Connect with us
Kunyit, Kunir, Manfaat Kunyit, Khasiat Kunyit

Tanaman

105 Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kunyit – Kunyit atau kunir adalah tanaman rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai bahan dasar nasi kuning, ataupun bahan dapur lainnya. Bahan bumbu ini berwarna kuning, dan bisa juga dijadikan sebagai lalaban pada rumah makan sunda. Dibalik fungsinya tersebut untuk meningkatkan cita rasa makan, ternyata banyak sekali manfaat kunyi. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar minuman tradisional, seperti wedang jahe juga jamu yang dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh secara alami.

Kunyit, Kunir, Manfaat Kunyit, Khasiat Kunyit

Kunyit yang biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, ternyata menyimpan khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Curcuma longa ini menyimpan segudang zat, senyawa, dan vitamin alami yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta mencegah dari berbagai penyakit.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kunyit :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kunyit

Kunyit yang mempunyai ciri khas berwarna kuning mencolok ini, mempunyai segudang kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kunyit mengandung zat warna kurkiminoid yang bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Kunyitpun merupakan sumber serat, kalium, vitamin B6, magnesium, dan vitamin C, dan kandungan gizi lainnya. Kandungan gizi tersebut dibutuhkan oleh kesehatan tubuh.

Loading...

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan :

1. Mempunyai kemampuan anti inflamasi

Kunyit mengandung senyawa utama yaitu kurkumin yang berfungsi mengurangi peradangan dalam tubuh. Senyawa ini berfungsi mengubah respon kekebalan tubuh untuk menjadi lebih baik. Sehingga membantu mencegah peradangan atau ati-inflamasi. Tentunya, sistem kerja senyawa ini tidak merusak hati dan ginjal.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga mampu mempercepat regeneras sel otak. Selain itu, senyawa ini mampu meningkatkan pertumbuhan sel induk saraf di otak, sehingga dapat melindungi otak dari penyakit alzhemer. Kunyitpun dipercaya sebagai obat untuk penyakit kelainan sel saraf pada otak.

3. Mencegah dari resiko penyakit jantung

Senyawa antioksidan pada kunyit dinilai mampu mencegah penyakit jantung. Disamping itu, kandungan kurkumin yang kuat dalam kunyit mampu menjaga kesehatan jantung dengan menghilangkan kolestrol jahat dan mampu meningkatkan kolestrol baik, sehingga jantungpun terbebas dari penyakit.

4. Mencegah terjadinya diabetes

Kandungan kurkumin didalam kunyit dapat mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes. Senyawa ini ternyata mampu membersihkan darah dari gula jahat penyebab diabetes, sehingga menyuplay darah bersih untuk diedarkan dalam ke organ tubuh lainnya.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan kurkumin yang dimilikinya. Kurmumin berfungsi merangsang sistemtem kekebalan tubuh, dan menghancurkan bakteri penyebab timbulnya berbagai penyakit. Tubuh anda pun akan terasa sangat segar dan sehat bila mengkonsumsi kunyit secara rutin.

6. Anti-kanker

Kanker disebabkan karena adanya produksi sel lebih sehingga menumpuk dan menimbulkan penyakit berbahaya ini. Penyakit ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena sangat mematikan. Senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker, sehingga membuat kemoterapi menjadi lebih efektif dari sebelumnya.

7. Menjaga kesehatan rahim

Kunyit mempunyai kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh rahim, sehingga kunyit bisa menjaga kesehatan rahim. Hal ini dipercaya oleh golongan China kuno, yang menjadikan kunyit sebagai salah satu bahan dasar obat herbal.

8. Mengurangi nyeri haid pada wanita

Jika anda sering bedrest karena rasa sakit yang tidak tertahankan saat menjelang menstruasi, kunyit bisa mengurangi rasa sakitnya. Kurkumin pada kunyit mampu menghilangkan rasa nyeri, ataupun kontraksi berlebih pada saat PMS. Kunyit pun biasa dijadikan obat tradisional sebagai obat penghilang rasa nyeri.

9. Menghilangkan rasa sakit

Kunyit bisa menjadi obat penghilang rasa sakit alami, terutama pada nyeri atrhritis. Hal ini disebabkan karena kunyit dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga rasa nyeripun bisa hilang secara alami. Konsumsi kunyit secara rutin untuk merasakan khasiatnya.

10. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi bisa disebabkan karena keadaan mulut yang tidak bersih sehingga dipenuhi oleh bakteri jahat. Kunyit dapat menjadi antiseptik alami untuk mencegah gigi dari bakteri jahat, sehingga anda tidak akan merasakan nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi lagi.

11. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar tentunya dapat menghilangkan resiko penyakit dalam organ tubuh. Kunyit terbukti mampu melindungi sistem pencernaan karena mempunyai kandungan anti-inflamasi yang tinggi, sehingga bisa melancarkan pencernaan.

12. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih dapat memicu obesitas serta membuat organ tubuh anda bekerja tidak maksimal. Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung. Kandungan curcumin pada kunyit terbukti mampu mereduksi berat badan.

13. Mengatasi stress

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kunyit mampu menghilangkan stress secara berangsur-angsur. Hal ini disebabkan karena antioksidan mampu mengikat radikal bebas penyebab stres ditubuh, sehingga tubuh akan terbebas dari beban penyebab stres.

14. Mengobati penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung dapat disebabkan oleh berbagai macam makanan yang dapat mengikis dindingnya, sehingga lambung memproduksi asam berlebih. Kunyit mempunyai senyawa yang mampu bekerja untuk melindungi dan menebalkan dinding lambung, serta menjaga kesehatannya.

15. Mengurangi mual

Mual bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti masalah pencernaan, iritasi pada organ tubuh ataupun asam lambung. Kunyit dipercaya mampu mengurangi rasa mual karena kandungan phytochemical yang dimilikinya bekerja untuk merangsang kehadiran antioksidan di tubuh. Hasilnya, mual anda bisa diredakan.

16. Obat diare

Diare bisa diakibatkan dari keracunan, alergi, virus ataupun pola makan yang tidak sehat. Diare akan memicu badan menjadi dehidrasi hingga si penderita merasa lemas serta tidak bertenaga, karena cairan terus keluar dari tubuh. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit mampu melawan dehidrasi serta memenuhi cairan tubuh.

17. Mencegah peradangan sendi kronis

Kandungan kunyit dengan antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas, sehingga membantu tubuh untuk mencegah peradangan sendi. Hal ini yang menjadi alasan mengapa penderita radang persendian akan merasa lebih baik ketika telah mengkonsumsinya sebagai obat herbal.

18. Meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh

Antioksidan yang dihasilkan dari kurkumin pada kunyit mampu menangkal radikal bebas serta mampu mencegah berbagai penyakit. Antioksidan dalam tubuh berfungsi untuk menetralkan zat-zat dalam tubuh termasuk radikal bebas karena struktur kimia yang dimilikinya.

19. Mencegah leukimia

Leukimia adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini biasanya menyerang sistem peredaran darah hingga menyebabkan kelainan. Leukimia bisa dicegah dengan obat herbal dari bahan dasar kunyit. Kandungan istimewanya mampu menghambat pertumbuhan sel leukimia pada kultur sel.

20. Mencegah penyakit dalam pembuluh darah

Penyakit dalam pembuluh darah dapat disebabkan oleh kolesterol yang menumpuk dalam tubuh, sehingga bisa merusak pembuluh darah. Kunyit bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh, sehingga kolesterol hancur dan tidak menumpuk di plak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

21. Mencegah alzaimer

Alzaimer adalah penyakit yang menyerang sel otak, sehingga membuat penderitanya menjadi seorang pelupa. Jika penyakit ini sudah pada tingkatan yang parah bisa menyebabkan memori dan kenangan di masa lalu. Kunyit mampu mengatasi ini, karena mampu mengaktifkan gen yang memberi kode produksi menuju protein antioksidan.

22. Anti depresi

Depresi dapat disebabkan karena tubuh tidak bisa menerima masalah yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Disamping itu, terlalu banyak pikiran dan penderitaanpun bisa menjadi sumber depresi. Kelainan ini bisa diobati dengan terapi dan konsultasi ke dokter, selain itu kandungan neurotropik pada kunyit mampu mengatasi depresi.

23. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan stroke, penyakit jantung, serta gangguan kesehatan lainnya. Kunyit mampu menurunkan tekanan darah, karena mempunyai kandungan kurkumin serta vitamin B6 yang mampu menghilangkan beban, sehingga tekanan darah dapat menurun.

