Connect with us
Rumput Gajah, Tanaman Rumput Gajah, Manfaat Rumput Gajah, Khasiat Rumput Gajah

Tanaman

29 Manfaat dan Khasiat Rumput Gajah untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Rumput Gajah – Rumput gajah atau pennisetum purpureum merupakan suatu rumput berukuran besar yang mengandung nutrisi tinggi. Manfaat rumput gajah cukup banyak karena mengandung nutrisi tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak seperti kambing, sapi, gajah dan lain sebagainya. Tumbuhan ini memiliki nama lain diantaranya elephant grass, uganda grass dan naper grass.  Tumbuhan ini bisa dibudidayakan di lingkungan dengan cuaca panas seperti Afrika.

Rumput Gajah, Tanaman Rumput Gajah, Manfaat Rumput Gajah, Khasiat Rumput Gajah

Elephant grass memiliki karekteristik tumbuh tegak lurus, lebat, tinggi tanaman bisa sampai 7 meter, batangnya tebal dan keras. Sementara daunnya panjang dan bunganya seperti es lilin. Ada beberapa varian rumput gajah yakni varietas afrika dengan batang dan daun kecil, berbunga, tumbuh tegak dan lebih rendah dari varietas hawai. Sedangkan varietas hawai, batang dan daunnya lebar, tumbuhnya rumpun menyamping, berbunga.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Rumput Gajah :

Membahas tentang rumput biasanya dikenal sebagai gulma atau rumput liar bagi sebagian orang karena sering mengganggu tanaman. Tetapi ada juga rumput yang sengaja dibudidayakan untuk manfaatnya dengan teknik tertentu. Salah satunya adalah rumput gajah, selain sebagai pakan ternak, manfaat rumput gajah juga teryata baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun semua itu, tentu tak lepas dari kandungan gizi dan nutrisi rumput gajah. Inilah kandungan gizi nya :

  • Bahan kering : 19,9%
  • Protein kasar : 10,2 %
  • Lemak : 1,6%
  • Serat kasar : 34%,2
  • Abu : 11,7% abu
  • Bahan ekstrak tanpa nitrogen : 42,3%

Manfaat Rumput Gajah untuk Kesehatan :

Bila biasanya, kamu menggunakan rumput gajah untuk menghiasi taman atau memperindah rumah, sekarang coba manfaatkan untuk kesehatan tubuh. Sebab, ada begitu banyak khasiat rumput gajah yang bisa anda peroleh, inilah ulasannya :

Loading...

1. Sembuhkan penyakit paru-paru

Paru-paru merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh karena mengelola sistem pernapasan. Jika paru-paru sakit, maka akan terjadi gangguan pernapasan dan itu sangat menyiksa pastinya. Penyakit paru-paru bisa disebabkan karena mandi malam, virus, bakteri dan merokok. Tidak hanya diobati dengan obat-obatan kimia, tapi juga bisa menggunakan elephant grass. Asal dikonsumsi secara rutin.

2. Mengatasi infeksi saluran kemih

Khasiat rumput gajah berikutnya adalah bisa mengatasi infeksi kandung kemih. Pennisetum purpureum ini merupakan cara herbal untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Jadi, sebelum menggunakan obat-obatan dokter yang mahal harganya, kenapa tidak mencoba minum rebusan pennisetum purpureum secara teratur.

3. Meredakan sakit perut saat datang bulan

Setiap wanita normal pastilah mengalami datang bulan sebulan sekali yang ditandai oleh luruhnya sel telur pada rahim karena tidak ada pembuahan. Saat mengalami datang bulan ini wanita biasanya mengalami beberapa gejala seperti emosi naik turun, tumbuhnya jerawat hingga sakit perut yang hebat. Kamu bisa mengkonsumsi elephant grass untuk meredakan sakit perut akibat mestruasi. Kalau perut kamu tenang, maka aktivitas bisa berjalan lancar.

4. Mengatasi insomnia

Bagi kamu yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia, bisa menggunakan pennisetum purpureum untuk mengatasinya. Dengan mengkonsumsi air rebusannya, kamu akan merasakan tidur berkualitas daripada sebelumnya. Tapi, harus dilakukan rutin. Untuk mendapatkannya sangat mudah, kamu bisa membelinya secara online dan harga rumput gajah juga tidak mahal.

5. Mengobati penyakit ginjal

Selanjutnya manfaat rumput gajah adalah mengatasi sakit ginjal. Ginjal juga organ tubuh yang memiliki kinerja penting. Karena gunanya mengelola zat-zat yang masuk ke tubuh. Zat yang diperlukan oleh tubuh akan disalurkan ke seluruh tubuh, sedangkan yang tidak berguna akan segera dibuang melalui urine. Jika anda mengalami penyakit ginjal, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter untuk penggunaan bahan herbal ini.

