Connect with us
Labu Siam, Manfaat Labu Siam, Khasiat Labu Siam, Buah Labu Siam, Tanaman Labu Siam

Tanaman

30 Manfaat dan Khasiat Labu Siam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Labu siam, jipang, jepan atau sechium edule dan dalam bahasa inggris disebut dengan chayote merupakan tumbuhan keluarga labu-labuan. Tumbuhan jipang bisa dikonsumsi daging dan pucuk saat masih muda. Pertumbuhannya dengan merambat ke tanah atau bisa dibuat memanjat tergantung area atau tempat tumbuhnya. Karena banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, labu siam ini ramai dibudidayakan di pekarangan rumah yang dekat dengan sumber air.

Labu Siam, Manfaat Labu Siam, Khasiat Labu Siam, Buah Labu Siam, Tanaman Labu Siam

Buahnya tumbuh mengantung dari tangkai, sedangkan daunnya berbentuk seperti segitiga, lalu permukaan atau kulitnya berbulu. Khasiat labu siam untuk kesehatan dan kecantikan dirasa cukup beragam, karena itulah banyak yang mengkonsumsinya. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini sering dibuat sebagai sayuran sekunder. Ada yang merebus dagingnya, lalu dimakan dengan sambal terasi atau dibuat sayuran bening. Meski banyak manfaat, tetapi ada efek samping labu siam.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Labu Siam :

Penelitian yang dilakukan oleh University of North Florida, AS, menemukan bahwa jipang mengandung banyak vitamin. Selain itu juga merupakan sayuran yang sangat rendah kalori, kaya serat, dan kaya mineral. Adapun kandungan gizi dan nutrisi jipang adalah sebagai berikut, dalam setiap 100 gram, mengandung:

  • Karbohidrat : 4,51 g atau 3,5%
  • Protein : 0,82 g atau 1,5%
  • Lemak total : 0,13 g atau <1%
  • Serat : 1,7 g atau 4,5%
  • Folat  : 93 μg atau 23%
  • Niacin : 0,470 mg atau 3%
  • Asam pantotenat : 0,249 mg atau 5%
  • Piridoksin : 0,076 mg atau 6%
  • Riboflavin : 0,029 mg atau 2%
  • Thiamin : 0,025 mg atau 2%
  • Vitamin C : 7,7 mg atau 13%
  • Vitamin E : 0,12 mg atau <1%
  • Vitamin K : 4,1 μg  atau 4%
  • Sodium : 2 mg atau <1%
  • Potassium : 125 mg atau 2,5%
  • Kalsium : 17 mg atau 1,7%
  • Iron : 0,34 mg atau 4%
  • Magnesium : 12 mg atau 3%
  • Mangan : 0,189 mg atau 8%
  • Pospor : 18 mg atau 2,5%
  • Selenium : 0,2 μg atau <1%
  • Zinc : 0,74 mg atau 7%

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan :

Tumbuhan yang bentuknya seperti pir tapi warnanya hijau ini sebenarnya bisa dimakan mentah. Tapi, bila tidak suka dapat dikukus atau direbus. Chayote mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu dalam pengobatan kondisi seperti gangguan pencernaan, tekanan darah dan batu ginjal. Selain itu, ada berbagai macam kandungan zat dan nutrisi lainnya yang dapat memberikan manfaat labu siam untuk kesehatan, ini ulasannya :

Loading...

1. Penurunan Berat Badan

Chayote memiliki banyak serat dan air, sehingga dapat dianggap sebagai salah satu tambahan terbaik untuk diet. Jka anda berencana untuk menurunkan berat badan. Sayuran ini hanya mengandung 38,6 kalori dan 0,1 gram lemak. Jadi, anda bisa menambahkan Jipang untuk mensukseskan diet yang anda jalani.

2. Menyehatkan Organ Pencernaan

Karena kandungan seratnya tinggi, khasiat labu siam dapat membantu dalam gerakan usus yang normal dan membantu meringankan masalah sembelit. 1 buah chayote memiliki sekitar 3,5 gram serat yaitu 14 persen dari asupan serat harian. Makan 4 chayotes sehari dapat berkontribusi 60 persen dari asupan serat harian anda.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mineral dalam jipang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Seng, magnesium, kalsium, fosfor dan kalium juga terdapat di dalamnya. Sehingga, mampu membuat tubuh lebih sehat dan kuat dalam menjalani aktivitas harian. Untuk memperoleh manfaat labu siam ini dapat dengan mengkonsumsinya.