24. Mencegah penyakit kulit

Korengan adalah salah satu penyakit yang bisa anda temukan akibat peradangan pada sel kulit. Penyakit ini menimbulkan rasa gatal dan luka pada kulit, serta bisa menular. Kunyit mempunyai senyawa yang bermanfaat untuk tubuh hingga bisa meningkatkan sistem imun, sehinga tubuh anda akan tercegah dari penyakit kulit.

25. Mengobati maag

Maag merupakan penyakit yang bisa membahayakan bila tidak diperhatikan dengan baik. Penyakit ini dapat menyerang dinding lambung anda, sehingga lambung anda terluka dan menyebabkan kerusakan. Kunyit mampu mengobati penyakit maag serta nyerinya karena kandungannya mampu mengobati luka pada lambung.

26. Mengobati tifus

Tifus bisa disebabkan oleh bakteri karena daya tahan tubuh menurun, ataupun makanan yang tidak sehat. Penyakit ini akan membuat anda bedrest dalam waktu yang lumayan lama, karena anda akan merasa lemas serta tidak karuan. Kunyit bisa menjadi obat herbal untuk mengobati tifus dengan menjadikannya ramuan alami.

27. Mengurangi rasa pusing di kepala

Pusing kepala bisa menghambat aktivitas rutin anda, karena rasa nyerinya yang berat sehingga anda dianjurkan untuk istirahat. Kunyit mampu mengurangi rasa pusing di kepala dengan menjadikannya obat herbal dan dikonsumsi secara rutin.

28. Mengatasi keputihan

Keputihan bisa disebabkan oleh bakteri pada mulut rahim, jika dibiarkan bakteri ini akan menyebar dan menyerang dinding rahim. Keputihan dapat menimbulkan rasa gatal dan bau tak sedap pada daerah kewanitaan. Kunyit dinilai ampuh mengatasi keputihan karena mempunyai antiseptik alami yang dapat menghilangkan bakteri jahat.

29. Mencegah cacingan

Jika anda sering makan namun berat badan tidak beranjak menjadi lebih berat, segeralah konsultasikan ke dokter, mungkin anda menderita cacingan. Gangguan kesehatan ini dapat menyebabkan infeksi pada organ tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi bahan ini secara rutin, karena mampu mencegah cacingan dengan optimal.

30. Meredakan radang tenggorokan

Radang tenggorokan sangat menyiksa penderitanya, karena rasa sakitnya sehingga sulit untuk menelan makanan. Gangguan kesehatan ini pun bisa membuat berat badan anda turun drastis hingga kekurangan asupan gizi. Kunyit mampu meredakan radang tenggorokan dengan meminum ramuan alaminya, sehingga tenggorokan bisa sehat seketika.

31. Menurunkan demam

Demam tentunya disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya daya tahan tubuh yang tidak stabil. Jika dibiarkan, demam akan menimbulkan gangguan kesehatan lain yang tentunya berbahaya bagi organ tubuh anda. Kunyit mampu meredakan demam, karena kandungannya mampu mengontrol suhu tubuh menjadi lebih baik.

32. Obat flu alami

Flu dapat menyerang tubuh yang mempunyai sistem imun yang rendah. Flu juga dapat menular, sehingga anda harus menjaga kesehatan anda dengan baik. Kunyit, dipercaya sebagai bahan alami untuk mengobati flu dengan sistem kerjanya yaitu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

33. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Racun dalam tubuh jika mengendap dan menumpuk dapat mengundang penyakit yang berbahaya. Racun ini bisa disebabkan makanan yang mengandung pengawet, ataupun polusi udara yang mengendap di tubuh. Kunyit bisa mengeluarkan racun di tubuh, dengan menjadikannya obat herbal yang dikonsumsi secara rutin.

34. Menghilangkan jamur di kulit

Jamur di kulit tentunya bisa membuat anda kehilangan kepercayaan diri. Jamur pada kulit dapat menyebabkan panu, kadas ataupun kurap.

35. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah gangguan pencernaan sehingga membuat kegiatan buang air besar tidak teratur. Sembelit akan memicu gangguan kesehatan yang serius bila tidak diatasi secepatnya. Bahan ini bisa mengatasi sembelit karena mempunyai vitamin C yang mampu melancarkan pencernaan.

36. Meningkatkan stamina

Stamina pada tubuh tentunya tidak selamanya stabil, ada saatnya stamina menurun sehingga mudah merasa letih, lesu, dan lelah. Kunyit dipercaya mampu meningkatkan dan menstabilkan stamina tubuh, dengan mengkonsumsinya secara rutin. Anda pun bisa terbebas melakukan aktivitas sehari-hati tanpa harus merasa lelah.

37. Mengatasi perut kembung

Perut kembung merupakan dampak dari pencernaan yang tidak lancar. Kunyit yang mengandung vitamin C mampu melancarkan pencernaan, sehingga anda bisa secara rutin melakukan buang air besar. Perut buncit pun bisa hilang seketika.

38. Mengobati gusi bengkak

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh bakteri ataupun kekurangan asupan vitamin C. Kunyit mampu mengatasi dan mengobati gusi bengkak akibat bakteri jahat, dengan menjadikannya sebagai obat kumur. Disamping itu mampu menutrisi tubuh dengan vitamin C sehingga mengurangi resiko datangnya pembengkakan pada gusi.

39. Mengobati sakit gigi

Rasa nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi dapat menjalar ke berbagai organ tubuh. Hal ini disebabkan karena banyaknya saraf yang terdapat pada gigi. Kunyit berkhasiat mengobati sakit gigi secara alami karena mempunyai kandungan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri di mulut dan gigi.

40. Mengobati sariawan

Sariawan dapat disebabkan oleh jamur akibat menurunnya sistem imun yang bekerja melindungi tubuh. Sariawan juga bisa dicegah dengan asupan vitamin C yang cukup, karena vitamin C berfungsi merangsang sistem imun untuk bekerja kembali. Bahan ini mampu mengobati sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

41. Mengobati bisul

Bisul adalah penyakit kulit yang lumayan menyakitkan serta dapat mengganggu penampilan anda. Bisul biasanya disebabkan karena bakteri yang berkumpul pada kulit sehingga menimbulkan cairan menggumpal. Bahan ini bisa mengobati bisul karena antiseptik alaminya yang mampu membunuh bakteri penyebab bisul.

42. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan bisa meningkat jika anda mengkonsumsi kunyit secara rutin. Khasiatnya adalah dapat merangsang organ tubuh supaya tetap merasa lapar, dan tubuh anda pun akan mendapat nutrisi yang cukup dari nafsu makan yang tinggi.

43. Mengeluarkan gas pada pencernaan

Salah satu hal yang dapat menyebabkan perut buncit adalah gas yang menumpuk di saluran pencernaan. Jika gas ini tidak keluar tentunya akan menimbulkan gangguan kesehatan pada sistem pencernaan. Bahan ini mempunyai kandungan spesial yang mampu mendorong gas keluar secara alami.

44. Meredakan sakit kontraksi usus abnormal

Kontraksi ini dapat mengganggu sistem kerja usus besar, sehingga kinerjanya tidak maksimal. Gangguan kesehatan ini pun dapat menghasilkan nyeri pada perut secara tiba-tiba. Kunyit mampu meredakan sakitnya karena memiliki kandungan yang dapat mengurangi gerakan otot pada usus yang abnormal.

45. Mencegah obesitas

Obesitas tentunya gangguan kesehatan pada berat badan berlebih yang data mendatangkan berbagai penyakit berbahaya. Pastikan untuk mengkonsumsi bahan makanan ini secara rutin untuk mencegah obesitas dan terhindar dari penyakit yang membahayakan kesehatan.

Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Kesehatan :

Kunyit yang mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan tentunya bisa diolah menjadi berbagai macam obat herbal, minuman ataupun ramuan secara alami. Bahan yang berasal dari umbi-umbian ini bisa di manfaatkan menjadi obat herbal segala macam penyakit dengan cara sebagai berikut, siapkan bahan ini yang sudah ditumbuk, campurkan dengan jinten hitam dan pala. Konsumsi obat ini secara rutin.

Selain itu juga bisa dijadikan ramuan alami, caranya siapkan kunyit yang sudah diparut, lalu campur dengan asam jawa, kapulaga dan biji pala. Rebus selama 5 menit, dan dinginkan. Ramuan ini bisa mengobati keputihan, telat datang bulan serta gangguan pencernaan. Konsumsi ramuan ini secara rutin 3x sehari.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan :

1. Membunuh bakteri penyebab masalah kulit

Jerawat yang membandel bisa diatasi secara alami dan menghilangkannya dengan perlahan dengan menggunakan kunyit. bahan bumbu makanan ini mempunyai kandungan antibakteri yang mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat serta membersihkan wajah secara menyeluruh. Gunakan kunyit sebagai masker alami untuk hasil yang maksimal.

