Connect with us
Sarang Semut Papua, Manfaat Sarang Semut Papua, Khasiat Sarang Semut Papua

Tanaman

20 Manfaat dan Khasiat Sarang Semut Papua untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sarang semut papua merupakan tanaman yang dapat diolah menjadi rempah-rempah atau obat herbal, karena kaya akan manfaat dan khasiat. Pengobatan sarang semut memang menjadi salah satu metode pengobatan tradisional yang dibilang cukup memiliki banyak manfaat. Salah satu jenis dari sarang semut adalah sarang semut papua yang sudah terkenal di Indonesia sendiri.

Sarang Semut Papua, Manfaat Sarang Semut Papua, Khasiat Sarang Semut Papua

Manfaat sarang semut papua dikenal luas sebagai obat tradisional yang cukup ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit, bahkan penyakit berbahaya sekalipun. Pengobatan sarang semut papua ini banyak dilakukan di daerah Papua, sayang sekali secara menyeluruh di Indonesia, pengobatan metode sarang semut jarang diketahui.

Seperti namanya, sarang semut papua ini berasal dari daerah papua. Orang di sana menggunakan metode pengobatan ini menjadi alternatif lain selain pergi ke dokter. Namun perlu diketahui, sarang semut yang dimaksud bukanlah sarang atau tempat tinggal dari semut tersebut, melainkan sebuah tumbuhan yang hidup di dahan pohon yang dinamai sarang semut. Dengan manfaatnya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, tentu saja kandungan zat sehat untuk tubuh banyak sekali didalamnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sarang Semut Papua :

Sarang semut dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak flavonoid dan tanin. Selain itu, Anda bisa mendapatkan kandungan lain seperti energi, kadar air, lemak, fenol, tokoferol, natrium, kadar abu, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, seng, dan masih banyak lagi.

Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Anti Kanker

Kandungan zat aktif yang sehat di dalam sarang semut papua akan membantu dalam mengatasi berbagai masalah kanker yang bisa menyebabkan masalah serius bahkan kematian. Karena itulah mengkonsumsi makanan yang memiliki zat anti kanker sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Tentu saja diikuti dengan pola hidup yang terjada dan rajin berolahraga. Salah satu metode yang bisa Anda terapkan adalah mengkonsumsi sarang semut papua yang memiliki kandungan zat anti kanker.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan energi pada sarang semut sangatlah tinggi. Hal ini membuat sarang semut menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan daya tahan energi tubuh Anda. Menggunakan sarang semut sebagai penambah energi bisa diterapkan kepada Anda yang memiliki atau cenderung selalu merasa lesu kurang energi. Untuk memaksimalkan, makanlah makanan dengan kalori tinggi sehingga energi dapat tetap terjaga seperti nasi, gandum, ubi, dan lainnya. Tentu saja perhatikan kadar yang pas agar tidak kegemukan.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan imun tubuh dalam artian lain berarti memperkuat kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit yang akan masuk ke tubuh. Peningkatakn sistem pertahanan tubuh yang terus meningkat akan memblok semua sumber masalah seperti bakteri, virus, radikal bebas, racun, dan sebagainya. Karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi serta mineral lainnya, sarang semut papua sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga sangat cocok untuk anak-anak remaja yang terbilang pertahanan tubuhnya masih rentang.

4. Mengatasi Masalah Maag

Maag menjadi permasalah organ dalam yang banyak diderita oleh orang banyak, bahkan di usia muda. Penyebabnya sendiri cukup banyak dan semua berkaitan dengan sistem pertahanan tubuh yang lemah dan pola makan yang jelek. Kandungan yang ada pada sarang semut akan membantu dalam mengatasi masalah maag ini sehingga akan mengatasi mereka yang sering mengeluh maagnya kambuh.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Disebut juga sebagai hipertensi, tekanan darah tinggi memang cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan darah, bahkan stroke. Kandungan flavonoid yang tinggi pada sarang semut akan membantu dalam mengatasi hipertensi sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sudah lama mengalami masalah hipertensi kronis.

