Connect with us
Lobak, Lobak Putih, Manfaat Lobak, Khasiat Lobak

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Lobak merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga kubis-kubisan. Bentuk fisiknya seperti wortel, tetapi kulit serta isinya berwarna putih. Bagian tanaman lobak yang dimanfaatkan sebagai sayuran yaitu umbinya. Sekarang, tak hanya lobak putih yang tersedia, kultivar warna merah, hitam, pink, kuning, abu-abu, dan ungu sudah tersedia di pasaran. Selain rasanya yang segar dan tawar, umbi sayue ini juga kaya manfaat dan khasiat untuk kesehatan serta kecantikan.

Lobak, Lobak Putih, Manfaat Lobak, Khasiat Lobak

Banyak kaum adam dan hawa yang telah membuktikan manfaat lobak untuk permasalahan kesehatan dan kecantikan. Setelah rutin mengkonsumsi, kulit terasa lebih kencang dan selalu terasa segar. Hampir 80% komponen umbi sayur ini yaitu air. Sisanya serat dan zat-zat gizi. Tak heran kalau sayuran ini banyak disukai oleh orang. Biasanya, jenis tanaman ini diolah menjadi masakan sup atau masakan berkuah lainnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Lobak :

Walaupun sebagian besar komponennya air, tapi kandungan gizinya sangat tinggi. Lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain: vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, beta karoten, niasin, mangan, kolin, asam folic, kalsium, zat besi, fosfor, asam oksalat, dan serat kasar.

Manfaat lobak untuk kesehatan :

1. Penawar racun-racun dalam tubuh (detoks)

Zat yang berperan sebagai penawar racun-racun dalam tubuh yaitu serat. Serat-serat inilah yang nantinya akan mengikat racun-racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Terutama senyawa-senyawa radikal bebas yang berpotensi menjadi sumber segala penyakit degeneratif.

Loading...

2. Mengurangi risiko penyakit kuning

Nama lain penyakit kuning yaitu ikterus. Si penderita akan menunjukkan gejala-gejala perubahan pigementasi pada kulit yang tampak kekuning-kuningan. Dengan terapi detoksifikasi darah, penyakit kuning bisa dikurangi. Bagian umbinya yang dikonsumsi akan membantu pengurangan kerusakan sel-sel darah merah di dalam tubuh penderita penyakit kuning.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat dan karbohidrat yang cukup tinggi membuat fungsi-fungsi pencernaan berjalan lancar. Serat-serat ini akan membantu gerakan usus peristaltik mendorong makanan ke usus besar. Serat-serat ini juga membantu penyerapan sari-sari makanan ke dalam tubuh.

4. Memperlancar buang air besar

Serat-serat yang ada di dalam sistem pencernaan akan mempertahankan kadar air dalam keadaan selalu seimbang. Ketika makanan yang sudah tak dibutuhkan oleh tubuh masuk ke dalam usus besar, dengan bantuan mikroba baik akan memperlancar feces keluar dari tubuh.

5. Mencegah gangguan prostat (kantung kemih)

Lobak bersifat diuretik alias memperlancar kita berkemih. Konsumsi tanaman ini secara rutin akan mempermudah keluarnya air kencing.

Manfaat lobak untuk kesehatan lainnya :

6. Mengobati gangguan prostat

7. Melangsingkan tubuh

8. Meredakan risiko penyakit kardiovaskular

9. Mencegah kanker

10. Mengatasi gangguan pernafasan

11. Meredakan alergi

12. Mencegah penyakit kencing manis

13. Menyehatkan kulit

14. Meredakan demam

15. Menjaga tubuh dari dehidrasi

16. Menjaga kesehatan hati

17. Mencegah sinusitas

18. Sebagai Antijamur

19. Antibakteri

20. Mengobati ambein atau wasir

21. Mengobati sinusitas

22. Mengatasi leukoderma

24. Penawar racun akibat gigitan serangga

25. Memperlancar pernafasan

26. Menurunkan demam

Cara Memanfaatkan Lobak untuk Kesehatan :

Pada umumnya lobak diolah menjadi sup atau masakan berkuah lainnya. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu tinggal mengiris-irisnya menjadi bentuk bundar atau oval. Boleh juga berbentuk dadu. Bila diolah menjadi sup, tinggal dimasukkan bersamaan dengan sayuran lain ketika air sudah mendidih. Bila ingin manfaatnya lebih terasa bisa diolah menjadi jus. Anda dapat memotong  kecil-kecil, lalu dilumat dengan blender. Tambahkan madu secukupnya, lalu diminum. jus lobak ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Lobak untuk Kecantikan :

1. Untuk menyembuhkan jerawat

Jerawat-jerawat bandel di wajah bisa sembuh berkat rajin konsumsi umbi sayur. Ini berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor, dan zinc. Dengan cara dibuat masker, proses pelenyapan jerawat lebih efektif. Zat antioksidan yang terkandung di dalam lobak akan membuang senyawa-senyawa tak berguna di sekitar jaringan berjerawat. Juga mencegah terjadinya infeksi oleh bakteri dan mikroorganisme penganggu.

