Connect with us
Pegagan, Manfaat Pegagan, Khasiat Pegagan

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pegagan atau bernama latin Centella asiatica merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga adas-adasan, selain itu biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal. Manfaat pegagan untuk kesehatan dan kecantikan sudah lama dipraktekkan oleh orang sejak jaman dulu. Terutama orang-orang dari Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Afrika yang beriklim tropis. Seluruh bagian tanaman pegagan berkhasiat untuk kesehatan, baik pada bagian akar, batang, serta daun.

Pegagan, Manfaat Pegagan, Khasiat Pegagan

Di kalangan penjual obat herbal, sudah tersedia dalam keadaan segar maupun simplisianya. Tanaman pegagan bersifat mendinginkan dan berasa pahit. Sangat cocok untuk mengobati beragam penyakit yang bersifat panas seperti infeksi dan kanker. Seperti apa sajakah khasiatnya? Simak uraian berikut ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pegagan :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pegagan

Senyawa-senyawa yang terdapat pada pegagan, antara lain: asiaticosida, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, zat samak, glikosida triterpenoida.

Loading...

Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan :

1. Anti depressan atau mengurangi rasa cemas

Berdasarkan jurnal dari The Nepal Medical College Journal edisi 2010, pemberian ekstrak pegagan dua kapsul 500 miligram untuk sebanyak 33 subjek selama 60 hari menunjukkan hasil ada pengurangan yang berarti pada rasa cemas yang diderita oleh mereka. Walau para peneliti belum mengetahui senyawa apa saja yang berperan penting dalam pengurangan rasa cemas ini. Butuh penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

2. Mengobati luka akibat mekanis

Berdasarkan hasil dari hewan percobaan yang diberi perlakuan sayatan luka, lalu diberi ekstrak pegagan dalam bentuk gel , krim, dan salep memperlihatkan adanya perkembangbiakan sel-sel (profilerasi) dan adanya proses sintesis kolagen pada bagian yang dibuat luka tersebut. Sifat pegagan ini diterbitkan pada Indian Journal of Pharmaceutical Sciences edisi bulan September-Oktober.

3. Antioksidan

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan seperti fenolat dan flavonoid pada daun herbal ini termasuk kuat. Kemampuan mematikan sel-sel kanker benar-benar teruji. Laporan ini diterbitkan pada International Journal of Molecular Sciences edisi 2009.

4. Antiradang

Peradangan akan membuat rasa panas dan gatal. Sifat herbal ini pahit dan mendinginkan. Dengan menempelkan tapal pegagan ke bagian yang memar atau radang akan menurunkan rasa sakit sekaligus menyembuhkan radang. Orang-orang jaman dulu sudah biasa mengobati memar dengan menambahkan air liur ke lumatan pegagan, lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang memar atau radang.

5. Analgesik

Sangat bagus untuk mengencerkan lender dan dahak yang ada di tenggorokan. Sifat herbal ini membuat sel-sel di tenggorokan mengendor akibat infeksi virus. Selain itu mengencerkan dahak yang kental sehingga mudah larut. Ini yang membuat tenggorokan merasa lega.

Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memiliki efek anti neoplastis

7. Mengobati tukak lambung

8. Menurunkan tekanan pada dinding pembuluh darah

9. Pelindung organ hati

10. Menambah daya ingat dan kecerdasan

11. Antisporasis

12. Anti agregasi platelet

13. Anti thrombosis

14. Menyembuhkan lepra

15. Mengatasi gangguan perut

16. Mengobati rematik

17. Mengobati kusta

18. Anti inflammatory

19. Antiseptic alami

20. Mempertahankan keseimbangan jaringan

21. Antibakteri

22. Meningkatkan fungsi kognitif

23. Mengobati penyakit sifilis

24. Mengobati epilepsy

25. Mengobati asthma

26. Mengatasi diare

27. Meredakan demam

28. Menyembuhkan hepatitis

29. Mengobati varises

30. Mengobati insufisiensi vena kronis

31. Mengobati psoriasis

32. Meningkatkan kemampuan mental

33. Memberikan efek positif pada daya rangsang syaraf otak

34. Memperlancar pengangkutan darak ke pembuluh-pembuluh otak

35. Mengobati penyakit kolera

36. Mengobati batuk bronchitis

37. Mengobati gangguan ginjal

Cara Memanfaatkan Pegagan Untuk Kesehatan

Selama ini, para peneliti memakai ekstrak pegagan untuk pengujian terhadap subjek yang diamati. Namun, dalam pengobatan tradisional, masyarakat sudah biasa memakai rebusan herbal untuk pengobatan dari dalam dan tapal untuk pengobatan luar.

