Connect with us
Padi, Tanaman Padi, Ilustrasi Padi, Gambar Padi, Manfaat Padi, Khasiat Padi

Tanaman

35 Manfaat dan Khasiat Padi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Padi merupakan tanaman yang dijadikan bahan makanan utama warga negara Indonesia. Tanaman padi ini dijadikan sebagai sumber energi karena kadar karbohidratnya paling banyak. Disebut beras bila kulit pada padi sudah disosoh atau dibuang. Selama proses penyosohan ini akan dihasilkan beberapa produk, mulai dari merang (kulit biji), meniran, dedak, dan beras. Masing-masing produk tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pangan maupun pakan. Manfaatnya padi tidak hanya sebagai pangan saja, tapi juga untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan.

Padi, Tanaman Padi, Ilustrasi Padi, Gambar Padi, Manfaat Padi, Khasiat Padi

Manfaat tanaman padi akan semakin bertambah seiring dengan adanya peningkatan kemajuan dan teknologi di bidang farmasi dan kedokteran. Produksi tanaman padi di dunia menempati urutan ke tiga setelah gandum dan jagung. Selain itu padi juga kaya sekali akan karbohidrat yang menyehatkan tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Padi :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Padi

Kandungan gizi beras tiap 100 g, antara lain : energi 130 kkal, lemak jenuh 0,1 g, lemak tak jenuh ganda 0,1 g, natrium 1 mg, kalium 35 mg, karbohidrat 28 g, serat pangan 0,4 g, gula 0,1 g, protein 2,7 g, vitamin B6 0,1 mg, kalsium 10 mg, zat besi 0,2 mg, magnesium 12 mg. Nilai energi dan karbohidratnya paling tinggi dibandingkan dengan komponen-komponen lainnya.

Manfaat Padi Untuk Kesehatan :

1. Sebagai sumber energi

Manfaat sebagai sumber energi tentu sudah tak diragukan lagi. Setelah badan kita terkuras habis karena banyaknya aktifitas, konsumsi nasi akan langsung terasa bertenaga kembali. Sebagai sumber bahan pangan penghasil energi, padi lebih unggul dibandingkan dengan bahan-bahan pangan lainnya seperti jagung, umbi, singkong, dll.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat terlarutnya sangat bagus memperlancar sistem pencernaan kita. Selama proses perombakan makanan di usus, ketersediaan air akan tetap terjaga berkat serat-serat terlarut ini. Penyerapan sari-sari makanan oleh usus pun bisa lebih optimal. Bahkan sampai feces yang keluar melalui usus besar tak mengalami banyak gangguan.

3. Mengobati bisul

Padi yang sudah disosoh atau yang biasa kita sebut beras, dikeringkan, selanjutnya ditumbuk sampai cukup halus dan berbentuk seperti bubur atau pasta. Pasta beras inilah yang dioleskan ke bagian kulit yang terkena bisul-bisul. Tak lama, bisul pun akan sembuh.

4. Mengatasi sesak nafas

Jenis padi yang bermanfaat untuk mengatasi sesak nafas yaitu beras merah. Pada beras merah kaya kandungan selenium yang berperan aktif dalam perbaikan DNA dan bersifat antioksidan kuat. Bagi yang menderita sesak nafas atau asma, konsumsi beras merah akan mengurangi gejala-gejala asma sehingga tak mudah kambuh lagi.

5. Menambah produksi sel-sel darah merah

Hemoglobin merupakan senyawa kompleks yang salah satu penyusun ikatannya dari unsur besi. Pada beras, kandungan besinya tinggi sehingga bisa membantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

Manfaat Padi Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati bengkak

7. Mencegah sembelit

8. Penurun kolesterol

9. Mencegah kanker

10. Aman untuk penderita diabetes

11. Memperkuat tulang

12. Detoksifikasi

13. Menjaga kesehatan jantung

14. Kaya antioksidan

15. Sangat baik dikonsumsi para penderita hipertensi

16. Mengobati disentri

17. Menghambat perkembagan radikal-radikal bebas

18. Penyedia makronutrisi

19. Menenangkan pikiran

20. Membantu produksi hormon

21. Mengurangi rasa sakit saat peradangan arthritis

Cara Memanfaatkan Padi Untuk Kesehatan :

Padi yang sudah disosoh atau beras dihaluskan supaya mudah diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Bila untuk pengobatan luar, tinggal ditambahkan sedikit air bersih sampai merata dan berbentuk pasta. Pasta ini tinggal dioleskan ke bagian yang sakit seperti bisul atau bengkak.

Pasta ini juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah atau luluran ke seluruh tubuh Anda. Tinggal menambahkan bahan-bahan organik lainnya yang beraroma harum, sudah bisa diaplikasikan ke wajah atau sebagai luluran tubuh. Kulit Anda akan terasa lebih halus dan sehat.