4. Mengobati Batu Ginjal

Labu siam, terutama daunnya bisa digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Sebagaimana yang telah diungkapkan pada hasil penelitian yang dilakukan di University of North Florida. Kalau anda atau kerabat memiliki batu ginjal, bisa membantu pengobatan dokter dengan bahan alami. Sehingga, anda memperoleh kesembuhan yang lebih cepat.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi chayote diyakini mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian, diaman mengungkapkan bahwa chayote digunakan sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk minuman dan hasilnya terbukti menurunkan tekanan darah.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah kelahiran bayi cacat

7. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

8. Mencegah penyakit kanker

9. Mencegah penyakit jantung

10. Mengobati perut kembung

11. Menurunkan resiko terhadap penyakit stroke

12. Mencegah anemia

13. Menjaga kesehatan kardivaskular

14. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B

15. Mengatasi asam urat

16. Baik untuk makanan pengidap diabetes

17. Menjaga sistem syaraf dan otot

18. Melancarkan saluran kemih

19. Menyembuhkan wasir

20. Menyembuhkan sariawan

21. Mengobati gusi berdarah

22. Sebagai bahan detoksifikasi

23. Menjaga kesehatan pernapasan dan paru-paru

Cara Memanfaatkan Labu Siam untuk Kesehatan :

Jika ingin memanfaatkan labu siam untuk kesehatan, anda dapat membuatnya menjadi masakan. Bisa ditumis dengan bumbu-bumbu atau sayuran lainnya. Tapi jika ingin lebih enak, anda bisa membuat jus. Siapkan 1 labu siam, 2 buah aple, ½ jeruk lemon dan es serut secukupnya. Kemudian, bersihkan dan blender labu siam, apel dan perasan lemon. Kemudian, haluskan blender dan taruh es serut ke dalamnya.

Setelah itu, minum jusnya untuk pengobatan atau pencegahan penyakit. Anda dapat mengkonsumsi 2-3 gelas dalam seminggu, jangan terlalu banyak karena dapat menimbulkan efek samping labu siam. Tak hanya itu, anda pun dapat membuat daun jipang ini menjadi jamu. Caranya, ambil daun jipang secukupnya, cuci dan rebus dengan dua gelas air. Masak sampai sisa satu gelas. Lalu, saring dan minum airnya. Minum 2-3 gelas per minggu untuk pengobatan penyakit.

Manfaat Labu Siam untuk Kecantikan :

Kandungan vitaminnya yang bermacam-macam serta berbagai nutrisi lainnya membuat khasiat labu siam tidak hanya untuk kesehatan saja. Melainkan juga bermanfaat untuk kecantikan. Daging buahnya yang mengandung air dapat menghidrasi kulit. Tapi, tidak hanya itu masih banyak manfaat dan khasia labu siam untuk kecantikan, berikut ulasannya :

1. Mencegah Penuaan Dini

Flavonoid dalam jipang dapat membantu melawan zat-zat berbahaya penyebab masalah pada kecantikan anda. Flavonoid ini dapat membasmi radikal bebas yang mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan dini dan penyakit. Karena itulah, khasiat labu siam dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bisa mencegah penuaan dini, labu siam juga mempunyai kandungan asam folat, vitamin C, vitamin E dan seng, bisa membuat kulit sehat. Kalau kulit anda sehat maka, kecantikan anda akan terpancar.

3. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Karena kandungan sengnya, maka manfaat chayote dapat membantu mencegah jerawat. Seng adalah nutrisi yang mengontrol hormon kita untuk menyeimbangkan minyak pada kulit kita. Jika kadar minyak pada kulit wajah seimbang, jerawat takkan mengganggu kemulusan wajah anda.

Cara Memanfaatkan Labu Siam untuk Kecantikan :

Bagi anda yang ingin menggunakan labu siam untuk meningkatkan kecantikan, bisa mengkonsumsinya. Anda dapat membuat jus atau memasaknya dengan sayuran lainnya. Jika ingin manfaat labu siam maksimal, lebih baik anda kukus saja dan langsung makan. Selain itu, anda pun bisa membuatnya menjadi masker wajar.  Ambil daging labu dan cuci, lalu haluskan. Campur dengan madu dan terapkan ke wajah untuk mendapatkhan khasiat labu siam.

Efek Samping Labu Siam :

Anda perlu tahu bahwa labu siam ini mengandung lateks atau getah yang dapat menimbulkan sensasi kesemutan atau mati rasa pada area yang terkena. Efek ini memang sementara dan bisa diminimalkan dengan reaksi ini bisa diminimalkan dengan sarung tangan untuk melindungi tangan ketika mengupasnya. Agar tidak terkena efek samping labu siam, anda harus memilih yang bagus artinya tidak berlubang, memar atau retak.

Tapi, goresan kecil atau dangkal tidak masalah. Sayuran jipang biasanya disimpan 2-3 minggu dan jangan pilih yang tua. Sebab, biasanya mudah tumbuh menjadi pohon. Selain itu, dampak buruk juga bisa dirasakan bila berinteraksi dengan obat-obatan seperti aspirin. Efek yang ditimbulkan yakni penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah manfaat dan khasiat labu siam untuk kesehatan, kecantikan serta efek samping. Sekarang, anda bisa menggunakan sayuran ini dengan benar sesuai fungsinya. Masih banyak informasi tentang sayuran lainnya yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top