Categories: Tanaman

40 Manfaat Aloe Vera untuk Pengobatan, Kulit, Rambut dan Wajah

Manfaat Aloe Vera – Aloe Vera mungkin sangat akrab bagi kita di Indonesia ini dengan sebutan lidah buaya, seperti yang kita tahu bahwa tumbuhan ini bisa digunakan untuk berbagai macam produk kecantikan dan tak ketinggalan dengan kesehatan. Lidah buaya ini memiliki bentuk memang mirip dengan lidah dan memiliki duri-duri kecil yang lentur. Teksture dalamnya seperti gel yang berwarna hijau.

Semakin banyaknya produk yang menggunakan lidah buaya ini tentu saja ini membuat kita menjadi penasaran mengenai apa saja kandungan, manfaat serta efek samping dari penggunaan aloe vera ini. Untuk Anda yang penasaran dengan hal tersebut yuk simak disini.

Kandungan Aloe Vera

1. Memiliki banyak Kandungan vitamin

Pada bagian dalam dagingnya, Aloe vera memiliki kandungan vitamin B, Asam folat, B12, C dan E. Vitamin B yang memiliki manfaat baik digunakan untuk saraf dan otot yang berguna untuk menghilangkan nyeri. Yang mengherankan dari tanaman yang satu ini yaitu kandungan B12 nya yang tinggi padahal pada umumnya yang Namanya vitamin B12 ini biasanya hanya pada bahan makanan dari hewani saja. Kemudian untuk kandungan vitamin C dan E yang terdapat pada lidah buaya ini bisa membangun imunitas dan kesehatan kulit serta system reproduksi.

2. Kandungan mineral lengkap

Aloevera ini mempunyai kandungan mineral yang cukup lengkap, yaitu mulai dari kalsium, kromium, selenium, sodium, magnesium, potassium mangan dan zink. Walaupun memiliki jumlah yang tidak banyak, namun dalam hal ini juga memberikan asupan yang sangat baik untuk kebutuhan dari mineral tubuh.

3. Tinggi degan antioksidan

Lidah buaya ini memiliki anti oksidan yang cukup tinggi, hal tersebut terdukung dengan adanya kandungan vitamin C dan E. fungsi dari keduanya yaitu sangat baik bagi tubuh yaitu anti oksidan. Dengan adanya kombinasi kandungan antioksidan dan vitamin tersebut mampu untuk melindungi kulit dengan baik dari adanya sinar UV.

4. Tinggi cairan

Perlu kita ketahui bahwa kandungan cairan yang terdapat di dalam lidah buaya tersebut sangatlah tinggi sekali. Nah dari sinilah sangat baik untuk kesehatan, kandungan yang dimilikinya bisa digunakan untuk menghidrasi tubuh serta kulit dan bisa melancarkan pencernaan. Keberadaan dari cairan pada aloe vera tersebut bisa dimanfaatkan untuk minuman ataupun digunakan masker untuk melembabkan kulit.

Manfaat Aloe Vera untuk Pengobatan Penyakit dan kesehatan

1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit

Kandungan ekstrak yang dimiliki oleh lidah buaya ini bisa untuk memberikan bantuan yang cepat dalam mengatasi masalah gatal serta terbakar. Hal tersebut terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan untuk regenerasi kulit.

2. Untuk Mengobati luka bakar

Gel dari Aloe vera ini mempunyai efek yang bisa melindungi kerusakan terhadap radiasi kulit. Hal tersebut sudah terbukti semenjak tahun 1959 di amerika serikat, material yang di kandung lidah buaya mampu untuk mencegah serangan sinar UV ke kulit.

3. Menyembuhkan luka

Lidah buaya juga mempunyai sifat antivirus, dan anti-inflamasi, sehingga ini bisa mempercapat dalam menyembuhkan serta mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah atau luka yang ada di mulut. Adanya Asam amino dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 serta vitamin C juga akan sangat membantu. Dalam hal ini salah satu manfaat vitamin B6, contohnya yaitu bisa bertindak sebagai pengobatan atas adanya rasa sakit alami serta bisa menciptakan antibodi yang bisa digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Aloe Vera untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Melembapkan rambut dan kulit kepala
5. Mengobati sembelit
6. Membantu sistem pencernaan
7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
8. Antioksidan dan mengurangi peradangan Aloe vera
9. Menurunkan gula darah

Manfaat Aloe Vera untuk Kulit

1. Untuk Mencegah kerutan

Untuk kamu yang ingin perawatan kulitmu tetap kencang dan terlihat awet muda maka bsa menggunakan lidah buaya ini sebagai salah satu komponennya. Adanya kandungan antioksidan yang terdapat di dalam gel lidah buaya bisa membantu untuk menjaga kelembapan pada kulit. Tak hanya itu saja gel ini juga bisa membuat terlihat awet muda. Lidah buaya juga bisa menjadi produk terbaik anti-penuaan.