2. Untuk mengatasi rambut rontok

Nutrisi yang terkandung di dalam umbi sayur ini mampu menguatkan akar-akar rambut. Selain itu akan membantu pelepasan sel-sel dan jaringan-jaringan kulit mati di kepala. Dengan demikian, rambut jauh dari ketombe maupun berminyak. Untuk memperoleh manfaat ini, lobak diolah menjadi bahan masker untuk rambut.

3. Mengencangkan kulit

Kandungan serat, vitamin, dan mineral akan menjaga sel-sel dan jaringan-jaringan kulit dari kerusakan. Lapisan terluar jaringan kulit akan terkelupas secara alami sehingga tergantikan dengan sel-sel dan jaringan-jaringan kulit baru. Walhasil kulit akan tampak kencang dan elastis.

4. Menambah kesegaran kulit

Di klinik kecantikan biasanya ditawarkan lulur berbahan lobak. Setelah luluran berbahan lobak ini, kulit akan terasa lebih segar dan sehat. Ini berkat peran zat-zat antioksidan yang berhasil memerangkap senyawa-senyawa radikal di jaringan kulit dan tubuh. Kulit akan lebih tampak cerah dan berseri-seri.

5. Melangsingkan tubuh

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan hampir semua wanita. Tak terkecuali laki-laki. Untuk menjaga bobot badan ideal, konsumsi rutin lobak bisa membantu program diet Anda. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat-serat yang ada di dalam umbi sayur ini akan lebih menitikberatkan pembentukan otot dibandingkan dengan pembentukan lemak.

Manfaat Lobak untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mempertahankan elastisitas kulit

7. Memutihkan kulit

8. Melenyapkan noda-noda hitam di kulit

9. Menghilangkan bau badan

10. Menghitamkan rambut

Cara Memanfaatkan Lobak untuk Kecantikan :

Lobak putih dilumat dengan alat blender. Bubur lobak ini dipakai sebagai masker di wajah yang berjerawat. Dengan pemakaian rutin tiap hari, jerawat akan lebih cepat kempis dan tak meninggalkan flek atau noda hitam. Barengi juga dengan mengkonsumsi lobak yang diolah menjadi aneka masakan. Hindari konsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak tinggi. Sup lobak sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang berjerawat.

Bubur lobak juga bisa dipakai untuk luluran ke sekujur tubuh. Luluran berbahan dasar umbi ini biasa dipraktekkan di klinik kecantikan dan spa. Dengan penambahan aroma wangi herbal lainnya seperti bunga lavender atau mawar akan menghilangkan bau khas lobak yang agak langu.

Cara Membuat Jus Lobak :

Bahan dan alat :

  1. Lobak putih 2 buah.
  2. Gula cair 80 ml.
  3. Air mineral secukupnya.
  4. Es batu secukupnya.
  5. Blender.

Cara membuat :

  1. Kupas kulit lobak, bersihkan, lalu dipotong kecil-kecil.
  2. Masukkan lobak, es batu, dan air ke dalam blender, lalu lumatkan sampai halus.
  3. Saring untuk membuang serat-serat yang kasar.
  4. Jus siap dikonsumsi.

Pilih lobak yang benar-benar berkualitas baik. Masih segar, bersih, masak, dan tak tampak terdapat bercak-bercak. Hal ini akan membuat rasa jus lebih nikmat, agak manis, dan terasa lebih segar.

Efek Samping Lobak :

Efek Samping Lobak

Efek samping umbi sayur ini yang bersifat negatif hanya dijumpai pada kasus-kasus tertentu. Misalnya saja, diduga berperan mendorong terjadinya toksoplasma. Si penderita akan mengalami gejala-gejala awal demam dan suhu tubuh di atas normal, mudah lelah, tegang di beberapa bagian otot. Hampir di sekujur tubuh terasa sakit dan pegal-pegal. Untuk menghindari efek samping ini, selalu jaga kehigienisan dan sanitasi dalam pengolahannya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kubis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat lobak yang bisa kita peroleh. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh, mengobati penyakit, dan kecantikan. Oleh karena itu, umbi sayur ini sangat dianjurkan selalu ada di setiap menu makanan harian Anda. Terlebih-lebih bagi Anda yang ingin selalu tampil bugar, segar, dan cantik.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top