Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Pete untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

35 Manfaat dan Khasiat Pete untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Petai, pete atau mlanding memiliki nama latin Parkia speciosa adalah tanaman tahunan yang termasuk kedalam keluarga polong-polongan dan petai-petaian. Tanaman pete sering dijadikan sebagai bahan makanan yang memiliki cita rasa yang sangat khas. Sama dengan jengkol, tanaman ini bisa mengakibatkan efek samping seperti jengkol yaitu bau mulut. Buah dan pohonnya memilikin nama yang sama yaitu petai atau pete. Manfaat pete untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak dan telah dipercaya oleh orang-orang terdahulu mampu mengatasi berbagai penyakit berbahaya.

Petai, Pete, Manfaat Pete, Khasiat Pete, Tanaman Pete, Buah Pete

Kandungannya pun penuh dengan nutrisi yang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan. Biji petai mengandung asam amino tinggi yang menyebabkan bau. Karena itulah sehabis makan petai, selalu saja bau mulut selalu tidak sedap. Unsur sulfur pada biji petai juga bisa menyebabkan masalah bau tidak sedap. Bahkan banyak orang yang menjahui petai karena baunya, tapi lain lagi jika sudah membahas kandungannya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pete :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pete, Kandungan Gizi dan Nutrisi Petai

Pete mengandung gizi dan nutrisi seperti ash, protein, fat, karbohidrat, crude fiber, energy, kalsium, zat besi, phosphorus, potassium, magnesium, mangenese, copper, zinc, vitamin C, a-tocopherol, thiamin, dan zat mineral lainnya.

Loading...

Manfaat Pete Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Diabetes

Manfaat buah petai untuk mengatasi diabetes sudah lama dikenal mampu mengatasi masalah gula darah ini, bahkan sejak beratus tahun lalu. Zat pahit dalam petai membantu dalam mengurangi resiko diabetes yang bisa bersifat kronis. Penggunaannya bisa dimakan namun menggunakan penyajian khusus untuk menjaga cita rasa dan Anda pun nyaman dalam mengkonsumsi.

2. Mengatasi Kolestrol

Zat anti oksidan dalam petai membantu dalam mengatasi kolestrol dalam tubuh. Kandungan kolestrol pada tubuh yang tidak terjaga dan tidak stabil bisa menyebabkan berbagai masalah penyakit. Tidak hanya itu, zat pendukung lainnya khususnya zat besi juga berperan penting untuk menurunkan kolestrol.

3. Mengatasi Sakit Jantung

Masalah jantung sering menjadi masalah yang cukup serius, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sama seperti apa yang dilakukan petai untuk mengatasi kolestrol, kandungan anti oksidan dalam petai juga membantu dalam mengatasi penyakit jantung seperti serangan jantung dan semacamnya. Selain itu, vitamin serta zat besi dalam buah pete juga membantu dalam memperlancar proses pengompaan darah ke dalam jantung sehingga terus membuat kesehatan jantung terjaga.

4. Mengatasi Depresi

Pada umumnya, depresi hanya sedikit berbeda dengan stres. Tetap seja bisa membuat seseorang terganggu mental dan kejiwaannya. Selain itu, depresi berat bisa memancing penyakit tubuh berbahaya yang selalu terkait dengan saraf. Depresi juga menyebabkan perubahan prilaku seperti malas makan dan akhirnya mengakibatkan kekurangan gizi sehingga menjadi kurus. Manfaat dari buah pete sangat berkhasiat untuk mengatasi depresi. Zat tryptophan didalamnya dipercaya bisa menurunkan tingkat stres dan depresi.

5. Mengatasi Masalah Akibat PMS

PMS atau singkatan dari pre menstrual syndrome merupakan sebutan untuk masalah-masalah yang terjadi saat seorang wanita masuk ke dalam masa menstruasi. Biasanya seorang wanita yang sedang PMS akan susah dalam mengontrol kondisi emosinya. Kandungan tryptophan dalam pete membantu dalam mengatasi gangguan PMS ini. Selain itu, vitamin B juga berperan penting dalam mengatur kadar gula dalam darah sehingga membantu dalam mengontrol mood seorang wanita.

