Connect with us

30 Manfaat Jahe untuk Pengobatan, Wajah, Tubuh, dan Diet

Tanaman

30 Manfaat Jahe untuk Pengobatan, Wajah, Tubuh, dan Diet

Manfaat Jahe – Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang tumbuh di indonesia yang merupakan jenis tanaman akar. Dimana rempah-rempah ini memiliki rasa yang pedas dan akan terasa hangat ketika di konsumsi. Tanaman ini sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari India, tetapi sekarang ini sudah dibudidayakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri menggunakan tanaman rempah ini untuk minuman dan juga untuk melengkapi bumbu masakan.

Manfaat Jahe, Khasiat Manfaat Jahe, Wedang Jahe, Jahe Putih, Jahe Merah

Tahukah kalian bahwa selain bisa digunakan untuk melengkapi masakan dan minuman jahe ini menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Pastinya banyak dari kalian yang tidak mengetahui mengenai manfaat yang terkandung dalam tanaman rimpang tersebut. Oleh sebab itu kita bahas secara tuntas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jae baik itu manfaatnya atau juga kandungan nutrisi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jahe

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya tanya mengenai mengapa jahe memiliki banyak sekali manfaat. Oleh sebab itu penting sekali untuk kalian mengetahui mengenai apa saja kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada tanaman obat tersebut. Tanaman rempah ini mengandung kalori, karbohidrat dan protein yang tentunya sangat baik untuk tubuh manusia.

Selain itu jahe juga mengandung air, gula, serat, lemak dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B5 dan B9. Dimana seperti yang kalian tahu bahwa vitamin merupakan salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan gizi lain yang terdapat pada tamanan obat ini yaitu kalsium yang bags untuk tulang dan gigi. Zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium yang pastinya juga berguna untuk tubuh manusia. Dengan kandungan yang lengkap tersebut maka tidak heran apabila jae merupakan salah satu makanan yang sehat.

Loading...

Manfaat Jahe untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengatasi masalah pencernaan

Perlu kalian tahu bahwa kandungan phenolic yang terdapat pada jahe sangat berguna untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal dan berguna juga untuk meredakan masalah pencernaan. Dengan mengkonsumsi rempah-rempah maka akan berguna untuk mengeluarkan berbagai gas dalam tubuh.

2. Mengurangi mual

Manfaat jahe sebagai obat juga berguna untuk mengurangi mual yang sering di alami oleh banyak orang. Maka dari itu konsumsilah halia setiap hari agar rasa mual dalam perut berkurang.

3. Mencegah kanker

Manfaat jahe juga berguna untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Di salam bahing terdapat kandungan gingerol dan phytonutrient yang berkhasiat mencegah terjadinya kanker.

Manfaat Jahe untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Anti peradangan.

5. Membantu proses detoksifikasi.

6. Mencegah penyakit kulit.

Manfaat Jahe untuk Wajah

1. Mengatasi minyak

Perlu kalian tahu apabila sekarang ini memiliki masalah dengan wajah berminyak maka kalian bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan 4 sendok air jahe, satu sendok bubuk kayu manis dan satu sendok bubuk pala. Setelah itu kalian bisa mengaduk rata campuran bahan tersebut. kemudian kalian bisa menggunakan bahan tersebut sebagai masker. Diamkan selama 30 menit setelah itu kalian bisa membilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan bekas luka

Perlu kalian tahu bahwa dengan menggunakan perasan air jahe maka kalian bisa menggunakannya sebagai penghilang bekas luka. Karena dalam air rempah-rempah tersebut terkandung antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menghilangkan bekas luka tersebut.

3. Menghilangkan kantung mata

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan kantung mata maka kalian bisa menggunakan sipodeh untuk menghilangkan kantung mata tersebut. Cara penggunaan sangatlah mudah yaitu dengan mengusap atau mengkompres kantung mata dengan menggunakan waslap dengan perasan air jahe. Lakukan secara rutin dan dapat dipastikan bahwa kantung mata kalian akan menghilang.

Manfaat Jahe Untuk Wajah Lainnya

4. Mengangkat sel kulit mati.

5. Mengatasi jerawat.

6. Menghilangkan bitnik hitam.

7. Mencegah penuaan dini.

Manfaat Jahe Untuk Tubuh

1. Menyehatkan otak

Apabila sekarang ini kalian ingin menyehatkan otak maka kalian bisa mengkonsumsi jahe sebagai penyehat otak. Karena menurut penelitian yang di lakukan ternyata dalam tanaman obat ini juga bermanfaat untuk menghambat proses peradangan yang terjadi pada otak. Dengan begitu secara otomatis fungsi otak akan meningkat selain itu fungsi kognitif otak juga akan bertambah. Selain itu stress oksidatif penyebab penyakit dimensia juga akan menurun.

2. Mengontrol kadar gula darah

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi jahe setiap hari memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Karena manfaat tanaman herbal ini akan mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid dalam tubuh. Selain itu jae juga memiliki efek perlindungan yang kuat untuk para penderita diabetes.

3. Menjaga tekanan darah

Jahe juga sangat berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Tentunya hal ini akan sangat berguna khusunya bagi kalian yang sekarang ini sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi jae secara teratur sesuai dengan kadar yang telah ditentukan. Maka akan berdampak positif pada tekanan darah yang tetap stabil.

Manfaat Jahe Untuk Tubuh

4. Mengatasi mual dan muntah.

5. Menyembuhkan migrain / sakit kepala sebelah.

6. Mengurangi nyeri otot.

7. Berkhasiat untuk osteoarthritis

Manfaat Jahe untuk Diet

1. Memperlancar sistem pencernaan

Perlu kalian tahu bahwa dengan meminum teh jae dua sampai tiga kali sehari maka akan berguna untuk membantu anda dalam menjalankan program diet. Karena jae merupakan salah satu rempah yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan. Sehingga ketika sistem pencernaan anda baik maka metabolisme tubuh juga akan ikut membaik.

2. Menurunkan nafsu makan

Apabila kalian ingin melakukan progam diet maka kalian bisa mengunyah irisan jahe beberapa menit sebelum kalian makan. Atau kalian juga bisa mengkonsumsi jae parut dengan di campur dengan lemon. Karena dengan rutin mengkonsumsi jae sebelum makan akan berguna untuk mengurangi nafsu makan seseorang.

3. Menimbulkan rasa kenyang lebih lama

Perlu kalian tahu bahwa kandungan protein, serat dan karbohidrat yang tinggi yang terkandung dalam jahe tentunya akan membuat kalian bisa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu bagi kalian yang sedang dalam progam diet maka kalian bisa mengkonsumsi jae .

Manfaat Jahe Untuk Diet Lainnya

4. Mudah untuk dikonsumsi oleh setiap orang

Efek Samping Jahe

  1. Sakit perut
  2. Perut kembung dan terasa panas
  3. Mulas
  4. Diare

Selain berbagai efek samping tersebut tentunya akan membuat kalian lebih berhati hati. Namun perlu kalian tahu bahwa dibandingkan dengan efek samping yang di timbulkan tentunya efek positifnya masih jauh lebih banyak apabila kalian mengkonsumsinya secara benar. Perlu kalian ingat bahwa apabila kalian mengkonsumsi jahe maka jangan sampai melebihi 4 gr per hari.

Berbagai manfaat jahe secara lengkap sudah kami paparkan agar berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Akan lebih aman lagi apabila kalian ingin mengkonsumsi jae maka kalian konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top