko.

2. Sebabkan Sakit Perut

Ketika mengonsumsinya dalam jumlah besar, kunir justru akan mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Pada sebuah kasus, dapat merangsang lambung untuk memproduksi asam lambung yang tentunya akan menimbulkan ke tidak nyamanan.

3. Berisiko Tinggi Batu Ginjal

Pada individu yang buruk sistem imunnya, maka akan berpotensi batu ginjal ketika mengonsumsi kunir dalam jumlah tinggi. Dari itu, untuk orang yang menderita Batu ginjal diharuskan berkonsultasi dengan Dokter spesialis sebelum mengonsumsi kunir.

4. Memperbesar Risiko Pendarahan

Kunir mampu memperlambat proses pembekuan darah sehingga akan meningkatkan risiko pendaran pada individu yang mengalami gangguan pendarahan.

5. Menyebabkan Gula Darah Rendah

Efek samping dari mengonsumsi kunir secara berlebihan yaitu akan terjadi pada orang yang telah lebih dulu mengambil kadar gula darahnya atau mengonsumsi obat diabetes.

6. Risiko Infertilitas Pada Pria

Ini akan membuat kadar testosteron sehingga menurunkan gerakan sperma jika dikonsumsi secara langsung dalam dosis tinggi oleh pria. Maka dari itu jangan terlalu berlebihan ketika mengonsumsi kunyit tersebut.

Dosis Pengonsumsian Kunir Yang Benar :

Berbicara tentang dosis, ini bukanlah patokan utama untuk setiap orang. Karena pada kenyataannya, kondisi tiap orang sangatlah berbeda satu sama lain. Jika Anda tidak memiliki keluhan kesehatan apa pun, mungkin Anda bisa mengikuti petunjuk dosis di bawah ini. Atau jika kurang yakin, konsultasikan duku kepada Dokter yang paham tentang efek dari kunir.

1. Untuk akar keringnya bisa 2 – 2,5 gram per hari
2. Kunyit bubuk 1.200 – 1.800 miligram per hari
3. Teh Kunir ½ ons dimasukkan dalam 4 ½ ons air mendidih, dikonsumsi 2x sehari.
4. Air ekstrak kunir dengan dosis 30-90 tetes per hari.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sama seperti halnya tanaman herbal atau rempah-rempah lainnya, meskipun kunir ini kaya akan manfaat, tetapi jika dikonsumsi atau dipergunakan secara berlebihan, tetap bisa menimbulkan bahaya terutama pada kesehatan. Oleh karena itu batasi konsumsi sesuai dengan kebutuhan anda agar khasiat tanaman ini dapat dirasakan lebih efektif.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top