Connect with us

40 Manfaat dan Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

40 Manfaat dan Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Lengkuas – Lengkuas merupakan tanaman rempah yang dikenal dengan nama lain kelawas atau laos. Lengkuas sering dimanfaatkan sebagai obat herbal yang banyak dijumpai di daerah dataran rendah dan dataran tinggi di seluruh kawasan Asia. Selain dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam mengolah makanan karena memiliki rasa yang khas, lengkuas juga bermanfaat sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lengkuas, Manfaat Lengkuas, Khasiat Lengkuas, Laos

Manfaat lengkuas untuk menambah cita rasa masakan biasanya dilakukan dengan mememarkan rimpang lengkuas lalu dimasukkan dalam masakan. Lengkuas biasanya dimasukkan dalam olahan masakan sayur, daging dan juga ikan. Tanaman rempah ini berasal dari negara Thailand yang masuk dalam genus alpina. Di daerah timur tengah laos ini biasanya dijadikan sebagai salah satu ramuan obat herbal.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Lengkuas :

Satu rimpang lengkuas (kurang lebih 64 g) mengandung 2 g serat dan 45 kalori. Tanaman herbal ini juga mengandung :

  • sodium
  • vitamin A
  • vitamin C
  • zat besi
  • flavonoid
  • emodin
  • fitonutrien
  • quercetin
  • beta-sitosterol
  • galangin

Selain itu, tanaman lengkuas juga memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menurunkan resiko peradangan tertentu. Belum lama ini, para ilmuan dari Korea menemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam lengkuas bermanfaat untuk menghambat produksi lipopolisakarida (LPS) dan oksida nitrat (NO).

Loading...

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan :

1. Memberikan rasa nyaman pada perut

Mengkonsumsi lengkuas dapat membantu menurunkan rasa tidak nyaman pada perut yang diakibatkan oleh peradangan ataupun penyakit lain. Tanaman herbal ini sangat efektif digunakan untuk mencegah muntah, mengurangi mabuk perjalanan dan juga menurunkan gejala diare. Manfaat lengkuas juga diyakini di negara Cina sebagai obat untuk mengatasi cegukan dengan mengkombinasikannya bersama manfaat gingseng.

2. Membantu menurunkan demam

Kandungan antipiretik dan analgesik pada lengkuas bermanfaat untuk menurunkan demam serta mengurangi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Disamping itu, batang bawah tanaman herbal ini juga mampu memberikan efek penghambatan in vitro pada berbagai bakteri patogen yaitu hemolitik streptokokus, anthrax bacillus dan berbagai strain staphylococcus.

3. Mencegah tumor dan kanker

Manfaat lengkuas yang lain adalah untuk menyembuhkan tumor dan juga kanker. Lengkuas mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel DNA di dalam tubuh yang diakibatkan oleh komponen racun maupun radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Menurut sebuah penelitian dinyatakan bahwa ekstrak lengkuas bersifat anti kanker. Study tersebut diuji pada beberapa pasien yang mengidap penyakit kanker payudara dan kanker paru-paru. Manfaat lengkuas yang lain juga dapat menghambat jalur xanhin enzim sintesis yang dapat memicu berkembangnya tumor.

4. Sebagai obat diare

Bagi anda yang mungkin mengalami gangguan buang air besar seperti diare, maka anda bisa mencoba manfaat lengkuas yang berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah ini. Rimpang lengkuas mengandung zat anti bakteri yang bermanfaat untuk membasmi bakteri patogen sehingga gejala diare segera hilang.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sunilson, JAJ pada tahun 2009 ditemukan bahwa aktivitas antimikroba yang terdapat dari lengkuas mampu membasmi bakteri ataupun kelebihan vitamin C yang memicu terjadinya diare.

