Connect with us

25 Manfaat Okra untuk Pengobatan, Jantung, Paru, Wajah dan Mata

Tanaman

25 Manfaat Okra untuk Pengobatan, Jantung, Paru, Wajah dan Mata

Manfaat Okra – Mengenal okra, bendi, okro, termemes atau gumbo, sayuran dengan segudang manfaat dan khasiat. Okra merupakan salah satu sayuran yang memiliki nama asing lady finger atau istilah biologi Abelmoschus esculentus. Sayuran ini tidak memang tidak terlalu terkenal di negara Indonesia. Namun, sayuran dengan ciri khas memiliki lendir ini baru saja banyak dibudidayakan di Indonesia. Bendi memiliki beberapa manfaat yang perlu anda ketahui. Biasanya, sayuran yang kaya nutrisi ini dikonsumsi dengan cara ditumis.

Okra, Manfaat Okra, Khasiat Okra

Sayuran Okra juga biasanya dikenal sebagai obat herbal alami. Di dalam sayuran ini banyak nutrisi di dalamnya, seperti beberapa sayuran hijau lainnya. Bendi memiliki kadar kalori yang rendah, namun tetap kaya akan serat dengan jumlah cukup tinggi. Maka dari itu, tidak ada salahnya anda mengenal kandungan, manfaat, dan efek samping okra untuk tubuh manusia.

Kandungan Okra

  1. Anti oksidan
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Kolesterol
  6. Serat
  7. Folat
  8. Niacin
  9. Asam Pantotenat
  10. Pyridoxin
  11. Riboflavin
  12. Thiamin
  13. Vitamin A, C, E, K
  14. Sodium
  15. Potasium
  16. Kalsium
  17. Tembaga
  18. Besi
  19. Magnesium
  20. Mangaan
  21. Fosfor
  22. Selenium
  23. Seng
  24. Karoten
  25. Crypto-xanthinn
  26. Lutein zeaxanthin

Manfaat Okra untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol di dalam tubuh

Khasiat dan manfaat okra bagi kesehatan atau pun pengobatan penyakit pertama yaitu berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Sayuran bernama lain bendi ini mengandung serat larut yang akan mampu menurunkan kolesterol. Hal ini dapat mengurangi aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam sayuran ini antara lain yaitu mineral, potassium dapat membuat pembuluh darah lebih lebar dan hal ini mampu menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tekanan darah dan kolesterol yang baik akan meminimalisir seseorang terkena penyakit stroke.

Dengan mengonsumsi bendi yang memiliki kandungan nutrisi baik, anda dapat meminimalisir permasalahan di dalam tubuh dari mulai kolesterol, tekanan darah tinggi, stroke, hingga jantung. Sayuran dengan lendir ini dapat anda masukkan ke dalam masakan sebagai sayur atau menjadi campuran jus buah agar lebih menyegarkan.

Loading...

2. Memiliki sifat anti kanker

Sayuran okra memiliki kandungan anti oksidan di dalamnya yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan bagi tubuh. Nah, jika sistem kekebalan tubuh aman, maka akan melindungi tubuh dari radikal bebas hingga dapat mencegah sel kanker merusak tubuh.

3. Mencegah osteoporosis

Tentu tidak ada manusia yang ingin mengalami osteoporosis. Hal ini jelas menghambat segala aktivitas. Walaupun banyak terjadi pada usia senja, namun ada baiknya mencegahnya sejak dini. Sayuran bendi memiliki kandungan folat yang cukup tinggi di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi sayuran ini untuk mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang sedari dini.

Manfaat Okra untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mengobati penyakit batuk karena memiliki kandungan antibiotik dan antiseptik.

5. Melindungi diri dari penyakit radang tenggorokan.

6. Melancarkan buang air besar jika sedang mengalami kesulitan karena serat dan lendir.

7. Mengurangi penyakit asma dengan adanya vitamin C dan anti oksidan.

Manfaat Okra untuk Wajah

1. Pencegah penuaan

Manfaat okra bagi kecantikan yaitu dapat mencegah terjadinya penuaan secara dini karena terbukti memiliki kadar vitamin A dan kadar vitamin C di dalamnya. Kadar vitamin ini berfungsi dengan baik untuk mengatasi penuaan. Yang akan dilakukan kedua vitamin ini adalah mengurasi garis-garis halus yang ada pada wajah. Selain itu, kandungan vitamin A dan Vitamin C akan mencegah maupun membuat keriput di sekitar mata hilang.

