Connect with us

53 Manfaat Kentang Untuk Pengobatan Penyakit, Wajah, Kulit dan Diet

Tanaman

53 Manfaat Kentang Untuk Pengobatan Penyakit, Wajah, Kulit dan Diet

Manfaat Kentang – Apa yang terbersit dipikiran anda jika berbicara tentang manfaat kentang? Seperti yang kita tahu, kentang merupakan tanaman dan salah satu bahan pangan yang mengandung karbohidrat. Tak hanya itu, umbi ini juga menjadi makanan pokok di beberapa Negara karena bisa menjadi alternatif sumber energi pengganti nasi dan gandum.

Kentang, Manfaat Kentang, Khasiat Kentang

Di Indonesia, kentang juga merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Umbi ini bisa diolah menjadi lauk ataupun sebagai cemilan. Namun sangat disayangkan, tak banyak orang yang tahu bahwa kentang memiliki banyak manfaat. Kentang ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, umbi ini juga bisa digunakan untuk kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kentang

Dalam 100 gram kentang mengandung 87 kalori, 20,1 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 0,1 gram lemak, 1,9 gram protein, dan tidak mengandung kolesterol. Tak hanya itu, 100 gram kentang bisa memenuhi 2% kebutuhan kalsium, 51% vitamin C, 30% vitamin B6, 9% zat besi, 25% kalium dan 12% magnesium dalam sehari.

Kentang juga mengandung niasin, fosfor, zinc, kolin, asam folat. Kentang yang telah dimasak dan didinginkan akan membentuk enzim amylose. Enzim ini sulit dicerna oleh lambung dan usus halus namun bisa menjadi makanan untuk bakteri baik di dalam usus besar.

Loading...

Kandungan garam yang terdapat dalam kentang hanya sebanyak 13 gram atau kurang dari 1% asupan garam yang dianjurkan. Namun, olahan lainnya seperti kentang goreng atau keripik kentang mengandung kadar garam yang lebih tinggi.

Manfaat Kentang untuk Pengobatan Penyakit

1. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat kentang yang pertama yaitu mencegah penyakit kanker. Kentang mengandung banyak antioksidan serta vitamin A yang sangat ampuh menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker.

Jairan Vanamala, seorang profesor dan pakar kesehatan asal Amerika menyatakan bahwa kentang mengandung senyawa bioaktif, anthocyanin dan asam fenolik yang mana senyawa-senyawa tersebut dapat mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh. Senyawa-senyawa tersebut juga dapat bekerja hingga tingkat molekul sehingga bisa menjadi langkah awal untuk membuat obat penyakit kanker.

2. Mengatur Tekanan Darah

Kentang juga bisa membantu menyeimbangkan tekanan darah sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi. Kandungan kentang yang berperan dalam hal ini ialah kalium. Kadar kalium dalam kentang lebih banyak dibandingkan kadar kalium yang terdapat dalam pisang.

Kalium sendiri merupakan salah satu mineral yang dapat melebarkan ukuran pembuluh darah yang sempit yang secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah. Selain kalium, kentang juga banyak mengandung magnesium dan kalsium yang dapat menstabilkan tekanan darah agar tetap dalam bataas normal. Tak hanya itu, kentang juga mengandung senyawa kukoamines yang juga berperan menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi pada dasar bukan suatu penyakit. Namun dengan tingginya kadar kolesterol, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, hipertensi, stroke, dan penyakit jantung. Untuk menjaga agar kolesterol dalam batas normal, banyak orang yang menghindari makanan berlemak tinggi.

Salah satu bahan makanan yang mampu menurunkan kolesterol ialah kentang. Hal ini karena kentang mengandung potasium yang cukup tinggi. Untuk menjaga kolesterol, sebaiknya jangan mengonsumsi kentang yang digoreng. Umbi ini lebih baik diolah dengan cara direbus, karena lebih aman untuk dikonsumsi.

Manfaat Kentang untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mencegah Kerusakan Gigi

5. Mencegah Kekurangan Vitamin C

6. Mencegah Penyakit Jantung

7. Menjaga Kesehatan Tulang

8. Mencegah Alzheimer

9. Melancarkan Pencernaan

10. Mencegah Insomnia

11. Anti Inflamasi

12. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat Kentang untuk Wajah

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat pada umumnya kerap menyerang usia remaja. Selain itu, orang yang mengalami stres juga berpotensi mengalami jerawat. Jerawat memang bukan suatu penyakit yang mematikan, namun cukup mengganggu penampilan. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan memanfaatkan kentang. Kentang bersifat antibakteri dan mengandung alkali tinggi yang mampu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan kentang sangat mudah, cukup siapkan satu buah, kemudian potong tipis-tipis. Cuci kentang yang sudah diiris, lalu tempelkan keseluruh wajah hingga berwarna kehitaman. Lakukan perawatan wajah dengan kentang setiap hari sampai jerawat benar-benar hilang.