Manfaat Rumput Gajah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah peradangan gusi

7. Meredakan stres

8. Menenangkan pikiran

9. Mencegah gangguan tulang

10. Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah

11. Mencegah stroke

12. Mengurangi resiko terjadinya usus buntu

13. Mengurangi resiko terkena diebetes melitus

14. Mencegah kanker payudara

15. Mengatasi hipertensi

16. Membantu menyembuhkan batuk kronis

17. Mengatasi gizi buruk dan busung lapar

18. Membantu menaikkan berat badan

19. Menurunkan kolesterol tinggi

20. Mencegah dan mengatasi mata minus

21. Mencegah kram kaki

22. Mencegah kanker kolon

23. Meningkatkan dan menstabilkan mood

24. Mencegah faringitis

25. Mengatasi radang tenggorokan dan panas dalam

26. Menyehatkan jantung

Cara Memanfaatkan Rumput Gajah untuk Kesehatan :

Menggunakan elephant grass untuk kesehatan tubuh bukan hal yang sulit. Kamu bisa memetik secukupnya, bersihkan, lalu rendam dalam air sebentar dan peraslah. Usahakan airnya sampai tiga gelas, lalu rebus dan sisakan sampai satu gelas. Setelah itu, minum secara teratur. Atau kamu juga bisa langsung merebusnya dengan air tiga gelas masak sampai tersisa satu gelas. Jangan lupa cuci dulu. Apabila tidak ada di sekitar rumah, kamu bisa membelinya dengan harga rumput gajah mini permeter.

Manfaat Rumput Gajah untuk Kecantikan :

Selain ada khasiat rumput gajah untuk kesehatan, ternyata bahan herbal ini juga bermanfaat bagi kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat elephant grass untuk kecantikan :

27. Menyehatkan kulit

Karena kandungan vitamin D dalam elephant grass, maka bisa membuat kulit menjadi sehat. Mengingat kulit bagian dari penampilang, mengkonsumsi vitamin D sangatlah penting. Kamu bisa mengambil manfaat rumput gajah untuk itu.

28. Mencegah penuaan dini

pennisetum purpureum juga mengandung beta karotin sebagai antioksidan yang dapat menangkal dan melawan radikal bebas. Radikal bebas ini salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini dan beberapa masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo.

29. Mengatasi gangguan kulit

Ramuan elephant grass dapat memberikan manfaat untuk mengobati gangguan kulit. Adapun penyakit kulit yang bisa disembuhkan seperti panu, kurap dan lain sebagainya.

Cara Memanfaatkan Rumput Gajah untuk Kecantikan :

Pemanfaatan elephant grass untuk kecantikan sebenarnya tidak jauh beda seperti bagi kesehatan. Kamu bisa merebus, lalu mengkonsumsinya secara rutin sebagai langkah perawatan dalam. Sedangkan perawatan luar, anda bisa menggunakan air perasan rumput ini, lalu diterapkan pada kulit sebagai masker. Biarkan 10-15 menit agar meresap, bila sesudahnya. Penggunaan rutin akan membuat kamu mendapatkan hasil maksimal.

Kamu pun dapat membuat ramuan dengan menghaluskan bahan alami ini dan diterapkan pada kulit yang mengalami panu atau kurap atau kulit yang mengalami masalah. Biarkan beberapa menit agar meresap, lalu bilas. Sebaiknya cuci dulu daunnya sebelum dihaluskan atau direbus. Tapi, lebih bagus jika diambil pada pagi sekali karena biasanya masih ada embun dan itu bagus efeknya bagi kesehatan. Kalau mengambilnya pagi, tak usah dicuci juga tidak apa-apa.

Daripada kamu membeli setiap kali membutuhkan elephant grass ini, lebih baik membeli bibitnya dan tanam di taman atau halaman rumah. Harga bibit rumput gajah, kisaran 10 ribu – 30 ribu tergantung varietasnya. Sementara untuk harga tanaman rumput gajah mini kurang lebihnya sama.

Efek Samping Rumput Gajah :

Memang begitu banyak manfaat rumput gajah yang bisa dipetik, tapi tetaplah tidak lepas dari efek sampingnya. Efek samping rumput gajah bisa timbul karena penggunaan berlebihan. Sebaiknya, sebelum kamu menggunakan bahan alami ini berdampingan dengan obat dokter, konsultasikan dulu pada dokter. Sehingga, kamu bisa menanggulangi efek samping atau dampak buruknya.

Banyak sekali orang yang menyepelekan manfaat dan khasiat rumput gajah ini. Walaupun biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak, ternyata tanaman ini sering dijadikan sebagai obat herbal. Maka segera tanam elephant grass agar mudah mendapatkan manfaat dan khasiatnnya. Kalau ingin mudah, kamu bisa membeli secara online. Untuk harga bibit rumput gajah mini sekitar Rp 18 ribuan per kemasan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top