2. Mencegah jerawat pada kulit wajah

Jerawat adalah salah satu penumpukan sebum yang ada pada pori-pori wajah. Hal ini jelas membuat wanita akan terganggu baik secara penampilan maupun kepercayaan dirinya. Sayuran okra emiliki kandungan anti oksidan yang baik untuk mencegah jerawat agar menghampiri kulit wajah. Tak hanya itu, dengan kandungan ini, sayuran ini juga dapat memudarkan bekas noda jerawat.

3. Mencegah adanya iritasi pada kulit wajah

Jika anda merasa kulit wajah mengalami iritasi karena ketidakcocokan pada suatu produk berbahan kimia, anda perlu mengonsumsi sayuran termemes ini. Kacang bendi memiliki nutrisi yang baik untuk iritasi pada wajah. Jika anda tidak suka mengonsumsinya, banyak cara untuk membuat masker alami berbahan dasar okra.

Manfaat Okra untuk Wajah Lainnya

4. Mencegah kulit wajah dari radikal bebas dengan kandungan anti oksidan.

5. Menghilangkan kantung di bagian bawah mata.

Manfaat Okra untuk Mata

1. Menyehatkan mata

Kandungan beta-karoten di dalam sayuran bendi dapat membantu menyehatkan mata anda. Hal ini karena okra terkenal akan vitamin A yang melekat padanya. Maka dari itu, baik untuk mengonsumsi sayuran ini dalam keseharian agar kesehatan mata anda terjamin. Tak hanya itu, efek manfaat ini juga menjaga mata anda dari mata tua.

2. Mencegah penyakit mata seperti katarak maupun macula

Katarak merupakan salah satu penyakit yang membuat pandangan terlihat keruh. Hal ini juga membuat pandangan mata penderita terhalang. Jelas sangat menganggu bagi anda. Maka dari itu, cegah penyakit mata ini dengan mengonsumsi sayuran okra. Memang saat ini ada tidak terkena penyakit mata ini, namun kembali lagi, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

3. Menetralisasi radikal bebas pada mata.

Radikal bebas tak hanya umum pada tubuh saja, namun juga dapat menyerang ke bagian mata. Bagian mata cukup penting karena organ mata sangat penting dalam kehidupan. Jika anda ingin menetralkan radikal bebas dari bagian mata juga, maka anda perlu mengonsumsi okra yang memiliki deretan manfaat untuk mata.

Manfaat Okra untuk Mata Lainnya

4. Meminimalisir rusaknya sel-sel mata.

5. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Manfaat Okra untuk Jantung

1. Mengurangi risiko penyakit jantung karena ada epicatehin, katekin, rutin, quercetin dan procyanidin.

2. Menyehatkan jantung karena memiliki kandungan anti oksidan.

Manfaat Okra untuk Paru-Paru

1. Melindungi paru-paru dengan kandungan flavonoid.

2. Mencegah terjadinya penyakit di paru-paru.

3. Kandungan beta-karoten, xanthin, dan lutein melancarkan kerja paru-paru di dalam tubuh.

Efek Samping Okra

  1. Ginjal bisa lebih bermasalah karena ada oksalat.
  2. Kandungan oksalat di dalamnya dapat membuat batu empedu lebh buruk.
  3. Jika salah mengolah, akan meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Diet, Anak dan Ibu Hamil

Dari penjelasan di atas, anda dapat mengetahui seperti apa sayuran okra, keuntungan dalam mengonsumsinya, hingga bagaimana efek samping yang dirasakan jika mengonsumsi dengan cara atau kadar yang salah. Termemes yang kaya akan manfaat ini dapat dikonsumsi dengan baik, asal tidak berlebihan.

Anda memang akan jarang menemukannya di pasar tradisional, cobalah pergi ke supermarket yang lebih lengkap untuk mendapatkan okra. Anda juga dapat mengolahnya ke dalam tumisan, sayuran, atau sebagai minuman kesehatan (jus). Bahkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan, anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah atau lulur untuk tubuh.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top