Connect with us

44 Manfaat dan Khasiat Rumput Teki untuk Kesehatan, Kecantikan, Serta Efek Samping

Tanaman

44 Manfaat dan Khasiat Rumput Teki untuk Kesehatan, Kecantikan, Serta Efek Samping

Manfaat Rumput Teki – Rumput teki atau dalam bahasa Jawa disebut dengan “Suket Teki” atau Cyperus Rotundus merupakan tanaman jenis gulma pertanian. Cyperus Rotundus merupakan bahasa Yunani yakni kyperos dan Rotundus dari bahasa latin yang artinya putaran. Selain itu, rumput ini dikenal pula dengan nut grass, java grass dan red nut sedge. Walaupun tergolong tanaman gulma, tapi ternyata manfaat rumput teki sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan.

Rumput Teki, Daun Rumput Teki, TanamanRumput Teki, Manfaat Rumput Teki, Khasiat Rumput Teki

Tumbuhan rumput-rumputan sangat umum ditemukan pada lahan pertanian, lapangan dan lahan terbuka lainnya. Teki merupakan tumbuhan adaptif, sehingga bisa menjadi gulma atau pengganggu tanaman lainnya yang sulit dikendalikan pertumbuhannya. Tanaman ini membentuk umbi dan bisa mencapai kedalaman 1 meter, tapi jarang tumbuh pada tanah kedalaman 30 cm. Rumput ini bisa tumbuh di tanah seluruh dunia, jika pada lingkungan banyak air maka bisa tumbuh lebih banyak serta subur

Daunnya tumbuh dengan panjang antara 5 – 20 cm, biasanya terdapat 4-10 helai daun pada satu pangkal batang. Sedangkat batang bunganya berbentuk segitiga tumbuh tajam mengarah ke atas. Bunganya biseksual berwarna kuning kecoklatan, berbentuk bagai payung. Sementara akarnya berwarna putih, tapi lama-kelamaan berubah menjadi coklat kemerahan sampai hitam. Sejak dulu tanaman ini sering digunakan dalam pengobatan ayurveda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Rumput Teki :

Sebagai tumbuhan yang digunakan pada pengobatan ayurveda, pastilah khasiat rumput teki sangat besar. Khasiat tersebut berkat kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. Kandungan gizi dan nutrisinya itu tergantung pada linkungan tumbuhnya. Kalau tumbuh di China, kandungan gizinya tidak sama dengan yang berasal dari Jepang. Selain itu, juga bergantung pada kelembaban tanahnya. Nah, inilah daftar kandungan gizi dan nutrisi suket teki :

Loading...

Kandungan minyak atsiri dalam suket teki sekitar 0,45 – 1%. Jika dari China, minyak atsiri itu mengandung paskolenon dan siperen. Kalau yang berasal dari Jepang mengandung siperen, siperol, a-siperone, siperulon dan siperotundon. Tak hanya minyak atsiri, tapi tumbuhan ini juga kaya akan alkaloid, triterpen dan flavonoid, asam caffeic, asam fenolik dan ester. Mangan, silika, zat besi, aluminum, glikosida dan kalsium. Selain itu, karbohidrat juga ada di dalam tumbuhan ini seperti d-glukosa sekitar 41,7%, d-fruktosa 9,3% serta gula tak reduksi 4%.

Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan :

Karena kandungannya tersebut, manfaat dan khasiat rumput teki bisa dirasakan untuk meningkatkan kesehatan. Kamu bisa menggunakan tumbuhan ini sebagai langkah pengobatan alami untuk beberapa penyakit dan gangguan kesehatan di bawah ini :

1. Meredakan gejala menstruasi

Sebelum mencari cara membasmi rumput teki yang tumbuh di sekitar rumah kamu, alangkah baiknya menggunakannya untuk meredakan gejala haid yang tidak mengenakkan. Teh rumput teki dapat menenangkan kembung saat menstruasi. Sehingga, perut menjadi lebih tenang, pencernaan pun lancar dan aktivitaspun tidak terganggu.

2. Memperkuat tulang dan kerangka

Selanjutnya manfaat rumput teki juga bisa dirasakan untuk kepadatan dan memperkuat tulang maupun kerangka. Ini berkat kandungan silika di dalamnya yang meningkatkan penyerapan dan penggunaan kalsium untuk tulang, sendi dan kerangka.

3. Mengobati penyakit ginjal

Tumbuhan gulma dapat menimbulkan efek diuretik yakni membuang kelebihan air dan garam yang ada di dalam tubuh lewat urin. Sehingga, proses kencing menjadi lebih mudah, meredakan ketegangan pada organ ginjal dengan menambah asupan vitamin dan mineral penting.

4. Membantu meredakan gejala atau mengobati kejang epilepsi

Suket teki kacang cukup bermanfaat untuk mengendalikan epilepsi atau kejang. Penelitian menunjukkan bahwa pretreatment dengan ekstrak etanol di dalamnya mampu memberikan perlindungan besar terhadap kejang. Flavonoid yang ditemukan membuat khasiat rumput teki mampu bertanggung jawab atas aktivitas antikonvulsan dan ekstrak ini dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan untuk epilepsi.

5. Menurunkan kolesterol tinggi

Kandungan pada ekstrak suket teki dapat bertindak secara efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dengan mengambil manfaat suket teki, bisa mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan tingkat trigliserida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ditemukan di Cyperus rotundus memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol.

Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan :

6. Melancarkan siklus menstruasi

7. Meredakan gangguan usus

8. Melancarnakan sistem pencernaan

9. Membunuh parasit dalam usus

10. Mengobati diare

11. Mengatasi disentri

12. Meredakan peradangan atau pembengkakan pada tubuh

13. Mengurangi rasa nyeri

14. Menurunkan tekanan darah tinggi

15. Mendukung proses diet atau penurunan berat badan

16. Menurunkan demam

17. Menghilangkan rasa mual dan muntah

18. Melindungi organ hati

19. Menurunkan kadar gula dalam darah

20. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

21. Menambah produksi ASI

22. Mencegah dan mengobati sakit asma

23. Mencegah dan mengatasi penyakit bronkitis

24. Menyembuhkan sakit pankreas

25. Sebagai obat bisul

26. Mengatasi borok

27. Mempercepat pembekuan darah pada luka

28. Mencegah keputihan

29. Mencegah penyakit saluran kemih

30. Meningkatkan kesuburan

31. Mengatasi sakit gigi

32. Mengurangi stres

33. Mencegah sembelit

Cara Memanfaatkan Rumput Teki untuk Kesehatan :

Jika ingin mendapatkan khasiat suket teki, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan benar. Salah satunya membuatnya sebagai teh, menurut penelitian khasiat teh rumput teki mirip seperti khasiat teh maggata. Kamu dapat membuatnya sebagai minuman dengan mengambil sekitar 10 g suket teki, lalu bersih dan gilih halus. Selanjutnya, seduh dengan 150 cc air panas. Lalu, saring dan ambil airnya, tambahkan madu secukupnya, lalu konsumsi 2 kali sehari untuk mengobati penyakit terkait.

Selain menggunakannya untuk pengobatan dalam, kamu bisa menghaluskan suket teki, lalu diterapkan pada luka atau memar akibat benturan. Sedangkan jika mengatasi sembelit, kamu memerlukan 60 g akar suket teki, lalu cuci sampai bersih dan rebus dengan 600 cc air. Rebus sampai airnya tersisa 300 cc, setelah itu saring dan minum airnya sampai sembelit sembuh. Harga rumput teki yang murah, membuat kamu tak sulit untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Rumput Teki untuk Kecantikan :

Selain memiliki manfaat besar untuk kesehatan, ternyata juga ada khasiat rumput teki untuk kecantikan, baik pada kulit maupun rambut. Inilah manfaat rumput teki bagi kecantikan :

1. Mencerahkan kulit

Tumbuhan cyperus rotundus diyakini berguna dalam mencerahkan warna kulit. Mencegah pembentukan pigmet melanin. Sehingga, tak heran bila rumput alang-alang ini sering dicampurkan pada krim pemutih.

2. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Penggunaan teh suket teki yang sudah didinginkan sebagai sampo pada rambut secara rutin, bisa membantu memanjangkan rambut. Bahkan bagus pula untuk membantu pertumbuhan rambut pada bayi.

3. Memberikan efek anti penuaan pada kulit

Selain mencerahkan warna kulit, manfaat rumput teki juga dapat memberikan efek anti penuaan. Itu dilakukan dengan mengeluarkan racun serta membasmi radikal bebas penyebab penuaan.

4. Perawatan kuku

Jika ingin memiliki kuku yang bagus, kamu dapat mengambil khasiat rumput teki. Adanya silika di dalam teh tumbuhan ini bisa menghilangkan kotoran pada kuku, membuat kuku lebih cerah dan memperkuat kuku.

5. Menghilangkan bekas jerawat

Jerawat merupakan masalah besar pada wajah, saat sudah bisa dihilangkan maka akan muncul bekasnya. Bekas jerawat ini sulit sekali dihilangkan bahkan bisa menimbulkan noda hitam. Kamu dapat menggunakan Java grass untuk menghilangkannya. Dengan perawatan rutin, kulit wajah menjadi lebih halus.

Manfaat Rumput Teki untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan flek hitam

7. Mengobati gatal-gatal di kulit

8. Memperbaiki kesehatan kulit kepala

9. Mengobati penyakit kulit karena jamur

10. Mengatasi ruam merah pada kulit

11. Mengobati herpes

Cara Memanfaatkan Rumput Teki untuk Kecantikan :

Pemanfaatan Java Grass untuk kecantikan sangat mudah. Ambil tumbuhan ini secukupnya, lalu tumbuh sampai halus. Kemudian, terapkan pada area kulit yang mengalami masalah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Bila ingin mengatasi masalah rambut, kamu dapat membeli teh rumput teki sebagai sampo dan gunakan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Atau bisa dengan mengambil rumput secukupnya, haluskan dengan 2-3 sdm minyak wijen. Rebus sampai mendidih dan dinginkan. Setelah dingin, lalu oleskan pada rambut serta kulit kepala secara merata. Pijat sekitar 10 – 12 menit, lalu bilas dengan sampo.

Efek Samping Rumput Teki :

Efek samping rumput teki atau dampak buruknya dapat muncul karena penggunaan berlebihan. Sebaiknya ibu hamil, anak-anak, penderita batu ginjal, ibu menyusui, penderita penyakit jantung serta orang yang kekurangan tiamin, sebaiknya konsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi teh suket teki. Adapun efek samping yang dirasakan oleh tubuh adalah :

  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Demam
  • Kekurangan tiamin
  • Masalah kulit
  • Gangguan denyut nadi
  • Kelemahan otot

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat rumput teki untuk kesehatan, kecantikan serta efek samping bisa anda pelajari baik-baik. Bila ingin penggunaan lebih lanjut atau sebagai pendamping obat-obatan kimia dari dokter, konsultasikan dulu pada dokter atau pakar yang lebih tahu.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top