Categories: Tanaman

50 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan, Diet, dan Ibu Hamil

Manfaat Kacang Tanah – Kacang Tanah, Siapa tak kenal kacang tanah? Tanaman ini termasuk kedalam jenis pohon perdu dengan susunan daun majemuk yang berasal dari Amerika. Dalam ilmu biologi tanaman ini masuk kedalam suku Fabaceae atau tanaman polong-polongan dengan nama latin Arachis hypogeae.

Kacang tanah menjadi tanaman yang dibudidayakan oleh petani dalam skala yang besar, hingga jumlahnya mencapai peringkat kedua dari kedelai di Indonesia. Tanah yang subur dan gembur membuat petani Indonesia mendapatkan keuntungan dari budidaya tanaman ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Tanah

1. Energi sebesar 525 kilokalori
2. Protein sebanyak 27,9 gram
3. Karbohidrat sebanyak 17,4 gram
4. Lemak sebanyak 42,7 gram
5. Kalsium sebnyak 315 miligram
6. Vitamin A 0 IU
7. Vitamin B1 Sebanyak 0,3 miligram
8. Vitamin B6
9. Vitamin C sebanyak 03
10. Vitamin D
11. Vitamin E
12. Vitamin K
13. Senyawa antioksidant
14. Asam foalat
15. Zat Besi
16. Kalium
17. Gula
18. Natrium
19. Fosfor
20. Air

Manfaat Kacang Tanah untuk Pengobatan Penyakit

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan alat untuk peredaran darah bagi hewan dan manusia. Mengkonsumsi kacang tanah bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung, salah satunya menghindari penyakit kardiovaskuler. Penyakit ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, stroke, bahkan kematian.

Ini bisa terjadi pada laki-laki atau perempuan, usia muda atau pun tua, gaya hidup sederhana atau pun mewah, dan pengobatannya itu memerlukan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi kacang ini dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah, karena adanya kandungan magnesium yang mampu menurunkan penyumbatan pembuluh darah sehingga kesehatan jantung terjaga.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh dari Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang terjadi karena kondisi kadar kolesterol melebihi jumlah normal. Kolesterol ditemukan dalan lemak darah yang berupa zat lilin yang berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat. Namun jika kadar kolesterol dalam darah tinggi maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyakit jantung. Maka dari itu dengan mengkonsumsi kacang tanah yang memiliki kandungan lemak jenuh sangat baik untuk tubuh dalam menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Kandungan kacang ini kaya dengan kalsium serta lemak, sehingga dengan mengkonsumsi-nya maka mampu menjaga keseimbangan gula darah. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok untuk penderita penyakit diabetes.

Manfaat Kacang Tanah untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Menjaga kesehatan tulang
5. Mempercepat pertumbuhan hormon pria dan wanita
6. Mencegah keriput kulit
7. Mengurangi depresi
8. Melindungi tubuh dari penyakit kanker
9. Membantu pertumbuhan pada rambut
10. Menjaga kesehatan empedu
11. Sebagai sumber energi tinggi

Manfaat Kacang Tanah untuk Diet

1. Mencukupi Kebutuhan Energi

Tubuh memerlukan energi untuk melakukan semua aktivitasnya. Energi didapatkan dari asupan makanan yang kita makan. Salah satu makanannya yaitu kacang tanah yang mampu mencukupi kebutuhan energi. Makanan ini merupakan makanan yang rendah kalori sehingga jika terus menerus dikonsumsi tidak perlu khawatir dapat meningkatkan berat badan, karena kalori tersebut jika dalam jumlah berlebih dapat diubah jadi lemak.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan sebuah proses pengolahan makanan yang diserap oleh tubuh sehingga menghasilkan energi, prosesnya melewati serangkaian proses kimia yang dibantu oleh enzim. Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara teratur maka dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita, membakar lemak yang lebih serta membakar kalori yang menumpuk pada tubuh.

3. Membuat Cepat Merasa Kenyang

Ngemil merupakan kebiasaan remaja atau pun dewasa sehingga menyebabkan kegemukan karena cemilannya tidak mengenyangkan. Maka dengan konsumsi kacang yang kaya akan serat ini, membuat kita cepat merasa kenyang dan menghindarkan kita untuk ngemil berlebih yang bisa menyebabkan kegemukan.

Manfaat Kacang Tanah untuk Diet Lainnya

4. Menjaga kesehatan gula darah
5. Sebagai cemilan sehat

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

1. Sebagai Sumber Mineral

Mineral sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin. Mineral dibutuhkan guna menjalankan aktivitas sel atau otot. Selain itu mineral dapat menunjang kerja organ dan aktivitas sel. Maka dari itu, ketika ibu hamil mengkonsumsi kacang maka kebutuhan mineral akan terpenuhi untuk ibu dan anak dalam menjalankan aktivitasnya.

2. Memenuhi Kebutuhan Folat

Asam folat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan organ pada janin. Maka dari itu ibu hamil penting mengkonsumsi asam folat darimulai trimester pertama demi tumbuh kembang janin dengan sempurna.

3. Mencegah dari penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat rentan terhadap ibu hamil, resiko nya bukan hanya terhadap ibunya tetapi juga terhadap janin nya. Penyakit diabetes ini mungkin akan sembuh setelah proses persalinan, namun disisi lain ketika ibunya sehat anaknya belum tentu sehat. Maka dari itu sebagai ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih cemilan. Alah satu makanan yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu kacang tanah, kacang ini memiliki kandungan folat tinggi untuk pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang.

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Cemilan sehat

Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Menyusui

1. Meningkatkan kualitas ASI

Betul kata pepatah orang tua, ketika sudah melahirkan harus makan kacang tanah supaya ASI nya banyak. Hal ini karena kandungan vitamin, mineral dan lemak pada kacang sangat tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi kacang saat sesudah melahirkan dapat meningkatkan produksi ASI. Ketika ASI bagus maka bayi pun akan sehat. Kandungan protein kacang sangat tinggi dapat membantu ASI keluar banyak saat setelah melahirkan, sehingga ibu menyusui tidak perlu suplemen khusus ataupun pijat laktasi.

2. Mengatasi Baby Blues

Seorang ibu setelah melahirkan terkadang mengalami baby syndrom atau pun kondisi kesiapan ibu dalam keluarga terutama dalam mengurus si kecil. Kejadian seperti itu disebabkan oleh penurunan hormon secara serentak ketika melahirkan, maka dari itu untuk memulihkan kembali hormon dapat mengkonsumsi kacang tanah yang mampu mengembalikan kembali hormon.

3. Sumber Energi Untuk Tubuh Ibu

Seorang ibu menyususi mudah lapar, karena menyusui bukanlah pekerjaan yang mudah tetapi membutuhkan energi yang tinggi, sehingga seorang ibu membutuhkan cemilan. Cemilan yang proses menjadi energi-nya cepat salah satunya kacang tanah, kacang ini kaya akan protein, mineral, dan lemak sehingga mampu menghilangkan rasa lapar dan memproduksi ASI dalam jumlah banyak.

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Menyusui

4. Menjaga kadar gula normal
5. Menurunkan berat badan
6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat Kacang Tanah Untuk Pencernaan

1. Memperlamat Pencernaan

Makanan menjadi sumber utama untuk masalah pencernaan, ketika memakan makanan yang sehat makan pencernaan akan normal. Namun sebaliknya ketika makanan yang kita konsumsi kurang sehat seperti makanan berminyak, makanan peda itu semua akan mempercepat proses pencernaan sehingga menyebabkan penyakit.

2. Memberi Rasa Kenyang

Kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi kacang dapat memberikan rasa kenyang yang cepat.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan penyakit dimana tinja seseorang mengalami pengerasan, sehingga susah untuk buang air besar dan menyebabkan kesakitan yang hebat bagi penderitanya. Penyebab sembelit yaitu kurang mengkonsumsi serat dan air. Maka dari itu kacang yang tinggi akan serat dapat mencegah penyakit sembelit.

Manfaat Kacang Tanah untuk Pencernaan

4. Mengurangi perut kembung

Efek Samping Kacang Tanah

1. Alergi
2. Keracuanan Alfatoksin
3. Menghambat penyerapan nutrisi
4. Kontaminasi mikroba
5. Demam Typoid
6. Kanker Hati
7. Radang Reumatik
8. Penyakit Jantung

Baca Juga: Manfaat Okra untuk Pengobatan, Jantung, Paru, Wajah dan Mata

Demikianlah manfaat kacang tanah untuk kehidupan, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan wawasan untuk pengobatan penyakit yang di alami.

Namun di sisi lain tetap saja ada dampak negatifnya, maka dari itu dalam mengkonsumsi kacangnya harus dalam takaran normal.

Share
Tags: Kacang Tanah

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago