Connect with us

40 Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan, Rambut, Wajah, Bibir, Kulit dan Luka

Tanaman

40 Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan, Rambut, Wajah, Bibir, Kulit dan Luka

Manfaat Lidah Buaya – Lidah buaya merupakan sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat. Biasanya aloe vera ini digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan atau bahan untuk kecantikan. Maka dari itu tanaman kecantikan ini sering digunakan untuk bahan campuran kosmetik, ataupun untuk obat. Tidak heran, karena kaya akan khasiat yang ada di dalamnya maka orang sering memanfaatkan tanaman ini.

Lidah Buaya

Pada lidah buaya sendiri memiliki 2 bagian yang bisa dimanfaatkan yaitu berupa gel dan lateks. Gel yang terdapat di dalam aloe vera ini berwarna bening dengan tekstur yang mirip seperti jeli, dan ini bisa Anda temukan pada bagian tengahnya. Dari gel itulah yang biasanya dimanfaatkan untuk suplemen, salep, losion pengobatan dan banyak lagi yang lainnya. Di dalam tanaman herbal ini sendiri pastinya terdapat banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang sangat berguna.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Lidah Buaya

Dalam hal ini terdapat beberapa vitamin dan juga mineral yang dimiliki oleh lidah buaya yaitu seperti vitamin E, vitamin B1, B2, B6, cholin, niasinamida, asam folat dan vitamin C. Selain itu juga terdapat beberapa mineral dari aloe vera ini yaitu seperti Kalsium (Ca), Natrium (Na), Kalium (K), Mangaan (Mn), Zenk (Ze), Chrom (Cr) dan tembaga (Cu) (Denhof, 2000).

Selain itu juga memiliki kandungan gizi yang lainnya meskipun bisa dibilang cukup kecil. Di dalam lidah buaya sendiri juga terdapat bahan-bahan organik yang juga cukup penting untuk tubuh yaitu seperti lignin, saponin, antharaqunion serta dengan beberapa jenis monosakarida dan polisakarida. Kemudian juga terdapat kandungan yang lainnya yaitu seperti beberapa enzim oksidase, katalase, lipase, aminase dan amylase, selain itu juga memiliki kandungan asam amino seperti balin, lisin threoninmethionin, leusin, methionin, isoleusin dan phenilalanin.

Loading...

Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan Penyakit

1. Membantu sistem pencernaan

Aloe vera ini jika di konsumsi bisa membantu pencernaan, serta dapat menormalkan asam dan basa dan memiliki keseimbangan Ph, kemudian bisa mengurangi pembentukan ragi, serta bisa mendorong bakteri pencernaan sera dapat mengatur pengolahan usus. Anda bisa mengkonsumsi dengan cara gel lidah buaya anda jus.

2. Mengobati sembelit

Selain itu aloevera juga bisa mengobati sembelit hal ini karena lidah buaya bisa meningkatkan kadar air yang ada di usus dan bisa menstimulasi sekresi lendir.

3. Menurunkan gula darah

Manfaat lidah buaya dalam hal kesehatan mampu untuk meredakan hiperglikemia kronis dan propel lipid yang terganggu. Biasanya terjadi pada penderita diabetes dan ini sebagai salah satu faktor resiko yang utama untuk komplikasi kardiovaskular.

Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Antioksidan dan mengurangi peradangan.

7. Menyembuhkan luka.

8. Mengatasi masalah lambung.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

1. Menghilangkan jerawat

Lidah buaya ini sudah terbukti mempunyai dua hormone yang terbukti aktif membantu menghilangkan jerawat, yaitu ada auksin dan gibberellin yang mempunyai sifat anti-inflamasi.

2. Memperlambat proses penuaan

Aloe vera ini memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat penting untuk wajah, salah satunya yaitu memiliki beta karoten, vitamin C dan E yang sangat berguna digunakan untuk meningkatkan elastisitas kulit serta bisa menjaganya supaya tetap bisa terhidrasi. Dalam hal ini Anda bisa menjadikannya sebagai masker.

3. Melembabkan kulit

Lidah buaya juga bisa menjadi pelembab kulit yang bagus, dalam hal ini Anda bisa mengaplikasikannya sama seperti sebelumnya yaitu dengan menjadikannya masker.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Lainnya

4. Membuat wajah lebih bersinar.

5. Mengatasi sengatan matahari.

6. Membersihkan kulit wajah.

7. Menghilangkan flek hitam.

8. Mencerahkan kulit wajah.

9. Untuk mencegah keriput.

10. Mengatasi kulit kering.

11. Sebagai cara menebalkan alis.

12. Mengaluskan bibir.

13. Menghidari kering pada bibir.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

1. Menghaluskan kulit

Lidah buaya ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, karena tanaman ini ini memiliki kandungan vitamin D dan E yang sangat baik untuk kulit tubuh Anda.

2. Membantu melembabkan kulit kering

Siapapun pasti risih ketika kulitnya kering karena akan terlihat lebih tua dan tidak membuat penampilan tidak menarik. untuk mengatasi kulit kering dengan lidah buaya ini Anda bisa menggunakannya sebagai masker.

3. Membantu mengenyalkan kulit

Kulit menjadi kenyal dan elastis memang menjadi salah satu dambaan bagi setiap orang. Dengan hal ini akan membuat tuba menjadi terlihat awet muda dan segar. Lidah buaya yang di oleskan pada permukaan kulit akan dapat membantu meningkatkan rangsangan pada sel firoblas kulit. Sehingga dengan adanya rangsangan tersebut tentunya akan dapat membuat kolagen alami yang terdapat di dalam tubuh Anda untuk meningkatkan elastisitasnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Lainnya

4. Membantu memelihara kesehatan kulit.

5. Cegah adanya keriput mata.

6. Berguna untuk membersihkan kulit.

7. Membantu perlindungan dari sengatan matahari.

8. Membantu mengurangi stretch mark.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat lidah buaya bagi kecantikan yaitu dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Di dalam aloe vera  ini memiliki kandungan enzim proteolitik yang berguna untuk menyembuhkan serta memperbaiki sel-sel yang rusak ada di kulit kepala. Hal tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan folikel rambut dan yang paling penting yaitu bisa membuat atau memicu pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

2. Rambut mudah diatur

Ketika Anda mengaplikasikan lidah buaya tersebut pada rambut, maka hal tersebut bisa menjadikan rambut lebih lembut dan halus. Dengan hal tersebut tentunya rambut akan  semakin mudah untuk diatur dan ditata sehingga menjadikan penampilan lebih memukau.

3. Mengurangi rambut rontok

Perawatan rambut dengan lidah buaya juga meminimalisir rambut rontok. Hal ini tentu membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

4. Menenangkan kulit kepala.

5. Mencegah dan mengatasi ketombe.

6. Menutrisi rambut.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka

1. Menyembuhkan Luka

Aloe vera ini memiliki peran untuk mempercepat penyembuhan kerusakan jaringan epitel yang terdapat pada ulkus.

2. Hilangkan bekas Luka

Pada lidah buaya sendiri mempunyai beberapa anti inflamasi yang dapat membantu untuk mengurangi bekas luka tanpa adanya efek. Gel yang ada di dalam aloe vera ini diperkaya dengan adanya kandungan lignin serta asam amino yang bisa membantu untuk melembabkan kulit serta bisa mencegah peradangan untuk mempercepat regenerasi sel.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan bakteri yang ada di salam lidah buaya ternya membantu untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut sudah teruji.

Manfaat Lidah Buaya untuk Luka

4. Meredam rasa sakit pada luka.

5. Mengembalikan jaringan kulit yang terluka.

Efek Samping Lidah Buaya

  1. Menyebabkan alergi kulit
  2. Menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan menyusui
  3. Gagal ginjal
  4. menurunkan gula darah
  5. Toksitas hati
  6. Ketidakseimbangan elektrolit
  7. Ketidaknyamanan perut

Manfaat lidah buaya tidak bisa dipungkiri memang banyak sekali, namun dalam hal ini Anda juga perlu mengetahui berkaitan tentang efek samping yang ditimbulkannya. Untuk Anda yang menggunakan lidah buaya ini sebagai salah satu obat, ataupun untuk perawatan kecantikan maka sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak dulu. Lebih baik Anda coba sedikit dulu, baru kalau kemudian cocok bisa Anda gunakan.

Baca Juga: Manfaat Jantung Pisang untuk Pengobatan, Tubuh, Lambung, Diet dan Ibu Hamil

Pastikan mengenai masalah penggunaan Anda gunakan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Karena jika Anda menggunakannya terlalu berlebihan akan menjadikan berbahaya juga.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top