Connect with us

40 Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan, Wajah, Telinga dan Jerawat

Tanaman

40 Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan, Wajah, Telinga dan Jerawat

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih atau disebut juga dengan garlic, merupakan jenis tanaman yang masuk dalam genus Allium atau genus bawang. Meskipun lebih sering digunakan sebagai bumbu makanan, namun manfaat bawang putih juga bisa dipergunakan untuk pengobatan. Tanaman satu ini dalam literatur disebutkan berasal dari wilayah Asia Tengah dan Timur Laut Iran. Namun kini, bawang putih telah menyebar di seluruh wilayah di dunia.

Bawang Putih, Manfaat Bawang Putih, Khasiat Bawang Putih

Manfaat bawang putih ini di beberapa wilayah tidak hanya digunakan untuk penyedap rasa saja, terkadang juga dimanfaatkan sebagai olahan suplemen untuk kesehatan. Umbi dari bawang putih ini tak jarang juga dikonsumsi dalam keadaan mentah, hanya saja lantaran rasa serta baunya yang menyengat banyak orang yang tidak menyukainya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Putih

Di dalam 100 gr bawang putih, terdapat kandungan kalori sebesar 149 kcal (623 kJ) dengan persentase AKG (Angka Kecukupan Gizi) 7,5%. Selain itu juga mengandung karbohidrat sebesar 33,06 gr (AKG=25%), air 14,2 gr, protein 6,36 gr (AKG=11%), gula 1 gr, lemak 0,5 gr (AKG=2%), dan serat 2,1 gr (AKG=5,5%).

Selain itu bawang putih juga mengandung beberapa vitamin seperti Vit A, Vit C, Vit D, Vit E, Vit K. Adapun vitamin lainnya yang terkandung dalam tanaman genus bawang ini adalah Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Panthothetic Acid), Vitamin B6 (Folat). Di dalam bawang putih juga bisa ditemukan Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Potassium (Kalium), Selenium, Sodium,serta Zinc (Seng).

Loading...

Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan Penyakit

Bawang putih sejak dahulu sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk pengobatan penyakit seperti di bawah ini:

1. Mengobati Sakit Gigi

Jika Anda tengah mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada bagian gigi, mengunyah bawang putih mentah akan sangat membantu untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan bawang putih mampu membunuh dan mencegah bakteri pembusuk yang ada di dalam gigi. Kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya juga berguna untuk menguatkan tulang dan gigi.

2. Mengobati Sakit Pada Jantung

Mengunyah bawang putih mentah juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi masalah pada jantung. Kandungan Allicin yang ada di dalam tanaman satu ini berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah. Dengan kadar kolesterol yang terjaga dengan baik dalam darah dapat mencegah masalah pada jantung, serta mencegah penyakit stroke.

3. Mengobati Masalah Pembekuan Darah

Salah satu manfaat bawang putih lainnya adalah mencegah pembekuan darah. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat membersihkan arteri serta vena. Sifat lainnya yang dimiliki oleh bawang putih adalah membantu melancarkan aliran darah, serta meningkatkan produksi oksida nitrat yang ada di dalam darah.  Dengan tingginya kadar oksida nitrat akan membuat pembuluh darah lebih lebar dan kemudian melarutkan pembekuan darah.

Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan Lainnya

Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk pengobatan lainnya:

4. Mencegah penyakit kanker.

5. Membantu tubuh untuk mengatasi inflamasi atau peradangan.

6. Mengatasi sakit pada tenggorokan.

7. Membantu menurunkan kadar gula darah.

8. Mengobati infeksi yang terjadi pada paru-paru.

9. Mengobati dan mencegah keputihan datang kembali.

10. Mencegah penyakit alzeimer.

11. Mencegah penyakit demensia.

12. Mengobati penyakit sinusitis.

13. Mengobati psoriasis

Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Umumnya wajah mampu melakukan pengelupasan alami terhadap sel kulit mati. Namun, pada beberapa orang proses pengelupasan tersebut tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Kandungan pada bawang putih dapat membantu dalam proses pengangkatan sel kulit yang telah mati agar mudah terjadi proses regenerasi kulit. Penggunaannya pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih lalu dicampur dengan yogurt dan dijadikan sebagai masker.

2. Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Merasa kesal karena banyak noda hitam di wajah sehingga Anda tidak percaya diri? Dengan menggunakan masker secara rutin yang dibuat dari bawang putih dan diaplikasikan pada wajah selama kurang lebih 10 menit, noda hitam akan menghilang. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi Proses Penuaan Dini

Terkadang terlalu lama beraktivitas di luar rumah, wajah akan terpapar sinar matahari yang dapat merusak kulit. Biasanya ditandai dengan kerutan di wajah yang tidak semestinya, atau wajah terlihat kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengoleskan masker bawang putih yang telah dicampur dengan tomat. Lakukan secara rutin yakni dua minggu sekali, agar kulit tetap kencang.

Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah Lainnya

4. Mengatasi jerawat.

5. Mencerahkan kulit wajah.

6. Mengobati bekas gigitan serangga pada bagian wajah.

7. Mengurangi komedo.

8. Mengecilkan pori-pori wajah.

9. Mengatasi infeksi kulit di wajah.

10. Sebagai anti oksidan.

Manfaat Bawang Putih Untuk Telinga

1. Menghilangkan Nyeri Di Telinga

Jika Anda sering merasakan tidak nyaman pada bagian telinga atau bahkan merasakan nyeri, menggunakan bawang putih akan membantu untuk mengatasi hal tersebut. Anda cukup meletakkan bawang putih di dekat telinga ketika hendak tidur, dan biarkan sampai pagi.

2. Menyembuhkan infeksi

Infeksi yang terjadi pada bagian telinga biasanya diakibatkan oleh bakteri atau debu yang terbawa masuk ke dalam telinga bagian tengah. Anda dapat mengatasi hal ini dengan meletakkan bawang putih pada bagian daun telinga, dan biarkan dalam waktu yang lama.

3. Mengurangi Radang Telinga

Kandungan bawang putih yang bersifat sebagai anti peradangan atau inflamasi, dapat membantu untuk mengatasi radang di bagian tersebut serta mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh pembengkakan akibat radang.

Manfaat Bawang Putih Untuk Telinga Lainnya

4. Membantu mengeluarkan kotoran pada telinga.

5. Membantu mengatasi otitis interna.

6. Mengatasi penyakit otitis externa.

7. Mengatasi meniere.

Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

Salah satu manfaat bawang putih untuk kecantikan adalah membantu menghilangkan jerawat yang ada pada wajah atau bahkan punggung. Anda cukup mengoleskan bawang putih ke bagian jerawat secara perlahan-lahan, dan keesokan harinya jerawat akan kering dan kempes.

Ini disebabkan oleh kandungan bawang putih yang mampu untuk mengurangi peradangan, serta anti oksidannya yang mampu menangkal radikal bebas yang menempel pada wajah

Efek Samping Bawang Putih

Di bawah ini beberapa efek samping dari penggunaan bawang putih yang berlebihan:

  • Menyebabkan diare
  • Melukai organ hati
  • Pendarahan
  • Maag akut
  • Menimbulkan ruam
  • Pusing sekaligus menimbulkan sakit kepala
  • Mual dan muntah

Beberapa kegunaan bawang putih untuk kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebagai bumbu pelengkap dapur saja, namun juga dapat digunakan sebagai pengobatan, serta untuk kecantikan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Akan tetapi, mengonsumsi bawang putih yang terlalu banyak justru akan menimbulkan efek samping seperti telah disebutkan sebelumnya. Itu sebabnya pastikan Anda mengonsumsi dengan bijak, agar manfaat bawang putih dapat dirasakan secara maksimal.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top