2. Menghilangkan keriput

Keriput pada wajah dapat disebabkan oleh menurunnya tingkat elastisitas wajah secara perlahan sehingga membuat kulit kendur. Keriput dapat membuat wajah anda terlihat lebih tua dan tidak menarik. Kunyit mampu menghilangkan keriput karena mengandung vitamin C yang dapat merawat kesehatan kulit.

3. Mencerahkan kulit

Wajah yang cerah dihasilkan dari kulit yang sehat dan ternutrisi. Memiliki kulit cerah bukan berarti harus putih, tetapi kulit wajah terbebas dari sel kulit mati yang menumpuk. Sel kulit mati ini bisa menyebabkan wajah terlihat kusam. Kunyit bisa membersihkan wajah secara menyeluruh, sehingga wajah andapun akan terlihat cerah alami.

4. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat dapat dicegah dengan mengkonsumsi atau menjadikan kunyit sebagai masker alami. Bahan makanan ini mempunyai kandungan vitamin c serta antibakteri yang mampu mencegah juga membuat jerawat cepat kering. Gunakan dan konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam biasanya dihasilkan dari kulit yang sering terkena langsung paparan sinar matahari. Masalah kecantikan ini biasanya sangat sering ditemukan, dan dipercaya bisa mengatasi masalah ini. Kandungan vitamin B pada kunyit dipercaya mampu melindungi kulit, sehingga flek hitampun akan hilang dengan sendirinya.

6. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Wajah yang kotor merupakan penyebab dari timbulnya masalah kecantikan seperti jerawat ataupun peradangan kulit. Kunyit terbukti memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu membersihkan wajah secara menyeluruh. Wajah anda pun akan terlihat bersih dan segar.

7. Mengatur pH wajah

Salah satu indikator kulit yang sehat dan ternutrisi adalah kandungan pHnya stabil. Jika pH pada kulit wajah tidak stabil, maka akan menimbulkan ganggguan kesehatan kulit yang harus segera ditangani. Kunyit mampu mengatur pH wajah karena memiliki kandungan mineral yang bisa menutrisi kulit wajah secara alami.

8. Toner alami

Toner yang biasa anda pakai tentunya tidak terlepas dari bahan kimia yang dapat menumpuk di kulit wajah. Bahan kimia ini pasti memiliki efek samping pada kulit. Kunyit bisa menjadi toner alami untuk wajah dengan kandungan vitamin B, E dan C yang dapat menutrisi kulit anda.

9. Pelembab alami

Jika anda sedang bimbang untuk memilih pelembab yang cocok untuk kulit anda, pilihlah kunyit sebagai solusinya. Karena berfungsi melembabkan wajah, dan membuat kulit anda terasa nyaman dan lembab. Kandungan senyawa dalam kunyit mampu menjadi pelembab, sehingga bisa menjadi pelembab alami tanpa efek samping.

10. Pemutih alami

Kulit wajah yang putih alami tentunya menjadi dambaan bagi setiap kaum hawa. Mempunyai wajah yang putih bisa membuat anda terlihat lebih cantik dan menarik. Anda tidak perlu meraup kocek yang dalam untuk mempunyai kulit putih, cukup konsumsi kunyit secara rutin dan gunakan masker berbahan kunyit untuk memutihkan kulit secara alami.

11. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini diwajah ditandai dengan banyaknya keriput pada kulit, sehingga membuat anda terlihat lebih tua. Kandungan antioksidan pada kunyit mampu menangkal radikat bebas penyebab kulit kendor, sehingga kulit anda bisa elastis dan terlihat muda kembali.

12. Melindungi wajah dari sinar UV

Minum minuman berbahan kunyit sebelum pergi beraktivitas di luar ruangan. Bahan ini ini bisa melindungi kulit anda dari sinar UV seharian, karena mempunyai kandungan vitamin C yang mampu menutrisi kulit dengan baik. Anda pun tidak perlu khawatir jika kulit anda akan rusak, karena bahan tersebut telah melindungi kulit anda dari sinar UV.

13. Menutrisi wajah

Kuiit wajah pun sama seperti organ tubuh lainnya, sama-sama mempunyai kebutuhan nutrisi yang harus dicukupi. Kandungan senyawa dalam bahan obat ini mampu bermanfaat menutrisi kulit dengan kandungan vitamin C, dan B juga anti oksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Kulit wajah pun dapat ternutrisi dengan baik.