Untuk memperlancar sistem pencernaan dan untuk menjaga kesehatan tubuh, beras tinggal diolah menjadi nasi dan dikonsumsi sebagai harian. Tambahkan lauk pauk sesuai dengan anjuran menu empat sehat lima sempurna. Niscaya tubuh Anda akan selalu terjaga kesehatannya dan tak mudah terserang penyakit.

Manfaat Padi Untuk Kecantikan :

1. Melenyapkan jerawat

Beras mengandung vitamin dan mineral yang bersifat antibakteri dan antioksidan sehingga mampu menjaga jerawat dari infeksi dan peradangan lebih lanjut. Jerawat akan lebih cepat matang sehingga lemak-lemaknya akan dibuang atau diserap kembali oleh tubuh.

2. Membantu perawatan kulit

Vitamin dan mineral serta zat-zat antioksidan lainnya akan menjaga kesehatan kulit lebih baik. Membantu peremajaan sel-sel kulit dan membuang sel-sel mati dan jaringan-jaringan rusak lainnya. Kulit menjadi sehat dan tampak halus mulus.

3. Melangsingkan tubuh

Banyak yang takut karbohidrat dari beras bisa mengakibatkan kegemukan. Anggapan ini sebenarnya salah. Justru konsumsi beras dan meniran akan membantu menstabilkan berat badan. Yang membuat gemuk badan, bila konsumsi makanan yang terlalu banyak diolah seperti gandum yang dibuat menjadi gorengan.

4. Sebagai pelindung kulit

Orang-orang tua kita memanfaatkan jamu beras kencur untuk membantu kesehatan kulit dari dalam. Rutin konsumsi jamu beras kencur akan membuat kulit selalu tampak segar dan sehat. Beras dan kencur yang dibuat untuk masker dan luluran juga akan mempercantik dan menghaluskan kulit.

5. Menebalkan rambut

Pada beras merah, kandungan selenium yang cukup tinggi akan memberi asupan nutrisi ke folikel rambut. Perakaran rambut dan otot rambut di kepala pun menjadi kuat dan lebih tumbuh subur. Itulah mengapa beras yang sudah dihaluskan dan dibuat untuk masker rambut akan membuat rambut terasa lebih tebal dan lebih hitam.

Manfaat Padi Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembabkan kulit

7. Membuat wajah selalu tampak awet muda

8. Mencerahkan kulit

9. Meredakan peradangan di kulit

10. Menolak bahan-bahan yang bersifat karsinogen

Cara Memanfaatkan Padi Untuk Kecantikan :

Cara memanfatkan beras untuk kecantikan yang paling umum yaitu dibuat maskeran dan luluran. Sedangkan untuk pemanfaatan dari dalam tubuh, dibuat dalam bentuk jamu yang diminum. Salah satu jamu yang terkenal yaitu jamu beras kencur.

Cara membuat masker dan luluran beras sangatlah mudah. Beras dicuci bersih, lalu ditiriskan sampai kisat. Setelah itu dihaluskan dengan alat penepung. Hasil akhirnya berupa pasta yang siap dipakai untuk maskeran wajah maupun luluran tubuh. Biasanya kaum hawa mencampur dengan bahan maskeran lainnya supaya hasilnya lebih optimal.

Untuk pembuatan jamu beras kencur terbilang sangat mudah. Hanya saja prosesnya agak panjang. Siapkan bahan-bahan seperti kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir, dan gula jawa. Rebuslah semua bahan-bahan tersebut sampai mendidih. Selanjutnya disaring. Ambil air rebusan, lalu masukkan beras yang sudah direndam dan dihaluskan. Aduk-aduk sampai merata. Biarkan sampai pati kencur dan beras mengendap di dasar wadah. Jamu beras kencur siap dikonsumsi.

Efek Samping Padi :

Efek Samping Padi, Dampak Negatif Tanaman padi

Padi tak memiliki efek samping yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, ketika tersentuh oleh pengolahan yang begitu panjang, efek sampingnya akan mulai bereaksi. Misalnya, yang sudah diolah menjadi beras, lalu beras ini dibuat tepung, tepung beras ini diolah menjadi berbagai aneka makanan. Nah, produk akhir inilah yang kaya gula bersifat jahat bagi tubuh. Makanan ini sudah termasuk junk food alias makanan sampah karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah banyak yang rusak. Inilah yang menyebabkan penyakit kegemukan dan penyakit degeneratif lainnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Padi adalah lambang kemakmuran dan kesejahteraan. Bahan pangan ini dikenal juga sebagai simbol ketahanan pangan negara. Setelah diolah lebih lanjut, akan diperoleh banyak produk yang kaya manfaatnya bagi kesehatan, pengobatan, dan kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top