Connect with us

30 Manfaat Teh Hitam untuk Pengobatan, Wajah, Rambut dan Diet

Tanaman

30 Manfaat Teh Hitam untuk Pengobatan, Wajah, Rambut dan Diet

Manfaat Teh Hitam – Selain minum kopi, masyarakat Indonesia juga punya kebiasaan minum teh sebagai teman saat melakukan suatu kegiatan atau saat bersantai. Pasalnya minum teh tidak hanya menimbulkan rasa nyaman saja, namun juga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, apalagi jika kamu mengonsumsi teh hitam.

Teh Hitam, Manfaat Teh Hitam, Khasiat Teh Hitam

Beberapa orang mungkin lebih mengenal teh hijau dari pada teh hitam, padahal keduanya sama-sama memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi dua gelas per hari dipercaya bisa memberikan khasiat yang nyata untuk kesehatan, dengan catatan teh tidak dikonsumsi bersama bahan tambahan seperti gula atau susu. Hal ini supaya khasiatnya benar-benar terasa.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Teh Hitam

Kandungan di dalam teh hitam tidak kalah dengan teh hijau. Di dalam jenis teh ini terdapat senyawa aktif bernama theaflavin yang merupakan antioksidan polifenol. Senyawa ini memiliki peran cukup penting bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Manfaat teh hitam di antaranya dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh, mencegah radikal bebas, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

Dari mana asal theaflavin? Dalam proses produksi teh hitam, daun teh dibiarkan teroksidasi sambil digiling untuk mengoptimalkan proses fermentasi. Selama proses fermentasi inilah dihasilkan senyawa aktif theaflavin. Daun teh pun akan mengalami perubahan warna menjadi cokelat gelap dan membuat rasa juga berubah.

Loading...

Jika dibandingkan dengan teh hijau yang tidak melewati proses oksidasi, jenis teh ini memang lebih banyak mengandung kafein. Namun sama halnya dengan kopi, kafein dalam teh hitam juga punya sejumlah manfaat.

Manfaat Teh Hitam untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengatasi hipotensi postprandial

Hipotensi postprandial adalah kondisi di mana seseorang mengalami tekanan darah rendah setelah makan. Nah, di sini kandungan kafein yang ada di dalamnya akan memberikan khasiat. Seperti halnya minuman berkafein lainnya, mengonsumsi teh hitam setelah makan akan membantu meningkatkan tekanan darah.

2. Menurunkan risiko serangan jantung

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa dengan rutin mengonsumsi jenis teh ini akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan mengonsumsi teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung.

3. Menghindari batu ginjal

Jika kamu ingin menghindari penyakit batu ginjal, maka kamu bisa mencoba mengonsumsi teh hitam secara rutin. Wanita yang mengonsumsi teh dari daun Camellia sinensis tersebut akan memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

Manfaat Teh Hitam untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mencegah penyakit diabetes.

5. Menurunkan risiko terkena kanker ovarium.

6. Mencegah penyakit osteoporosis untuk orang-orang sudah lanjut usia.

7. Menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson.

8. Mengatasi gangguan kesehatan usus dan lambung.

Manfaat Teh Hitam untuk Wajah

1. Mencerahkan dan melembutkan kulit wajah

Selain berfungsi untuk kesehatan organ dalam tubuh, teh ini juga sangat berguna jika diaplikasikan di luar tubuh. Misalnya dengan menggunakan masker ampas seduhan teh tersebut. Ini akan membuat kulit wajah kamu lebih cerah dan lembut, serta mengurangi keriput akibat radikal bebas. Cukup gunakan masker teh hitam ini selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan jerawat di wajah

Kamu juga bisa menggunakan ampas seduhan teh hitam untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan ampas teh ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan perkembangbiakan bakteri di kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat teh hitam bagi kecantikan ini, tinggal tempelkan ampas seduhan di bagian wajah yang berjerawat. Namun pastikan wajah kamu sudah bersih dan kering sebelum pengaplikasian.

3. Menghilangkan sembab di sekitar mata

Khususnya perempuan pasti sering mengalami masalah ini. Nah, daripada membeli produk kecantikan yang harganya mahal, kamu bisa memanfaatkan dua kantong bekas seduhan teh hitam. Pejamkan mata lalu letakkan kedua kantong teh hitam di kelopak mata. Tunggu sebentar, kemudian angkat. Ini dapat membaut mata lebih segar dan memudarkan sembab di sekitar mata.

Manfaat Teh Hitam untuk Wajah Lainnya

4. Melembutkan bibir.

5. Melembapkan kulit wajah.

6. Mengatasi kulit wajah yang terbakar sinar matahari.

7. Mengencangkan kulit wajah.

Manfaat Teh Hitam untuk Rambut

1. Merapikan rambut

Beberapa orang pasti akan mengalami kondisi di mana rambut mudah sekali berantakan, padahal sudah sering menyisir rambut. Adapun salah satu solusi yang dinilai cukup ampuh adalah dengan menggunakan teh hitam. Kamu bisa menggunakan masker rambut dari teh hitam secara rutin supaya rambut lebih sehat, mudah diatur dan tidak mudah berantakan.

2. Selamat tinggal rambut bercabang

Rambut bercabang menjadi salah satu pemicu kerusakan rambut. Secara tidak langsung, hal ini juga akan mengganggu penampilanmu, bukan? Nah, ternyata dengan manfaat teh hitam kamu bisa mengatasi masalah ini. Caranya adalah dengan membasuh rambut dengan air rendamannya.

3. Usir ketombe

Sudah pakai shampo tapi rambutmu tetap berketombe? Ini memang menjengkelkan, apalagi ketombe bisa bikin kulit kepala gatal tak karuan. Untuk itu, daripada kamu risih kamu bisa menggunakan teh hitam untuk mengusir ketombe yang membandel. Hal ini tak lepas dari kandungan antiseptik yang ada di dalamnya. Caranya cukup dengan membasuh air teh pada rambutmu.

Manfaat Teh Hitam untuk Rambut Lainnya

4. Menjaga warna rambut kamu dengan menjadikannya sebagai masker rambut

5. Menanggulangi rambut rontok.

6. Merangsang pertumbuhan rambut.

7. Mengatasi rambut yang berminyak atau lepek.

Manfaat Teh Hitam untuk Diet

1. Menghambat proses kerja enzim lipase

Di awal tadi disebutkan bahwa teh hitam memiliki senyawa aktif bernama theaflavin. Nah, senyawa inilah yang berperan untuk menghambat proses kerja enzim lipase. Tubuh akan langsung mengeluarkan sejumlah lemak yang masuk karena theavlafin akan menahan proses pencernaan lemak oleh enzim lipase.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Di dalam usus, peran polifenol dari teh ini adalah meningkatkan bakteri baik. Selain itu kafein juga ikut membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 6 persen. Jadi buat kamu yang sedang berdiet, mengonsumsi teh hitam dapat membuat metabolisme tubuhmu lebih efisien.

3. Mengurangi asupan kalori

Mengonsumsi teh hitam tanpa mencampurnya dengan bahan-bahan berkalori tinggi akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebab di dalam secangkir teh ini sudah mengandung dua kalori.

Manfaat Teh Hitam untuk Diet Lainnya

4. Mengontrol nafsu makan.

5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detox).

Efek Samping Teh Hitam

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi konsumsi teh hitam disarankan secukupnya saja. Sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya lebih dari empat atau lima cangkir per hari. Alih-alih ingin mendapatkan khasiat untuk kesehatan, kamu justru bisa mendapat masalah kesehatan. Efek samping yang paling sering dialami jika teh hitam dikonsumsi dalam jumlah tinggi di antaranya:

  1. sulit tidur dan merasa cemas,
  2. ritme pernapasan lebih cepat,
  3. sekait kepala,
  4. mual dan muntah,
  5. lebih sering buang air kecil,
  6. telinga berdengung,
  7. detak jantuk tak teratur.
  8. tremor.

Berbagai manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh dan kecantikan sangat lah banyak. Kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut asalkan mengonsumsinya secara benar dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Teh Basi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Sampingnya

Jangan konsumsi teh hitam bersama campuran lainnya yang mengandung banyak kalori. Jangan pula konsumsi teh jenis ini secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang tidak kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat teh hitam secara maksimal.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top