Cara membuat rebusan herbal sangat mudah, ambil herbal sebanyak satu genggam. Lalu direbus dengan air sebanyak 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari dengan masing-masing sebanyak setengah gelas.

Untuk dipakai sebagai tapal, cukup mengambil segenggam pegagan. Selanjutnya dihaluskan dengan cara ditumbuk. Buatlah tapal untuk mengobati bagian tubuh yang sakit seperti bagian yang terluka atau memar.

Manfaat Pegagan Untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan kulit wajah

Sifat herbal ini yang mampu mengembangbiakan sel-sel baru (proliferasi sel-sel) telah dimanfaatkan oleh ahli kecantikan. Terutama untuk membantu peremajaan kulit. Lapisan kulit yang sudah tua dan rusak digantikan oleh lapisan kulit  baru sehingga kulit tampak halus dan kenyal.

2. Melenyapkan jerawat

Jerawat muncul di wajah karena adanya hormon yang terlalu aktif sehingga mengaktifkan kelenjar-kelenjar minyak di wajah. Kelenjar minyak yang aktif akan mengakibatkan peradangan sehingga muncul jerawat. Untuk melindungi jerawat ini dari infeksi bisa diberikan tapal dari bahan herbal ini karena kemampuannya yang mematikan bakteri dan kuman-kuman.

3. Menyuburkan rambut

Mineral yang terkandung di dalam herbal ini sangat bagus memberikan nutrisi ke bagian perakaran rambut. Misalnya saja mineral-mineral pada daun herbal ini yang dibutuhkan oleh rambut supaya sturukturnya tetap liat. Rambut tak mudah patah dan tidak bercabang. Selain itu rambut akan bertambah hitam dan mengkilat.

4. Memperindah kuku

Kuku akan tampak lebih sehat dan cantik dengan cara menempelkan tapal herbal ke bagian kuku di jari tangan dan kaki. Cara kerja pemberian nutrisi seperti halnya pada rambut. Beragam mineral dibutuhkan oleh kuku supaya strukturnya kokoh dan sehat.

5. Menghilangkan flek-flek di wajah

Beragam senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan dan yang bersifat detoks membantu pelepasan sel-sel kulit tak sehat dan memperbaiki kolagen kulit. Flek di wajah merupakan lapisan sel-sel kulit yang tak sehat dan kekurangan nutrisi. Dengan mematikan sel-sel tak sehat ini dan melepaskannya akan tergantikan oleh lapisan sel-sel baru yang sehat. Kulit wajah pun terbebas dari flek atau noda-noda hitam.

Manfaat Pegagan Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membakar lemak

7. Melangsingkan tubuh

8. Melenyapkan selulit

9. Menghilangkan warna gelap kulit

10. Mencerahkan warna kulit

11. Menghilangkan keriput-keriput di wajah

Cara Memanfaatkan Pegagan Untuk Kecantikan :

Cara yang paling umum dipakai yaitu dibuat masker seperti halnya dengan pemakaian masker yang terbuat dari bahan-bahan herbal lainnya. Pegagan dihaluskan menjadi bentuk pasta atau bubur. Tambahkan dengan bahan-bahan organik lainnya untuk menambah kekentalan atau pemberi aroma wangi. Setelah semua bahan tercampur rata, tinggal diaplikasikan ke wajah.

Efek Samping Pegagan :

Efek Samping Pegagan

Walaupun kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, herbal ini tak luput dengan efek samping negatif bagi pemakainya. Terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, orang yang mengidap penyakit hati, dan orang yang sedang menjalani poerasi atau bedah. Herbal ini kaya senyawa-senyawa yang bersifat kuat sehingga organ hati harus bekerja keras untuk melemahkan sifatnya. Bila organ hati terlalu banyak bekerja keras berpotensi merusak organ hati itu sendiri dan organ ginjal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat pegagan sudah diketahui sejak lama oleh nenek moyang kita. Ini bisa diketahui dari catatan lama kitab-kitab kuno agama Hindu. Satu per satu khasiatnya ditemukan karena pengalaman orang-orang yang memakai herbal ini untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Sekarang, dunia medis modern tak mau ketinggalan untuk memanfaatkannya untuk mengobati berbagai penyakit. Terutama untuk mengobati penyakit-penyakit degeneratif akibat menu makan yang tak sehat dan pola gaya hidup yang tak sehat.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top