2. Membuat kulit Lebih Bersinar

Selain bisa digunakan untuk merawat kulit untuk tidak kerut, lidah buaya juga sering digunakan sebagai pembersih wajah. Tahukah kamu jika gel lidah buaya ini dipercaya bisa menjadikan kulit wajah lebih bersinar.

3. Jerawat

Tak dipungkiri bahwa jerawat menjadi sebagai salah satu pemasalahan yang sering menjengkelkan. Lidah buaya ini bisa untuk menangani jerawat, Anda bisa mengambil bagian dalam lidah buaya, kemudian Anda bisa menghaluskan dan oleskan pada kulit sebelum tidur. Selain jerawat hilang, maka dalam hal ini kulit juga akan menjadi lembut.

Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Lainnya

4. Pelembab
5. Flek atau bintik hitam
6. Melawan penuaan
7. Meringankan noda

Manfaat Aloe Vera untuk Rambut

1. Menghitamkan Rambut

Tahukah kamu jika warna hitam rambut bisa memudar menjadi kemerahan ketika banyak terkena sinar matahari? Sehingga menjadikan rambut tidak terlihat indah. Maka dari itu untuk menghitamkan rambut Anda kembali, Anda bisa menggunakan aloevera yang dalam langkah pengaplikasiannya dengan dijadikan sebagai masker rambut.

2. Memberi Kilau Pada Rambut

Mempunyai rambut yang hitam saja tentunya tidaklah cukup, namun rambut juga harus menunjukkan kilau alaminya sehingga menjadi terlihat sangat sehat dan tidaklah kusam.

3. Melembabkan dan Menghaluskan Rambut

Kalau rambut yang Anda miliki terasa kasar, maka ini menjadi salah satu masalah juga. Biasanya rambut yang kasar tersebut disebabkan oleh adanya rambut yang kering, kemudian juga dengan kurangnya kelembaban dari rambut. Dalam hal ini lidah buaya memiliki manfaat conditioner rambut secara alami. Dalam hal ini tentunya untuk masalah keadaan rambut yang kering dapat Anda atasi dengan menggunakan lidah buaya yang mempunyai sifat melembabkan sebagai salah satu cara untuk mengatasi rambut yang kering secara alami. Biasanya rambut kering ini bisa jadi merupakan sebagai salah satu tanda dari adanya bahaya rebonding rambut atau adanya bahaya smoothing rambut.

Manfaat Aloe Vera untuk Rambut Lainnya

4. Mengatasi Ketombe
5. Mencegah Rambut Rontok
6. Mengatasi Rambut Berminyak
7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat Aloe Vera untuk Wajah

1. Menghilangkan Bekas Jerawat dan Bekas Luka
2. Mencerahkan Kulit Wajah
3. Melembapkan Kulit
4. Menghilangkan Komedo
5. Menjaga Kulit Awet Muda
6. menghilangkan flek hitam
7. sebagai pembersih Make Up Alami
8. Sebagai Pimer Make Up

Efek Samping Aloe Vera

1. Sebabkan alergi kulit
2. menurunkan gula darah
3. Komplikasi pada kehamilan dan menyusui
4. Toksisitas hati
5. Gagal ginjal
6. Ketidakseimbangan elektrolit
7. Ketidaknyamanan perut
8. Wasir

Baca Juga: Manfaat Binahong untuk Pengobatan, Wajah, Pencernaan dan Luka

Aloe Vera atau yang kita kenal dengan sebutan lidah buaya, memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, kecantikan dan berbagai manfaat yang lainnya. Jika Anda ingin menggunakannya tentu mendapatkannya sangat mudah, karena sebenarnya tanaman tersebut sangat mudah tumbuh disekitar kita.

Namun berbagai informasi yang kami sampaikan mengenai masalah pengobatan dan berbagai hal lainnya. Jikalau Anda coba kemudian belum menghasilkan hasil yang maksimal sesuai yang Anda harapkan maka Anda bisa konsultasi ke dokter yang ahlinya.

Share
Tags: Aloe Vera

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago