Connect with us

30 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Diet, Anak dan Ibu Hamil

Tanaman

30 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Diet, Anak dan Ibu Hamil

Manfaat Labu Siam – Labu siam atau biasa juga disebut sebagai jepan atau jipang merupakan jenis tanaman sayur yang lazim dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jepan tergolong dalam sayur yang cocok dimasak menjadi aneka kudapan, mulai dari sayur, oseng atau masakan bersantan.

Labu Siam, Jipang, Jepan, Manfaat Labu Siam, Khasiat Labu Siam

Selain rasanya yang enak, jepan rupanya juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Sayur yang memiliki getah berwarna susu ini sering dipercaya sebagai obat aneka penyakit, mulai dari menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan hingga mencegah kanker.

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Sekilas jenis labu-labuan ini memang nampak seperti sayuran biasa. Bahkan, banyak ibu rumah tangga menghindari menu masakan dari jipang karena getahnya yang lengket dan mengotori tangan. Namun, dibalik segala kekurangannya, manfaat labu siam nyatanya tak bisa disepelekan.

Labu siam mengandung rendah lemak jenuh dan kolesteol sehingga dianjurkan bagi penderita kolesterol serta orang yang ingin menurunkan berat badan. Tak hanya itu, labu ini juga diperkaya dengan kandungan zat besi, mangan, fosfor, seng, potasium, tembaga, vitamin B1, B6, vitamin C, folat serta antioksidan.

Loading...

Manfaat Labu Siam Untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan

Dengan kandungannya yang sedemikian lengkap, tak heran jika manfaat labu siam sangat banyak untuk kesehatan. Beberapa diantaranya :

1. Mengatasi Rasa Lelah Pada Kaki

Kaki yang terasa berat merupakan salah satu tanda tubuh sedang kekurangan potasium. Hal ini bisa diatasi dengan kandungan potasium yang bisa didapat dari labu siam.

2. Kesehatan Jantung

Manfaat labu siam yang tak pernah bisa dianggap enteng adalah menjaga kesehatan jantung. Jipang memiliki kandungan folat dan vitamin yang baik untuk mengontrol asam amino dalam darah sehingga mmebuat jantung dan pembuluh darah lebih sehat.

3. Kesehatan Otak

Menurunnya daya ingat serta konsentrasi memang dapat merusak segala pekerjaan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mudah jika Anda mengetahui manfaat sayur jepan yang tersembunyi. Labu siam mengandung vitamin B6, yakni vitamin yang baik untuk merangsang kinerja otak, memaksimalkan daya ingat serta meningkatkan fokus.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hingga saat ini darah tinggi masih menjadi penyakit sepele namun bisa berakibat fatal. Banyak orang beranggapan jika darah tinggi akan segera menurun dengan istirahat dan menjaga pola makan. Namun, sebenarnya tubuh juga memerlukan bantuan untuk memperingan kinerja jantung yang meningkat ketika darah tinggi kambuh.

Bagi Anda yang mencari cara menurunkan darah tinggi, manfaat labu siam mungkin bisa menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan labu ini mampu menurunkan tekanan darah dengan efek diuritik yang ringan.

5. Menjaga Kesehatan Tiroid

Manfaat labu siam yang satu ini berkaitan dengan kemampuannya membantu iodium dalam menjaga kesehatan tiroid. Jika tiroid sehat, maka keseimbangan hormon juga akan terjaga.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Lainnya

4. Memperlancar pencernaan.

5. Mencegah kanker.

6. Sumber antioksidan.

7. Sumber energi.

8. Menurunkan kolesterol.

9. Menjaga kesehatan tulang.

10. Mengurangi resiko kram otot.

11. Mencegah batu ginjal.

12. Mengatasi sembelit.

13. Mengobati dan mencegah kembung.

14. Mengobati anemia.

15. Sumber mineral.

Manfaat Labu Siam Untuk Diet

Tak hanya baik untuk kesehatan, labu siam juga menjadi menu sehat penurun berat badan. Hal ini dikarenakan labu-labuan ini kaya akan serat, rendah kalori serta tak mengandung lemak jenuh. Beberapa khasiat jipang untuk menurunkan berat badan antara lain :

1. Menunda Lapar

Memiliki kandungan serat tinggi, jepan dapat dijadikan sebagai menu andalan menunda lapar. Dengan demikian, diet tak lagi menyiksa. Namun, jika ingin merasakan manfaat labu siam untuk diet, baiknya Anda menghindari olahan yang berminyak atau bersantan.

2. Membuang Lemak

Serat yang ada dalam labu siam tak hanya dapat menunda lapar, melainkan pula membuang lemak tubuh. Kalori dalam jepan juga hanya 16 kalori setiap 100 gramnya sehingga dapat menjadi menu penyusut lemak yang cepat.

3. Sumber Energi

Meski minim kalori, nyatanya labu siam memiliki banyak kandungan elektrolit yang mampu menjadi energi tubuh. Menariknya, kandungan elektrolit dalam jipang mencapai 125 mg per 100 gramnya.

Manfaat Labu Siam Untuk Ibu Hamil

Manfaat jepan tak sebatas pada kesehatan dan diet saja. Kandungan nutrisi lengkap pada jepan rupanya memberi manfaat menakjubkan bagi ibu hamil. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Mencegah Resiko Janin Lahir Cacat

Asam folat atau vitamin B9 merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan untuk mencegah kecacatan tabung syaraf janin. Kandungan penting ini rupanya dapat Anda temukan dengan mudah dalam olahan labu siam.

2. Mencegah Darah Tinggi

Darah tinggi adalah hal sering terjadi selama masa kehamilan. Darah tinggi semasa kehamilan harus sangat diwaspadai karena dapat mengganggu perkembangan janin serta dapat menghalangi prosespersalinan normal. Oleh karena itu, ibu hamil yang mengalami darah tinggi atau memiliki penyakit hipertensi sejak sebelum hamil disarankan mengkonsumsi labu siam.

3. Mencegah Anemia

Selain menimbulkan kepayahan, anemia juga dapat menghalangi proses persalinan normal. Ibu hamil yang mengalami anemia lebih cenderung mengalami perdarahan. Namun, hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran hijau, daging merah dan labu siam.

4. Mengatasi Jerawat

Perubahan hormonal saat hamil menjadi salah satu pencetus timbulnya jerawat. Meski tak menjadi masalah yang berbahaya, jerawat bisa sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Jika Anda memiliki masalah jerawat selama masa kehamilan, labu siam bisa menjadi solusinya.

Kandungan zinc dalam labu siam mampu mencegah dan mengobati jerawat. Selain itu, jipang dipercaya dapat memperlancar kinerja tiroid sehingga keseimbangan hormon lebih terjaga.

Manfaat Labu Siam Untuk Anak dan Bayi

Sebagai sayuran yang kaya akan gizi, jipang juga baik dijadikan menu olahan untuk anak dan bahkan dianjurkan untuk bayi. Ditinjau dari tekstur dan kandungan gizinya, berikut manfaat labu siam untuk anak dan bayi.

1. Pengenalan MPASI

Kaya akan serat dan memiliki tekstur halus ketika sudah dimasak, labu siam menjadi menu pengenalan MPASI yang sangat dianjurkan. Selain itu, rasanya yang manis kemungkinan akan lebih disukai bayi dibanding makanan lainnya.

2. Kecerdasan Otak

Dalam labu siam terkandung B6 yang sangat baik untuk kecerdasan otak bayi. Kandungan folat atau B9 di dalamnya juga baik untuk mendukung perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit menjadi masalah umum yang kerap dialami oleh bayi. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi karena labu siam memiliki cukup kandungan serat untuk mengatasinya.

Efek Samping Labu Siam

Selain mengetahui manfaatnya, Anda juga harus memperhatikan efek samping mengkonsumsi labu siam. Secara umum, hampir tidak ada efek samping mengkonsumsi jenis sayuran ini. Namun, penderita tekanan darah rendah atau hipotensi tetap harus berhati-hati karena labu-labuan ini dapat membuat tekanan darah Anda makin menurun.

Selain itu, efek samping yang mungkin ditimbulkan adalah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki efek diuretik.

Anda juga perlu mengetahui jika labu siam memiliki efek samping ketika dikonsumsi bersama obat-obat tertentu seperti aspirin atau obat jenis kardiovaskular. Oleh karenanya, minta pendapat dokter atau hindari mengkonsumsi jepan setelah mengkonsumsi obat-obatan jenis tersebut.

Baca Juga: Manfaat Pare untuk Pengobatan, Wajah, Diet, Ibu Hamil dan Jantung

Cara Mengolah Labu Siam

Tertarik mencoba manfaat labu siam? Untuk mencicipi manfaatnya, Anda perlu tahu dulu cara mengolah labu siam. Jangan kaget jika nantinya Anda menemui getah bening yang berubah menjadi warna susu ketika mengupas jipang. Getah ini akan menimbulkan rasa gatal dan bahkan mati rasa pada sebagian orang. Namun, tak usah khawatir karena efek yang ditimbulkan oleh getah labu siam akan segera hilang usai mencuci tangan.

Usai dikupas, Anda bisa menggosokkan dua potong jing secara melingkar, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan dan membuang getah labu siam. Jika sudah, cuci bersih lalu masaklah sesuai selera. Dengan demikian bukan hanya rasa enak pada sayuran ini yang siap di santap.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top