Manfaat Pete Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

7. Meningkatkan kognitif

8. Atasi rasa sesak karena kenyang

9. Mengatasi kegemukan atau obesitas

10. Sangat baik untuk kesehatan lambung

11. Membantu menurunkan suhu tubuh tinggi

12. Mengatasi serangan stroke

13. Menghentikan kebiasan merokok

14. Sebagai anti oksidan tinggi

15. Sebagai sumber vitamin C yang tinggi

16. Sebagai sumber vitamin A yang tinggi

17. Membantu dalam mengatasi sembelit

18. Membantu dalam mengatasi diare berat dan ringan

19. Membantu mengatasi sulit buang air besar dan kecil

20. Mengatasi masalah nyeri pada perut

21. Mengatasi rasa mulas

22. Mengatasi begah pada perut

Cara Memanfaatkan Pete Untuk Kesehatan :

Pete biasanya dimakan dengan cara disajikan terlebih dahulu, bisa direbus, digoreng, atau semacamnya. Memakan langsung tanpa dibersihkan atau diproses terlebih dahulu tidak disarankan karena bisa menyebabkan efek samping karena kebersihan belum terjaga. Jika ingin memakan langsung, pastikan benar-benar bersih dan makan juga bagian putihnya. Penggunaan secara terus menerus bisa menyebabkan efek samping berbahaya.

Manfaat Pete Untuk Kecantikan :

1. Menurunkan Berat Badan

Untuk kaum wanita yang merasa memiliki bentuk tubuh gemuk, maka tidak dilarang mengkonsumsi buah petai karena dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Meski presentasinya sedikit, namun faktanya buah pete bisa membantu dalam menurunkan tingkat stres dan depresi yang menjadi salah satu penyebab kegemukan paling berpengaruh pada tubuh manusia.

2. Menyehatkan Mata

Mata tampak selalu segar sangat bermanfaat untuk menjaga penampilan Anda di depan banyak orang. Mata merah atau masalah mata lainnya bisa mengganggu penampilan Anda. Kandungan vitamin dalam buah pete bisa membantu dalam menyehatkan mata, terlebih lagi bagian dalam mata seperti pupil dan bagian putih mata. Penggunaannya dengan cara dimakan, bukan dengan cara dioleskan pada mata karena tidak akan berfungsi dengan baik. Buah ini membantu kesehatan mata dari dalam dengan cara memberikan vitamin.

3. Mengatasi Jerawat

Pete juga dipercaya bisa membantu dalam mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Dilihat dari vitamin yang dikandungnya, petai memiliki vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Anti oksidan dan anti inflamasi dalam buah ini juga membantu dalam mengurangi tingkat volume jerawat pada daerah wajah dan mengatasi jerawat bernanah yang besar. Penggunaannya bisa dengan cara dimakan. Penggunaan dengan cara diaplikasikan secara langsung pada wajah tidak disarankan.

4. Menyehatkan Gigi

Kandungan kalsium dan zat mineral lainnya bisa membantu dalam menyehatkan gigi serta memutihkannya. Meski menimbulkan bau mulut yang menyengat, tapi faktanya kalsium dalam buah petai sangat bermanfaat untuk tulang, kuku, dan gigi. Gigi putih akan membantu dalam penampilan Anda karena saat Anda berbicara, sering kali gigi akan menjadi pusat perhatian.

5. Memutihkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah pete membantu dalam memutihkan dan mencerahkan kulit. Vitamin C akan meningkatkan proses pengangkatan sel sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit menjadi kusam sehingga terlihat hitam. Selain itu, vitamin lain dalam buah petai membantu dalam mencerahkan kulit tubuh.

Cara Memanfaatkan Pete Untuk Kecantikan :

Pada umumnya, buah petai untuk kesehatan cukup dimakan saja. Beberapa saran untuk menyajikan petai di dalam sebuah makanan adalah sayur lodeh, tumis tauge, sambal goreng krecek, sambal goreng ati, dan masih banyak lainnya. Untuk Anda yang menggunakan petai untuk program diet, sebaiknya tidak mengkonsumsi petai yang disajikan dengan cara di goreng.

Efek Samping Pete :

Efek Samping Pete, Dampak Buruk Mengonsumsi Petai

Pete memiliki banyak efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping yang paling terkenal dan pasti akan terjadi adalah bau mulut yang menyengat. Ini dia efek samping lengkapnya:

1. Bau mulut

2. Gangguan pada ginjal

3. Asam urat

4. Rematik

5. Pusing

6. Sakit kepala

7. Sakit perut

8. Air kencing bau

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dibalik manfaat pete untuk kesehatan dan kecantikan ada efek samping yang orang enggan mengonsumsinya. Efek samping tersebut yaitu bau mulut dan bau air kencing. Kedua dampak burung tersebut sering orang jadikan bahan ejekan atau olok-olokan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top