14. Menyehatkan kulit wajah

Mempunyai kulit wajah yang sehat akan membuat anda terlihat lebih sehat juga segar. Kriteria untuk menjadi kulit yang sehat adalah bersih dari bakteri dan kuman. Kunyit dipercaya sebagai antiseptik alami, sehingga dapat membersihkan kulit serta menyehatkannya secara optimal.

15. Melancarkan regenerasi kulit

Regenerasi kulit adalah proses yang sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan munculnya sel baru. Jika tidak terjadi regenerasi kulit, maka sel kulit mati akan menumpuk sehingga menutup pori-pori dan mengganggu sistem pernapasannya. Kunyit mampu melancarkan regenrasi kulit, dengan menjadikannya masker dalam pemakaian rutin.

16. Merangsang sel kulit baru

Sel kulit baru harus dirangsang untuk hadir supaya bisa mengganti sel kulit yang lama. Sel kulit baru juga butuh asupan nutrisi yang cukup untuk bisa bertahan. Kunyit mampu merangsang sel kulit baru dengan bantuan vitamin C yang menghasilkan antioksidan, senyawa ini mampu merangsang tumbuhnya sel kulit baru.

17. Membersihkan wajah dari sel kulit mati

Membersihkan wajah harus menyeluruh karena untuk menghilangkan kotoran yang mengganggu pori-pori wajah. Kunyit bisa diolah menjadi face scrub yang mampu menghilangkan sel kulit mati secara optimal. Kulit wajah pun bersih dan pori-pori wajah bisa bernapas dengan lancar.

18. Menghilangkan penyebab wajah kusam

Wajah kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor tentunya akan sangat mengganggu kecantikan anda. Salah satu faktornya adalah terjadi penumpukan sel kulit mati sehingga membuat wajah terlihat kusam. Kunyit mampu menghilangkannya penyebab wajah kusam dengan kandungan alami didalamnya yang bermanfaat untuk wajah.

19. Mengatasi kulit kasar

Kulit kasar disebabkan oleh kurangnya nutrisi, sehingga kulit menjadi kasar serta tidak terawat. Kulit jenis ini akan berdampak buruh terhadap kesehatannya. Kunyit mempunyai manfaat untuk mengatasi kulit kasar karena mempunyai kandungan vitamin C yang mampu menutrisi kulit.

20. Mengatasi kulit kering

Kulit kering adalah salah satu titik awal untuk menghasilkan kerutan di wajah. Kulit keringpun bisa menghasilkan penuaan dini, sehingga anda akan terlihat lebih tua serta kusam. Kunyit mampu mengatasinya, karena mempunyai kandungan antioksidan yang mampu melembabkan kulit kering.

21. Melembabkan kulit

Kondisi kulit yang lembab akan mencegah anda dari gangguan-gangguan kecantikan. Kulit lembab akan membuat anda merasa nyaman dan segar. Kunyit mampu menutrisi wajah secara optimal karena kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya yang mampu menutrisi kulit dengan baik.

22. Menghilangkan stretch mark

Stretch mark adalah garis-garis pada kulit yang dapat mengganggu penampilan anda, sehingga kulit anda tidak terlihat mulus dan bersih. Kurkumin yang terkandung di dalam bahan herbal ini dinilai ampuh menghilangkan stretch mark karena senyawa ini mampu masuk kedalam membran sel. Gunakan krim dan campurkan dengan kunyit untuk menghilangkannya secara optimal.

23. Bermanfaat untuk pigmensi kulit

Kunyit dapat mengobati pigmensi kulit yang terganggu, dan mengatasi datang infeksi pada kulit. Selain itu juga bisa sekaligus menutrisi pigmen kulit, sehingga pigmen akan menyebar menyeluruh tanpa ada penumpukan di dalam satu tempat yang akan menghasilkan kulit kusam.

24. Mengontrol hormon rambut wajah

Biasanya ada gangguan hormon di rambut wajah, sehingga rambut di wajah bisa tumbuh berlebihan. Kunyit mampu mengatasi masalah ini, dengan kandungan alaminya yang berfungsi mengontrol hormon rambut wajah yang menyebabkan hirsutisme. Wajah anda pun akan terkesan bersih dan cantik natural.

25. Menghilangkan beruntusan

Beruntusan adalah banyaknya bintik-bintik kecil pada kulit wajah yang sangat mengganggu anda dalam penggunaan make up. Beruntusan ini bisa dihilangkan oleh masker dari kunyit dalam pemakaian rutin. Bahan makanan ini mempunyai kandungan vitamin B yang dapat menyehatkan kulit sehingga bisa menghilangkan beruntusan.

