Connect with us

20 Manfaat Urang Aring Untuk Rambut, Kumis dan Jenggot

Tanaman

20 Manfaat Urang Aring Untuk Rambut, Kumis dan Jenggot

Manfaat Urang Aring – Urang Aring, banyak berbagai macam jenis tumbuhan yang memiliki manfaat dan kegunaan bagi kesehatan. Bahan alami biasanya selalu banyak diminati oleh setiap orang, karena penggunaannya yang tidak terlalu membahayakan bagi tubuh kita. Setiap pengguna obat atau racikan bahan alami harus memiliki ketekunan dalam mencoba dan menunggu hasil yang sempurna.

Urang Aring, Manfaat Urang Aring, Khasiat Urang Aring

Nah, salah satu jenis tumbuhan yang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita yaitu tumbuhan urang-aring atau dalam bahasa latin Eclipta alba. Tumbuhan ini merupakan tanaman liar yang biasanya kita jumpai di hutan, akan tetapi urang-aring sendiri khususnya pada daun, dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaatnya tersebut antara lain dapat mengatasi berbagai penyakit seperti mimisan, muntah darah, berak darah, ataupun sebagi bahan kecantikan seperti perawatan rambut, alis dan jenggot.

Kandungan Urang Aring

Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada tumbuhan ini antara lain :

  • Ecliptine
  • Alfa Terthienylmenthanol
  • Vitamin E
  • 2-(Buta-1,3-dinynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene
  • 2-(Buta-1,3-dinynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene
  • 5-(3-Buten-1-yl)-2,2’-thienyl-5’-methyl acetate
  • Wedelolactone.

Manfaat Urang Aring Untuk Rambut

Bagi kalian yang memiliki masalah pada rambut. Kalian dapat memanfaatkan tumbuhan ini sebagai solusi dari masalah kalian.

Loading...

1. Menghitamkan rambut

Manfaat urang aring yang pertama yaitu dapat membantu untuk menghitamkan rambut. Agar rambut kalian bisa terlihat hitam, sehat dan bervolume.Caranya kalian dapat membeli rangkaian produk perawatan rambut yang mengandung minyak ini. Atau membuat ramuan minyak ini sendiri. Caranya :

  • Ambil daun urang-aring beberapa helai.
  • Rendam ke dalam air.
  • Kemudian remas daun tersebut, sampai air berubah menjadi berwarna hitam.
  • Setelah itu, oleskan ramuan ini pada rambut.
  • Gunakan secara rutin.

2. Menghilangkan ketombe

Selain menghitamkan rambut, ekstrak atau minyak ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi serta menghilangkan ketombe yang sering muncul pada rambut dan bagian kepala anda. Untuk cara penggunaannya yaitu dengan cara memijat bagian kepala dengan yang sudah diolesi dengan ekstrak urang-aring.

3. Menyuburkan rambut

Dengan cara yang sama dan bahan yang sama pula. Minyak urang-aring dapat membantu anda dalam mempercepat pertumbuhan rambut, menyuburkan rambut dan juga menyehatkan rambut. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan minyak ini sangat baik untuk menyuburkan rambut.

Manfaat Urang Aring untuk Rambut Lainnya

4. Melembutkan tekstur rambut.
5. Meluruskan rambut
6. Menutrisi rambut
7. Mengatasi kerontokan
8. Memudahkan penataan rambut
9. Membuat rambut tampak berkilau.
10. Menangani ubanan

Manfaat Urang Aring Untuk Alis

1. Menyuburkan alis atau menebalkan alis

Urang aring memiliki vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, baik luar maupun dalam. Vitamin E yang terkandung didalam tumbuhan urang aring ini juga mampu membantu dalam menyuburkan alis kita sehingga menjadi lebih tebal dan sehat.

Dengan cara yang sangat sederhana, yang dapat dilakukan di rumah sendiri. Caranya ambil beberapa helai daun urang aring, kemudian remas-remas daun nya sampai keluar ekstrak urang-aringnya. Setelah itu oles dan pijatkan minyak urang-aring tersebut perlahan pada alis hingga menyerap. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bilas hingga bersih gunakan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2.Menghitamkan alis

Seperti apa yang kita ketahui bahwa tumbuhan urang aring berwarna hijau, akan tetapi ini juga memiliki kandungan zat pewarna hitam. Daun urang-aring yang di ekstrak akan mengeluarkan sari berwarna hitam. Sari inilah yang biasanya banyak digunakan untuk menghitamkan rambut, pewarna tekstil atau pembuatan tato. Selain itu ekstrak urang aring ini bisa digunakan juga untuk menghitamkan alis mata kita, agar terlihat tampak hitam alami tanpa bantuan pensil alis.