5. Obat herbal untuk mengatasi asma

Laos atau lengkuas memiliki peran penting untuk menyehatkan sistem pernapasan. Salah satu manfaat lengkuas yang digunakan di negara Cina adalah untuk obat tradisional yang memberikan efek antispasmodik yang bermanfaat untuk mengurangi dahak sekaligus melebarkan saluran bronkiolus yang memicu sakit asma.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengatasi sakit tenggorokan

7. Meredakan batuk

8. Sebagai anti kejang

9. Menjaga kesehatan mulut

10. Membantu meningkatkan sirkulasi darah

11. Mencegah terjadinya peradangan pada paru-paru

12. Mengatasi gangguan ginjal

13. Membantu menyembuhkan pegal linu

14. Sebagai anti kembung

15. Mengobati sariawan

16. Menyembuhkan nyeri otot

17. Menurunkan lipid

18. Menurunkan resiko rematik

19. Meningkatkan gairah seksual

20. Sebagai obat tetes telinga

21. Melancarkan saluran kemih

22. Meningkatkan nafsu makan

23. Mengatasi penyakit kulit seperti panu, kudis, borok, koreng dan lain-lain.

Cara Memanfaatkan Lengkuas untuk Kesehatan :

  • Lengkuas memang sudah umum dimanfaatkan sebagai bumbu rempah dapur. Sifatnya yang panas sering dimanfaatkan untuk memberikan kesan hangat. Adapun untuk cara mengkonsumsi lengkuas ini cukup sederhana.
  • Anda bisa langsung memanfaatkannya sebagai rempah pada sayur bening. Selain itu, anda juga bisa memarut lengkuas lalu dicampurkan dengan rimpang lain seperti temu kunci atau temulawak. Setelah itu anda bisa menambahkan air secukupnya lalu direbus sampai mendidih. Anda bisa meminum ramuan herbal tersebut untuk menjaga kesehatan anda dengan porsi secukupnya.

Manfaat Lengkuas untuk Kecantikan :

1. Membantu mencegah terjadinya penuaan dini

Lengkuas bisa dibuat menjadi jus segar yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit termasuk pada wajah. Manfaat lengkuas untuk kulit wajah ini patut dicoba karena kandungan penting yang terdapat di dalamnya yakni 40 manfaat antioksidan yang membuat kulit nampak awet muda.

2. Mempertahankan keremajaan kulit

Manfaat lengkuas untuk kecantikan yang tak kalah penting lainnya adalah kemampuannya untuk membasmi racun yang terdapat di dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian nutrisi ekstra untuk jaringan kulit dapat menyebar dengan baik sehingga mampu mencegah resiko radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Dengan kata lain manfaat lengkuas ini sangat ampuh untuk meremajakan kulit cantik kita.

3. Menyembuhkan bekas luka bakar

Ramuan herbal yang terbuat dari lengkuas dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati kulit yang terbakar. Ramuan ini dapat dioleskan pada kulit yang mengalami luka bakar untuk meredakan rasa nyeri dan sakit. Selain itu, ramuan dari lengkuas ini juga membantu mempercepat penyembuhan luka dengan cara yang sederhana.

4. Membantu membersihkan bekas jerawat

Manfaat lengkuas untuk kecantikan berikutnya adalah untuk membersihkan bekas jerawat membandel. Tanaman herbal ini berguna sebagai pembersih antiseptik untuk menjaga keseharan kulit dan juga menjadikannya nampak bersih, halus dan cerah. Ramuan lengkuas ini bermanfaat untuk merevitalisasi serta membuat kulit menjadi cerah secara alami. Selain itu, tanaman herbal laos ini juga bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan nutrisi penting dalam lengkuas berkhasiat untuk menurunkan resiko pembentukan jerawat serta membasmi bakteri yang terdapat pada kulit.

5. Membersihkan flek hitam

Bukan hanya ampuh untuk mengatasi bekas jerawat, manfaat lengkuas juga diyakini ampun untuk menghilangkan flek hitam. Menggunakan ramuan atau masker alami dari lengkuas dapat membuat wajah bebas dari masalah flek hitam yang sangat mengganggu penampilan.

Cara Memanfaatkan Lengkuas untuk Kecantikan :

Anda bisa menggosokan irisan lengkuas atau parutan lengkuas yang masih segar pada bagian kulit secara rutin 2-3 kali sehari untuk membantu menghilangkan noda hitam, jerawat ataupun bekas luka. Treatment alami dari lengkuas ini juga bagus untuk meremajakan kulit dan membuatnya nampak bersih bersinar.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Rumput Teki untuk Kesehatan, Kecantikan, Serta Efek Samping

Manfaat Lengkuas untuk Rambut :

1. Sebagai obat penyakit rambut

Manfaat lengkuas yang mungkin belum banyak diketahui oleh publik adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai obat Ayurvedic yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit yang berhubugan dengan kulit kepala dan juga rambut.

2. Membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Minyak alami yang diolah dari bahan dasar lengkuas bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan rambut. Bahan herbal ini juga efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah di bagian kepala dengan mengaplikasikannya pada area kepala. Dengan sirkulasi darah yang lancar maka rambut dapat tumbuh secara optimal. Selain itu, lengkuas juga mengandung asam lemak yang bermanaat untuk membantu rambut tipis. Anda bisa mengkombinasikan minyak lengkuas dengan minyak jojoba sebagai masker rambut alami untuk menumbuhkan rambut.

3. Sebagai perawatan rambut yang rapuh dan kering

Manfaat lengkuas bagi wanita khususnya dipercaya ampuh untuk merawat rambut rapuh dan kering. Lengkuas mengandung zinc, vitamin dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat akar rambut sekaligus menjadikannya nampak bersinar. Kandungan zat tersebut juga bagus untuk menjadikan rambut tidak rapuh dan kering.

4. Mencegah rambut bau

Ekstrak lengkuas diyakini dapat mengurangi dan mencegah bau rambut yang tidak enak. Akan tetapi harus digunakan secara teratur kalau tidak berkala, supaya rambut anda tidak bau.

5. Membasmi ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang umum terjadi pada kulit kepala. Ekstrak lengkuas bermanfaat sebagai antiseptik yang dapat menyingkirkan ketombe dan mencegahnya kembali lagi. Minyak lengkuas yang diterapkan pada kulit kepala sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan juga rambut anda.

Manfaat Lengkuas untuk Rambut Lainnya :

6. Mengatasi kerusakan rambut

7. Menjadikan rambut nampak berkilau dan halus

8. Mengatasi rambut rontok

Cara Memanfaatkan Lengkuas untuk Rambut :

Ambillah beberapa irisan lengkuas atau bisa juga diparut lalu digosokkan pada kulit kepala. Anda bisa mencampurkan parutan lengkuas dengan minyak zaitun untuk membasmi ketombe di kepala. Biarkan hingga sedikit kering lalu anda bisa keramas dengan shampo. Selain minyak zaitun anda juga bisa mengkombinasikan lengkuas dengan jus lemon yang sama ampuhnya sebagai cara mencegah rambut rontok dan menjaga kesehatan rambut.

Dosis Penggunaan Lengkuas :

  • Tanaman herbal ini dapat digunakan untuk pembuatan larutan ataupun ramuan tingtur (ramuan yang dibuat dari jahe, kayu manis, buah cengkeh, kapulaga atau lengkuas). Dosis harian yang dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan tingtur ini adalah sebanyak 6 gr.
  • Herbal lengkuas juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran teh. Anda bisa menggunakan ½ atau 1 sendok teh lengkuas yang sudah digiling beserta akarnya untuk secangkir teh. Dosis yang direkomendasikan untuk teh ini adalah 3 cangkir sehari dan sebaiknya diminum setengah jam sebelum anda makan.
  • Manfaat lengkuas yang diharapkan untuk membantu meningkatkan pencernaan bisa anda tempuh dengan menggunakan 20 tetes ramuan tingtur dan masukkan ke dalam 1 ml air mendidih atau hangat. Dosis yang direkomendasikan adalah 3 kali sehari. Bagi anda yang sering mabuk atau mual anda bisa memanfaatkan teh atau sekitar 250 mg akar lengkuas dengan aturan minum 2 kali sehari.

Efek Samping Lengkuas :

  • Lengkuas sebenarnya aman untuk digunakan sebagai obat tradisional jika sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Bagi anda yang mungkin menderita penyakit maag, maka anda sebaiknya menghindari konsumsi tanaman herbal ini karena lengkuas dapat memicu sekresi asam lambung.
  • Jika digunakan dalam dosis yang berlebihan, lengkuas juga dapat mengakibatkan halusinasi.
  • Dalam beberapa kasus, penggunaan lengkuas juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Beberapa gejala alergi yang muncul biasanya seperti gatal-gatal, ruam ataupun sesak napas.
  • Bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi ramuan dari lengkuas ini karena memiliki efek panas yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin dan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tanaman Bandotan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat yang diambil dari tanaman herbal lengkuas ini. Khasiat lengkuas selain digunakan sebagai bumbu dapur ternyata sering dipakai sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top