26. Menjadi pemutih alami

Kunyit mampu menjadi pemutih alami karena kandungan kurkumin serta vitamin C yang mampu memutihkan kulit secara perlahan. Gunakan sebagai bahan masker alami untuk menjadi pemutih kulit. Wajah anda pun akan menjadi lebih terang dari sebelumnya.

27. Membuat wajah menjadi glowing

Wajah glowing adalah kondisi wajah yang sangat digandrungi oleh para kaum hawa. Anda tidak perlu repot untuk pergi ke skincare demi mendapatkan wajah glowing. Cukup konsumsi kunyit secara rutin dan gunakan masker kunyit dua minggu sekali. Kunyit mampu membuat wajah anda menjadi glowing secara alami

28. Menghilangkan lemak pada kulit wajah

Lemak diwajah akan membuat volume pipi anda terlihat penuh dan mengembang. Tentunya, para wanita menginginkan pipi yang lancip dan tirus. Kunyit mampu menghancurkan lemak di wajah, dan anda pun akan mempunyai pipi yang tirus.

29. Mencegah komedo

Komedo adalah kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah. Komedo pun mampu menyebabkan timbulnya jerawat dan membuat pori-pori kesulitan untuk bernapas. Kunyit mampu mencegah komedo, karena bisa membersihkan wajah secara menyeluruh.

30. Menghilangkan minyak berlebih

Minyak berlebih pada kulit wajah akan membuat anda terkesan dekil dan kusam. Kunyit berkhasiat ampuh untuk mengontrol minyak pada wajah. Gunakan masker dari bahan ini secara rutin, dan hasilnya wajah andapun akan lembab dan tidak berminyak.

31. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas di kulit wajah dapat membuat kesehatannya menurun. Senyawa ini mampu mengganggu nutrisi kulit, sehingga kulit menjadi kekurangan nutrisi. Kandungan antioksidan dalam bahan makanan ini mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit. Konsumsi kunyit secara rutin untuk hasil yang maksimal.

32. Menghilangkan racun di kulit wajah

Racun wajah yang disebabkan oleh zat kimia pada skincare atau make up dapat dihilangkan oleh kunyit. Bahan herbal ini dapat menderoksifikasi kulit, sehingga racun akan keluar dengan sendirinya. Caranya dengan mengkonsumsi olahan kunyit secara rutin. Kulit andapun akan terbebas dari racun.

33. Mengobati efek samping akibat make up

Efek samping dari make up tentunya sangat beragam dan berbahaya. Jika anda terlanjur mendapatkan efek samping dari make up jangan khawatir. Cukup gunakan kunyit sebagai bahan alami untuk mengobatinya, karena mampu mengeluarkan racun akibat make up di kulit secara maksimal.

34. Membuat bibir merah alami

Bibir merah merona dan lembab dapat membuat anda terlihat lebih cantik dan seksi. Bibir idaman ini dapat dihasilkan dari kunyit yang mampu menyehatkan kulit bibir, sehingga bibir tidak pucat. Aplikasikan ekstrak kunyit pada bibir secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

35. Mengangkat komedo seketika

Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan masker yang dapat langsung mencabut komedo dari permukaan kulit. Kunyit mampu mengangkat komedo seketika, sehingga komedo akan hilang dari kulit wajah. Pori-pori wajah andapun akan bersih dan bisa bernapas secara normal kembali.

36. Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat membandel berwarna hitam, dan bisa mengurangi kecantikan anda. Bekas jerawat ini bisa dihilangkan dengan menggunakan kunyit, karena kandungan kurkumin mampu meregenerasi kulit. Bekas jerawat pun bisa hilang secara perlahan.

37. Membuat make up bertahan lebih lama

Make up dapat bertahan lama jika keadaan kulit wajah lembab dan tidak berminyak berlebihan. Kulit yang berminyak dapat membuat make up mudah luntur, sehingga anda akan lelah untuk touch up secara berulang-ulang. Kunyit mampu melembabkan kulit dan menyerap produksi minyak berlebih, sehingga make up dapat bertahan lebih lama.

38. Membuat wajah lebih segar

Wajah yang segar akan memberikan kenyamanan untuk diri anda. kunyit mempunyai kandungan anti stres yang dapat membuat wajah anda merasa lebih segar dan sehat. Kulit yang segar akan membuat anda terjauh dari penyebab penuaan dini.