3. Merapihkan penataan alis

Banyak yang kebingungan dan kadang kesulitan dalam menata alis, terutama kaum wanita. Bagi sebagian kaum wanita alis merupakan hal yang harus selalu diperhatikan, tapi terkadang kaum wanita sangat kesulitan dalam merawat alis, dan sulit merapihkannya. Bagi anda yang memiliki masalah yang sama seperti ini dapat memanfaatkan urang aring sebagai solusi terbaik dalam mengatasi masalah alis. Dengan mengoleskan minyak urang-aring yang dibeli atau dibuat sendiri.

Manfaat Urang Aring untuk Alis Lainnya

4. Merangsang pertumbuhan pada bagian yang tidak tumbuh
5. Menutrisi alis

Manfaat Urang Aring Untuk Kumis

1. Menyuburkan atau menebalkan kumis

Pada dasarnya minyak tumbuhan ini dapat membantu menumbuhkan rambut, dan sudah banyak produk perawatan rambut yang berbahan dasar tumbuhan ini. Dengan begitu anda juga dapat menggunakan minyak urang aring sebagai penumbuh kumis.

2. Dapat menyembuhkan iritasi bekas cukuran kumis

Sering kali terjadi iritasi ketika melakukan aktivitas mencukur kumis, yang di akibatkan oleh alat pencukur kumis. Terkadang kita sering kebingungan dalam mengatasi dan mengobati iritasi tersebut. Anda dapat memanfaatkan daun tumbuhan ini untuk di ambil ekstrak nya dan di oleskan pada bagian yang iritasi.

3. Memperkuat pigmen hitam pada kumis

Untuk para pria khususnya pemelihara kumis, memiliki kumis yang berwarna hitam tegas merupakan impian para kaum pria. Dengan menggunakan ekstrak atau minyak urang aring impian anda akan bisa tercapai dengan cara mengoleskan minyak tumbuhan ini pada bagian kumis secara rutin dan tidak berlebihan.

4. Mengatasi kumis beruban

Uban pada kumis bisa teratasi dengan memanfaatkan tumbuhan urang-aring secara teratur dan setiap hari.

Manfaat Urang Aring Untuk Jenggot

Sama halnya dengan kumis dan rambut, jenggot merupakan komponen tubuh yang memiliki tipe bentuk, warna, dan kebutuhan nutrisi seperti rambut dan kumis. Tumbuhan ini memiliki seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh jenis-jenis komponen itu. Sehingga cara kerja tumbuhan ini pada jenggot pun sama dengan cara kerja pada rambut dan kumis. Seperti sebagai berikut :

1. Untuk menumbuhkan jenggot
2. Menutrisi jenggot
3. Menghitamkan jenggot

Efek Samping Urang Aring

Tidak ada efek samping yang terlalu serius dalam penggunaan ekstrak atau minyak tumbuhan ini asalkan sesuai dengan kebutuhan. Jika pemakaian berlebihan hanya akan terjadi hal kecil seperti pada kulit yang sensitif akan muncul gejala gatal-gatal, akan tetapi anda tidak perlu dihawatirkan asalkan anda tidak menggaruknya.

Akan berakibat lebih serius apabila bahan ini disalahgunakan seperti pada kasus penyuntikan minyak urang aring untuk pembesaran penis. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan penyuntikan urang-aring dalam pembesaran penis akan menimbulkan dampak yang buruk untuk fungsi kesehatan penis itu sendiri.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tanaman Bandotan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dari penjelasan yang sudah di uraikan diatas sudah kita ketahui ada beberapa manfaat dari tumbuhan ini. Dengan cara pengaplikasian yang benar dan mudah untuk dilakukan dirumah. Selain dengan membeli produk- produk perawatan berbahan urang aring.

Buat kalian yang mengalami masalah-masalah seperti diatas kalian bisa mulai mencoba trik dan tips yang sudah di bahas sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan secara rutin bisa membantu kita untuk cepat mendapatkan hasil yang lebih baik.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top