Manfaat Sarang Semut Papua Untuk kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi Tumor

7. Mengatasi jantung koroner

8. Mengatasi migrain

9. Mengatasi rematik

10. Membantu dalam mengatasi diabetes mellitus

Cara Memanfaatkan Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan :

Penggunaan pada umumnya adalah dengan cara dimasak. Siapkan alat-alat seperti panci, sendok, sarang semut, dan dua gelas berisi air. Kemudian rebus hingga warna air berubah mirip teh. Aduk ramuan tersebut namun sebelum itu, pastikan apinya dikecilkan. Tunggu dua gelas air yang rebus tadi sisa satu gelas. Diamkan sebentar, saring, dan minum.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Labu Siam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Gigi

Karena mengandung banyak zat mineral, kandungan yang ada pada sarang semut juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan memutihkannya. Bisa diterapkan bagi Anda yang menderita masalah gigi kuning, karang gigi, dan masalah gigi yang bisa mengganggu penampilan Anda lainnya. Penggunannya sendiri boleh dengan cara diminum atau dijadikan sebagai alat kumur setiap hari. Tidak hanya itu, zat mineral pada sarang semut ini juga membantu dalam menyehatkan tulang.

2. Mengatasi Jerawat

Meski presentasinya sedikit, namun flavonoid mampu mengefesienkan vitamin C ke dalam tubuh. Kandungan vitamin C akan sangat berguna untuk mencegah dan memperbaiki jaringan sel kulit dalam tubuh sehingga mencegah yang namanya jerawat. Selain itu, zat aktif lainnya juga bisa berperan sebagai anti oksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi yang membantu dalam pencegahan jerawat.

3. Mengatasi Ruam, Kulit Merah, dan Gatal

Ruam sering kali identik dengan rasa gatal dan kulit memerah. Semuanya bisa terjadi karena bakteri pada kulit atau masalah alergi kulit. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi sarang semut yang dikenal memiliki kandungan flavonoid tinggi yang akan membantu memperkuat pertahanan tubuh dan mengatasi masalah pradangan ringan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari ruam yang bisa mengganggu penampilan Anda.

4. Membentuk Tubuh

Energi yang tinggi terkandung pada sarang semut, energi tersebut sangat berguna untuk membentuk tubuh dengan catatan lakukan olahraga. Selain itu, disisi lain saat Anda sedang olahraga membentuk tubuh, Anda akan mendapatkan stamina yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu, zat lainnya juga membantu dalam pembentukan jaringan otot tubuh.

5. Memutihkan Kulit

Vitamin C yang dipancing oleh flavonoid dan vitamin E atau tokoferol pada sarang semut akan membantu dalam memutihkan kulit Anda. Hal ini karena kedua kandungan sehat tersebut akan membantu dalam pengangkatan sel-sel kulit mati yang biasa menyebabkan kulit kusam sehingga terlihat hitam. Selain itu, kandungan tersebut juga membantu dalam membersihkan noda kulit dan masalah kulit lainnya.

Cara Memanfaatkan Sarang Semut Untuk Kecantikan :

Bisa dengan diminum karena pada dasarnya sarang semut ini dijadikan sebagai obat herbal yang mengobati dari dalam. Metode seperti itu sudah sangat bagus untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari sarang semut papua. Penggunaan oleh orang yang berusia 10 tahun ke bawah sebaiknya diberikan takaran yang pas dan sesuai porsi karena bisa menyebabkan efek samping.

Efek Samping Sarang Semut Papua :

Jika mengkonsumsi sarang semut terlalu banyak dan sering, bisa menyebabkan efek samping. Nah beberapa bahaya atau dapak negatif seperti dibawah ini:

1. Badan tiba-tiba panas

2. Turunnya sel darah merah pada tubuh

3. Turunnya kadar gula dalan tubuh

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk mendapatkan manfaat sarang semut papua ini, Anda bisa mendapatkan di Papua. Biasanya dihargai 100 ribu untuk 1 kilogram sarang semut. Walaupun terbilang cukup relatif tinggi, namun harga tersebut sebading dengan manfaat dan khasiat luar biasa sarang semut papua tersebut.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top