39. Mengontrol ukuran pori-pori

Ukuran pori-pori di wajah jika tidak terkontrol dengan baik mampu mengundang timbulnya kotoran yang akan bertahan di dalamnya. Pori-pori pun akan tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat. Kunyit, mampu membersihkan wajah secara alami dan menyeluruh, serta mengontrol ukuran pori-pori wajah dengan maksimal.

40. Mengobati peradangan pada kulit

Kunyit mempunyai manfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah serta mengobati peradangan pada kulit. Manfaat dari bahan makanan ini mampu mengobati peradangan jerawat pada kulit anda secara perlahan, dan wajah anda akan sehat serta tercukupi nutrisinya.

41. Membersihkan sisa kotoran dari make up

Sisa kotoran dari make up jika tidak dibersihkan dengan baik dapat membuat kulit berminyak, kusam, berjerawat dan akan menyebabkan efek samping pada kulit. Kunyit yang mempunyai kandungan antibakteri mampu membersihkan kulit secara menyeluruh termasuk sisa kotoran yang dihasilkan dari make up.

42. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok jika tidak diatasi dengan baik dapat menimbulkan kebotakan permanen. Rambut rontok adalah masalah yang sering ditemukan baik dari kaum hawa maupun kaum adam. Kunyit mampu mencegah rambut rontok, karena kandungan vitamin E didalamnya mampu menutrisi kulit kepala, sehingga kulit kepala menjadi sehat.

43. Menghilangkan ketombe

Ketombe menyebabkan gatal-gatal ataupun infeksi dan luka pada kulit kepala. Ketombe biasanya disebabkan karena kotoran dari kulit kepala yang menjadi jamur membandel. Kunyit yang mempunyai kandungan anti bakteri mampu menghilangkan jamur penyebab ketombe, sehingga ketombe bisa hilang secara perlahan.

44. Meratakan warna kulit

Warna kulit yang tidak merata biasanya dihasilkan dari paparan sinar matahari langsung, ataupun penyebaran pigmen yang tidak merata. Kunyit mampu meratakan warna kulit karena mempunyai kandungan vitamin C yang mampu meratakan warna kulit wajah akibat dari paparan sinar matahari.

45. Melindungi kulit dari bakteri jahat

Kulit tentunya organ tubuh yang langsung terkena polusi, dan debu. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kotor dan membuat bakteri bertahan di wajah. Kunyit mampu melindungi kulit dari bakteri jahat penyebab munculnya gangguan kesehatan, sehingga kulit wajah anda akan bersih terbebas dari bakteri jahat.

Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Kecantikan :

Cukup mudah untuk menjadikan kunyit sebagai masker alami, caranya siapkan bahan ini yang sudah ditumbuk secukupnya untuk menutupi wajah, campur dengan madu, dan jeruk nipis. Diamkan selama 5 menit, dan aplikasikan pada wajah secara menyeluruh. Gunakan masker kunyit alami ini setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Selanjutnya, cara mengolahnya untuk dijadikan face ataupun body scrub adalah siapkan gula putih satu sendok, minyak zaitun, dan kunyi yang sudah ditumbuk. Campurkan semuanya hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada wajah, dan usap seluruh wajah secara perlahan. Cuci wajah ataupun badan dengan sabun setelah menggunakan scrub ini secara menyeluruh.

Efek Samping Kunyit :

Efek Samping Kunyit

1. Membuat detak jantung tidak normal
2. Menimbulkan alergi
3. Menimbulkan ruam dan gatal-gatal pada kulit akibat pemakaian dosis yang berlebih
4. Mengganggu kesehatan lambung
5. Menghambat fungsi zat besi dalam tubuh
6. Beresiko pendarahan
7. Meningkatkan produksi darah pada saat haid
8. Mengganggu kesehatan janin
9. Mengganggu sistem peredaran darah
10. Menimbulkan iritasi
11. Mengganggu kesehatan sel pada jantung
12. Kelainan pada kulit wajah
13. Iritasi pada kulit
14. Membunuh bakteri baik
15. Bintik merah pada kulit akibat pemakaian berlebihan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan beserta cara penggunaan dan efek sampingnya. Jika Anda ingin mengkonsumsi kunyi maupun kunir secara terus menerus, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter karena jika terlalu berlebihan, bisa menyebabkan berbagai efek samping. Simak khasiat dan manfaat umbi lainnya.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top