2. Menghaluskan Kulit

Selain menghilangkan jerawat, kentang juga bisa menghaluskan kulit wajah. Kentang mengandung vitamin C san senyawa lainnya yang mampu menutrisi kulit agar menjadi lebih halus. Untuk menghaluskan kulit wajah, gunakan kentang sebagai masker wajah alami. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, anda juga bisa mengonsumsi kentang rebus.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kentang lainnya yaitu sebagai anti aging. Kentang mengandung vitamin A dan Vitamin C yang sangat ampuh untuk meregenerasi sel kulit, sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Gunakan kentang sebagai masker secara rutin untuk menyamarkan kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

Manfaat Kentang untuk Wajah Lainnya

4. Mengatasi Jerawat

5. Mecerahkan Wajah

6. Mengatasi Kantung Mata

7. Regenerasi Sel Kulit

8. Menghilangkan Flek Hitam

9. Menghilangkan Bekas Jerawat

10. Melindungi Wajah Dari Sinar Ultraviolet

11. Melembabkan Wajah

12. Memutihkan Wajah

13. Mengencangkan Kulit Wajah

14. Mendinginkan kulit wajah

15. Mengatasi Kulit Kusam

16. Memutihkan Wajah

Manfaat Kentang untuk Diet

1. Mengatasi Rasa Lapar

Kentang sangat tinggi akan karbohidrat yang merupakan sumber energi. Mengonsumsi kentang dapat memberi efek kenyang yang lebih lama karena patinya akan memenuhi perut. Dengan begitu, bagi anda yang sedang menjalani program diet akan lebih menahan diri untuk mengonsumsi lebih banyak makanan lainnya. Untuk mendukung program diet, kentang sebaiknya direbus atau dipangang. Hindari mengonsumsi kentang goreng karena mengandung lebih banyak lemak.

2. Menghilangkan Lemak

Kentang memang makanan yang baik sebagai teman diet karena dapat membantu menurunkan berat badan. Karena kentang memiliki kandungan yang dapat menyerap lemak yang menumpuk dan membuangnya melalui kotoran.

3. Sumber Energi

Orang yang sedang menjalani program diet tentunya membutuhkan energi yang cukup. Karbohidrat yang terkandung dalam kentang dapat menjadi sumber energi selama program diet. Dengan begitu, anda tidak akan merasa lemas dan tetap dapat beraktivitas seperti biasanya.

Manfaat Kentang untuk Diet Lainnya

4. Mencukupi kebutuhan serat

5. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

6. Menjaga tubuh tetap sehat

Manfaat Kentang untuk Kulit

1. Mengobati kulit akibat terbakar matahari

2. Mencerahkan kulit tubuh

3. Mengangkat sel-sel kulit mati

4. Meningkatkan produksi kolagen

5. Melembabkan kulit tubuh

6. Sebagai scrub alami

Manfaat Kentang Rebus

1. Melancarkan pencernaan

2. Sumber energi

3. Mengandung serat

4. Mengontrol berat badan

5. Sumber kalium

6. Sumber protein

7. Memberi rasa kenyang

8. Menunjang program diet

Manfaat Kentang Goreng

1. Mengatasi kerontokan rambut

2. Sumber karbohidrat

3. Meredakan stres

4. Mencegah sembelit

5. Mengontrol nafsu makan

Efek Samping Kentang

1. Menyebabkan kanker

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

3. Menyebabkan diabetes

4. Meningkatkan tekanan darah

5. Sakit Kepala

6. Kram otot

7. Obesitas

Manfaat kentang memang sangat banyak, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Terutama untuk membantu metabolisme pada tubuh. Sebagai bahan makanan, pengolahan kentang juga harus diperhatikan dengan baik. Karena pengolahan kentang yang tidak tepat akan merusak nutrisi yang ada pad kentang sehingga manfaatnya pun akan berkurang.

Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Pengobatan, Wajah, Kulit, Mata dan Ibu Hamil

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, sebaiknya hindari kentang goreng. Karena kentang goreng mengandung banyak lemak dan berisiko meningkatkan kolesterol. Mengonsumsi kentang juga tidak boleh terlalu berlebihan karena mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea
Advertisements
To Top